iklan

11 Jenis Ikan Air Bahari Indonesia Yang Terkenal Dikonsumsi

Jenis ikan air laut – Indonesia ialah sebuah negara yang kaya akan hasil alamnya. Salah satu dari banyaknya kekayaan alam Indonesia yaitu perikanan. Baik itu ikan air tawar maupun ikan air laut.


Namun, tingkat konsumsi masyarakat Indonesia terhadap ikan masih rendah.


Padahal, mirip yang sudah disinggung di atas, hasil kekayaan alam Indonesia sangat melimpah. Salah satunya ialah perairan Indonesia yang menyediakan banyak sekali jenis-jenis ikan air maritim maupun tawar yang sanggup dikonsumsi.


Nah, Kalau kau ingin hidup dengan 4 sehat 5 sempurna, maka perbanyaklah makan ikan alasannya ialah kandungan proteinnya sangat tinggi yang sanggup menciptakan tubuhmu sehat.


Untuk mengetahui jenis-jenis ikan yang sanggup kau konsumsi dengan protein tinggi, yuk kita simak artikel berikut ini.



Jenis-Jenis Ikan Laut yang Paling Enak Dimakan


Nah, sebelum kau memakannya sangat dianjurkan untuk mengetahui jenis ikan apa saja yang paling enak dikonsumsi. Bukan hanya enak saja namun mempunyai banyak kandungan gizi. Berikut ini ada 9 jenis yang sering dimakan oleh masyarakat Indonesia.


1. Tuna


 Indonesia ialah sebuah negara yang kaya akan hasil alamnya 11 Jenis Ikan Air Laut Indonesia yang Populer Dikonsumsi

dkptendri1.wordpress.com


Tuna merupakan jenis ikan maritim yang paling banyak digemari alasannya ialah mempunyai daging yang tebal dan lembut.


Selain itu, ikan tuna juga masuk dalam kategori jenis ikan air maritim yang sanggup berkembang hingga bobot 650 kilogram. Dan ia merupakan salah satu dari sekian jenis ikan air maritim besar yang berada di perairan dalam.


Ikan maritim yang satu ini biasa hidup berkelompok dan masuk dalam keluarga Scombridae dengan genus Thunnini.


Ikan tuna mempunyai banyak sekali macam kandungan gizi salah satunya ialah asam amino yang tinggi. Asam amino atau protein tersebut terkandung pada dagingnya yang bermanfaat untuk jaringan tubuhmu semoga berfungsi dengan baik.


Selain tinggi akan protein, ikan tuna juga rendah lemak jadi tidak akan membahayakan jantung jikalau kau mengkonsumsinya.


Meski manfaat ikan tuna bagi kesehatan kita begitu banyak, ada baiknya untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Cukup sekali atau dua kali saja dalam seminggu sebanyak 170 gram.


Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis ikan tuna besar yang hidup diantaranya tuna mata besar, tuna maddihang, tuna albakora. Kira-kira jenis ikan tuna manakah yang sudah kau makan?


2. Cakalang


 Indonesia ialah sebuah negara yang kaya akan hasil alamnya 11 Jenis Ikan Air Laut Indonesia yang Populer Dikonsumsi

mediatataruang.com


Ikan Cakalang merupakan jenis ikan maritim yang masih satu keluarga dengan ikan tuna yaitu Scombridae, namun berbeda genus yaitu Kastuwonus.


Berat ikan cakalang lebih ringan dibanding ikan tuna, jikalau ikan tuna sanggup berkembang hingga 650 kilogram, ikan cakalang hanya sanggup berkembang hingga 20 kilogram saja.


Ikan ini sanggup diolah menjadi banyak sekali macam kuliner enak yang menggunggah selera. Salah satunya ialah kuliner khas Manado mirip cakalang fufu dan cakalang suwir pedas.


Makanan yang enak tentu mengandung banyak gizi dan nutrisi mirip ikan cakalang ini. Ikan cakalang selain kaya akan protein, ia juga mempunyai kandungan berupa vitaman C, A dan D.


Yang mana kandungan gizi yang dimilikinya sanggup menyehatkan kulitmu.


3. Ikan Tongkol


 Indonesia ialah sebuah negara yang kaya akan hasil alamnya 11 Jenis Ikan Air Laut Indonesia yang Populer Dikonsumsi

news.kkp.go.id


Ada lagi nih binatang maritim yang termasuk keluarga Scombridae yang sanggup kau makan yaitu ikan tongkol.


Ikan tongkol masih satu keluarga dengan ikan tuna dan cakalang. Dari ciri-cirinya juga hampir mirip, namun ikan tongkol masuk ke dalam genus yang berbeda yaitu Euthynnus.


Bagian kepala ikan tongkol berwarna abu-abu mengkilat berbentuk memanjang dengan lisan yang meruncing ke bawah.


Jenis ikan air maritim yang satu ini juga kaya akan nutrisi. Salah satunya ialah zat besi yang bermanfaat bagi tubuhmu dalam pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia.


Selain zat besi ikan tongkol juga mengandung kolesterol yang baik dan mempunyai sifat anti inflamasi yang sanggup menciptakan tubuh terhindar dari stres dan peradangan.


Di sisi lain, daging tongkol mengandung asam amino histidin yang apabila terkotori dengan basil akan menimbulkan histamin.


Histamin tersebutlah yang memicu terjadinya keracunan atau alergi sehabis kau mengkonsumsinya.


Namun, kau tidak usah khawatir dan ragu jikalau ingin memakannya alasannya ialah ada sebuah penawaran racun dan alergi yang sangat ampuh yaitu air kelapa muda dan susu.


4. Bandeng


 Indonesia ialah sebuah negara yang kaya akan hasil alamnya 11 Jenis Ikan Air Laut Indonesia yang Populer Dikonsumsi

moongaahbandeng.blogspot.com


Bandeng merupakan salah satu jenis ikan maritim yang hingga ketika ini masih terkenal untuk dikonsumsi.


Ternyata tidak hanya terkenal di Indonesia saja, ia juga terkenal di wilayah Asia Tenggara lainnya.


Ikan dengan nama ilmiah Chanos ini merupakan salah satu keluarga Chanidae yang masih bertahan hidp hingga ketika ini.


Pada habitatnya, bandeng biasa hidup bergerombol sama mirip ikan tuna. Namun yang membedakannya ialah jikalau ikan tuna hidup di perairan dalam, bandeng hidup di sekitar pesisir pantai atau di pulau-pulau yang berkarang.


Maka dari itu, tidak sedikit para nelayan yang mengembangbiakkan dengan cara menciptakan tambak ikan di sekitar pesisir pantai.


Bandeng sendiri mempunyai tubuh yang mirip torpedo dengan sirip yang bercabang. Ia tidak mempunyai sisik di bab kepalanya.


Ikan bandeng sangat gampang diperoleh dengan harganya yang terjangkau dan kaya akan kandungan gizi serta rasanya yang sangat enak ketika sudah diolah menjadi sebuah masakan.


5. Sarden


 Indonesia ialah sebuah negara yang kaya akan hasil alamnya 11 Jenis Ikan Air Laut Indonesia yang Populer Dikonsumsi

gowest.id


Kamu niscaya sudah tidak gila lagi dengan jenis ikan maritim yang satu ini. Sarden merupakan jenis ikan maritim dangkal yang sanggup ditemukan dengan gampang di kedalaman 10-20 meter.


Ikan ini juga tersebar luas dan populasinya sangat banyak, sanggup ditemukan di banyak sekali samudra alasannya ialah termasuk dalam kategori ikan imigrasi.


Ikan sarden mempunyai ciri-ciri diantaranya berbentuk mirip panah, berukuran 10-20 cm, sisiknya tebal berwarna kebiru-biruan.


Ikan ini termasuk dalam kategori ikan yang gampang busuk.


Nah, maka dari itu tidak heran jikalau kini banyak yang mengolahnya menjadi ikan kalengan supaya meminimalisir kerugian.


Proses pembuatan sarden kalengan ialah memakai teknik perendaman garam cair dengan konsentrat 15% semoga daging tidak hancur. Tentu ikan sarden yang dipilih masih dalam keadaan segar.


6. Ikan Teri


 Indonesia ialah sebuah negara yang kaya akan hasil alamnya 11 Jenis Ikan Air Laut Indonesia yang Populer Dikonsumsi

hellosehat.com


Teri merupakan jenis ikan air maritim yang hidup bergerombol di permukaan air laut.


Bentuknya kecil, pipih dan agak bulat. Namun ikan teri mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Asam lemak tak jenuh yang terkandung di dalam teri sanggup melawan kolesterol jahat yang ada pada tubuh kita.


Tidak hanya itu, kandungan yang dimilikinya juga sanggup memperbaiki kesehatan jantung kita.


Ikan teri juga kaya akan kalsium yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang.


Selain itu, ikan teri juga mengandung protein yang tinggi sehingga sangat cocok untuk kau yang sedang diet. Dengan protein yang tinggi akan membuatmu cepat kenyang sehingga mencegahmu untuk makan banyak.


Maka, ada istilah “kecil-kecil cabai rawit” tidak hanya dipakai untuk insan saja, namun berlaku juga untuk jenis ikan yaitu ikan teri.


7. Kakap


 Indonesia ialah sebuah negara yang kaya akan hasil alamnya 11 Jenis Ikan Air Laut Indonesia yang Populer Dikonsumsi

langgengpancing.com


Ikan kakap ialah jenis ikan air maritim khas Kepulauan Riau yang sangat gampang ditemukan di perairan yang higienis erat dekat dengan pantai.


Cara hidupnya dengan berkelompok di terumbu karang.


Dari sekian banyak jenis ikan kakap di Indonesia sendiri hanya ada 2 jenis ikan kakap yang terkenal yaitu kakap merah dan kakap putih.


Perbandingan antara kakap merah dan putih dari ketebalan dagingnya. Kakap merah mempunyai daging yang lebih tebal dari kakap putih.


Meski begitu, keduanya sangat enak untuk disantap dan kaya akan kandungan nutrisi salah satunya ialah vitamin E yang bermanfaat untuk kesehatan kulitmu.


8. Ikan Salmon


 Indonesia ialah sebuah negara yang kaya akan hasil alamnya 11 Jenis Ikan Air Laut Indonesia yang Populer Dikonsumsi

goperikanan.com


Ikan salmon ialah jenis ikan maritim yang merupakan materi utama pembuatan kuliner khas Jepang yaitu sushi.


Hewan maritim yang satu ini mempunyai manfaat yang banyak dan rasa yang enak sehingga mewajibkan kau untuk mencobanya.


Ikan yang satu ini termasuk keluarga Salmonidae.


Jenis lain yang masuk dalam keluarga yang sama ialah trout. Akan tetapi, yang membedakan antara keduanya ialah cara berkembangbiaknya. Jika ikan salmon berkembangbiak dengan cara berimigrasi sedangkan trout berkembangbiak dengan menetap.


9. Tenggiri


 Indonesia ialah sebuah negara yang kaya akan hasil alamnya 11 Jenis Ikan Air Laut Indonesia yang Populer Dikonsumsi

ramesia.com


Jika kau penggemar jajanan khas Jawa Barat yaitu siomay masti sudah mencicipi lezatnya ikan ini.


Ikan tenggiri merupakan materi utama pembuatan siomay Bandung.


Ia termasuk dalam keluarga Scombridae yang mana masih kerabatan dengan ikan tuna, tongkol dan cakalang.


Ikan tenggiri juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita yang tidak kalah dengan ikan maritim lainnya.


Diantara manfaatnya, zat besi yang terkandung di dalamnya berkhasiat meningkatkan kadar haemoglobin dalam darah, vitamin A yang berkhasiat untuk kesahatan mata dan vitamin C yang berkhasiat untuk sistem kekebalan tubuh.


Sekian yang sanggup disampaikan, semoga bermanfaat.


 




Sumber https://mefahlan.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "11 Jenis Ikan Air Bahari Indonesia Yang Terkenal Dikonsumsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel