iklan

Soal Latihan Ips Sejarah Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya

Ilmu ialah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan ialah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis alasannya belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) ialah tes yang bertujuan untuk memilih kemamapuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin mudah atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.




Seseorang yang melewati ujian mendapatkan ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif ialah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu dipakai untuk ujian tengah semester maupun ujian final semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran Seni Budaya.

Pentingnya Mengenal Sejarah Bangsa Indonesia


Bangsa yang bijak ialah bangsa yang mengenal sejarahnya. Mengapa kita sebagai bangsa Indonesia harus mengenal sejarah kita sendiri? Karena ada perkataan bijak yang menyampaikan “history repeats itself”: sejarah itu berulang kembali. Hal yang pernah terjadi di masa lampau, suatu ketika akan terjadi kembali dengan variasi yang berbeda tapi esensinya sama. Manusia yang bijak ialah insan yang mencar ilmu dari masa kemudian dan tidak mengulangi kesalahan para pendahulunya.

Selain itu, dengan mempelajari catatan sejarah, kita akan lebih menghargai apa yang kita miliki sebagai bangsa. Betapa besar usaha para pendekar dan pendekar untuk merebut kemerdekaan. Pengorbanan harta dan nyawa. Semua itu harus kita sadari, hormati dan kita jadikan teladan dalam hidup.

MANFAAT MEMPELAJARI SEJARAH


1.Kegunaan Edukatif

Kegunaan sejarah yang pertama ialah sebagai edukatif atau pelajaran. banyak insan yang mencar ilmu dari sejarah. Belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan.pengalaman tidak hanya terbatas pada pengalaman yang dialaminya sendiri, melainkan juga dari generasi sebelumnya.manusia melalui mencar ilmu dari sejarah sanggup menyebarkan potensinya. kesalahan pada masa lampau, baik kesalahan sendiri maupun kesalahan orang lain coba dihindari.

smentara itu, pengalaman yangbaik justru harus ditiru dan dikembangkan. dengan demikian, insan dalam menjalani kehidupannya tidak berdasarkan coba-coba saja (trial and error), menyerupai yang dilakukan oleh binatang. insan harus berusaha menghindari kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

2. Kegunaan Inspiratif

Sebagai inspiratif, banyak sekali dongeng sejarah sanggup menyampaikan ilham pada pembaca dan pendengarnya. mencar ilmu dari kebangkitan nasional yang dipeloporii oleh bedirinya organisasi usaha yangmodern  di awal kurun ke-20, masyarakat Indonesia kini berusaha menyebarkan kebangkitan nasional ang ke2. Pada kebangkitan nasional yang pertama, bangsa indonesia berusaha merebut kemerdekaan yang kini ini sudah dirasakan hasilnya.

untuk menyebarkan dan mempertahankan kemerdekaan , bangsa indonesia ingin melaksanakan kebangkitan nasional yang ke-2 , dengan bercita-cita mengeajar ketertionggalan dari bangsa asing. bangsa indonesia tidak hanya ingin merdeka, tetapi juga ingin menjadi bangsa yang maju, bangsa yang bisa menyejahterakan rakyatnya. untuk  itu, bangsa indonesia harus ulet menguasai IPTEK alasannya melalui IPTEK yang dikuasai, bangsa indonesia berpeluang menjadi bangsa yang maju dan disegani, serta daapat ikut serta menjaga ketertiban dunia.

3. Kegunaan Rekreatif

Yang ketiga ialah sebagai kegunaan rekreatif. Kegunaan sejarah sebagai dongeng sanggup memberi suatu hiburan yang segar. melalui penulisan dongeng sejarah yang menarik pembaca sanggup terhibur. gaya penulisan yanghidup dan komunikatif dari beberapa sejarawan terasa bisa “menghipnotis” pembaca. Pembaca akan merasa nyaman  membaca goresan pena dari seajarawan. Konsekuensi rasa bahagia dan daya taraik penulisan dongeng sejarah tersebut menciptakan pembaca menjadi senang.

Membaca menjadi media hiburan  dan rekreatif. Membaca telah menjadi ibagian dari kesenangan. membaca tealah dirasakan sebagai suatu kebutuhan, yaitu kebutuhan yang untuk rekreatif. Pembaca dalam mempelajari hasil penulisan sejarah tidak hanya merasa bahagia  layaknya  membaca novel, tetapi juga sanggup berimajiasi ke masa lampau. disini kiprah sejarawan  dapat menjadi pemandu (guide). orang yang ingin  melihat situasi  suatu kawasan  di masa lampau  dapat membacanya dari hasil goresan pena para sejarawan.

Sejak jaman Sokrates, Herodotos (484 – 425 s.M), dan Thucydides (456 – 396) orang memandang sejarah sebagai teladan kehidupan. Teori ini disebut sebagai the examplar theory of history. Sejarah sanggup menyampaikan nilai atau norma yang sanggup dijadikan pedoman bagi kehidupan sehari-hari.

Bagi orang Cina sejarah merupakan cermin kehidupan. Tradisi penulisan sejarah bagi bangsa Cina sudah sangat tua. Raja atau dinasti yang sedang berkuasa berkewajiban untuk menuliskan sejarah raja atau dinasti yang digantikannya. Frasa semacam itu dalam bangsa Romawi kuno diungkapkannya dalam adagium : historia vitae magistra, yang berarti sejarah ialah guru kehidupan. Agar sanggup hidup dengan lebih baik orang harus berguru kepada sejarah.

Sejarah ialah akumulasi rekaman pengalaman manusia. Mempelajari sejarah mempelajari segala bentuk puncak pengalaman dan perubahan yang telah dicapai insan sepanjang abad. Dari sejarah masa lampau insan memperoleh bekal dan titik pijak untuk membangun sejarah baru. Kehidup insan selalu harus berdialog dengan sejarah masa kemudian untuk sanggup membangun sejarah di masa sekarang, serta memproyeksikan pandangan ke dalam sejarahnya di masa mendatang. Dimensi kesejarahan menuntut insan untuk selalu melaksanakan pembaharuan dan berupaya mencapai kemajuan.


Menurut Robert Jones Shafer (1974) manfaat sejarah ialah sebagai berikut :


 1. Memperluas pengalaman-pengalaman Manusiawi

Belajar sejarah sama artinya berdialog dengan masyarakat dan bangsa manapun dan di ketika kapan pun. Dari pengalaman sejarah itu orang sanggup menimba pengalaman-pengalaman dalam menghadapi dan memecahkan problem-problem kehidupan dalam segala aspeknya menyerupai politik, ekonomi, sosial dan budaya. Pada dasarnya problem-problem kehidupan insan hampir sama, yang berbeda ialah detail dan intensitasnya. Cara mengatasi dan menyampaikan tanggapan terhadap masalah, baik secara intelektual maupun secara emosional, juga tidak terlalu berbeda. Dengan mencar ilmu sejarah, karenanya, perilaku dan kepribadian seseorang akan menjadi lebih matang.

2. Dengan Belajar Sejarah Akan Memungkinkan Seseorang Untuk Dapat Memandang Sesuatu Secara Keseluruhan (to see things whole).

Sejarah memperlihatkan begitu banyak dan bervariasi (the multiplicity or variety) kondisi dan pengalaman manusia. Tidak ada disiplin ilmu yang bisa menyajikan rekaman pengalaman insan yang begitu menyeluruh, selain sejarah. Agama, filsafat, dan ilmu-ilmu sosial lainnya menyampaikan sumbangan yang sama, namun hanya sebatas dan berdasarkan cara ilmu itu sendiri. Dimensi keseluruhan dalam sejarah diharapkan akan bisa membangun keutuhan kepribadian manusia.

 3. Sejarah Memiliki Peranan Penting dalam Pembentukan Identitas dan Kepribadian Bangsa

Suatu masyarakat atau bangsa tak mungkin akan mengenal siapa diri mereka dan bagaimana mereka menjadi menyerupai kini ini tanpa mengenal sejarah. Sejarah dengan identitas bangsa mempunyai relasi timbal-balik. Akar sejarah yang dalam dan panjang akan memperkokoh eksistensi dan identitas serta kepribadi suatu bangsa. Bangsa itu, karenanya, akan besar hati dan menyayangi sejarah dan kebudayaannya.

Itulah sedikit citra mengenai Pentingnya Menenal Sejarah Indonesia, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih gampang dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran Sejarah Indonesia itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih gampang untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 30 Pilihan Ganda dan 5 Essay.

Baca Juga : Soal Latihan PAI Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya
Baca Juga : Soal Latihan PKn Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya
Baca Juga : Soal Latihan IPA Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya
Baca Juga : Soal Latihan Seni Budaya 12 Semester 2 Beserta Jawabannya


Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya


Adapun Untuk referensi Soal Latihan  IPS Sejarah Kelas 12 Semester 2 ialah sebagai berikut :

I. SOAL PILIHAN GANDA


1. Pada tahun 1972, Presiden Nixon dan Brezhnev menandatangani sebuah perjanjian yang membatasi  sistem misil antibalistik. Perjanjian tersebut dikenal dengan sebutan...
a. SALT I
b. SALT II
c. SALT III
d. SALT IV
e. SALT V

2. Perang dalam bentuk ketegangan sebagai perwujudan dari konflik kepentingan supremasi dan perbedaan ideologi antara Blok Barat (AS) dengan Blok Timur (US) disebut...
a. Perang Dunia I
b. Perang Dingin
c. Perang Dunia II
d. Perang Saudara
e. perang bintang

3. Pernyataan Churchil (PM Inggris) di depan publik AS yang menyatakan telah digelarnya tirai besi di seluruh daratan Eropa yang membagi Jerman dan Eropa ke dalam dua kubu yang berlawanan bersama-sama ditujukan kepada....
a. Uni Soviet
b. Ukraina
c. Amerika Serikat
d. Rusia
e. Britania

4. Dalam rangka membantu menuntaskan dilema Kamboja diselenggarakan suatu konferensi internasional di Paris Prancis yang disebut...
a. UNTAC
b. UNIMOG
c. ICK
d. UNTEA
e. UNOC

5. Setelah diambang kekalahan dalam Perang Dunia II, Jepang membentuk Kerajaan Vietnam pada 11 Maret 1945, di bawah pimpinan raja....
a. Sisavong Vong
b. Norodom Sihanouk
c. Ngo Dinh Diem
d. Bao-Dai
e. Ho Chi Minh

6. Wakil negara dari Uni Soviet dan Amerika Serikat yang menandatangani perjanjian SALT I tahun 1972 adalah....
a. Nikita Khruschev – John F. Kennedy
b. Leonid  Bhreznev – Richard Nixon
c. Yuri Andropov – Geral Ford
d. Shernenko – James Earl Carter
e. Mikhail Gorbachev – Ronald Reagan

7. Sebelum perang Dunia I, ekspor kapital ke Asia yang bersifat kapital jangka panjang (long term capital), yaitu yang melebihi jangka waktu satu tahun ialah Inggris, Prancis, dan Belanda. Tetapi sesudah Perang Dunia II menjadi negara yang banyak berutang, terutama kepada Amerika Serikat melalui program....
a. Euro Plan
b. Marshall Plan
c. Colombo Plan
d. New Deal
e. Nefos

8. Pakta pertahanan yang ditujukan untuk membendung penaruh komunis di Asia Tenggara adalah...
a. SEATO
b. CENTO
c. Pakta Warsawa
d. NATO
e. ANZUS
Jawaban: a

9. Bapak kemerdekaan Vietnam yang memproklamasikan Vietnam Utara pada 2 September 1945 adalah....
a. Sisavong Vong
b. Ngo Dinh Diem
c. Ho Chi Minh
d. Mao Ze Dong
e. Kim II Sung

10. Setelah menelan korban jiwa 3 juta warga korea, 900.000 tentara RRC, 54.000 tentara AS, serta melalui kiprah PBB maka pada tanggal 25 Juni 1953, di Panumjom ditandatangani persetujuan gencatan senjata di antara pihak yang bertikai tersebut, yaitu antara...
a. Korea Utara dan Korea Selatan
b. Korea Utara dan Jepang
c. Korea Utara dan Uni Soviet
d. Korea Utara dan RRC
e. Korea Utara dan Pyongyang

11. Negara yang dikenal  sebagai  negara tirai bambu adalah...
a. Inggris
b. Uni Soviet
c. Amerika Serikat
d. Prancis
e. RRC

12. RRC diproklamasikan pada tanggal 1 Oktober 1949 oleh kaum komunis di bawah pimpinan....
a. Sun Yat Sen
b. Li Li San
c. Chiang Kai Shek
d. Mao Zedong
e. Kim II Sung

13. Presiden Amerika Serikat yang pertama kali mengadakan lawatan ke Cina adalah...
a. Ronald Reagan
b. Richard Nixon
c. Harry Truman
d. John F. Kennedy
e. Benjamin Franklin

14. NATO yang berdiri tahun 1949, diantaranya beranggotakan negara-negara....
a. Kanada, Inggris, Belgia, dan AS
b. AS, Belgia, Jepang, dan Prancis
c. Yunani, Turki, Iran, dan Italia
d. Inggris, Singapura, Prancis, dan AS
e. Prancis, Filipina, Inggris, dan Portugal

15. Penggagas berdirinya UNRRA sesudah digabung dengan ERP adalah....
a. John Marshall
b. Richard Nixon
c. George C. Marshall
d. Harry Truman
e. Winston Churchill

16. Pelaksanaan politik luar negeri Indonesia di tahun 1960-an telah menyimpang dari....
a. kebijakan pemerintah
b. kebijakan ekonomi Indonesia
c. Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
d. sistem ekonomi global
e. keinginan revolusi Indonesia

17. Penyebab runtuhnya Uni Soviet adalah....
a. Politik glasnot dan perestroika
b. timbulnya nasionalisme
c. dominasi militer semakin berkurang
d. sistem ekonomi yang tidak bisa membawa kesejahteraan
e. berakhirnya Perang Dingin

18. Untuk menghindari terulangnya depresi ekonomi 1930-an, maka dibentukalh IMF pada tahun....
a. 1945
b. 1944
c. 1943
d. 1946
e. 1947

19. Salah satu modal untuk meningkatkan daya saing dan memenangkan perdagangan adalah...
a. penguasaan teknologi
b. penguasaan ekonomi
c. penguasaan bidang militer
d. politik
e. sumber daya alam

20. Arah politik luar negeri Indonesia masa demokrasi terpimpin (pada tahun 1960-an) dipengaruhi oleh partai...
a. Masyumi
b. PKI
c. Muhammadiyah
d. NU
e. PNI


21. IMF sebagai forum keuangan dunia dibuat untuk mengawasi....
a. sistem moneter internasional
b. keuangan suatu negara
c. perdamaian dunia
d. kebijakan ekonomi suatu negara
e. kebijakan pemerintah suatu negara

22. Pada ketika berlangsungnya Perang Dingin, AS dan Uni Soviet melaksanakan acara spionase, di mana CIA merupakan dinas diam-diam yang dimiliki oleh....
a. Uni Soviet
b. Amerika Serikat
c. Inggris
d. Prancis
e. Australia

23. Liberalisasi perdagangan akan membentuk ketergantungan pada bidang...
a. investasi
b. ekonomi
c. pekerjaan
d. pendidikan
e. penanaman modal asing

24. Berikut yang merupakan salah satu acara Bank Dunia adalah....
a. pembiayaan proyek infrastruktur
b. pengendalian ekonomi suatu negara
c. pinjaman dengan bunga tinggi
d. penanaman modal asing
e. mencari investor

25. Setelah kejadian G-30-S/PKI, politik luar negeri Indonesia lebih condong ke arah...
a. Blok Timur
b. Blok Barat
c. Uni Soviet
d. RRC
e. negara-negara komunis

26. Kekhawatiran yang muncul dalam menanggapi gagasan liberalisasi perdagangan adalah....
a. semakin menguntungkan negara-negara maju
b. negara berkembang tumbuh menjadi negara maju
c. munculnya imprealisme di bidang ekonomi
d. sebagai salah satu bentuk neokolonialisme
e. munculnya persaingan tidak sehat

27. Negara tirai besi ialah julukan bagi negara....
a. Jerman
b. RRC
c. Vietnam
d. Inggris
e. Uni Soviet

28. Teori yang menjelaskan kalau salah satu negara jatuh maka negara-negara tetangga lainnya juga jatuh ialah teori...
a. evolusi
b. revolusi
c. marxis
d. darwin
e. domino

29. Perang Dingin ialah salah satu usaha untuk memperluas wilayah kekuasaan dengan cara....
a. mengirimkan utusan ke negara-negara yang dituju
b. meluaskan imbas ke negara-negara lain tanpa peperangan dan kekerasan
c. menyampaikan santunan kepada negara-negara yang sedang bertikai
d. menyampaikan jaminan kepada negara yang meminta santunan terhadap negara adikuasa
e. mencampuri urusan dalam negeri negara lain

30. Untuk mengendalikan perlombaan senjata nuklir, PBB membentuk...
a. Security Council
b. Atomic Energy Commission
c. Central Atomic Council
d. Nuclear Treaty Organization
e. Theater Nuclear


II. SOAL ESSAY


1. Jelaskan kiprah dan fugsi dari Bank Dunia!
Jawab : kiprah dan fungsi dari Bank Dunia adalah:
a. Memberikan pinjaman kepada negara-negara yang sedang berkembang
b. Membiayai proyek infrastruktur suatu negara

2. Pada masa pemerintahan Demokrasi Terpimpin, Indonesia pernah berkonfrontasi dengan Malaysia, yang berujung pada keluarnya Indonesia dari PBB. Sebagai pernyataan konfrontasi tersebut, Presiden Soekarno mengumandangkan Dwikora. Sebutkan isi dari Dwikora!
Jawab : Isi dari Dwikora adalah:
a. Perhebat ketahanan revolusi
b. Bantu usaha revoluisoner rakyat-rakyat Malasyia, Singapura, Sabah, Serawak, dan Brunei untuk menggagalkan negara boneka Malaysia

3. Sebutkan prinsip-prinsip dasar yang dijadikan pedoman pelaksaan politik luar negeri bebas aktif!
Jawab : Prinsip-prinsip dasar yang dijadikan pedoman pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif ialah :
a. Negara Indonesia menjalankan politik tenang demi menegakkan perdamaian dunia
b. Negara Indonesia ingin dekat dengan negara-negara lain atas dasar saling menghargai dan tidak akan mencampuri urusan dalam negeri negara lain.
c. Negara Indonesia menjunjung tinggi sendi-sendi aturan internasional

4. Jelaskan tujuan dari pelaksanaan politik luar negeri bebas dan aktif!
Jawab : Tujuan dari pelaksanaan politik luar negeri bebas dan aktif adalah:

  1. Mempertahankan kemerdekaan bangsa dan menjaga keselamatan negara
  2. Memperoleh barang-barang dari luar untuk memperbesar kemakmuran rakyat, apabila barang-barang tersebut tidak atau belum sanggup dihasilkan sendiri.
  3. Meningkatkan perdamaian internasional alasannya hanya dalam keadaan tenang Indonesia sanggup melaksanakan pembangunan. Perdamaian merupakan syarat yang dibutuhkan untuk memperbesar kemakmuran rakyat. 

5. Bagaimana pelaksanaan politik luar negeri Indonesia pada masa Orde Baru?
Jawab : Pelaksanaan politik luar negeri masa Orde Baru mengoreksi semua penyelewengan pada masa Orde Lama. Politik luar negeri masa Orde Baru mengedepankan politik bertetangga baik, dekat dalam hidup, berdampingan secara damai, dan saling menguntungkan.




Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya ini, agar bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran IPS Sejarah, Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. agar bisa bermanfaat dan bisa dipakai sebagai materi untuk belajar. Terima Kasih   

Sumber http://prakatakita.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Soal Latihan Ips Sejarah Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel