iklan

10 Tips Cara Budidaya Anggur Merah Hasil Melimpah

Anggur yakni buah yang sangat banyak digemari. Salah satu jenis anggur yang memiliki banyak penggemar yakni anggur merah. Anggur merah memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Banyak orang yang ingin menanam anggur merah, tetapi belum mengetahui cara budidaya anggur merah yang baik. Berikut kami berikan beberapa tahap cara budidaya anggur merah.


Anggur yakni buah yang sangat banyak digemari 10 Tips Cara Budidaya Anggur Merah Hasil Melimpah
Tanaman anggur merah

Bibit Anggur Merah


Cara budidaya anggur merah yang paling penting yakni persiapan bibitnya. Persiapkan bibit anggur yang telah berumur 1.5 – 2 bulan. Panjang akar sekitar 5 – 10 cm dan memiliki dua tunas. Anda sanggup mendapat bibit anggur pada penjual bibit tanaman. Penanaman lebih baik dilakukan pada pada bulan April – Juni.


artikel terkait anggur: Inilah Manfaat Buah Anggur


Persiapan Lahan


Cara budidaya anggur merah selanjutnya yakni persiapan lahan. Buatlah lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x50 cm. Dengan jarak tanam 3 x 3 m. Campurkan pupuk sangkar dengan tanah lapisan atas, pasir dan natural GLIO. Kemudian isikan ke dalam lubang. Setelah itu buatlah kanal pemasukan dan pembuangan air irigasi.


Pengairan dan Pemupukan Anggur Merah


Untuk penyiraman hendaknya Anda lakukan 2 kali sehari. Penyiraman yakni cara budidaya anggur merah yang harus Anda perhatikan. Untuk tumbuhan bakir balig cukup akal lakukan penyiraman 3 hari sekali. Satu bulan sebelum Anda melaksanakan pemangkasan, pengairan dilarang dan sehabis pemangkasan tumbuhan sanggup diberi pengairan kembali. Pengairan dilarang kembali sebelum melaksanakan panen dan di airi kembali 3 hari sehabis panen.


Untuk pemupukan dalam cara budidaya anggur merah, Anda sanggup melaksanakan dengan cara disebar atau dicampur secara merata dengan tanah secara melingkar dengan jarak 25 cm dari batang. Setelah pemupukan tutup pupuk dengan tanah lalu dilakukan penyiraman. Pemupukan memakai pupuk dengan unsur N. Lakukan pemupukan setiap 10 hari sekali hingga dengan tumbuhan berumur 3 bulan. Pupuk dengan takaran 10 gram/pohon. Tanaman dengan umur 3 – 6 bulan membutuhkan pupuk dengan takaran 15 gram/pohon. Pemupukan dilakukan tiap 15 hari sekali. Setelah pohon anggur berusia 4 tahun pemupukan diberikan setahun sekali, yaitu pada dikala pemangkasan pembuahan.


Pemangkasan Pohon Anggur


Cara budidaya anggur merah selanjutnya yakni tahap pemangkasan. Pemangkasan pohon anggur dilakukan pada dikala tumbuhan anggur berumur 1 tahun. Potonglah batang pokok tunas/cabang primer yang keluar dari batang pokok. Tunas yang tumbuh di cabang primer dinamakan cabang sekunder. Cabang sekunder yang memiliki panjang 1 m dan dipangkas akan menghasilkan cabang tersier. Cabang tersier inilah yang akan menghasilkan bunga dan menjadi buah. Ciri cabang yang siap untuk dipangkas yakni cabang dengan ujung tunas gampang dipatahkan dan sehabis dipangkas akan menetes air.


Anggur yakni buah yang sangat banyak digemari 10 Tips Cara Budidaya Anggur Merah Hasil Melimpah
Tips pemangkasan pohon anggur merah

Bunga dan Buah Anggur Merah


Tahap pemangkasan dalam cara budidaya anggur merah dilakukan sebanyak 2 tahap dalam satu tahun. Yaitu sekitar bulan Maret – April serta Juli – Agustus. Setiap tunas sisakanlah 3 helai bunga dan tunas yang tumbuh. Buah yang tidak normal, bertangkai panjang, berhimpitan dan rusak sebaiknya segera dipangkas. Bungkuslah buah dengan memakai kertas semen atau kantong plastik bening supaya buah tidak terjangkit hama dan terkena hujan.


Penjarangan dan Penyulaman


Cara budidaya anggur merah selajutnya yakni penjarangan. Penjarangan yakni hal serius yang harus Anda perhatikan. Penjarangan akan mempengaruhi kualitas buah yang dihasilkan pohon anggur. Jika penjarangan tidak Anda lakukan secara teratur, maka akan merusak perkembangan buah anggur. Selain itu sanggup menurunkan kualitas dari buah anggur. Adapun buah yang perlu dibuang adalah:



  • Mempunyai tangkai yang panjang

  • Mempunyai bentuk yang tidak sempurna

  • Buah tanpa adanya persarian

  • Buah pada bab dalam


Penjarangan sanggup Anda lakukan pada dikala tumbuhan berumur satu bulan sehabis pembungaan. Penjarangan kedua sanggup Anda lakukan pada dikala buah masih berbentuk sebesar jagung. Lakukan pembungkusan buah. Pembungkusan dilakukan dalam satu dompol buah atau tiga buah yang masak dengan koran atau kertas semen.


Cara budidaya anggur selanjutnya yakni penyulaman. Penyulaman dilakukan bila ada tumbuhan yang tidak sehat atau mati. Lakukan penyulaman secara bersamaan dengan penyiraman.


Penyiangan


Anda sanggup melaksanakan penyiangan bila terdapat tumbuhan penggangu.


Perempalan


Tujuan dari perempalan dalam cara budidaya anggur merah yakni supaya Anda mendapat pertumbuhan pohon anggur yang baik. Cara perempalan yaitu membuang  tunas yang tidak perlu dan menyisakan satu tunas yang baik sebagai batang pokok. Perempalan bentuk dilakukan dikala tumbuhan hingga berumur 1 tahun. Perempalan untuk pembuahan dilakukan pada dikala tunas. Sedangkan perempalan untuk pembuahan dilakukan sehabis Anda melaksanakan perempalan bentuk atau pada dikala anggur berumur 1 tahun. Tips dalam perempalan untuk pembuahan yakni sebaiknya Anda menyidik dahulu cabangnya. Caranya yaitu dengan memotong ujung salah satu cabang. Bila cabang meneteskan air maka sanggup dilakukan perempalan.


Perempalan untuk pembuahan caranya yakni dengan meninggalkan 2 – 4 mata tunas. Semua daun Anda hilangkan atau dibuang. Untuk perempalan sanggup Anda lakukan 1 tahun 3 kali perempalan. Yaitu pada bulan Maret – April, Juli – Agustus, dan November – Desember. Perempalan pada bulan November – Desember tidak akan menghasilkan hasil, akan tetapi lebih ditujukan untuk memelihara kesuburan tumbuhan hingga dengan animo penghujan selesai.


Penyemprotan Insektisida


Cara budidaya anggur merah selanjutnya yakni penyemprotan insektisida. Tujuan dari penyemprotan ini yakni mencegah serangan hama. Hentikan penyemprotan 15 hari sebelum panen. Khusus hama Phyiloxera Vitifolia Anda sanggup memakai insektisida Furadan 3G/Temik 1 OG.


Anggur yakni buah yang sangat banyak digemari 10 Tips Cara Budidaya Anggur Merah Hasil Melimpah
Ulat penganggu tumbuhan anggur merah

Pengaturan Bunga


Cara budidaya anggur lainnya yakni pengaturan buah. Dua ahad sehabis melaksanakan pemangkasan pembuahan, cabang tersier yang gres tumbuh akan mengeluarkan sulur pembentukan bunga. Sulur tersebut keluar dari mata tunas ke 3, 4 dan 5. Jika ada cabang tersier yang tidak mengeluarkan sulur, maka Anda segera sanggup memotongnya.


artikel anggur lainnya: Tips Cara Menanam Anggur


sumber gambar: petanitop, juaolo, arisblog


 


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Tips Cara Budidaya Anggur Merah Hasil Melimpah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel