iklan

Soal Latihan Pkn Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya, Pg Dan Essay

Ilmu yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan yaitu pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis alasannya yaitu belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) yaitu tes yang bertujuan untuk memilih kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin simpel atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.




Seseorang yang melewati ujian mendapatkan ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif yaitu ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu dipakai untuk ujian tengah semester maupun ujian tamat semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran Pkn.

Mengenal Apa itu PKn /Pendidikan kewarganegaraan?


Kata kewarganegaraan dalam bahasa Latin disebut Civicus. Selanjutnya, kata Civicus diserap ke dalam bahasa Inggris menjadi kata Civic yang artinya mengenai warga negara atau kewarganegaraan. Dari kata Civic lahir kata Civic yaitu ilmu kewarganegaraan, dan Civic Education, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan. Pelajaran Civics atau kewarganegaraan telah dikenal di Indonesia semenjak zaman kolonial Belanda dengan nama Burgerkunde.

Dari definisi tersebut sanggup dijelaskan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan dirumuskan secara luas untuk meliputi proses penyiapan generasi muda untuk mengambil kiprah dan tanggung jawabnya sebagai warga negara, dan secara khusus, kiprah pendidikan termasuk di dalamnya persekolahan, pengajaran dan belajar, dalam proses penyiapan warga negara tersebut.

Sementara itu,siswa/ mahasiswa sebagai anak bangsa Indonesia diharapkan sanggup menjadi yang memahami pendidikan kewarganegaraan dan menjadi warga negara yang mempunyai komitmen yang berpengaruh dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Karna Hakikat negara kesatuan Republik Indonesia yaitu negara kebangsaan modern. Negara kebangsaan modern yaitu negara yang pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan atau nasionalisme yaitu pada tekad suatu masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama, walaupun warga masyarakat tersebut berbeda-beda agama, ras, etnik, atau golongannya.

Pendidikan Kewarganegaraan berdasarkan Depdiknas (2006:49), yaitu mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan bisa melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan Undang-Undang Dasar NRI 1945.

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yang dikemukakan oleh Djahiri (1994/1995:10)


a. Mencerdaskan kehidupan bangsa yang membuatkan insan Indonesia seutuhnya. Yaitu insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur, mempunyai kemampuan pengetahuann dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian mantap dan sanggup berdiri diatas kaki sendiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan        kebangsaan”.

b. Secara khusus. Tujuan PKn yaitu membina moral yang diharapkan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu sikap yang memancarkan kepercayaan dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam masyarakat yang terdiri dari banyak sekali golongan agama, sikap yang bersifat kemanusiaan yang adil dan beradab, sikap yang mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan perseorangan dan golongan sehingga perbedaan pemikiran pendapat ataupun kepentingan diatasi melalui musyawarah mufakat, serta sikap yang mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan sosial seluruh rakyat    Indonesia.

Sedangkan berdasarkan Sapriya (2001), tujuan pendidikan Kewarga negaraan adalah : Partisipasi yang penuh kecerdikan dan tanggung jawab dalam kehidupan politik dari warga negara yang taat kepada nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar demokrasi konstitusional Indonesia. Partisipasi warga negara yang efektif dan penuh tanggung jawab memerlukan penguasaan seperangkat ilmu pengetahuan dan keterampilan intelektual serta keterampilan untuk berperan serta. Partisipasi yang efektif dan bertanggung jawab itu pun ditingkatkan lebih lanjut melalui pengembangan disposisi atau watak-watak tertentu yang meningkatkan kemampuan individu berperan serta dalam proses politik dan mendukung berfungsinya system politik  yang    sehat    serta     perbaikan         masyarakat.

Tujuan umum pelajaran PKn ialah mendidik warga negara semoga menjadi warga negara yang baik, yang sanggup dilukiskan dengan “warga negara yang patriotik, toleran, setia terhadap bangsa dan negara, beragama, demokratis, dan Pancasila sejati” (Somantri, 2001:279). Djahiri (1995:10) mengemukakan bahwa melalui Pendidikan Kewarganegaraan siswa diharapkan :

  1. Mampu Memahami dan menguasai secara kecerdikan konsep dan norma Pancasila sebagai falsafah, dasar ideology dan pandangan    hidup Negara kesatuan republic Indonesia (NKRI).
  2. Memahami secara pribadi apa itu konstitusi (UUD NKRI 1945) dan aturan yang berlaku dalam Negara RI.
  3. Menghayati dan meyakini tatanan dalam moral yang termuat dalam butir diatas.
  4. Mengamalkan dan membakukan hal-hal diatas sebagai sikap sikap diri dan kehidupannya dengan penuh keyakinan dan nalar.

Secara umum, berdasarkan Maftuh dan Sapriya (2005:30) bahwa, Tujuan negara membuatkan Pendiddikan Kewarganegaraan semoga setiap warga negara menjadi warga negara yang baik (to be good citizens), yakni warga negara yang mempunyai kecerdasan (civics inteliegence) baik intelektual, emosional, sosial, maupun spiritual; mempunyai rasa besar hati dan tanggung jawab (civics responsibility); dan bisa berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

Setelah menelaah pemahaman dari tujuan Pendidikan Kewarganegaraan, maka sanggup saya simpulkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan berorientasi pada penanaman

Konsep Kenegaraan dan juga bersifat implementatif dalam kehidupan sehari - hari. Adapun harapan yang ingin dicapai sesudah pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan ini, maka akan didapatkan generasi yang menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.

FUNGSI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN


  1. Membantu siswa/mahasiswa sebagai generasi muda untuk memperoleh pemahaman impian nasional /tujuan Negara.
  2. Siswa/mahasiswa sebagai genersi gres Dapat mengambil keputusan-keputusan yang bertanggung jawab dalam menyelsaikan      masalah pribadi, masyarakat dan negara.
  3. Dapat mengapresiasikan impian nasional dan sanggup menciptakan keputusan-keputusan yang cerdas.
  4. Wahana untuk membentuk warga negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang setia  kepada bangsa dan negara Indonesia dengan merefleksikan dirinya dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai dengan amanat Pancasila dan Undang-Undang Dasar NKRI 1945.

Itulah sedikit citra mengenai Apa itu Pkn, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih gampang dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran Pkn itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih gampang untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 35 Pilihan Ganda dan 5 Essay.

Soal Latihan Pkn Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya, PG dan Essay


Adapun Untuk teladan Soal Latihan Pkn Kelas 10 Semester 1  yaitu sebagai berikut :

I. SOAL PILIHAN GANDA


1. Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintahan pusat kepada tempat otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan disebut....
    a. dekonsentrasi
    b. desentralisasi
    c. sentralisasi
    d. kiprah pembantuan
    e. tempat otonom

2. Tokoh yang memperkenalkan teori trias politica berupa pemisahan kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif adalah....
    a. Monstesquieu
    b. John Locke
    c. Afdi Afdian
    d. Moh. Mahfud
    e. Jimly Asshiddiqie

3. Mempunyai kekuasaan untuk memutuskan Undang-Undang Dasar 1945, melantik presiden serta mengubah Undang-Undang Dasar 1945 merupakan kiprah dari....
    a. presiden
    b. DPR
    c. BPK
    d. MPR
    e. DPA

4. Tugas forum legislatif adalah.....
    a. melaksanakan undang-undang
    b. melaksanakan relasi diplomatik dengan negara-negara lain
    c. menciptakan undang-undang
    d. mengadili jikalau terjadi pelanggaran atas undang-undang
    e. merevisi undang-undang

5. Lembga-lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan kehakiman adalah....
    a. presiden
    b. DPR
    c. BPK
    d. MPR
    e. Mahkamah Agung

6. Pemerintah tempat provinsi dipimpin oleh....
    a. Gubernur
    b. bupati
    c. DPRD
    d. walikota
    e. presiden

7. Menguji UU terhadap Undang-Undang Dasar 1945 merupakan wewenang....
    a. DPR
    b. MPR
    c. MK
    d. MA
    e. Presiden

8. Angota BPK  dipilih oleh....
    a. DPR
    b. MPR
    c. MK
    d. MA
    e. Presiden

9. Pemerintahan tempat diatur dengan undang-undang, yaitu...
    a. UU No. 32/2004
    b. UU No. 3/2002
    c. UU No. 34/2004
    d. UU No. 12/2006
    e. UU No. 39/1999

10. Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan terdapat dalam sistem....
     a. parlementer
     b. presidensial
     c. campuran
     d. monarki
     e. oligarki

11. Berikut ini urusan pemerintahan yang menjadi urusan pemerintah tempat adalah....
      a. pertahanan
      b. keamanan
      c. retribusi
      d. moneter
      e. fisikal

12. Calon gubernur dan wakil gubernur terpilih dengan bunyi terbanyak dilantik oleh....
      a. presiden
      b.Menteri Dalam Negeri
      c. DPRD provinsi
      d. Menteri Pertahanan
      e. MPR

13. Dalam hal kepala tempat menghadapi krisis kepercayaan publik yang meluas alasannya yaitu dugaan melaksanakan tindak pidana dan melibatkan tanggung jawabnya, DPRD memakai hak..untuk menanggapinya.
      a. inisiatif
      b. angket
      c. interpelasi
      d. menyatakan pendapat
      e. mengajukan pertanyaan

14. Landasan aturan kementeriaan negara yaitu Undang-Undang Dasar 1945 pasal....
      a. 17
      b. 18
      c. 19
      d. 22 C
      e. 23

15. Kabinet Gotong Royong dipimpin oleh presiden....
      a. Soekarno
      b. Soeharto
      c. B.J. Habibie
      d. Abdurrahman Wahid
      e. Megawati

16. Pasal 15 Undang-undang Dasar Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 wacana kementerian negara secara tegas menyatakan bahwa jumlah maksimal kementerian negara yang sanggup dibuat berjumlah...
      a. 32
      b. 33
      c. 34
      d. 35
      e. 36

17. Kementrian yang bertugas melaksanakan sinkronisasi dan koordinasi kementrian-kementrian yang berada di lingkup tugasnya adalah...
      a. Kementerian Sekretariat Negara
      b. Kementrian Kesehatan
      c. Kementrian Lingkungan Hidup
      d. Kementrian Sosial
      e. Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian

18. Keberadaan Lembaga pemerintah nonkementrian diatur oleh peraturan predisen Republik Indonesia, yaitu Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor....
      a. 101 Tahun 2001
      b. 102 Tahun 2001
      c. 103 Tahun 2001
      d. 101 Tahun 2002
      e. 101 Tahun 2002

19. Di bawah ini merupakan kementrian di bawah koordinasi menteri koordinator bidang perekonomian, kecuali....
      a. BPS
      b. BULOG
      c. BKPM
      d. BAPPENAS
      e. BNN

20. BNN yaitu kepangangan dari...
      a. Badan Nuklir Nasional
      b. Badan Nusantara Nasional
      c. Badan Narkotika Nasional
      d. Badan Nuklir Nusantara
      e. Badan Narkotika Nasional

21. Wilayah NKRI dibagi atas daerah-daerah provinsi dan tempat provinsi itu dibagi atas kabupaten dan kota, yang tiap-tiap provinsi, kabupaten, dan kota mempunyai pemerintahan tempat yang diatur dengan undang-undang. Hal tersebut yaitu bunyi Undang-Undang Dasar 1945 pasal....
      a. 18 ayat (1)
      b. 18 ayat (2)
      c. 18 ayat (3)
      d. 25 A
      e. 37

22. Konsepsi yang menyatakan bahwa bahari itu sanggup diambil dan dimiliki oleh masing-masing negara disebut....
      a. res communis
      b. res nullius
      c. ZEE
      d. mare liberum
      e. batas bahari teritorial

23. Wilayah bahari suatu negara yang jaraknya 200 mil bahari diukur dari pantai disebut...
      a. res communis
      b. res nullius
      c. ZEE
      d. mare liberum
      e. batas bahari teritorial

24. Setiap negara mempunyai kedaulatan atas wilayah udaranya hingga yang dibutuhkan untuk menjaga keamananya disebut...
      a. teori keamanan
      b. teori pengawasan
      c. teori udara
      d. teori wilayah
      e. teori daratan

25. UU yang mengatur kewarganegaraan Indonesia yang kini berlaku adalah....
      a. UU No. 10 Tahun 2005
      b. UU No. 9 Tahun 2006
      c. UU No. 8 Tahun 2005
      d. UU No. 12 Tahun 2006
      e. UU No. 10 Tahun 2006

26. Pasal dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang mengatur wacana wilayah negara adalah....
      a. pasal 30
      b. pasal 28 E
      c. pasal 26
      d. pasal 27
      e. pasal 25 A

27. Pasal yang mengatur wacana pertahanan dan keamanan negara adalah...
      a. pasal 30
      b. pasal 28 E
      c. pasal 26
      d. pasal 27
      e. pasal 25

28. Mereka yang berdasarkan aturan tertentu merupakan anggota dari suatu negara, dengan status kewarganegaraan warga negara orisinil atau warga negara keturunan absurd disebut....
      a. penduduk
      b. bukan penduduk
      c. warga negara
      d. bukan warga negara
      e. rakyat

29. Pertahanan negara disebut juga pertahanan nasional yaitu segala perjuangan untuk mempertahankan...
      a. kesatuan dan persatuan
      b. kedaulatan negara
      c. Pancasila
      d. militer
      e. wilayah negara

30. Pertahanan dan keamanan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh...
      a. seluruh komponen negara
      b. warga negara
      c. pemerintah
      d. TNI
      e. masyarakat

31. “Penduduk yaitu warga negara Indonesia dan orang absurd yang bertempat tinggal di Indonesia” merupakan bunyi dari pasal....
      a. 27 ayat (1)
      b. 27 ayat (2)
      c. 26 ayat (3)
      d. 26 ayat (1)
      e. 26 ayat (2)

32. Asas ius soli merupakan dasar penentuan kewarganegaraan seseorang berpedoman pada....
      a. tempat kelahiran
      b. keturunan
      c. status hukum
      d. naturalisasi
      e. relasi darah

33. Setiap negara mempunyai kedaulatan atas bahari teritorial yang jaraknya....
      a. 3 mil
      b. 12 mil
      c. 24 mil
      d. 200 mil
      e. 11 mil

34. Wilayah suatu negara yang berada di luar wilayah negara itu disebut wilayah....
      a. negara
      b. teritorial
      c. darat
      d. udara
      e. ekstrateritorial

35. Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu sebuah negara kepulauan yang berciri nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan....
      a. Pancasila
      b. perda
      c. undang-undang
      d. peraturan pemerintah
      e. peraturan presiden


II.  SOAL ESSAY


1. Jelaskan Pengertian Negara menurut George Jellineck !!
Jawab : Negara yaitu kekuasaan dari sekelompok insan yang berada atau tinggal di wilayah suatu negara

2. Convensi mempunyai sifat-sifat tertentu, sebutkan dan jelaskan !
Jawab : Sifat-sifat convensi, diantaranya:
  • Merupakan kebiasaan yang berulang kali dan terpelihara dalam praktik penyelenggaraan negara
  • Tidak bertentangan dengan Undang-Undang Dasar dan berjalan lancar
  • Diterima oleh seluruh rakyat
  • Bersifat sebagai perhiasan sehingga memungkinkan sebagai aturan-aturan dasar yang tidak terdapat dalam UUD

3. Sebutkan istilah konstitusi berdasarkan Joeniarto!
Jawab : Joeniarto menyimpulkan bahwa istilah konstitusi mempunyai dua macam arti, yaitu sebagai berikut.
  • Dalam arti luas, yaitu keseluruhan aturan dan ketentuan yang menggambarkan sistem ketatanegaraan suatu negara.
  • Dalam arti sempit, yaitu satu atau beberapa dokumen yang memuat aturan-aturan dan ketentuan-ketentuan yang bersifat pokok-pokok atau dasar-dasar dari ketatanegaraan suatu negara.

4. Sebutkan makna yang terkandung dalam alinea keempat pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 !
Jawab : makna yang terkandung dalam alinea keempat pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu :
a. Adanya fungsi dan sekaligus tujuan negara Indonesia, yaitu:
  • melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
  • memajukan kesejahteraan umum
  • mencerdaskan kehidupan bangsa, dan
  • ikut melaksanakan ketertiban  dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
b. Kemerdekaan kebangsaan Indonesia yang disusun dalam suatu Undang-undang Dasar
c. Susunan atau bentuk negara Republik Indonesia
d. Sistem pemerintahan negara, yaitu berdasarkan kedaulatan rakyat (demokrasi)
e. Dasar negara Pancasila

5. Sebutkan pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945!
Jawab : pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu :
  • Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan denan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
  • Negara hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
  • Negara yang berkedaulatan rakyat berdasar atas kerakyatan dan permusyawaratan/perwakilan
  • Negara berdasar Ketuhanan Yang Maha Esa berdasarkan dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.

Baca Juga : Soal Latihan Pkn Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya

Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan Pkn Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya, PG dan Essay ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari acuan mengenai soal2 dari mata pelajaran Pkn (Pendidikan Kewarganegaraan), Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa dipakai sebagai materi untuk belajar. Terima Kasih                     

Sumber http://prakatakita.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Soal Latihan Pkn Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya, Pg Dan Essay"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel