iklan

Soal Latihan Pkn Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya, Pg Dan Essay

Ilmu yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan yaitu pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis sebab belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) yaitu tes yang bertujuan untuk memilih kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin simpel atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.




Seseorang yang melewati ujian mendapatkan ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif yaitu ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu dipakai untuk ujian tengah semester maupun ujian tamat semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran Pkn.

Mengenal Apa itu PKn /Pendidikan kewarganegaraan?


Kata kewarganegaraan dalam bahasa Latin disebut Civicus. Selanjutnya, kata Civicus diserap ke dalam bahasa Inggris menjadi kata Civic yang artinya mengenai warga negara atau kewarganegaraan. Dari kata Civic lahir kata Civic yaitu ilmu kewarganegaraan, dan Civic Education, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan. Pelajaran Civics atau kewarganegaraan telah dikenal di Indonesia semenjak zaman kolonial Belanda dengan nama Burgerkunde.

Dari definisi tersebut sanggup dijelaskan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan dirumuskan secara luas untuk meliputi proses penyiapan generasi muda untuk mengambil tugas dan tanggung jawabnya sebagai warga negara, dan secara khusus, tugas pendidikan termasuk di dalamnya persekolahan, pengajaran dan belajar, dalam proses penyiapan warga negara tersebut.

Sementara itu,siswa/ mahasiswa sebagai anak bangsa Indonesia dibutuhkan sanggup menjadi yang memahami pendidikan kewarganegaraan dan menjadi warga negara yang mempunyai komitmen yang berpengaruh dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Karna Hakikat negara kesatuan Republik Indonesia yaitu negara kebangsaan modern. Negara kebangsaan modern yaitu negara yang pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan atau nasionalisme yaitu pada tekad suatu masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama, walaupun warga masyarakat tersebut berbeda-beda agama, ras, etnik, atau golongannya.

Pendidikan Kewarganegaraan berdasarkan Depdiknas (2006:49), yaitu mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan bisa melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan Undang-Undang Dasar NRI 1945.

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yang dikemukakan oleh Djahiri (1994/1995:10)


a. Mencerdaskan kehidupan bangsa yang berbagi insan Indonesia seutuhnya. Yaitu insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur, mempunyai kemampuan pengetahuann dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian mantap dan sanggup berdiri diatas kaki sendiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan        kebangsaan”.

b. Secara khusus. Tujuan PKn yaitu membina moral yang dibutuhkan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu sikap yang memancarkan iman dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam masyarakat yang terdiri dari banyak sekali golongan agama, sikap yang bersifat kemanusiaan yang adil dan beradab, sikap yang mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan perseorangan dan golongan sehingga perbedaan pemikiran pendapat ataupun kepentingan diatasi melalui musyawarah mufakat, serta sikap yang mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan sosial seluruh rakyat    Indonesia.

Sedangkan berdasarkan Sapriya (2001), tujuan pendidikan Kewarga negaraan adalah : Partisipasi yang penuh logika dan tanggung jawab dalam kehidupan politik dari warga negara yang taat kepada nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar demokrasi konstitusional Indonesia. Partisipasi warga negara yang efektif dan penuh tanggung jawab memerlukan penguasaan seperangkat ilmu pengetahuan dan keterampilan intelektual serta keterampilan untuk berperan serta. Partisipasi yang efektif dan bertanggung jawab itu pun ditingkatkan lebih lanjut melalui pengembangan disposisi atau watak-watak tertentu yang meningkatkan kemampuan individu berperan serta dalam proses politik dan mendukung berfungsinya system politik  yang    sehat    serta     perbaikan         masyarakat.

Tujuan umum pelajaran PKn ialah mendidik warga negara semoga menjadi warga negara yang baik, yang sanggup dilukiskan dengan “warga negara yang patriotik, toleran, setia terhadap bangsa dan negara, beragama, demokratis, dan Pancasila sejati” (Somantri, 2001:279). Djahiri (1995:10) mengemukakan bahwa melalui Pendidikan Kewarganegaraan siswa dibutuhkan :

  1. Mampu Memahami dan menguasai secara logika konsep dan norma Pancasila sebagai falsafah, dasar ideology dan pandangan    hidup Negara kesatuan republic Indonesia (NKRI).
  2. Memahami secara eksklusif apa itu konstitusi (UUD NKRI 1945) dan aturan yang berlaku dalam Negara RI.
  3. Menghayati dan meyakini tatanan dalam moral yang termuat dalam butir diatas.
  4. Mengamalkan dan membakukan hal-hal diatas sebagai sikap sikap diri dan kehidupannya dengan penuh keyakinan dan nalar.

Secara umum, berdasarkan Maftuh dan Sapriya (2005:30) bahwa, Tujuan negara berbagi Pendiddikan Kewarganegaraan semoga setiap warga negara menjadi warga negara yang baik (to be good citizens), yakni warga negara yang mempunyai kecerdasan (civics inteliegence) baik intelektual, emosional, sosial, maupun spiritual; mempunyai rasa besar hati dan tanggung jawab (civics responsibility); dan bisa berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

Setelah menelaah pemahaman dari tujuan Pendidikan Kewarganegaraan, maka sanggup saya simpulkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan berorientasi pada penanaman

Konsep Kenegaraan dan juga bersifat implementatif dalam kehidupan sehari - hari. Adapun harapan yang ingin dicapai sesudah pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan ini, maka akan didapatkan generasi yang menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.

FUNGSI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN


  1. Membantu siswa/mahasiswa sebagai generasi muda untuk memperoleh pemahaman harapan nasional /tujuan Negara.
  2. Siswa/mahasiswa sebagai genersi gres Dapat mengambil keputusan-keputusan yang bertanggung jawab dalam menyelsaikan      masalah pribadi, masyarakat dan negara.
  3. Dapat mengapresiasikan harapan nasional dan sanggup menciptakan keputusan-keputusan yang cerdas.
  4. Wahana untuk membentuk warga negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang setia  kepada bangsa dan negara Indonesia dengan merefleksikan dirinya dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai dengan amanat Pancasila dan Undang-Undang Dasar NKRI 1945.

Itulah sedikit citra mengenai Apa itu Pkn, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih gampang dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran Pkn itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih gampang untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 35 Pilihan Ganda dan 5 Essay.

Soal Latihan Pkn Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya, PG dan Essay


Adapun Untuk pola Soal Latihan Pkn Kelas 10 Semester 2  yaitu sebagai berikut :

I. SOAL PILIHAN GANDA


1. Hubungan antara dasar negara dengan konstitusi bisa dilihat pada gagasan dasar, harapan dan tujuan Negara yang ada pada ….. suatu Negara
    a. Pembukaan UUD
    b. Dasar
    c. Batang Tubuh
    d. Kehidupan
    e. Landasan

2. Berikut ini yang bukan merupakan kelebihan aturan dasar tertulis (UUD) yaitu …..
    a. Memperlihatkan suatu kemampuan pemerintahan
    b. Lebih terang dan lebih tegas              
    c. Lebih gampang ditafsirkan
    d. Lebih menjamin kepastian aturan    
    e. Lebih berwibawa sebab merupakan konsensus nasional

3. Dasar negara secara umum sanggup diartikan sebagai ….. Negara
    a. Simbol
    b. Semboyan
    c. Fondasi
    d. Bagian
    e. Ruang

4. Seluruh peraturan, baik tertulis ataupun tidak tertulis yang mengatur cara suatu pemerintahan secara mengikat yang diselenggarakan dalam suatu negara dinamakan …..
    a. Manajemen
    b. Organisasi
    c. Administrasi
    d. Konstitusi
    e. Undang-undang

5. Dalam sebuah konstitusi, nilai semantik hanya berlaku untuk kepentingan …..
    a. Penguasa
    b. Pengacara
    c. Pejabat
    d. Pedagang
    e. Pengusaha

6. Salah satu ciri umum konstitusi yaitu adanya pembatasan kekuasaan bagi para …..
    a. Pejabat Negara
    b. Pengusaha
    c. Penguasa  
    d. Rakyat Biasa
    e. Para Menteri

7. Berikut ini merupakan unsur yang tidak termasuk konstitusi berdasarkan pendapat Sovernin Lohman, yaitu …..
    a. Perjanjian Masyarakat
    b. Kontrol Sosial          
    c. Kekuasaan tak terbatas
    d. Jaminan HAM          
    e. Perjanjian Masyarakat

8. Berikut ini yaitu hal-hal yang tidak harus ada pada suatu konstitusi atau Undang-Undang Dasar yaitu …..
    a. Larangan untuk mengubah sifat-sifat tertentu dari UUD
    b. Organisasi Negara                
    c. Prosedur pengubahan UUD
    d. Hak-hak asasi insan                    
    e. Kebebasan dalam mengubah UUD

9. Hukum dasar yang tidak tertulis, yaitu aturan-aturan dasar yang timbul dan terpelihara dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan dinamakan …..
    a. Koreksi
    b. Konstitusi
    c. Konvensi
    d. Koreksi
    e. Konferensi

10. Pada umumnya, setiap Negara mempunyai konstitusi. Di bawah ini merupakan negara yang tidak mempunyai Undang-undang dasar yaitu …..
     a. Israel dan Inggris
     b. Prancis dan Jerman
     c. Cina dan Jepang
     d. Italia dan India
     e. Rusia dan Singapura

11. Liberalisme dalam arti luas yaitu usaha menuju …..
     a. Kebebasan
     b. Kemerdekaan
     c. Kekuasaan
     d. Kemenangan
     e. Keamanan

12. Negara yang tidak diperkenankan campur tangan dalam urusan ekonomi, pribadi, dan agama warganya merupakan negara …..
     a. Liberal
     b. Bebas
     c. Komunis
     d. Liberal
     e. Individualis

13. Di bawah ini yaitu salah satu Negara yang mempunyai konstitusi komunis yaitu …..
     a. Spanyol
     b. Korea Selatan
     c. Prancis
     d. Amerika
     e. RRC

14. Rasa cinta terhadap negara dan bangsanya tanpa memandang rendah bangsa lain dinamakan...
     a. Sukuisme
     b. Patriotisme
     c. Chauvinisme
     d. Propinsialisme
     e. Nasionalisme

15. Negara Persatuan merupakan negara yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruhnya merupakan pokok pikiran …..
     a. Kerakyatan
     b. Ketuhanan YME
     c. Persatuan
     d. Kedaulatan rakyat
     e. Keadilan Sosial

16. Kedaulatan rakyat bermakna bahwa kekuasaan tertinggi ada pada rakyat yang sepenuhnya dilaksanakan oleh …..
     a. MK
     b. MPR
     c. Menteri
     d. Presiden
     e. Rakyat

17. Hakikat dan sifat Negara sesuai dengan sifat kodrat manusia, yaitu sebagai makhluk individu dan sebagai makhluk …..
     a. Alam
     b. Tuhan
     c. Hidup
     d. Sosial
     e. Negara

18. Secara luas, makna konstitusi yaitu .....
     a. Proses pergantian UUD
     b. Peraturan berbentuk UUD
     c. Praktek kebiasaan ketatanegaraan suatu bangsa
     d. Hukum dasar tertulis dan tidak tertulis
     e. Peraturan perundang-undangan suatu bangsa

19. Sistem pemerintahan yang mana kekuasaan legislatif lebih berpengaruh dibandingkan kekuasaan direktur yaitu .....
     a. Konstitusional
     b. Presidensial
     c. Parlementer 
     d. Referendum
     e. Republik absolut

20. Konstitusi NKRI yaitu …..
     a. Kebijakan
     b. Undang-Undang Dasar 1945  
     c. Adat Istiadat  
     d. Norma
     e. Aturan

21. Kemerdekaan yang dicapai oleh negara Indonesia yaitu melalui usaha pergerakan dalam melawan penjajahan. Pernyataan tersebut yaitu makna pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 pada alinea …..
      a. Ketiga
      b. Kesatu
      c. Kedua
      d. Keempat
      e. Kesatu dan Ketiga

22. Komite nasional pusat mengesahkan konstitusi RIS pada tanggal …..
      a. 18 Desember 1945
      b. 14 Desember 1949  
      c. 15 Desember 1949
      d. 19 Desember 1948
      e. 14 Desember 1949

23. "Trias Politika" dicetuskan oleh ...
      a. Thomas Hobes
      b. John Locke
      c. Montesquieu
      d. Goerge Jellinek
      e. Roger H. Soltou

24. Dalam kurun waktu 1945 – 1949, penyimpangan konstitusional yang sangat fundamental yaitu perubahan ...
      a. kabinet presidensial menjadi kabinet parlementer
      b. bentuk negara kesatuan menjadi Negara serikat
      c. kabinet koalisi menjadi kabinet ministerial
      d. kabinet parlementer menjadi kabinet presidensial
      e. sistem desentralisasi menjadi sistem dekonsentrasi

25. Landasan idil pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia yaitu ...
      a. Undang-Undang      
      b. Undang-Undang Dasar 1945
      c. Pancasila
      d. Tap MPR
      e. Peraturan Pemerintah

26. Proses amandemen konstitusi modern Menurut K.C Wheare dimaksudkan untuk melindungi satu atau lebih dari empat tujuan, kecuali …..
     a. Rakyat harus diberi kesempatan untuk mengungkapkan pandangan mereka
     b. Hanya ada satu dari empat konsiderasi di atas yang diperhatikan    
     c. Kekuasaan unit-unit dan pemerintahan pusat tidak bias diubah
     d. Agar semua peraturan bisa dijalankan sesuai kemampuan penguasa
     e. Konstitusi diubah dengan pertimbangan matang dan bukan alasan yang sederhana
   
27. Sistem perubahan konstitusi amandemen merupakan perubahan konstitusi dengan tetap memberlakukan konstitusi yang …..
     a. Canggih
     b. Asli 
     c. Baru
     d. Sama dengan Negara lain
     e. Bebas

28. Pada tanggal 14 Desember 1949 Komite Nasional Pusat mengesahkan Konstitusi RIS dan mulai berlaku pada tanggal …..
     a. 25 Desember 1949
     b. 27 Mei 1949
     c. 27 Maret 1949
     d. 29 Desember 1949
     e. 29 Desember 1949


29. Setiap Negara yang berdaulat dan merdeka niscaya mempunyai dasar Negara yang dipakai sebagai pedoman dalam penyelenggaraan Negara. Dasar Negara Indonesia yaitu …..
      a. Monas
      b. Pancasila  
      c. Burung Hantu
      d. Padi dan Kapas
      e. Padi dan Roda gigi

30. Dalam arti sempit, pemerintah yaitu ...
      a. Eksekutif 
      b. Legislative
      c. Yudikatif
      d. Kekuasaan
      e. Birokrasi

31. Orang yang telah memenuhi syarat tertentu yang ditetapkan oleh Negara dimana yang bersangkutan diperbolehkan mempunyai domisili (tempat tinggal) dalam wilayah Negara itu dinamakan …..
      a. Warga
      b. Penduduk
      c. Masyarakat
      d. Rakyat
      e. Negara

32. Di bawah ini yang tidak termasuk landasan aturan ihwal pelaksanaan hal-hal yang bekerjasama dengan pewarganagaraan di Indonesia yaitu …..
      a. Landasan Operasional
      b. Landasan Idiil
      c. Landasan Konstitusional
      d. Hasil KMB
      e. Adat Istiadat

33. Orang yang mempunyai dua atau lebih status kewarganegaraan dinamakan…..
      a. Apartide
      b. Bipatride 
      c. Multipatride
      d. Aparthide
      e. Multitrade

34. Seseorang yang ingin menjadi warga Negara di suatu Negara harus melaksanakan tindakan aturan sesuai dengan peraturan yang berlaku di Negara tersebut secara aktif yang biasa dinamakan dengan asas …..
      a. Ius Soli
      b. Stelsel Pasif
      c. Stelsel Aktif
      d. Ius Saguinis
      e. Hal Opsi

35. Pada tahun1999 hingga dengan sekarang, telah terjadi perubahan sistem politik dari sentralisasi menjadi sistem politik …..
      a. Terkontrol
      b. Terpusat
      c. Central
      d. Netral
      e. Otonomi Daerah

II. SOAL ESSAY


1. Jelaskan makna “ pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai pernyataan kemerdekaan yang terperinci” 
Jawab : Maksudnya yaitu berdasarkan naskah proklamasi kemerdekaan 1945 yang telah dibacakan oleh Soekarno, Hatta atas nama seluruh rakyat indonesia, yaitu suatu pernyataan baik bagi bangsa indonesia maupun dunia.

2. Negara Indonesia dalam perjalanannya beberapa kali melaksanakan gonta ganti konstitusi, sebutkan periodisasi pergantian tersebut!
Jawab : Konstitusi yang pernah dipakai oleh negara Indonesia yaitu :
a. 18 agustus 1945 hingga 27 desember 1949 = Undang-Undang Dasar 1945
b. 27 desember 1949 hingga 17 agustus 1950 =  Konstitusi Republik Indonesia Serikat
c. 17 agustus 1950 hingga 5 juli 1959 =UUDS 1950
d. 5 juli 1959 hingga 19 oktober 1999 = Undang-Undang Dasar 1945
e. 19 oktober 1999 hingga kini = Undang-Undang Dasar Amandemen

3. Kemukakan pengertian Warga Negara berdasarkan pendapat A.S Hikam!
Jawab : Menurut A.S Hikam, warga Negara yaitu Warga Negara yang berasal dari citizenship yaitu anggota dari sebuah komunitas yang membentuk negara itu sendiri, artinya bahwa negara yaitu subjek bukan objek yang herus mengabdi pada pemiliknya.

4. Jelaskan pengertian sistem berdasarkan KBBI!
Jawab : Sistem berdasarkan KBBI merupakan perangkat unsur yang secara teratur saling bekerjasama sehingga membentuk suatu totalitas.

5. Jelaskan mengenai sistem politik otoriter!
Jawab : Sistem politik otoriter yaitu nepotistik dan paternalistik yang berdasarkan pada pola proklien menjadikan militer menjadi pengayom untuk hampir semua acara politik.


Baca juga : Soal Latihan Kewirausahaan Kelas 10 Beserta Jawabannya, PG dan Essay

Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan Pkn Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya, PG dan Essay ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari rujukan mengenai soal2 dari mata pelajaran Pkn (Pendidikan Kewarganegaraan), Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa dipakai sebagai materi untuk belajar. Terima Kasih                     

Sumber http://prakatakita.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Soal Latihan Pkn Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya, Pg Dan Essay"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel