iklan

Soal Latihan Usbn Smp B. Indonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru

Ilmu ialah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan ialah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis sebab belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) ialah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin simpel atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.


Seseorang yang melewati ujian mendapatkan ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif ialah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal niscaya akan mengahadapi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di sanggup hasil sebagai materi penilaian untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN ialah sistem penilaian standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar kawasan yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan penilaian sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian dilakukan oleh forum yang berdikari secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.

Proses pemantauan penilaian tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada kesudahannya akan sanggup membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.

Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan ialah penentuan nilai batas (cut off score).

Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara penerima didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan penerima didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.

Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara penerima didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.

Manfaat pengaturan standar ujian selesai :
  • Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
  • Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.

Maka menurut Hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama B. Indonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru dengan jumlah 50 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yaitu berupa soal pilihan ganda dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supaya Sobat Prakata semua bisa lebih gampang Untuk menghafalnya dan juga bisa menimbulkan referensi soal dikala akan melaksakan USBN tersebut nanti sebab soal tersebut diambil menurut sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.

Baca Juga :
    Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, pribadi saja kita menuju Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama B. Indonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.

    Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama B. Indonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru


    Adapun soal-soal yang akan kita bahas pada mata pelajaran B. Indonesia Kelas 9 ini sebagai materi referensi dikala menghadapi Ujian Sekolah ialah sebagai berikut :


    1.Cermatilah teks berikut!
    Biografi Mario Teguh
    "Salam Super" itulah kata-kata pembuka yang biasa diucapkan oleh Mario Teguh ketika ia mulai membawakan aktivitas di Metro TV yang bertajuk 'Mario Teguh Golden Ways'. Terkenal sebagai motivator terbaik di Indonesia yang mempunyai kepribadian yang cerdas serta bisa memotivasi  banyak  orang melalui rangkaian kata-kata bijaknya sehingga ia makin banyak disukai oleh orang-orang.

    Makna kata bercetak miring tebal pada kutipan teks tersebut ialah …
    A. Orang yang bertugas mengingatkan orang lain supaya selalu melaksanakan perbuatan baik.
    B. Orang yang bertugas membantu seseorang dalam menuntaskan dilema pribadinya.
    C. Orang yang mengakibatkan timbulnya dorongan pada orang lain untuk melaksanakan sesuatu.
    D. Orang yang membangkitkan semangat seseorang supaya berasil dalam menjalankan usahanya.


    Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3! Kelestarian Lingkungan Hidup
    Lingkungan ialah sesuatu yang ada di sekitar insan yang sanggup memengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan hidup ialah kesatuan ruang dengan benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk insan terlibat di dalamnya. Manusia harus menyadari bahwa lingkungan merupakan sarana pengembangan hidup yang harus dijaga kelestariannya.

    Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem, yaitu tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling memengaruhi dalam membentuk keseimbangan,     stabilitas,     dan     produktivitas     lingkungan      hidup.   Lingkungan hidup sanggup dibedakan menjadi tiga, yaitu unsur hayati (biotik), unsur sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup, menyerupai manusia, hewan, flora dan jasad renik. Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibentuk oleh insan berupa sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam sikap sebagai makhluk

    sosial. Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk tak hidup, menyerupai tanah, air, iklim, udara dan lain sebagainya. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.

    2. Informasi yang sesuai dengan isi teks tersebut ialah ….
    A. Tanpa adanya unsur lingkungan hidup, insan tidak hidup di bumi ini.
    B. Unsur abiotik tidak terlalu kuat terhadap kelangsungan hidup manusia.
    C. Unsur sosial budaya diciptakan oleh insan untuk kelestarian kehidupan di bumi.
    D. Lingkungan hidup yang mencakup unsur biotik, sosial budaya, dan abiotik harus dijaga kelestariannya.

    3. Simpulan isi teks tersebut ialah ...
    A. Manusia harus menjaga kelestarian lingkungan hidup.
    B. Manusia sanggup memanfaatkan seluruh isi lingkungan hidup.
    C. Seluruh unsur lingkungan hidup saling mempengaruhi demi kehidupan manusia.
    D. Unsur biotik, sosial budaya, dan abiotik harus dimanfaatkan insan secara seimbang.

    Cermatilah teks berikut kemudian jawablah soal nomor 4 dan 5!

    Ternyata jeruk nipis bermanfaat dalam mengobati batuk. Buah ini mempunyai kandungan berupa minyak asiri dan zat yang sanggup bermanfaat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga bisa meredakan batuk. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan cara meminum air perasan dari jeruk nipis yang sanggup dicampur dengan madu, kecap atau gula sehingga rasa asamnya berkurang.

    4. Ide pokok teks tersebut ialah ....
    A. manfaat jeruk nipis
    B. kandungan jeruk nipis
    C. adonan jeruk nipis
    D. cara penggunaan jeruk nipis

    5. Isi yang tersirat pada pecahan teks tersebut ialah ....
    A. Jeruk nipis sanggup dicampur dengan zat lainnya
    B. Jeruk nipis sanggup ditanam di pekarangan rumah
    C. Jeruk nipis mempunyai khasiat untuk menjaga kesehatan
    D. Jeruk nipis lebih berguna dibandingkan jeruk lainnya

    6. Bacalah kutipan teks berikut!

    Perlunya Resapan Air untuk Mencegah Banjir
    Banjir sudah menjadi aktivitas tahunan bagi masyarakat Indonesia. Tidak heran bila pemerintah berjuang keras dan mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk menuntaskan dilema ini. Membangun akses air yang manis merupakan salah satu cara pemerintah menanggulangi banjir. Namun, itu semua tidak akan berhasil apabila tidak diimbangi dengan pembangunan kawasan resapan air. Jadi, resapan air ini merupakan syarat mutlak untuk menanggulangi banjir.

    Pendapat yang mendukung kutipan isi teks tersebut ialah ...
    A. Solusi tersebut hanya akan menghamburkan uang negara.
    B. Solusi menyerupai itu sudah sempurna sehingga harus segera direalisasikan.
    C. Solusi yang dipilih pemerintah tidak akan bisa menanggulangi banjir.
    D. Solusi tersebut masuk akal, tetapi sulit membangun resapan air di perkotaan.

    7. Cermatilah teks berikut!
    Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal tumbuhan pengecap buaya serta manfaatnya. Manfaat flora yang berjulukan latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Tumbuhan tanpa buah ini mempunyai ciri-ciri, menyerupai daun berbentuk panjang, tebal, dan berwarna hijau. Daunnya mengandung serat bening sebagai daging.
    Meskipun semenjak dahulu dikenal mempunyai banyak khasiat, belum banyak yang mengetahui bahwa tumbuhan ini bisa menjadi komoditas yang menguntungkan. Komoditas yang berbahan pengecap buaya, di antaranya obat untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit, jus pengecap buaya atau gel sebagai obat pencahar yang baik dan sangat membantu kalau mengalami sembelit, ramuan penyubur rambut, juga sebagai minuman yang menyehatkan.

    Ringkasan paragraf tersebut adalah....
    A. Lidah buaya bermanfaat sebagai penyubur rambut juga untuk kesehatan.
    B. Lidah buaya sangat bermanfaat untuk mengobati banyak sekali macam penyakit.
    C. Lidah buaya selain bermanfaat juga menjadi komoditas yang menguntungkan.
    D. Lidah buaya mempunyai ciri-ciri tertentu  dan nilai komoditas yang menguntungkan.

    8. Bacalah kutipan teks berikut!

    Kutipan teks I
    Gamelan Jawa
    Yogyakarta ialah tempat yang paling sempurna untuk menikmati gamelan. Di kota ini Anda sanggup menikmati gamelan versi aslinya. Gamelan yang berkembang di Yogyakarta ialah Gamelan Jawa yaitu musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Musik yang tercipta pada Gamelan Jawa berasal dari paduan bunyi gong, kenong, dan alat musik Jawa lainnya.
    Gamelan Jawa berbeda dengan Gamelan Bali ataupun Gamelan Sunda. Gamelan Jawa mempunyai nada yang lebih lembut dan slow, berbeda dengan Gamelan Bali yang rancak dan Gamelan Sunda yang sangat mendayu-dayu dan didominasi bunyi seruling. Perbedaan itu wajar, sebab Jawa mempunyai pandangan hidup tersendiri yang diungkapkan dalam irama musik gamelannya. Adanya perbedaan gamelan Jawa, Bali, ataupun Sunda mengindikasikan bahwa masing-masing kawasan mempunyai pandangan hidup dan budaya sehingga kuat pada gamelannya.

    Kutipan teks II
    KEKERINGAN
    Kekeringan ialah keadaan kekurangan air yang sangat ekstrim dalam waktu lama. Kekeringan timbul tanpa sanggup diprediksi secara tepat. Di Indonesia, hujan turun secara tidak merata meskipun pada umumnya hujan terjadi di seluruh wilayah negeri. Selain itu, hujan tidak terjadi dalam waktu yang bersamaan. Di wilayah barat, hujan sudah turun, tetapi di wilayah timur belum turun hujan. Kekeringan biasanya muncul bila suatu wilayah secara terus-menerus mengalami curah hujan di bawah rata-rata. Musim kemarau yang panjang akan menjadi musibah apabila mengakibatkan suatu wilayah kehilangan sumber pendapatan jawaban gangguan pada pertanian dan ekosistem yang ditimbulkannya.

    Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan teks tersebut adalah....

    9. Bacalah teks berikut!

    1) Penerbit Wayang menerbitkan buku terbaru yang berjudul Sudah  Saatnya  Menjadi Penulis Hebat. 2) Buku ini ditulis oleh Bendi Derajat. 3) Judulnya menarik, isinya lengkap, bahasanya ringan dan gampang dipahami serta bermanfaat bagi pembaca. 4) Hanya saja buku tersebut memakai banyak istilah akademik yang sulit dipahami pembaca awam.

    Kelemahan karya sastra yang terdapat pada ulasan buku tersebut ditandai nomor...
    A. 1
    B. 2
    C. 3
    D. 4

    Bacalah kutipan cerpen berikut kemudian jawablah soal nomor 10 s.d. 13!
    Langit menjadi kelabu. Awan hitam mulai tak bisa lagi membendung butiran air. Matahari pergi. Sinarnya pun tak berbekas. Di samping rumah Nada, nampak Dio masih asyik bermain dengan merpatinya. Nada tersenyum menatapnya dari balik jendela kamarnya. Ya, tetangganya itu memang sangat menyukai merpati. Bahkan di samping rumahnya ada sebuah sangkar merpati yang cukup luas miliknya sendiri. Ia biasa menyebutnya istana Merpati Dara Dori. Begitu banyak jenis merpati yang ia piara. Semuanya sepasang. Ada merpati lokal, merpati kipas, merpati gondok, merpati Lahore, dan masih banyak lagi. Namun, di antara semua merpatinya, merpati lokal berwarna seputih saljulah yang paling ia sukai. Dara dan Dori.

    10. Makna kata “membendung” pada kutipan cerpen tersebut ialah ….
    A. menahan
    B. menampung
    C. membentengi
    D. mengumpulkan

    11. Pernyataan yang sesuai dengan isi cerpen tersebut ialah …
    A. Merpati yang paling Dio Gemari ialah merpati Lahore.
    B. Dio seorang yang menggemari banyak sekali jenis burung merpati.
    C. Kandang burung yang ada sengaja dibentuk untuk Dara dan Dori.
    D. Nada tidak senang kalau Dio memelihara banyak burung merpati.

    12. Kutipan cerpen tersebut merupakan pecahan alur ...
    A. pengenalan
    B. komplikasi
    C. klimaks
    D. penyelesaian

    13. Latar suasana yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut ialah .…
    A. mendung
    B. hujan
    C. dingin
    D. sunyi

    Bacalah kutipan cerpen berikut kemudian jawablah soal nomor 14 s.d.17!
    “Nada, minggu depan kita harus pindah ke Jogjakarta. Ayah dipindahtugaskan di sana.” Bagaikan petir di siang bolong menyambar Nada yang seketika itu pribadi membisu mematung. “Kenapa mendadak, Bunda? Nada senang tinggal di sini. Apa Nada tidak bisa tetap tinggal di sini? Sekolah Nada gimana?” “Tidak bisa, sayang. Kamu mau tinggal sama siapa di sini? Masalah sekolah, semua sudah diurus Ayah. Kamu hanya tinggal mengemasi barang-barangmu.” Nada terdiam. Tak mungkin bisa ia membantah. Minggu depan ia harus meninggalkan tempat ini. Tepat di hari ulang tahun Dio yang ke-18. Terasa berat untuknya meninggalkan tempat ini. Terlalu banyak kenangan yang terukir. Semakin terasa berat ketika harus meninggalkan Dio.

    14. Makna simbol petir di siang bolong pada kutipan cerpen tersebut adalah....
    A. merasa sedih
    B. merasa bingung
    C. sangat terkejut
    D. merasa heran

    15. Amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut ialah ...
    A. Sebagai anak harus patuh pada kedua orang tua.
    B. Lakukan perintah orang bau tanah meskipun dengan terpaksa!
    C. Ikhlaskan diri kita dalam mengerjakan sesuatu pekerjaan!
    D. Setiap keputusan supaya dibicarakan terlebih dahulu dengan keluarga!

    16. Penyebab terjadinya konflik pada kutipan cerpen tersebut ialah ...
    A. Perasaan berat hati Nada harus meninggalkan Dio.
    B. Nada merasa galau dengan dilema sekolahnya.
    C. Kepindahan tempat kiprah ayah Nada yang mendadak.
    D. Nada merasa berat meninggalkan tempat tinggal yang sekarang.

    17. Akibat konflik yang terjadi pada kutipan cerpen tersebut adalah...
    A. Nada membisu mematung selama satu minggu.
    B. Nada harus segera mengemasi barang-barang miliknya.
    C. Meskipun merasa berat, minggu depan Nada harus ikut pindah ke Yogyakarta.
    D. Ayah dan ibu Nada harus mencari tempat tinggal dan sekolah gres untuk Nada.

    18. Bacalah kutipan fabel berikut!
     Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan fabel tersebut diawali dengan ....


    19. Bacalah kutipan fabel berikut!
    Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan fabel tersebut adalah….

    Cermatilah kutipan fabel berikut untuk menjawab soal nomor 20 s.d.22!

    Kupu-Kupu Berhati Mulia
    Di suatu hutan ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sangat senang sebab bisa berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut  berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu. Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang buruk dan tidak bisa pergi ke mana-mana “Hei, kepompong alangkah buruk nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu kalau ranting itu patah?” Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya ialah binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya membisu saja mendengar ajukan tersebut.

    Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin menciptakan semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur.

    Sang semut hampir karam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan. “ Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!” Untunglah dikala itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu- kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti saya akan mengangkat ranting itu.” Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman. Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu sebab kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang mahir dan terpuji. Mendengar kebanggaan itu, kupu-kupu berkata kepada semut. “Aku ialah kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya. Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa ia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.

    20. Komentar yang sempurna terhadap isi fabel tersebut ialah ...
    A. Cerita kurang menarik sebab berisi hal-hal yang tidak sanggup diterima oleh logika sehat pembaca.
    B. Isi kisah manis sebab mengajarkan kepada pembaca supaya jangan sombong dan tidak 
         balas dendam.
    C. Isi kisah tersebut cukup bagus, tetapi sayang sekali pesan moralnya tidak terang untuk dimengerti
         oleh pembaca.
    D. Isi kisah manis meskipun dalam kehidupan sehari-hari pesan moral dalam kisah tersebut
         sulit untuk dijalankan.

    21. Komentar yang sempurna terhadap pola pengembangan kutipan fabel tersebut adalah...
    A. Pola pengembangan fabel tersebut dimulai dengan memunculkan dilema yang harus diselesaikan oleh tokoh semut.
    B. Pola pengembangan kisah tersebut dimulai dengan menampilkan lokasi sebab di dalam kutipan fabel dimunculkan lokasi kisah yaitu di suatu hutan.
    C. Pola pengembangan kisah tersebut dimulai dengan mengidentifikasi garis besar kisah sebab dengan membaca kutipan fabel tersebut pembaca sanggup mengetahui garis besar ceritanya.
    D. Pola pengembangan kisah tersebut dimulai dengan mengisyaratkan ketegangan (bahaya) sebab di dalam kutipan fabel tersebut tokoh menghadapi hal yang membahayakan.

    22. Komentar yang sempurna terhadap penggunaan bahasa kutipan fabel tersebut adalah...
    A. Banyak memakai kata-kata yang bermakna kiasan sehingga menyulitkan pembaca dalam memahami isi kisah tersebut.
    B. Bahasa yang dipakai dalam fabel tersebut ialah bahasa sehari-hari sehingga pembaca gampang dalam memahami isi fabel tersebut.
    C. Kalimat   yang  dipakai dalam  fabel menggunakan kalimat yang panjang- panjang sehingga membosankan pembaca.
    D. Fabel tersebut banyak memakai ungkapan dan peribahasa yang sulit dimengerti oleh pembaca.

    23. Cermatilah kalimat berikut!
    Kekeringan yang terjadi terlalu usang sanggup berdampak pada turunnya ... tumbuhan dan merugikan petani.
    Kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut ialah ....
    A. produksi
    B. produsen
    C. konsumsi
    D. konsumen

    24. Perhatikan teks berikut!
    Membuat Puding Kelapa Muda

    1. Sediakan agar-agar, gula,santan, kelapa muda,vanili, dan telur kemudian kocok. 
    2. [.........]
    3. Setelah mendidih, masukkan agar-agar, santan, gula, kelapa muda, dan telur yang sudah dikocok.
    4. Biarkan hingga mendidih kembali, kemudian angkat.
    5. Tuanglah ke dalam cetakan.

    Kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks tersebut ialah ...
    A. Biarkan masbodoh dalam lemari.
    B. Masak air hingga mendidih.
    C. Masak adonan dengan api sedang.
    D. Biarkan mengeras, kemudian sajikan.

    25. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
    Cara Mematikan Komputer

    1. Tutup semua aktivitas atau aplikasi yang sedang aktif
    2. Klik sajian “Turn Off Computer”
    3. Klik tombol “Start” dengan mouse pada sajian Dekstop
    4. Diamkan beberapa dikala hingga komputer padam.
    5. Pada kotak obrolan “Turn Off Computer”, klik tombol “Turn Off”
    6. Cabut kabel listrik dari jala-jala listrik
    7. Tekan tombol OFF pada monitor untuk memadamkan monitor
    8. Tutup dengan penutup

    Kalimat-kalimat tersebut sanggup disusun menjadi teks laporan yang padu dengan urutan nomor….
    A. 1-3-2-4-5-7-6-8
    B. 1-3-2-5-4-7-6-8
    C. 1-2-3-4-5-7-6-8
    D. 1-2-4-3-6-5-7-8

    26. Cermatilah kalimat rumpang berikut!
    Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan salah satu ...yang sanggup dilakukan dalam mengatasi kemacetan.
    Kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut ialah ....
    A. solusi
    B. alternatif
    C. pemikiran
    D. perkiraan

    27. Cermatilah teks berikut!
    Di dataran rendah yang kering, tumbuhan mangga sanggup mendapatkan sinar matahari selama 12 jam penuh sepanjang tahun. [...] Semakin intensif sinar matahari, semakin manis buah yang dihasilkan. Dengan sinar matahari penuh selama 12 jam, tumbuhan mangga sanggup leluasa membentuk karbohidrat dan gula.
    Kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks tersebut ialah ...
    A. Sinar matahari berperan dalam penyerbukan bunga.
    B. Sinar matahari berguna bagi penyuburan tanaman.
    C. Sinar matahari membantu dalam penyebaran buah.
    D. Sinar matahari berperan untuk pembentukan buah.

    28. Bacalah teks berikut!
    Kelebihan novel ini menciptakan para pembaca sanggup mengintrospeksi diri perihal kewajiban seorang anak memuliakan seorang ibu. Pembaca bisa lebih tahu perasaan seorang ibu ketika anak-anaknya tidak berpihak padanya. Novel ini juga dikemas dengan bahasa yang gampang dimengerti sehingga para pembaca tidak sulit untuk memahaminya.
    [...]
    Novel ini cocok dibaca oleh semua kalangan supaya semua tahu bahwa ibu ialah satu-satunya orang yang nrimo mencintai kita tanpa pamrih, syarat, dan mendapatkan kita kapanpun. Ibu berkorban tanpa meminta imbalan bahkan kita tidak sadar dan tidak tahu bahwa seorang ibulah yang selalu mendoakan kita di manapun kita berada. Karena seorang ibu selalu menginginkan anaknya sukses. Saat ibu telah  tiada hanya doa anak yang soleh dan solehahlah yang akan selalu menyertainya. Mari kita doakan ibu kita.

    Paragraf berisi kelemahan yang sempurna untuk melengkapi teks tersebut ialah ...
    A. Hanya sangat disayangkan masih terdapat penulisan kata-kata yang kurang tepat. Meskipun begitu novel ini tetap dianjurkan untuk dibaca. Karena dengan membaca novel ini akan menambah rasa sayang kita terhadap seorang ibu.
    B. Pada awal kisah novel ini, sang penulis Wahyu Derapriyangga menceritakan usaha seorang ibu yaitu Restiana untuk menghidupi dan mendidik anak- anaknya sesudah suaminya meninggal.
    C. Kenyataan pahit yang ia alami itu bermula dari suaminya yang meninggal sebab kecelakaan, ketika menyebrangi jalan dikala menjemput si Sulung di sekolahnya. Ayahnya menghembuskan nafas terakhirnya di pangkuan si Sulung.
    D. Jangan Buang Ibu Nak, ialah novel karya Wahyu Derapriyangga yang menceritakan perihal usaha seorang ibu yang tinggal di Ibu kota. Ia berjulukan Restiana,ia harus menghidupi ketiga orang anaknya yaitu Sulung,Tengah dan Bungsu.

    29. Bacalah teks berikut!
    Kegiatan berguru merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara rutin oleh pelajar. Dengan kata lain, berguru ialah kegiatan wajib bagi pelajar. Belajar tidak hanya dilakukan di kelas, namun Anda juga bisa melakukannya secara berdikari maupun berdiskusi kelompok di tempat lain.
    Sebagian siswa kesulitan dalam mengatur waktu berguru secara efisien dan efektif dikarenakan ketidaktahuannya dalam mengatur jadwal. Padahal hal ini merupakan suatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena kalau waktu berguru diatur dengan benar, maka berguru pun akan lebih efisien dan efektif.
    Buatlah jadwal belajar. Hal yang terpenting di sini ialah penyusunan jadwal belajar. Cobalah untuk menciptakan jadwal berguru dan sesuaikan dengan jumlah pelajaran yang akan Anda pelajari. Dengan begitu Anda akan sanggup menyusun jadwal berguru yang diubahsuaikan dengan waktu berguru Anda.
    Tetapkan waktu berguru Anda. Hal yang tak kalah penting ialah menentukan waktu belajar. Cobalah untuk menentukan waktu berguru yang sesuai dengan kriteria berguru Anda. Tanyalah pada dirimu sendiri. Untuk pelajaran yang Anda anggap sukar lebih baik pelajari terlebih dahulu dan buatlah porsi berguru yang lebih usang supaya Anda bisa memahami pelajaran tersebut. Ulangi pelajaran yang Anda sanggup di kelas. Hal ini dilakukan supaya pelajaran yang Anda sanggup tidak cepat hilang atau Anda lupakan.
    Jangan membuang-buang waktu luang. Manfaatkan waktu luang yang Anda miliki dengan sebaik-baiknya. Atur waktu berguru Anda, sesuaikan dengan jumlah pelajaran, gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap pelajaran. Jangan terlalu memforsir waktu Anda untuk belajar. Atur waktu Anda untuk refreshing dan luangkan waktu untuk beribadah dan berdoa.

    Perubahan teks tersebut menjadi teks mekanisme yang sempurna ialah ...
    A. Langkah-langkah berguru efektif

    1. Susunlah jadwal belajar!
    2. Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
    3. Aturlah waktu berguru dengan menyesuaikan jadwal berguru di sekolah!
    4. Gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap mata pelajaran!
    5. Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar!
    6. Jangan lupa berdoa!

    B. Langkah-langkah berguru efektif

    1. Susunlah jadwal belajar!
    2. Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
    3. Aturlah waktu berguru dengan menyesuaikan jumlahjam mata pelajaran!
    4. Gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap mata pelajaran!
    5. Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar!
    6. Atur waktu untuk refreshing dan beribadah!

    C. Langkah-langkah berguru efektif

    1. Susunlah jadwal belajar!
    2. Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
    3. Aturlah waktu berguru dengan menyesuaikan jumlah mata pelajaran!
    4. Gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap mata pelajaran!
    5. Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar!
    6. Atur waktu untuk refreshing, beribadah, dan berdoa!

    D. Langkah-langkah berguru efektif

    1. Susunlah jadwal belajar!
    2. Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
    3. Aturlah waktu berguru dengan menyesuaikan jumlah mata pelajaran!
    4. Gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap mata pelajaran!
    5. Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar!
    6. Atur waktu untuk refreshing!

    30. Perhatikan data-data berikut!

    1. Anoa binatang endemik Sulawesi
    2. Anoa maskot Sulawesi Tenggara
    3. Anoa tergolong fauna peralihan
    4. Anoa terancam punah
    5. Populasi sekitar 5.000 ekor
    6. Perburuan Anoa untuk diambil kulit, tanduk, dagingnya.

    Teks laporan yang sesuai dengan data-data tersebut ialah ...

    A. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah. Anoa ialah binatang endemik Sulawesi, sekaligus maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Berdasarkan letak persebarannya, binatang ini tergolong fauna peralihan. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Anoa sering diburu untuk diambil kulit, tanduk dan dagingnya. Diperkirakan dikala ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup.

    B. Anoa ialah maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah.Berdasarkan letak persebarannya, binatang ini tergolong fauna peralihan. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan dikala ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil kulit dan dagingnya.

    C. Anoa ialah binatang endemik Sulawesi. Berdasarkan letak persebarannya, binatang ini tergolong fauna peralihan. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan dikala ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil tanduk dan dagingnya.

    D. Anoa ialah binatang endemik Sulawesi, sekaligus maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Berdasarkan letak persebarannya, binatang ini tergolong fauna peralihan. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan dikala ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil kulit, tanduk dan dagingnya.

    31. Perhatikan kalimat berikut!
    Saya akan kisah perihal pengalaman saya ketika kiprah di desa.
    Kesalahan penggunaan kata pada kalimat tersebut ialah kata ....
    A. kisah dan ketika
    B. kisah dan tugas
    C. akan dan tugas
    D. perihal dan ketika

    32. Kalimat yang tidak efektif adalah...
    A. Para penumpang harap membayar dengan uang pas.
    B. Jika ingin membantu orang lain, segerakanlah, jangan kau tunda-tunda lagi.
    C. Sambil  melepas lelah sejenak,  Yanti membaca buku novel itu hingga tamat.
    D. Pemerintah mengimbau anak balita di lingkungan kita supaya tidak lupa diimunisasi.

    33. Perhatikan paragraf berikut!

    (1) Pantai Gili Terawangan berada di wilayah Lombok. (2) Pantai ini mempunyai tata keindahan alam maritim yang sanggup memancing kedatangan wisatawan  yang  mendambakan suasana nyaman, tenang, jauh dari hiruk pikuk kota. (3) Khusus bagi mereka yang hobi menyelam, Pantai Gili Terawangan seakan merupakan akuarium  alam ukuran raksasa. (4) Pantai Terawangan tempat yang cocok untuk beternak penyu.

    Kalimat yang tidak padu pada paragraf tersebut ditandai nomor....
    A. 1
    B. 2
    C. 3
    D. 4

    34. Perhatikan kalimat berikut!
    Pemerintah akan menggalakkan kembali kegiatan ... supaya pembangunan sanggup dilaksanakan secara merata di seluruh Indonesia.
    Istilah yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
    A. imigrasi
    B. emigrasi
    C. urbanisasi
    D. transmigrasi

    35. Perhatikan kalimat berikut!
    Ilmu yang kita peroleh di forum pendidikan, harus kita .....dalam kehidupan sehari- hari.
    Kata berimbuhan yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
    A. menterapkan
    B. menerapkan
    C. mengetrapkan
    D. mengeterapkan

    36. Perhatikan kalimat berikut!
    Di kalangan pelajar telah tumbuh kebiasaan ... buku bacaan
    Kata ulang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
    A. tukar-menukar
    B. tukar-tukaran
    C. menukar-nukar
    D. tukaran-tukaran

    37. Perhatikan kalimat berikut!
    Kita harus sanggup merubah kebiasaan yang kurang terpuji, menjadi kebiasaan yang baik.
    Perbaikan kata yang dicetak miring pada kalimat tersebut ialah ...
    A. mengubah
    B. merubahi
    C. berubah
    D. perubahan

    38. Perhatikan kalimat berikut!
    Juara lomba futsal diduduki oleh tim dari Sekolah Menengah Pertama Prestasi.
    Perbaikan kalimat tersebut supaya menjadi kalimat efektif ialah ...
    A. Juara lomba futsal ialah tim Sekolah Menengah Pertama Prestasi.
    B. Juara dari lomba futsal ialah tim Sekolah Menengah Pertama Prestasi.
    C. Juara lomba futsal ialah tim daripada Sekolah Menengah Pertama Prestasi.
    D. Juara lomba futsal dimenangkan oleh tim dari Sekolah Menengah Pertama Prestasi.

    39. Perhatikan paragraf berikut!
    1) Kenakalan dewasa merupakan dilema yang harus menjadi tanggung jawab semua pihak. 2) Pihak yang berkepentingan dan paling utama ialah orang tua. 3) Orang  bau tanah saya sangat memperhatikan awalnya. 4) Selain itu, sekolah juga ikut berperan mengurangi kenakalan remaja, khususnya melalui aktivitas bimbingan konseling.
    Agar paragraf tersebut menjadi padu, kalimat yang harus dihilangkan ditandai nomor ....
    A. 1
    B. 2
    C. 3
    D. 4

    40. Perhatikan kalimat berikut!
    Dewi Sartika meninggal 11 September 1947 dan pemakaman di Tasikmalaya.
    Alasan  ketidaktepatan  penggunaan  kata  yang digaris bawahi pada kalimat tersebut adalah....
    A. kata pemakaman diganti dimakamkan
    B. kata pemakaman diganti penguburan
    C. kata pemakaman diganti dikuburkan
    D. Kata pemakaman diganti diistirahatkan

    41. Perhatikan kalimat berikut!
    Andrea Hirata menulis beberapa buku-buku novel yang sangat laris sekali di pasaran.
    Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut ialah …
    A. Kata beberapa buku-buku maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata beberapa.
    B. Kata beberapa buku-buku maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata buku-buku.
    C. Kata sangat laris sekali maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata sangat atau sekali.
    D. Kata beberapa buku-buku dan sangat laris sekali maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata beberapa atau salah satu kata buku dan dihilangkan kata sangat atau sekali.

    42. Perhatikan paragraf yang tidak padu berikut!

    1) Prestasi berguru yang memuaskan sanggup diraih oleh setiap siswa kalau mereka sanggup berguru secara wajar, terhindar dari banyak sekali ancaman, hambatan, dan gangguan. 2) Salah satu tumpuan ancaman tersebut ialah kurangnya motivasi berguru siswa. 3) Pada tingkat tertentu memang ada siswa yang sanggup mengatasi kesulitan belajarnya, tanpa harus melibatkan orang lain. 4) Akan tetapi, pada kasus-kasus tertentu, sebab siswa belum bisa mengatasi kesulitan belajarnya, maka derma guru atau orang lain sangat diharapkan oleh siswa tersebut.

    Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut adalah....
    A. Kalimat ke-1 tidak berkaitan dengan kalimat ke-2, 3, dan 4.
    B. Kalimat ke-2 tidak berkaitan dengan kalimat ke-1, 3, dan 4.
    C. Kalimat ke-3 tidak berkaitan dengan kalimat ke-1, 2, dan 4.
    D. Kalimat ke-4 tidak berkaitan dengan kalimat ke-1, 2, dan 3.

    43. Perhatikan kalimat berikut!
    Kemarin Dea membeli tahu 1) Bandung dan beras 2) cianjur 3) ditoko 4) Harapan.
    Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut ditandai nomor .…
    A. 1 dan 2
    B. 1 dan 3
    C. 2 dan 3
    D. 3 dan 4

    44. Perhatikan kalimat berikut!
    (1) Sebelum mengikuti ujian saya membeli alat-alat menulis, pulpen, penggaris, dan pensil.
    (2) Saya sanggup menjawab soal-soal UN itu, sebab saya berguru dengan rajin.
    (3) Jumlah soal mata pelajaran Bahasa Indonesia ialah lima puluh butir soal.
    (4) Soal mata pelajaran Bahasa Indonesia nomor 1, 2, dan 3 termasuk soal yang mudah.

    Kesalahan penggunaan tanda baca terdapat pada kalimat nomor .…
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)

    45. Cermati kalimat berikut!
    (1) Mulai bulan Nopember kami mengikuti pendalaman materi ujian.
    (2) Dua hari sebelum pelaksanaan ujian, saya menerima jadwal ujian.
    (3) Mass media tidak diperbolehkan meliput dikala ujian berlangsung.
    (4) Prosentase kehadiran penerima ujian tahun ini lebih baik daripada tahun lalu.

    Penggunaan ejaan yang sempurna terdapat pada kalimat bernomor ….
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)

    46. Cermati kalimat berikut!
    Ibu Fat berpesan sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian berguru dengan sungguh-sungguh.
    Penggunaan tanda baca yang sempurna pada kalimat tersebut ialah …
    A. Ibu Fat berpesan, “Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian berguru dengan sungguh-sungguh.”
    B. Ibu Fat berpesan; “Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian berguru dengan sungguh-sungguh.”
    C. Ibu Fat berpesan: “Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian berguru dengan sungguh-sungguh.”
    D. Ibu Fat berpesan, “Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian berguru dengan sungguh-sungguh”

    47. Cermati kalimat berikut!
    Kios photo copy dan apotik Asri beralamat di Jalan Rambutan.
    Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut yang sempurna ialah …
    A. Kios photocopi dan Apotik Asri beralamat di Jalan Rambutan.
    B. Kios photokopi dan Apotik Asri beralamat di Jalan Rambutan.
    C. Kios fotocopy dan Apotek Asri beralamat di Jalan Rambutan.
    D. Kios fotokopi dan Apotek Asri beralamat di Jalan Rambutan.

    48. Cermati kalimat berikut!
    Tiga orang karyawan perusahaan itu diPHK, sebab mereka melaksanakan kesalahan.
    Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang sempurna ialah …
    A. Tiga orang karyawan perusahaan itu diPHK sebab mereka melaksanakan kesalahan.
    B. Tiga  orang  karyawan perusahaan itu di-PHK, sebab mereka melaksanakan kesalahan.
    C. Tiga  orang  karyawan perusahaan itu di-PHK sebab mereka melaksanakan kesalahan.
    D. Tiga  orang  karyawan perusahaan itu, di-PHK sebab mereka melaksanakan kesalahan.

    49. Perhatikan kalimat berikut!
    Kwantitas dan kwalitas padi tahun ini diharapkan lebih baik daripada tahun kemarin.
    Alasan ketidaktepatan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut ialah …
    A. Kata kwantitas dan kwalitas seharusnya ditulis kuantitas dan kualitas sesuai dengan pedoman EYD.
    B. Kata diharapkan seharusnya ditulis di harapkan sebab di ialah sebuah awalan.
    C. Kata kwantitas dan diharapkan seharusnya kuantitas dan di harapkan sesuai dengan pedoman EYD.
    D. Kata diharapkan dan daripada seharusnya ditulis di harapkan dan dari pada sesuai dengan kebiasaan masyarakat dikala menulis.

    50. Cermati kalimat berikut!
    Harga novel „Ayah‟ karya Andrea Hirata ialah Rp.100.000,00.
    Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut ialah sebab …

    A. Tanda apostrof („...‟) seharusnya diganti garis bawah dan tanda titik (.)di belakang rupiah dihilangkan saja sebab tidak sesuai dengan pedoman EYD.
    B. Tanda apostrof („...‟) diganti tanda petik dua (“...”) dan tanda koma (,) pada jumlah uang dihilangkan sebab tidak bermakna.
    C. Tanda apostrof dihilangkan dan tanda titik (.) di belakang kependekan rupiah dihilangkan sesuai dengan pedoman EYD.
    D. Tanda  apostrof  diganti  tanda  petik dua (“...”) dan tanda titik (.) di belakang kependekan rupiah dihilangkan sesuai dengan pedoman EYD.


    Demikianlah artikel mengenai Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama B. Inonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru ini, semoga bermanfaat buat Sobat Praktakita yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran B. Indonesia Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa dipakai sebagai materi untuk belajar. Terima Kasih .


    Sumber http://prakatakita.blogspot.com

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "Soal Latihan Usbn Smp B. Indonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel