iklan

3 Cara Menghilangkan Virus Shortcut Secara Total “Tanpa Anti Virus”

Cara menghilangkan virus shortcut – ketika ini ada banyak virus yang bisa menyerang perangkat computer anda salah satunya ialah virus shortcut. Kenapa virus ini disebut dengan nama virus shortcut? Alasannya ialah alasannya ialah kebiasaannya menciptakan shortcut palsu pada komputer ataupun flashdisk yang telah terinfeksi. Dengan begitu, cara menghilangkan virus shortcut menjadi lebih unik dikarenakan virus tersebut cukup jahil.


Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Laptop, Komputer, dan Flashdisk



Kejahilan virus ini ialah menyembunyikan seluruh file yang ada pada flashdisk maupun hard disk kemudian menggantinya menjadi shortcut palsu. Hal inilah yang menciptakan pemilik flashdisk merasa takut dan menganggap jikalau file tersebut terhapus sehingga mereka pun secara impulsif memformat flashdisk yang terkena virus jahil ini.


Meskipun bergotong-royong file yang dimaksud Cuma disembunyikan saja, dan anda pun bisa menyelamatkannya secara mudah. Sebelum tahu bagaimana cara menghilangkan virus jahil ini, ketahui dulu apa saja ciri-ciri akhir terjangkit virus shortcut.


Ciri-Ciri Komputer Yang Terinfeksi Virus Shortcut


Sesungguhnya virus shortcut Cuma bisa menyerang laptop atau komputer yang memakai sistem operasi Windows XP. Umumnya virus ini didapat dari penggunaan flashdisk yang dicolokkan pada kompuetr warnet, kemudian dari kawasan fotokopian ataupun printing, serta dari kawasan umum lainnya. Inilah gejala-gejala yang ditimbulkan oleh virus shortcut tersebut:



  • Virus shotcut bisa menciptakan file induk database.mdb pada folder MyDocuments dan file autorun.inf pada setiap drive & folder di computer kamu.

  • Virus tersebut juga menciptakan file thumb.db (bukannya thumbs.db) dan menciptakan file microsoft.ink serta file-file berekstensi .ink lain pada setiap folder maupun drive.

  • Selanjutnya virus tersebut juga bisa menciptakan suatu proses wscript.exe berjalan pada sistem komputer Anda. Sementara proses ini juga bisa dicek dengan Task Manager.


Beberapa tanda-tanda tersebut Cuma bisa terjadi dikomputer yang memakai system operasi Windows XP. Namun untuk computer dengan operasi Windows 7 maupun Windows 8, maka virus tersebut Cuma menginfeksi flash disk saja sehingga tak akan menginfeksi drive ataupun folder-folder di komputer.


Cara Menghapus Virus Shortcut


Cara menghapus virus shortcut sanggup dilakukan memakai 2 cara yaitu otomatis dengan cara manual. Untuk cara otomatis, anda bisa memakai antivirus. Jadi, pastikan dulu jikalau antivirus tersebut ialah antivirus terbaik kini ini.


Cara yang kedua ialah cara manual. Untuk cara manual, ada perbedaan antara cara menghapus virus shortcut bersistem Windows XP dengan Windows 7. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, jikalau virus shortcut bukan hanya akan menginfeksi flashdisk saja, tapi juga menginfeksi semua sistem yang ada di Windows XP. Jadi, cara pertama berikut ini bisa membasmi virus shortcut dengan keseluruhan. Dibawah ini langkah-langkahnya:



  • Matikan dulu fitur system restore.

  • Kemudian matikan juga hubungan jaringan internet sementara waktu.

  • Lalu bukalah Windows Task Manager, selanjutnya pindah tab Processes dan cari proses “wscript.exe” di User, bukannya di System. Pilihlah proses tersebut kemudian klik perintah “End Process” guna mematikannya.

  • Lanjut dengan membuka Run kemudian tulis “msconfig”. Di bab tab Startup, cari startup item camforg, dan hilangkan tanda ceklisnya.

  • Tekan Win+F, tulislah kata kunci “wscript”, kemudian cari. Sesudah pencariannya muncul, hapus seluruh file “wscript” tersebut.

  • Hapuslah seluruh file shortcut pada flash disk dengan ekstensi .lnk, .exe, serta .scr.


Sementara untuk komputer dengan system operasinya Windows 7 dengan Windows 8, bisa dilakukan dengan cara menghapus seluruh file shortcut pada flash disk. Karena virus shortcut cuma menginfeksi flash disk serta tak menginfeksi sistemnya.


Cara Mengembalikan File yang Disembunyikan


Sesudah tahu cara gampang menghilangkan virus shortcut, kini kita mengembalikan banyak sekali jenis file serta data yang disembunyikan. Antivirus tertentu bergotong-royong bisa mengembalikan file tersebut secara pribadi ketika proses pembersihan, tapi ada juga yang masih melewatkannya.


Meskipun begitu, anda pun bisa mengembalikan file yang telah hilang dengan mudah. Dibawah ini langkah-langkahnya:



  • Bukalah Command Prompt (CMD).

  • Lalu ketik drive letter pada flashdisk kita, contohnya “G:” kemudian klik enter.

  • Ketikan “attrib -s -h -r /s /d” kemudian klik enter.

  • Tunggu hingga prosesnya selesai, dan tutup CMD.

  • Selesai.


Sekarang seluruh data dan juga file yang ada didalam flashdisk telah kembali menyerupai semula. Bagi pengguna Windows XP, restart dulu komputer Anda guna menuntaskan pencucian yang dilakukan.


Sedangkan cara menghapus virus shortcut lainnya, Anda pun bisa mencoba aplikasi dari Virus Shortcut Removal.

Itulah beberapa cara menghilangkan virus shortcuth yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat.


[su_spoiler title=”Baca Artikel Lainnya” open=”yes” style=”simple”]



[/su_spoiler]


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Cara Menghilangkan Virus Shortcut Secara Total “Tanpa Anti Virus”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel