iklan

Soal Latihan Pkn Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya, Pg Dan Essay

Ilmu ialah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan ialah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis lantaran belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) ialah tes yang bertujuan untuk memilih kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin simpel atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.




Seseorang yang melewati ujian mendapatkan ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif ialah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu dipakai untuk ujian tengah semester maupun ujian tamat semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran Pkn.

Mengenal Apa itu PKn /Pendidikan kewarganegaraan?


Kata kewarganegaraan dalam bahasa Latin disebut Civicus. Selanjutnya, kata Civicus diserap ke dalam bahasa Inggris menjadi kata Civic yang artinya mengenai warga negara atau kewarganegaraan. Dari kata Civic lahir kata Civic yaitu ilmu kewarganegaraan, dan Civic Education, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan. Pelajaran Civics atau kewarganegaraan telah dikenal di Indonesia semenjak zaman kolonial Belanda dengan nama Burgerkunde.

Dari definisi tersebut sanggup dijelaskan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan dirumuskan secara luas untuk meliputi proses penyiapan generasi muda untuk mengambil kiprah dan tanggung jawabnya sebagai warga negara, dan secara khusus, kiprah pendidikan termasuk di dalamnya persekolahan, pengajaran dan belajar, dalam proses penyiapan warga negara tersebut.

Sementara itu,siswa/ mahasiswa sebagai anak bangsa Indonesia diperlukan sanggup menjadi yang memahami pendidikan kewarganegaraan dan menjadi warga negara yang mempunyai komitmen yang besar lengan berkuasa dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Karna Hakikat negara kesatuan Republik Indonesia ialah negara kebangsaan modern. Negara kebangsaan modern ialah negara yang pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan atau nasionalisme yaitu pada tekad suatu masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama, walaupun warga masyarakat tersebut berbeda-beda agama, ras, etnik, atau golongannya.

Pendidikan Kewarganegaraan berdasarkan Depdiknas (2006:49), ialah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan bisa melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan Undang-Undang Dasar NRI 1945.

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yang dikemukakan oleh Djahiri (1994/1995:10)


a. Mencerdaskan kehidupan bangsa yang mengembangkan insan Indonesia seutuhnya. Yaitu insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur, mempunyai kemampuan pengetahuann dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian mantap dan sanggup berdiri diatas kaki sendiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan        kebangsaan”.

b. Secara khusus. Tujuan PKn yaitu membina moral yang diperlukan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu sikap yang memancarkan iman dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam masyarakat yang terdiri dari banyak sekali golongan agama, sikap yang bersifat kemanusiaan yang adil dan beradab, sikap yang mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan perseorangan dan golongan sehingga perbedaan pemikiran pendapat ataupun kepentingan diatasi melalui musyawarah mufakat, serta sikap yang mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan sosial seluruh rakyat    Indonesia.

Sedangkan berdasarkan Sapriya (2001), tujuan pendidikan Kewarga negaraan adalah : Partisipasi yang penuh logika dan tanggung jawab dalam kehidupan politik dari warga negara yang taat kepada nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar demokrasi konstitusional Indonesia. Partisipasi warga negara yang efektif dan penuh tanggung jawab memerlukan penguasaan seperangkat ilmu pengetahuan dan keterampilan intelektual serta keterampilan untuk berperan serta.

Partisipasi yang efektif dan bertanggung jawab itu pun ditingkatkan lebih lanjut melalui pengembangan disposisi atau watak-watak tertentu yang meningkatkan kemampuan individu berperan serta dalam proses politik dan mendukung berfungsinya system politik yang sehat serta perbaikan masyarakat.

Tujuan umum pelajaran PKn ialah mendidik warga negara biar menjadi warga negara yang baik, yang sanggup dilukiskan dengan “warga negara yang patriotik, toleran, setia terhadap bangsa dan negara, beragama, demokratis, dan Pancasila sejati” (Somantri, 2001:279). Djahiri (1995:10) mengemukakan bahwa melalui Pendidikan Kewarganegaraan siswa diperlukan :
  1. Mampu Memahami dan menguasai secara logika konsep dan norma Pancasila sebagai falsafah, dasar ideology dan pandangan    hidup Negara kesatuan republic Indonesia (NKRI).
  2. Memahami secara eksklusif apa itu konstitusi (UUD NKRI 1945) dan aturan yang berlaku dalam Negara RI.
  3. Menghayati dan meyakini tatanan dalam moral yang termuat dalam butir diatas.
  4. Mengamalkan dan membakukan hal-hal diatas sebagai sikap sikap diri dan kehidupannya dengan penuh keyakinan dan nalar.
Secara umum, berdasarkan Maftuh dan Sapriya (2005:30) bahwa, Tujuan negara mengembangkan Pendiddikan Kewarganegaraan biar setiap warga negara menjadi warga negara yang baik (to be good citizens), yakni warga negara yang mempunyai kecerdasan (civics inteliegence) baik intelektual, emosional, sosial, maupun spiritual; mempunyai rasa besar hati dan tanggung jawab (civics responsibility); dan bisa berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

Setelah menelaah pemahaman dari tujuan Pendidikan Kewarganegaraan, maka sanggup saya simpulkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan berorientasi pada penanaman

Konsep Kenegaraan dan juga bersifat implementatif dalam kehidupan sehari - hari. Adapun harapan yang ingin dicapai sehabis pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan ini, maka akan didapatkan generasi yang menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.

FUNGSI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

  1. Membantu siswa/mahasiswa sebagai generasi muda untuk memperoleh pemahaman impian nasional /tujuan Negara.
  2. Siswa/mahasiswa sebagai genersi gres Dapat mengambil keputusan-keputusan yang bertanggung jawab dalam menyelsaikan      masalah pribadi, masyarakat dan negara.
  3. Dapat mengapresiasikan impian nasional dan sanggup menciptakan keputusan-keputusan yang cerdas.
  4. Wahana untuk membentuk warga negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang setia  kepada bangsa dan negara Indonesia dengan merefleksikan dirinya dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai dengan amanat Pancasila dan Undang-Undang Dasar NKRI 1945.
Itulah sedikit citra mengenai Apa itu Pkn, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih gampang dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran Pkn itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih gampang untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 35 Pilihan Ganda dan 5 Essay.

Baca Juga : Soal Latihan PAI Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya
Baca Juga : Soal Latihan PKn Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya
Baca Juga : Soal Latihan IPA Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya
Baca Juga : Soal Latihan Seni Budaya Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya

Soal Latihan Pkn Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya, PG dan Essay


Adapun Untuk pola Soal Latihan Pkn Kelas 12 Semester 2 ialah sebagai berikut :

I. SOAL PILIHAN GANDA


1. Salah satu ciri negara demokrasi adalah.....
a. adanya kebebasan untuk berekspresi
b. adanya kebebasan untuk bekerja
c. adanya peradilan yang modern
d. pemerintahan yang berwibawa
e. perekonomian yang mapan

2. Berikut ini yang sanggup menjadi sarana atau lembaga komunikasi masyarakat adalah....
a. pertemuan antarpejabat daerah
b. pertemuan dalam rapat bisnis
c. musyawarah anggota DPR
d. petemuan hari besar keagamaan
e. antrean pembelian tiket kereta api di stasiun

3. Pada masa kolonilaisme, pers berperan membuatkan tentang....
a. gagasan memajukan masyarakat
b. membina kolaborasi sesama penulis
c. gagasan kemerdekaan dan kebangsaan Indonesia
d. menghindari dan menjauhi penindasan penjajahan
e. menjadi media promosi bagi produsen

4. Pers tertua bahasa Melayu Indonesia adalah....
a. Djuramartini
b. Bromartani
c. Darmo Kondo
d. Pewarga Deli
e. Djurumartani

5. Menurut UU No. 40 Tahun 1999 perihal Pers menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan pers adalah....
a. lembaga sosial  dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik
b. alat cetak untuk mencetak buku atau surat kabar
c. surat kabar dan majalah yang berisi berita
d. segala acara yang mengulas berita-berita
e. segala barang yang dikerjakan dengan mesin cetak

6. Pada negara yang menganut paham kebebasan beropini dan demokrasi, pers merupakan.....
a. alat perekat pemerintah yang berkuasa
b. pilar demokrasi keempat
c. salah satu pendukung liberalisme
d. pendukung oposisi bagi pemerintah
e. pendukung kekuasaan pemerintah

7. Selaku warga negara Indonesia, kita mempunyai hak bicara dan memberikan pendapat yang....
a. dilakukan secara bebas tanpa batas
b. disertai perizinan dari petugas keamanan
c. disampaikan dengan cara sopan dan menghormati
d. mementingkan kepentingan semua pihak
e. disertai dengan tanggung jawab sosial

8. Pers sanggup memengaruhi pada masyarakat, lantaran pers mempunyai fungsi sebagai....
a. kritik sosial
b. komunikator massa
c. lembaga bisnis
d. ajang kreatif dan seni
e. lembaga pendidikan

9. Sesuai dengan fungsi dan tradisinya, pers harus menjadi....
a. penyambung pengecap masyarakat
b. kontrol kepentingan pemerintah
c. alat seleksi kebijakan pemerintah
d. penjaga kepentingan publik
e. pembela dan alat propaganda pemerintah

10. Setelah berperan serta dalam upaya mengembangkan kesadaran nasional untuk memperjuangkan kemerdekaan massa sebelumnya, pers nasional memperlihatkan tanggung jawab sosialnya sebagai bab dari negara gres yang berdaulat, tidak mengherankan kalau pers pada masa itu disebut....
a. sebagai pers modern
b. pers pemberani
c. sebagai pers p0juang
d. pers pers dalam alam kemerdekaan
e. pers Pancasila

11. Bagi kita, semua bentuk kemajuan teknologi termasuk teknologi komunikasi dan informasi, kita sikapi....
a. dengan bahagia sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan hidup
b. biasa, lantaran yang meamjukan teknologi bukan bangsa Indonesia
c. dengan bangga, lantaran semua kemajuan itu dicapai atas nama kemanusiaan
d. rasa syukur dan kita manfaatkan untuk kemajuan dan kesejahteraan hidup
e. dengan murung dan kecewa, lantaran tidak dikembangkan oleh bangsa kita

12. Selepas Orde Baru, kebebasan pers tampak lebih bebas dan merdeka, karena....
a. adanya pencabutan undang-undang pers
b. pers tidak perlu diatur dalam undang-undang
c. bermunculan media massa gres yang lebih segar
d. presiden membubarkan departemen penerangan
e. kebijakan mengenai pers diperlonggar pemerintah

13. Pers Indonesia dalam arti pers yang orientasi, sikap, dan tingkah lakunya berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 disebut....
a. harpaan pers Indonesia
b. pengertian pers Pancasila
e. hakikat pers Pancasila
d. tujuan pers Pancasila
e. impian pers Pancasila

14. Sikap dan perbuatan kita terhadap pers yang keras dan tajam mengkritik pemerintah negara kita adalah....
a. secara kritis mencermati semua yang disampaikan pers tersebut
b. membenci pers, lantaran merupakan sumber perpecahan bangsa
c. mendukung upaya tersebut sebagai kontrol positif pada negara
d. kritis mencermati kritik tersebut dan mendukung secara proporsional
e. bahagia terhadap pers yang beraliran keras meskipun kritiknya kurang tepat

15. Bagi bangsa Indonesia, memakai alat komunikasi yang manapun tidak masalah, alasannya yang penting adalah....
a. tetap mempertahankan nilai luhur bangsa
b. seoptimal mungkin meskipun dengan segala cara
c. nilai-nilai kesopanan pada diri kita
d. kita tetap besar hati walaupun bangsa lain lebih maju
e. kita tidak perlu mengembangkan ilmu pengetahuan

16. Berita atau informasi yang lebih cepat dan sangat diutamakan walaupun sedikit mengabaikan tata krama, tetapi sanggup diterima masyarakat adalah....
a. info perihal kematian seseorang
b. info seruan perkawinan
c. informasi perihal keadaan cuaca
d. siaran info radio dan televisi
e. informasi melalui surat kabar

17. Apabila suatu media massa sering menciptakan kekeliruan berita, yang terjadi dalam masyarakat adalah....
a. pimpinan redaksinya akan dijatuhi eksekusi yang berat
b. media massa tersebut dinyatakan terlarang untuk terbit
c. dinilai secara moral tidak layak terbit dalam beberapa bulan
d. cepat menjadikan duduk masalah dan konflik dalam kehidupan masyarakat
e. kehilangan pamor dan kepercayaan publik sehingga ditinggalkan pembacanya

18. Hal yang layak dilakukan oleh penulis info media massa adalah....
a. pemberitaan yang menuliskan lengkap nama selebritis dengan identitasnya
b. penyampaian informasi dengan menulis info sesuai fakta dan data secara proporsional
c. pemilihan info yang menguntungkan misi pemerintah
d. mencari dan mengumpulkan info konflik dari sumber yang tidak seimbang
e. memakai gaya bahasa yang dilakukan oleh penulis info lain

19. Di Indonesia yang memperlihatkan kebebasan kepada pers sehingga jurnalis mempunyai keleluasaan untuk mengekspresikan informasinya terdapat pada era...
a. pergerakan nasional
b. Orde Lama
c. reformasi
d. Orde Baru
e. revolusi

20. Media massa yang melaksanakan pemeriksaan untuk membongkar kecurangan dalam proses pemilihan presiden dan wakil presiden berarti....
a. memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui
b. menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, demokrasi mendorong terwujudnya supremasi aturan dan hak asasi manusia, serta menghormati kebhinekaan
c. mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat, dan benar
d. melaksanakan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum.
e. memperlihatkan keadilan dan kebeneran

21. Prinsip dasar pandangannya ialah bahwa kemerdekaan pers harus disertai dengan kewajiban-kewajiban, yaitu....
a. bertanggung jawab kepada keluarganya
b. bertanggung jawab kepada masyarakat
c. bertanggung jawab kepada pemerintah
d. bertanggung jawab kepada masyarakat atau bangsa
e. bertanggung jawab kepada agama

22. Pembatasan terhadap kemerdekaan mutlak pers itu justru perlu diadakan dengan alasan sebagai berikut, kecuali....
a. untuk melindungi kehormatan dan nama baik individu maupun kelompok
b. melindungi nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat
c. meningkatkan bahaya subversi maupun agresi
d. melindungi ketertiban keamanan, baik yang tiba dari dalam mapun tiba dari luar
e. melindungi keamanan, baik yang tiba dari dalam maupun tiba dari luar

23. Di bawah ini merupakan ciri dari sistem pers, kecuali....
a. integrasi
b. keutuhan
c. kesempurnaan
d. keterhubungan
e. ketergantungan

24. Di bawah ini yang bukan merupakan ciri kebebasan pers di Indonesia adalah....
a. pers yang bebas dan bertanggung jawab
b. pers yang sehat
c. pers melaksanakan kontrol yang objektif
d. pers penyebar informasi yang objektif
e. pers penyebar informasi yang subjektif

25. Di bawah ini yang bukan merupakan undang-undang yang berkaitan dengan pers ialah UU No. 40 Tahun 1999....
a. pasal 18
b. pasal 134
c. pasal 154
d. pasal 281
e. pasal 283

26. Pers sebagai lembaga sosial yang bergerak di bidang pengumpulan dan penyebaran informasi mempunyai misi....
a. ikut memajukan masyarakat
b. melaksanakan pembangunan
c. ikut mencerdaskan masyarakat
d. memberantas pengangguran
e. mendukung acara pemerintah

27. Berikut ini ciri-ciri dari instruksi etik, kecuali....
a. hukuman instruksi etik bersifat moral
b. hukuman instruksi etik bersifat mengikat
c. daya jangkau instruksi etik terbatas
d. instruksi etik dibentuk oleh lembaga profesi
e. hukuman instruksi etik bersifat aturan undang-undang

28. Pers sebagai salah satu modal bangsa memakai aturan main berdasarkan landasan yuridis, yaitu....
a. Kode Etik Jurnalistik
b. Undang-Undang Pers
c. Undang-Undang Dasar 1945
d. Pancasila
e. tata nilai yang berlaku dalam masyarakat

29. Oemar Seno Adji dalam bukunya “Hukum Kebebasan Pers” yang mengutip J.C.T. Simorangkir, telah menyimpulkan mengenai kebebasan pers Indonesia, kecuali....
a. pers yang bebas dan bertanggung jawab
b. pers sebagai penyebar informasi yang subjektif
c. pers sebagai penyalur aspirasi rakyat dan meluaskan komunikasi serta partisipasi masyarakat
d. pers yang melaksanakan kontrol sesuai yang konstruktif
e. pers yang sehat

30. Salah satu dampak negatif penyalahgunaan kebebasan berbicara dan memberikan pendapat ialah berupa....
a. terjadinya konflik antaranggota masyarakat
b. masyarakat umum semakin kritis daya nalarnya
c. tumbuhnya semangat demokrasi yang diikuti tanggung jawab
d. hak-hak bersuara melalui jalan masuk informasi semakin dihargai
e. kebebasan yang dilaksanakan masih kerangka Pancasila

31. pengertian dari istilah "pakta" dalam perjanjian internasional ialah :
a. traktat yang bersifat resmi dan tidak resmi
b. suatu Persetujuan yang lebih khusus (pakta warsawa)
c. anggaran dasar LBB (liga bangsa bangsa)
d. perjanjian internasional yang berbentuk traktat atau dokumen
e. perjanjian nasional yang tidak memerlukan pengesahan

32. Berikut ialah penggolongan perjanjian internasional berdasarkan isinya, kecuali :
a. bidang hokum
b. bidang social
c. bidang budaya
d. bidang sumber daya alam
e. bidang kewilayahan

33. Anggaran dasar LBB (Liga Bangsa Bangsa) yaitu :
a. Covenant
b. pakta
c. charter
d. ketentuan umum
e. ketentuan penutup

34. Hak untuk mengirimkan menempatkan/membuka atau mengangkat duta untuk ditempatkan dinegara lain ialah :
a. jus passivum
b. jus aetivum
c. hak angket
d. hak asasi
e. hak interpelasi

45. Masa jabatan mahkamah internasional ialah ........ tahun
a. 6
b. 7
c. 9
d. 8
e. 10

II. SOAL ESSAY


1. Sebutkan imbas globalisasi dalam bidang politik!
Jawab : pengaruh globalisasi dalam bidang politik ialah pemerintah tidak lagi sanggup mengontrol apa yang terjadi dalam batas negara, perubahan relatif mata uang sanggup mengacaukan rencana-rencana ekonomi pemerintah

2. Sebutkan manfaat dari kapitalisme kesejahteraan!
Jawab : manfaat kapitalisme kesejahteraan, yaitu memperlihatkan laba dan keadilan hingga pada orang-orang yang berada pada tingkat bawah dalam tangga kesejahteraan.

3. Sebutkan dampak globalisasi berdasarkan Anthony Gidden!
Jawab : Dampak globalisasi Menurut Antohony Gidden, yaitu:
a. meningkatknya individualisme
b. pola kerja
c. kebudayaan pop

4. Jelaskan imbas globalisasi bagi negara maju!
Jawab : negara maju menjadi semakin kaya berkat pertumbuhan yang dimotori oleh globalisasi dan standar hidup sebagain penduduk semakin meningkat

5. Menurut pendapatmu, apakah bangsa Indonesia sudah siap mendapatkan segala imbas globalisasi?
Jawab : Belum siap, lantaran belum bisa menciptkan produk global dan tingkat pendidikan masyarakat belum bisa bersaing dengan bangsa lain.


Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan Pkn Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya, PG dan Essay ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari rujukan mengenai soal2 dari mata pelajaran Pkn (Pendidikan Kewarganegaraan), Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa dipakai sebagai materi untuk belajar. Terima Kasih                     

Sumber http://prakatakita.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Soal Latihan Pkn Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya, Pg Dan Essay"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel