Soal Latihan Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 2 Pg Dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap
Ilmu yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan yaitu pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis sebab belum dicoba dan diuji.
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) yaitu tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin mudah atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melewati ujian mendapatkan ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif yaitu ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.
Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendiikan format niscaya akan mengahadi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oelh para guru, sehingga nantinya akan di sanggup hasil sebagai materi penilaian untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yng lebih baik lagi.
Maka berdasarkan Hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 12 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap. Dimana dalam pembagian soal latihan ini, saya menyuguhkan 2 bentuk soal soal yang tentunya biasa ditemukan dalam setiap Ujian atau Latihan sola di Sekolah .
Soal pada penggalan pertama yaitu soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 12 beserta jawabannya dengan jumlah 45 Soal dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supanya teman2 semua bisa lebih gampang Untuk menghafalnya dan juga bisa menimbulkan rujukan soal dikala ujian nanti sebab soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran bahasa indonesia Kurikulum 2013.
Soal pada penggalan Kedua yaitu soal essay bahasa indonesia kelas 12 Semester 2 beserta jawabannya dengan jumlah 5 Soal dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supanya teman2 semua bisa lebih gampang Untuk menghafalnya dan juga bisa menimbulkan rujukan soal dikala ujian nanti sebab soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran bahasa indonesia Kurikulum 2013 Juga.
Baca Juga :
Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, pribadi saja kita menuju Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 12 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap berikut dibawah ini.
1. Membaca dengan mata bergerak cepat untuk melihat dan memperhatikan materi tertulis untuk mencari serta mendapatkan informasi. Uraian tersebut merupakan pengertian membaca….
a. survei
b. sekilas
c. dangkal
d. scanning
e. layap
2. Menurut para insinyur Nasa, ada tiga akses instrumen dalam peralatan tersebut, yaitu penggalan bidang lebar, penggalan resolusi tinggi, dan akses kerai surya. Dua diantara tiga akses (channel) instrumen yaitu penggalan bidang lebar dan resolusi tinggi, sudah mustahil lagi untuk pulih. Saluran-saluran tersebut selama ini telah dipergunakan untuk memperoleh pandangan mendalam wacana kosmos. Selain itu juga sanggup menunjukkan data yang terperinci wacana bintang-bintang secara individual. Sedangkan akses ketiga yang dikenal sebagai akses kerai surya (solar blind channel) sering digunakan untuk mempelajari objek-objek dan sistem tata surya kita. Para insinyur Nasa berharap akses ketiga ini bisa diperbaiki guna membantu pengamatan Jupiter dikala dilewati oleh pesawat antariksa New Horizon pada bulan depan.
Paragraf di atas dikembangkan dengan pola….
a. contoh
b. ibarat
c. analogi
d. perbandingan
e. perincian
3. Inti komet berdasarkan model astronom dari Universitas Harvard Fred L. Whipple, merupakan gumpalan es kotor yang tersusun dari adonan debu dan es yang mempunyai struktur berlubang dan ringkih sehingga berpotensi untuk bercerai-berai. Akibat gravitasi matahari, komet selalu bergerak menuju sentra tata surya itu. Sebagian komet yang lain melintasi planet-planet. Gaya pasang surut dari planet yang dilintasi oleh komet menciptakan komet bisa pecah. Selain itu juga akhir tekanan panas ketika komet melintasi matahari, komet menjadi pecah. Berdasarkan analisis data dari Hubble dan beberapa pengamatan lain membuktikan bahwa faktor yang mempercepat proses komet pecah yaitu kian dekatnya ke bumi dan matahari. Demikianlah, struktur dan susunan komet membuatnya berpotensi untuk bercerai-berai menjadi bagian-bagian tertentu.
Paragraf di atas merupakan….
a. paragraf deduktif
b. paragraf induktif
c. paragraf deduktif induktif
d. paragraf naratif
e. paragraf persuasif
4. Kegiatan pentas seni sebagai kegiatan positif harus terus dikembangkan disekolah-sekolah. Hal ini sebab kegiatan pentas seni menunjang para siswa untuk berkreasi. Terbukti, kegiatan ini menuntut kreativitas, karya dan kolaborasi yang positif dari siswa yang terlibat. Di samping itu akan membuka kesempatan kepada siswa untuk membuktikan kemampuannya mengatur banyak sekali mekanisme pelaksanaan sebuah kegiatan besar.
Pertanyaan yang sempurna untuk teks di atas adalah….
a. Mengapa kegiatan pentas seni harus dikembangkan di sekolah-sekolah?
b. Mengapa kegiatan pentas seni harus dikembangkan?
c. Apa bukti kegiatan seni menuntut kreativitas?
d. Siapa yang bertanggung jawab dengan kegiatan pentas seni?
e. Kapan pentas seni di sekolah dilaksanakan?
5. Hal-hal yang tidak benar mengenai gurindam adalah….
a. ditulis pada masa Kerajaan Melayu
b. kata-kata yang biasa digunakan bahasa Melayu
c. kelahirannya diawali dengan soneta
d. Gurindam termasuk sastra lama
e. Gurindam berisi pepatah
6. Pikir dahulu sebelum berkata,
Supaya terelak silang sengketa
Pesan yang terkandung dalam gurindam di atas adalah….
a. jangan salah mencari teman
b. hati-hati dengan perkataan
c. kita harus selalu memenuhi janji
d. jangan berbuat salah
e. hendaklah selalu berkata jujur
7. Jangan gemar berbuat dusta,
Kelak dirimu menerima nista
Pesan gurindam di atas yaitu berkaitan dengan kewajiban insan untuk menjaga salah satu indranya, yaitu….
a. penglihatan
b. pendengaran
c. pengecapan
d. penciuman
e. perabaan
8. Persamaan gurindam dan pantun kilat adalah….
a. baris kedua gurindam berisi kelanjutan dari baris kesatu
b. baris pertama pantun kilat yaitu sampiran
c. baris kesatu dan kedua gurindam yaitu kalimat beragam yang dibagi dua
d. baris kesatu gurindam menyerupai syarat dan baris kedua menyerupai jawaban
e. baris kesatu dan kedua umumnya mempunyai suku kata berirama dan berjumlah sama
9. Contoh membaca ekstensif adalah….
a. membaca berita
b. membaca naskah drama
c. membaca pidato
d. membaca puisi
e. membaca kamus
10. Melihat gairah konsumen yang begitu tinggi dalam memakai jasa SMS, banyak sekali operator seluler pun terus melaksanakan penemuan pelayanan. Cara yang paling ampuh menggaet konsumen yaitu dengan menunjukkan diskon tertentu, atau mempermurah tarif setiap pengiriman pesan.
Cara yang lain yaitu menunjukkan akomodasi tarif SMS bagi pengguna bila berlangganan layanan kartu seluler sejenis. Dengan cara ini operator berharap pelanggan bisa beralih dari kartu seluler lain ke seluler sejenis yang digunakan para pelanggan.
Saran yang sempurna untuk kutipan teks tersebut adalah….
a. gairah konsumen terhadap iming-iming jasa operator seluler yaitu wajar
b. sebaiknya iming-iming tersebut tidak usah di galakan
c. sebaiknya penemuan pelayanan yang menunjukkan diskon atau mempermurah tarif tidak menjadi satu-satunya cara meraih pelanggan
d. pelanggan tidak membutuhkan sekedar tarif murah
e. sebaiknya iming-iming penemuan ini tidak sekedar iming-iming
11. Jagabaya: “Tapi apa artinya kita menerima kebanggaan Pak Bupati, bila kenyataannya desa kita sendiri malahan tidak aman? Walaupun pak bupati tidak tahu, tapi yang mencicipi terganggunya yaitu penduduk desa kita, rakyat kita sendiri, Pak Lurah.”
Lurah: “Berapa banyak penduduk yang menderita kerugian akhir gangguan maling itu? Dan bandingkan dengan yang bakal kita terima. Bayangkan, Pak Jagabaya, seluruh penduduk desa kita akan ikut gembira dipuji oleh Pak Bupati sebab maju dalam dunia kesenian.”
Jagabaya: ‘Kalau Pak Lurah punya keinginan semacam itu, ya sudah. Akan lebih baik lagi kalau semua rakyat di desa ini, baik bau tanah muda, anak pria dan perempuan dilatih saja karawitan, dilatih ketoprak. Semuanya dilatih kesenian! Jangan cuma pemuda-pemudanya tok, tapi semuanya, semuanya! Nggak usah mengurusi sawah dan lading atau ternak-ternak mereka…. Jadikan saja desa ini desa kesenian!”
Isi obrolan drama di atas adalah….
a. Lurah ingin menerima kebanggaan bupati dengan melatih warganya berkesenian.
b. Jagabaya kesannya oke warga dilatih kesenian saja.
c. perbedaan pendapat antara Lurah dan Jagabaya mengenai dilema yang dihadapi desa mereka.
d. Lurah ingin melatih warganya berkesenian.
e. Jagabaya tak ingin warganya dilatih kesenian sebab masih ada dilema lain yang harus dihadapi.
12. Wanabaya: “Kau melamun, adikku kekasih, apakah tersinggung hatimu kularang menenun dan mengantih?” (berdiri dihadapan Puteri Pambayun).
Pambayun: “Sudah semestinya, biar tak mengganggu jabang bayi di bawah jantung ini.”
Wanabaya: “Selalu juga kudapati kau sedang mengimpi. Adakah terluka hatimu memasak dan membatik kau kularang juga?”
Pambayun: “Sudah semestinya, kakang takut asap pedihkan mata si kekasih ini.”
Wanabaya: “Apa konon masih kurang pada si Kakang?”
Pambayun: “Tak ada suami baik dari Ki Ageng Mangir Muda Wanabaya.”
Wanabaya: “Bukan saya lebih baik dari yang lain. Setiap perempuan pastikan berbahaya dengan suaminya, seorang untuk dirinya semata.”
Pambayun: “Kakang, diriku merasa hidup di surga, tanpa sedih tanpa sengsara, setiap hari kesukaan semata.”
(Mangir, Pramudya Ananta Toer)
Amanat penggalan drama di atas adalah….
a. istri harus taat pada suami
b. suami harus melarang segala yang dilakukan istri yang sedang hamil
c. istri hendaknya berbahagia dengan suaminya
d. istri yang hamil dihentikan memasak dan mengantih
e. hanya istri yang berdasarkan yang akan bahagia
13. Unsur yang menonjol dari petikan drama nomor 2 adalah….
a. latar
b. tokoh
c. tema
d. amanat
e. alur
14. Hal-hal yang berkaitan dengan nama, peran, dan keadaan fisik, terdapat dalam unsur drama yang disebut….
a. peristiwa
b. tokoh
c. ruang
d. bahasa
e. pentas
15. Unsur lain dalam drama yang penting untuk diperhatikan dalam pementasan adalah….
a. penonton
b. pentas
c. daya tampung gedung
d. latar belakang sutradara
e. tiket masuk
16. Unsur ekstrinsik yang terlihat dari drama nomor 2 di atas adalah….
a. kepengarangan
b. latar budaya zaman kerajaan
c. unsur sejarah
d. tokoh pendiri Kerajaan Mataram
e. Latar belakang cerita
17. Kegiatan pentas seni sebagai kegiatan positif harus terus dikembangkan di sekolah-sekolah. Hal ini sebab kegiatan pentas seni menunjang para siswa untuk berkreasi. Terbukti, kegiatan ini menuntut kreativitas, karya dan kolaborasi yang positif dari siswa yang terlibat. Disamping itu akan membuka kesempatan kepada siswa untuk membuktikan kemampuannya mengatur banyak sekali mekanisme pelaksanaan sebuah kegiatan besar.
Pertanyaan yang sempurna untuk teks di atas adalah….
a. Mengapa kegiatan pentas seni harus dikembangkan di sekolah-sekolah?
b. Mengapa kegiatan pentas seni harus dikembangkan?
c. Apa bukti kegiatan seni berdasarkan kreativitas?
d. Siapa yang bertanggung jawab dengan kegiatan pentas seni?
e. Kapan pentas seni disekolah dilaksanakan?
18. Dalam waktu bersahabat saya memusatkan perhatian menjalankan tiga agenda. Pertama, terkait banyak sekali kegiatan dalam rangka transisi dan alih kiprah pemerintahan. Untuk itu perlu adanya jaminan komunikasi dan koordinasi supaya tidak terjadi gap antara pemerintah Ibu Megawati dan saya….
Tanggapan yang sempurna untuk kutipan aktivitas di atas adalah….
a. Agenda kerja tidak selamanya terealisasi dengan baik.
b. Program yang disusun tetap memperhatikan faktor lain yang bisa menghambat jalannya program.
c. Program itu kurang bagus untuk seseorang presiden sebab terkesan takut oleh perintah lama.
d. Program yang dibentuk sekedar pelaksanaan aktivitas awal kenegaraan.
e. Komunikasi harus dijaga untuk pelaksanaan program.
19. Program kegiatan berbentuk format yang dilengkapi dengan nama-nama kegiatan, waktu/tempat, serta penanggung jawab kegiatan biasanya berkaitan dengan kegiatan di bawah ini, kecuali….
a. aktivitas kegiatan perorangan
b. aktivitas kegiatan secara kelompok
c. aktivitas kegiatan untuk organisasi
d. aktivitas kegiatan yang menjadi rencana kerja bersama
e. Program kegiatan berdasarkan kepanitiaan tertentu
20. Berikut yang bukan merupakan penggalan aktivitas kegiatan adalah….
a. jenis kegiatan
b. waktu kegiatan
c. penanggung jawab kegiatan
d. keterangan kegiatan
e. latar belakang kegiatan
21. Saya menolak atau lebih tepatnya tidak mendapatkan penuh bahwa puisi mesti padat, harus sedikit kata-kata. Daripada memenuhi syarat padat dan minimum kata tapi tak indah serta gagap komunikasi, saya menentukan puisi banyak kata tapi tapi cantik, menyentuh, laju menghilir dan komunikatif. Puisi saya wajib musikal. Kata-kata harus sedap didengar. Tentu saja kata-kata itu mengalami ketatnya seleksi.
Kutipan esai di atas termasuk jenis….
a. reflektif
b. argumentatif
c. pandangan terhadap sastra
d. proses
e. sejarah
22. Menurut saya, Umar Kayam populer sebagai pencerita yang sadar penuh dengan apa yang diceritakannya. Bahkan sebuah sumber menulis, baik secara verbal atau pun tulisan, kisah yang mengalir dari diri Umar Kayam bisa menciptakan ‘pembaca atau pendengar’ baik ilmuan, para seniman (pemula dan mapan), birokrat, aktivis, politisi mirip tersihir….
Kutipan esai di atas menandakan bahwa esai adalah….
a. mementingkan perilaku dan pandangan penulis
b. berisi fakta-fakta
c. mementingkan kedekatan dengan emosi pembaca
d. mementingkan proses analisis
e. mementingkan aspek bahasa yang informatif
23. Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis esai yaitu berikut ini, kecuali….
a. berisi renungan dan argumentasi
b. bisa berisi sindiran dengan penggunaan bahasa yang khas
c. harus mementingkan pandangan penulis esai
d. berisi fakta dan data akurat
e. menunjukkan keyakinan kepada pembaca wacana pandangan
24. Hal yang membedakan esai dengan goresan pena lain adalah….
a. tema
b. penggunaan bahasa
c. jenis karangan
d. tipografi
e. tujuan penulisan
25. Saya merasa amat beruntung mendengar seorang penyair berkata terus terang, tidak dengan nada arogan, tindak dengan keinginan untuk menghina yang tak sepaham dengan dia, bahwa puisi baginya bukan kata-kata menakutkan yang memerlukan penafsiran.
Kutipan esai di atas menandakan bahwa esai adalah….
a. mementingkan perilaku dan pandangan penulis
b. berisi fakta-fakta
c. mementingkan kedekatan dengan emosi si pembaca
d. mementingkan proses analisis
e. mementingkan aspek bahasa yang informatif
26. Berikut ini yang bukan ciri-ciri gurindam adalah….
a. mempunyai dua baris
b. suku kata di simpulan baris selalu sama
c. mempunyai jumlah suku kata paling tidak 12
d. terdiri dari sampiran dan isi
e. tidak terdapat sampiran
27. Gurindam berikut yang berisi kiprah pentingnya memikirkan kehidupan lain sehabis mati adalah….
a. Barang siapa tiada memegang agama,
Sekali-kali tiada boleh dibilangkan nama
b. Barang siapa mengenal dunia,
Tahulah ia barang yang terpedaya
c. Barang siapa mengenal akhirat,
Tahulah ia dunia mudarat (melarat)
d. Barang siapa meninggalkan sembahyang
Seperti rumah tiada bertiang
e. Barang siapa meninggalkan puasa,
Tidaklah menerima dua termasa
28. Pikir dahulu sebelum berkata,
Supaya terelak silang sengketa
Pesan yang terkandung dalam gurindam di atas adalah….
a. jangan salah mencari teman
b. hati-hati dengan perkataan
c. kita harus selalu memenuhi janji
d. jangan berbuat salah
e. hendaklah selalu berkata jujur
29. Jangan gemar berbuat dusta,
Kelak dirimu menerima nista
Pesan gurindam di atas yaitu berkaitan dengan kewajiban insan untuk menjaga salah satu indranya, yaitu….
a. penglihatan
b. pendengaran
c. pengecapan
d. penciuman
e. perabaan
30. Di bawah ini merupakan ciri-ciri gurindam, kecuali….
a. mempunyai dua baris setiap hari
b. mempunyai suku kata yang sama dengan pantun pada umumnya
c. kekerabatan baris satu dengan baris kedua sama dengan pantun
d. kekerabatan baris satu dengan dua tidak sama dengan pantun
e. bunyi suku kata simpulan pada baris pertama sama dengan bunyi suku kata simpulan pada baris dua
31. Biarin!
Kamu bilang saya ini brengsek. Aku bilang biarin.
Kamu bilang saya ini nggak punya arti. Aku bilang biarin.
Kamu bilang saya ini nggak punya kepribadian. Aku bilang biarin.
Kamu bilang saya nggak punya pengertian. Aku bilang biarin.
Unsur yang menonjol dalam puisi di atas adalah….
a. tema
b. nada
c. kata konkret
d. gaya bahasa
e. rima
32. Puisi kontemporer biasanya menonjol pada teknik permainan penyair dalam….
a. makna
b. kata
c. realita
d. gaya
e. rima
33. Di bawah ini termasuk penyair dengan gaya kontemporer, kecuali….
a. Remy Silado
b. Sutardji Calzoum Bachri
c. Danarto
d. F. Rahardi
e. Amir Hamzah
34. Di bawah ini merupakan ciri-ciri sebuah goresan pena kritik, kecuali….
a. penafsiran
b. penilaian
c. analisis
d. perenungan
e. interprestasi
35. Berikut yang tidak termasuk objek sebuah kritik adalah….
a. struktur kata
b. teknik penulisan
c. gaya penulisan
d. citra objek
e. latar belakang tulisan
36. Salah satu hal yang sangat terasa dari puisi-puisi mereka yaitu lemahnya imajinasi. Hampir-hampir tak ada imajinasi di situ. Mereka hanya menuangkan perasaan tanpa mengolahnya dengan ketajaman dan kejernihan imajinasi. Padahal, aspek imajinasi inilah justruyang penting dalam puisi, khususnya dalam sosial, di samping tentu daya ucap yang segar.
Hal yang menonjol dalam penulisan kritik di atas adalah….
a. struktur kata
b. teknik penulisan
c. latar belakang tulisan
d. citra objek
e. gaya penulisan
37. Menurut saya, Umar Kayam populer sebagai pencerita yang sadar penuh dengan apa yang diceritakannya. Bahkan sebuah sumber menulis, baik secara verbal atau pun tulisan, kisah yang mengalir dari diri Umar Kayam bisa mebuat ‘pembaca atau pendengar’ baik ilmuwan, para seniman (pemula dan mapan), birokrat, aktivis, politisi mirip tersihir….
Kutipan esai di atas menandakan bahwa esai adalah….
a. mementingkan perilaku dan pandangan penulis
b. berisi fakta-fakta
c. mementingkan proses analisis
d. Tidak berisi fakta
e. mementingkan aspek bahasa yang informatif
38. Tujuan menulis kritik tertera di bawah ini, kecuali….
a. mengetahui kelemahan sastra
b. menyusun teori sastra
c. membantu perkembangan sastra
d. menjelaskan baik buruknya karya sastra
e. menunjukkan pemahaman kepada masyarakat wacana sastra
39. Bacalah penggalan novel berikut!
Aku mulai percaya desas-desus itu bahwa kau orang yang tamak. Orang yang kikir penghisap. Lintah darat. Inilah ganjarannya! Aku mulai percaya desas-desus itu, wacana dukun-dukun yang mengilui luka sunatan belum dewasa kita. Aku mulai yakin bahwa itu sebab kesombonganmu, kekikiranmu, angkuhmu dan tak mau tahu dengan mereka. Aku yakin, mereka menaruh racun di pisau dukun-dukun itu. (Hmzad Rangkuti : “Panggilan Rasul”).
Unsur intrinsik penggalan cerpen diatas adalah….
a. Religi
b. Takhayul
c. Budaya
d. Sosial
e. Pendidikan
40. Berikut ini merupakan jenis esai, yaitu….
a. proses
b. keagamaan
c. pendapat
d. perjalanan
e. sejarah
41. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur intonasi dalam pidato yaitu berikut ini, kecuali….
a. turun naiknya suara
b. aksentuasi kalimat
c. pembiasaan ekspresi dengan nada
d. pengulangan kata atau kalimat bila perlu
e. pengaturan mikrofon untuk kepentingan volume
42. Cara yang menarik untuk mengawali pidato adalah….
a. mengungkapkan tema pidato
b. menjelaskan urutan sistematika pidato
c. mengungkapkan fakta yang bekerjasama dengan tema pidato
d. menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan pidato
e. memikirkan teknik pidato yang paling menarik
43. Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis kritik sastra adalah….
a. latar belakang pembaca
b. analisis karya sastra
c. analisis cabang keilmuan
d. mengabaikan pendekatan ekstern
e. hanya mengutamakan unsur dalam teks
44. Berikut ini yang menonjol dalam novel angkatan sebelum Balai Pustaka adalah….
a. Berisi cerita-cerita realitas yang bisa mengajak orang berfikir.
b. Mengutamakan keinginan dan pengembaraan pikiran yang senantiasa terkalahkan oleh budbahasa lama.
c. Gaya penceritaannya sudah menandakan kemahiran dan keindahan.
d. Cerita-cerita bertemakan ideologi negara, kebebasan di bidang politik, termasuk tuntunan perbaikan kehidupan.
e. Tema-tema kemanusiaan sebagai individu, moral, tuntunan hak asasi untuk bebas, termasuk kritik sosial.
45. Petang hari itu sebetulnya tentara Jepang masuk ke Jakarta jurusan Mauk, daerah mereka mendarat. Di sepanjang jalan orang berserak-serak berdiri, banyak memegang bendera matahari terbit dan merah putih sambil tak putus-putusnya meneriakan “Banzai, Banzai!” bagi pasukan yang berbaris masuk kota itu.
(Kutipan novel Kalah dan Menang, karya Sutan Takdir Alisyahbana, 1992: 63)
Kutipan di atas menggambarkan insiden sejarah dalam kurun waktu….
a. 1939-1942
b. 1942-1945
c. 1945-1948
d. 1948-1949
e. 1949-1865
1. Struktur yang membangun sebuah teks dongeng sejarah yaitu ...
Jawab : orientasi - urutan insiden - reorientasi
2. Sebutkan tiga jenis kelompok nomina yang terdapat dalam teks sejarah!
Jawab :
- kelompok nomina modifikatif (mewatasi)
- kelompok nomina koordinatif (tidak saling menerangkan)
- kelompok nomina apositif (sebagai keterangan yang ditambahkan atau diselipkan)
3. Apa yang dimaksud dengan kelompok kata merupakan gabungan dua kata atau lebih yang bersifat nonpredikatif?
Jawab : di antara kedua kata itu tidak ada yang berkedudukan sebagai predikat dan hanya mempunyai satu makna gramatikal
4. Teks sejarah merupakan salah satu bentuk teks ....
Jawab : teks penceritaan ulang (rekon/recount).
5. Sebuah paragraf yang baik, setidaknya mempunyai empat ciri, yaitu ...
Jawab :
- keterpaduan (kohesi)
- keterkaitan (koherensi)
- kekonsistenan sudut pandang
- ketuntasan
Demikianlah artikel mengenai Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 12 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari rujukan mengenai soal2 dari mata pelajaran Bahasa Indonesia Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai materi untuk belajar. Terima Kasih .
Sumber http://prakatakita.blogspot.com
Soal pada penggalan pertama yaitu soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 12 beserta jawabannya dengan jumlah 45 Soal dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supanya teman2 semua bisa lebih gampang Untuk menghafalnya dan juga bisa menimbulkan rujukan soal dikala ujian nanti sebab soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran bahasa indonesia Kurikulum 2013.
Soal pada penggalan Kedua yaitu soal essay bahasa indonesia kelas 12 Semester 2 beserta jawabannya dengan jumlah 5 Soal dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supanya teman2 semua bisa lebih gampang Untuk menghafalnya dan juga bisa menimbulkan rujukan soal dikala ujian nanti sebab soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran bahasa indonesia Kurikulum 2013 Juga.
Baca Juga :
- Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 10 Semester 1 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap
- Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 10 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap
- Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 11 Semester 1 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap
- Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 11 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap
- Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 12 Semester 1 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap
- Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 12 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap
Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, pribadi saja kita menuju Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 12 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap berikut dibawah ini.
Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 12 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap
Adapaun soal-soal yang akan kita bahas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 12 Semester 2 PG dan Essay yaitu sebagai berikut :
A. Soal Pilihan Ganda
1. Membaca dengan mata bergerak cepat untuk melihat dan memperhatikan materi tertulis untuk mencari serta mendapatkan informasi. Uraian tersebut merupakan pengertian membaca….
a. survei
b. sekilas
c. dangkal
d. scanning
e. layap
2. Menurut para insinyur Nasa, ada tiga akses instrumen dalam peralatan tersebut, yaitu penggalan bidang lebar, penggalan resolusi tinggi, dan akses kerai surya. Dua diantara tiga akses (channel) instrumen yaitu penggalan bidang lebar dan resolusi tinggi, sudah mustahil lagi untuk pulih. Saluran-saluran tersebut selama ini telah dipergunakan untuk memperoleh pandangan mendalam wacana kosmos. Selain itu juga sanggup menunjukkan data yang terperinci wacana bintang-bintang secara individual. Sedangkan akses ketiga yang dikenal sebagai akses kerai surya (solar blind channel) sering digunakan untuk mempelajari objek-objek dan sistem tata surya kita. Para insinyur Nasa berharap akses ketiga ini bisa diperbaiki guna membantu pengamatan Jupiter dikala dilewati oleh pesawat antariksa New Horizon pada bulan depan.
Paragraf di atas dikembangkan dengan pola….
a. contoh
b. ibarat
c. analogi
d. perbandingan
e. perincian
3. Inti komet berdasarkan model astronom dari Universitas Harvard Fred L. Whipple, merupakan gumpalan es kotor yang tersusun dari adonan debu dan es yang mempunyai struktur berlubang dan ringkih sehingga berpotensi untuk bercerai-berai. Akibat gravitasi matahari, komet selalu bergerak menuju sentra tata surya itu. Sebagian komet yang lain melintasi planet-planet. Gaya pasang surut dari planet yang dilintasi oleh komet menciptakan komet bisa pecah. Selain itu juga akhir tekanan panas ketika komet melintasi matahari, komet menjadi pecah. Berdasarkan analisis data dari Hubble dan beberapa pengamatan lain membuktikan bahwa faktor yang mempercepat proses komet pecah yaitu kian dekatnya ke bumi dan matahari. Demikianlah, struktur dan susunan komet membuatnya berpotensi untuk bercerai-berai menjadi bagian-bagian tertentu.
Paragraf di atas merupakan….
a. paragraf deduktif
b. paragraf induktif
c. paragraf deduktif induktif
d. paragraf naratif
e. paragraf persuasif
4. Kegiatan pentas seni sebagai kegiatan positif harus terus dikembangkan disekolah-sekolah. Hal ini sebab kegiatan pentas seni menunjang para siswa untuk berkreasi. Terbukti, kegiatan ini menuntut kreativitas, karya dan kolaborasi yang positif dari siswa yang terlibat. Di samping itu akan membuka kesempatan kepada siswa untuk membuktikan kemampuannya mengatur banyak sekali mekanisme pelaksanaan sebuah kegiatan besar.
Pertanyaan yang sempurna untuk teks di atas adalah….
a. Mengapa kegiatan pentas seni harus dikembangkan di sekolah-sekolah?
b. Mengapa kegiatan pentas seni harus dikembangkan?
c. Apa bukti kegiatan seni menuntut kreativitas?
d. Siapa yang bertanggung jawab dengan kegiatan pentas seni?
e. Kapan pentas seni di sekolah dilaksanakan?
5. Hal-hal yang tidak benar mengenai gurindam adalah….
a. ditulis pada masa Kerajaan Melayu
b. kata-kata yang biasa digunakan bahasa Melayu
c. kelahirannya diawali dengan soneta
d. Gurindam termasuk sastra lama
e. Gurindam berisi pepatah
6. Pikir dahulu sebelum berkata,
Supaya terelak silang sengketa
Pesan yang terkandung dalam gurindam di atas adalah….
a. jangan salah mencari teman
b. hati-hati dengan perkataan
c. kita harus selalu memenuhi janji
d. jangan berbuat salah
e. hendaklah selalu berkata jujur
7. Jangan gemar berbuat dusta,
Kelak dirimu menerima nista
Pesan gurindam di atas yaitu berkaitan dengan kewajiban insan untuk menjaga salah satu indranya, yaitu….
a. penglihatan
b. pendengaran
c. pengecapan
d. penciuman
e. perabaan
8. Persamaan gurindam dan pantun kilat adalah….
a. baris kedua gurindam berisi kelanjutan dari baris kesatu
b. baris pertama pantun kilat yaitu sampiran
c. baris kesatu dan kedua gurindam yaitu kalimat beragam yang dibagi dua
d. baris kesatu gurindam menyerupai syarat dan baris kedua menyerupai jawaban
e. baris kesatu dan kedua umumnya mempunyai suku kata berirama dan berjumlah sama
9. Contoh membaca ekstensif adalah….
a. membaca berita
b. membaca naskah drama
c. membaca pidato
d. membaca puisi
e. membaca kamus
10. Melihat gairah konsumen yang begitu tinggi dalam memakai jasa SMS, banyak sekali operator seluler pun terus melaksanakan penemuan pelayanan. Cara yang paling ampuh menggaet konsumen yaitu dengan menunjukkan diskon tertentu, atau mempermurah tarif setiap pengiriman pesan.
Cara yang lain yaitu menunjukkan akomodasi tarif SMS bagi pengguna bila berlangganan layanan kartu seluler sejenis. Dengan cara ini operator berharap pelanggan bisa beralih dari kartu seluler lain ke seluler sejenis yang digunakan para pelanggan.
Saran yang sempurna untuk kutipan teks tersebut adalah….
a. gairah konsumen terhadap iming-iming jasa operator seluler yaitu wajar
b. sebaiknya iming-iming tersebut tidak usah di galakan
c. sebaiknya penemuan pelayanan yang menunjukkan diskon atau mempermurah tarif tidak menjadi satu-satunya cara meraih pelanggan
d. pelanggan tidak membutuhkan sekedar tarif murah
e. sebaiknya iming-iming penemuan ini tidak sekedar iming-iming
11. Jagabaya: “Tapi apa artinya kita menerima kebanggaan Pak Bupati, bila kenyataannya desa kita sendiri malahan tidak aman? Walaupun pak bupati tidak tahu, tapi yang mencicipi terganggunya yaitu penduduk desa kita, rakyat kita sendiri, Pak Lurah.”
Lurah: “Berapa banyak penduduk yang menderita kerugian akhir gangguan maling itu? Dan bandingkan dengan yang bakal kita terima. Bayangkan, Pak Jagabaya, seluruh penduduk desa kita akan ikut gembira dipuji oleh Pak Bupati sebab maju dalam dunia kesenian.”
Jagabaya: ‘Kalau Pak Lurah punya keinginan semacam itu, ya sudah. Akan lebih baik lagi kalau semua rakyat di desa ini, baik bau tanah muda, anak pria dan perempuan dilatih saja karawitan, dilatih ketoprak. Semuanya dilatih kesenian! Jangan cuma pemuda-pemudanya tok, tapi semuanya, semuanya! Nggak usah mengurusi sawah dan lading atau ternak-ternak mereka…. Jadikan saja desa ini desa kesenian!”
Isi obrolan drama di atas adalah….
a. Lurah ingin menerima kebanggaan bupati dengan melatih warganya berkesenian.
b. Jagabaya kesannya oke warga dilatih kesenian saja.
c. perbedaan pendapat antara Lurah dan Jagabaya mengenai dilema yang dihadapi desa mereka.
d. Lurah ingin melatih warganya berkesenian.
e. Jagabaya tak ingin warganya dilatih kesenian sebab masih ada dilema lain yang harus dihadapi.
12. Wanabaya: “Kau melamun, adikku kekasih, apakah tersinggung hatimu kularang menenun dan mengantih?” (berdiri dihadapan Puteri Pambayun).
Pambayun: “Sudah semestinya, biar tak mengganggu jabang bayi di bawah jantung ini.”
Wanabaya: “Selalu juga kudapati kau sedang mengimpi. Adakah terluka hatimu memasak dan membatik kau kularang juga?”
Pambayun: “Sudah semestinya, kakang takut asap pedihkan mata si kekasih ini.”
Wanabaya: “Apa konon masih kurang pada si Kakang?”
Pambayun: “Tak ada suami baik dari Ki Ageng Mangir Muda Wanabaya.”
Wanabaya: “Bukan saya lebih baik dari yang lain. Setiap perempuan pastikan berbahaya dengan suaminya, seorang untuk dirinya semata.”
Pambayun: “Kakang, diriku merasa hidup di surga, tanpa sedih tanpa sengsara, setiap hari kesukaan semata.”
(Mangir, Pramudya Ananta Toer)
Amanat penggalan drama di atas adalah….
a. istri harus taat pada suami
b. suami harus melarang segala yang dilakukan istri yang sedang hamil
c. istri hendaknya berbahagia dengan suaminya
d. istri yang hamil dihentikan memasak dan mengantih
e. hanya istri yang berdasarkan yang akan bahagia
13. Unsur yang menonjol dari petikan drama nomor 2 adalah….
a. latar
b. tokoh
c. tema
d. amanat
e. alur
14. Hal-hal yang berkaitan dengan nama, peran, dan keadaan fisik, terdapat dalam unsur drama yang disebut….
a. peristiwa
b. tokoh
c. ruang
d. bahasa
e. pentas
15. Unsur lain dalam drama yang penting untuk diperhatikan dalam pementasan adalah….
a. penonton
b. pentas
c. daya tampung gedung
d. latar belakang sutradara
e. tiket masuk
16. Unsur ekstrinsik yang terlihat dari drama nomor 2 di atas adalah….
a. kepengarangan
b. latar budaya zaman kerajaan
c. unsur sejarah
d. tokoh pendiri Kerajaan Mataram
e. Latar belakang cerita
17. Kegiatan pentas seni sebagai kegiatan positif harus terus dikembangkan di sekolah-sekolah. Hal ini sebab kegiatan pentas seni menunjang para siswa untuk berkreasi. Terbukti, kegiatan ini menuntut kreativitas, karya dan kolaborasi yang positif dari siswa yang terlibat. Disamping itu akan membuka kesempatan kepada siswa untuk membuktikan kemampuannya mengatur banyak sekali mekanisme pelaksanaan sebuah kegiatan besar.
Pertanyaan yang sempurna untuk teks di atas adalah….
a. Mengapa kegiatan pentas seni harus dikembangkan di sekolah-sekolah?
b. Mengapa kegiatan pentas seni harus dikembangkan?
c. Apa bukti kegiatan seni berdasarkan kreativitas?
d. Siapa yang bertanggung jawab dengan kegiatan pentas seni?
e. Kapan pentas seni disekolah dilaksanakan?
18. Dalam waktu bersahabat saya memusatkan perhatian menjalankan tiga agenda. Pertama, terkait banyak sekali kegiatan dalam rangka transisi dan alih kiprah pemerintahan. Untuk itu perlu adanya jaminan komunikasi dan koordinasi supaya tidak terjadi gap antara pemerintah Ibu Megawati dan saya….
Tanggapan yang sempurna untuk kutipan aktivitas di atas adalah….
a. Agenda kerja tidak selamanya terealisasi dengan baik.
b. Program yang disusun tetap memperhatikan faktor lain yang bisa menghambat jalannya program.
c. Program itu kurang bagus untuk seseorang presiden sebab terkesan takut oleh perintah lama.
d. Program yang dibentuk sekedar pelaksanaan aktivitas awal kenegaraan.
e. Komunikasi harus dijaga untuk pelaksanaan program.
19. Program kegiatan berbentuk format yang dilengkapi dengan nama-nama kegiatan, waktu/tempat, serta penanggung jawab kegiatan biasanya berkaitan dengan kegiatan di bawah ini, kecuali….
a. aktivitas kegiatan perorangan
b. aktivitas kegiatan secara kelompok
c. aktivitas kegiatan untuk organisasi
d. aktivitas kegiatan yang menjadi rencana kerja bersama
e. Program kegiatan berdasarkan kepanitiaan tertentu
20. Berikut yang bukan merupakan penggalan aktivitas kegiatan adalah….
a. jenis kegiatan
b. waktu kegiatan
c. penanggung jawab kegiatan
d. keterangan kegiatan
e. latar belakang kegiatan
21. Saya menolak atau lebih tepatnya tidak mendapatkan penuh bahwa puisi mesti padat, harus sedikit kata-kata. Daripada memenuhi syarat padat dan minimum kata tapi tak indah serta gagap komunikasi, saya menentukan puisi banyak kata tapi tapi cantik, menyentuh, laju menghilir dan komunikatif. Puisi saya wajib musikal. Kata-kata harus sedap didengar. Tentu saja kata-kata itu mengalami ketatnya seleksi.
Kutipan esai di atas termasuk jenis….
a. reflektif
b. argumentatif
c. pandangan terhadap sastra
d. proses
e. sejarah
22. Menurut saya, Umar Kayam populer sebagai pencerita yang sadar penuh dengan apa yang diceritakannya. Bahkan sebuah sumber menulis, baik secara verbal atau pun tulisan, kisah yang mengalir dari diri Umar Kayam bisa menciptakan ‘pembaca atau pendengar’ baik ilmuan, para seniman (pemula dan mapan), birokrat, aktivis, politisi mirip tersihir….
Kutipan esai di atas menandakan bahwa esai adalah….
a. mementingkan perilaku dan pandangan penulis
b. berisi fakta-fakta
c. mementingkan kedekatan dengan emosi pembaca
d. mementingkan proses analisis
e. mementingkan aspek bahasa yang informatif
23. Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis esai yaitu berikut ini, kecuali….
a. berisi renungan dan argumentasi
b. bisa berisi sindiran dengan penggunaan bahasa yang khas
c. harus mementingkan pandangan penulis esai
d. berisi fakta dan data akurat
e. menunjukkan keyakinan kepada pembaca wacana pandangan
24. Hal yang membedakan esai dengan goresan pena lain adalah….
a. tema
b. penggunaan bahasa
c. jenis karangan
d. tipografi
e. tujuan penulisan
25. Saya merasa amat beruntung mendengar seorang penyair berkata terus terang, tidak dengan nada arogan, tindak dengan keinginan untuk menghina yang tak sepaham dengan dia, bahwa puisi baginya bukan kata-kata menakutkan yang memerlukan penafsiran.
Kutipan esai di atas menandakan bahwa esai adalah….
a. mementingkan perilaku dan pandangan penulis
b. berisi fakta-fakta
c. mementingkan kedekatan dengan emosi si pembaca
d. mementingkan proses analisis
e. mementingkan aspek bahasa yang informatif
26. Berikut ini yang bukan ciri-ciri gurindam adalah….
a. mempunyai dua baris
b. suku kata di simpulan baris selalu sama
c. mempunyai jumlah suku kata paling tidak 12
d. terdiri dari sampiran dan isi
e. tidak terdapat sampiran
27. Gurindam berikut yang berisi kiprah pentingnya memikirkan kehidupan lain sehabis mati adalah….
a. Barang siapa tiada memegang agama,
Sekali-kali tiada boleh dibilangkan nama
b. Barang siapa mengenal dunia,
Tahulah ia barang yang terpedaya
c. Barang siapa mengenal akhirat,
Tahulah ia dunia mudarat (melarat)
d. Barang siapa meninggalkan sembahyang
Seperti rumah tiada bertiang
e. Barang siapa meninggalkan puasa,
Tidaklah menerima dua termasa
28. Pikir dahulu sebelum berkata,
Supaya terelak silang sengketa
Pesan yang terkandung dalam gurindam di atas adalah….
a. jangan salah mencari teman
b. hati-hati dengan perkataan
c. kita harus selalu memenuhi janji
d. jangan berbuat salah
e. hendaklah selalu berkata jujur
29. Jangan gemar berbuat dusta,
Kelak dirimu menerima nista
Pesan gurindam di atas yaitu berkaitan dengan kewajiban insan untuk menjaga salah satu indranya, yaitu….
a. penglihatan
b. pendengaran
c. pengecapan
d. penciuman
e. perabaan
30. Di bawah ini merupakan ciri-ciri gurindam, kecuali….
a. mempunyai dua baris setiap hari
b. mempunyai suku kata yang sama dengan pantun pada umumnya
c. kekerabatan baris satu dengan baris kedua sama dengan pantun
d. kekerabatan baris satu dengan dua tidak sama dengan pantun
e. bunyi suku kata simpulan pada baris pertama sama dengan bunyi suku kata simpulan pada baris dua
31. Biarin!
Kamu bilang saya ini brengsek. Aku bilang biarin.
Kamu bilang saya ini nggak punya arti. Aku bilang biarin.
Kamu bilang saya ini nggak punya kepribadian. Aku bilang biarin.
Kamu bilang saya nggak punya pengertian. Aku bilang biarin.
Unsur yang menonjol dalam puisi di atas adalah….
a. tema
b. nada
c. kata konkret
d. gaya bahasa
e. rima
32. Puisi kontemporer biasanya menonjol pada teknik permainan penyair dalam….
a. makna
b. kata
c. realita
d. gaya
e. rima
33. Di bawah ini termasuk penyair dengan gaya kontemporer, kecuali….
a. Remy Silado
b. Sutardji Calzoum Bachri
c. Danarto
d. F. Rahardi
e. Amir Hamzah
34. Di bawah ini merupakan ciri-ciri sebuah goresan pena kritik, kecuali….
a. penafsiran
b. penilaian
c. analisis
d. perenungan
e. interprestasi
35. Berikut yang tidak termasuk objek sebuah kritik adalah….
a. struktur kata
b. teknik penulisan
c. gaya penulisan
d. citra objek
e. latar belakang tulisan
36. Salah satu hal yang sangat terasa dari puisi-puisi mereka yaitu lemahnya imajinasi. Hampir-hampir tak ada imajinasi di situ. Mereka hanya menuangkan perasaan tanpa mengolahnya dengan ketajaman dan kejernihan imajinasi. Padahal, aspek imajinasi inilah justruyang penting dalam puisi, khususnya dalam sosial, di samping tentu daya ucap yang segar.
Hal yang menonjol dalam penulisan kritik di atas adalah….
a. struktur kata
b. teknik penulisan
c. latar belakang tulisan
d. citra objek
e. gaya penulisan
37. Menurut saya, Umar Kayam populer sebagai pencerita yang sadar penuh dengan apa yang diceritakannya. Bahkan sebuah sumber menulis, baik secara verbal atau pun tulisan, kisah yang mengalir dari diri Umar Kayam bisa mebuat ‘pembaca atau pendengar’ baik ilmuwan, para seniman (pemula dan mapan), birokrat, aktivis, politisi mirip tersihir….
Kutipan esai di atas menandakan bahwa esai adalah….
a. mementingkan perilaku dan pandangan penulis
b. berisi fakta-fakta
c. mementingkan proses analisis
d. Tidak berisi fakta
e. mementingkan aspek bahasa yang informatif
38. Tujuan menulis kritik tertera di bawah ini, kecuali….
a. mengetahui kelemahan sastra
b. menyusun teori sastra
c. membantu perkembangan sastra
d. menjelaskan baik buruknya karya sastra
e. menunjukkan pemahaman kepada masyarakat wacana sastra
39. Bacalah penggalan novel berikut!
Aku mulai percaya desas-desus itu bahwa kau orang yang tamak. Orang yang kikir penghisap. Lintah darat. Inilah ganjarannya! Aku mulai percaya desas-desus itu, wacana dukun-dukun yang mengilui luka sunatan belum dewasa kita. Aku mulai yakin bahwa itu sebab kesombonganmu, kekikiranmu, angkuhmu dan tak mau tahu dengan mereka. Aku yakin, mereka menaruh racun di pisau dukun-dukun itu. (Hmzad Rangkuti : “Panggilan Rasul”).
Unsur intrinsik penggalan cerpen diatas adalah….
a. Religi
b. Takhayul
c. Budaya
d. Sosial
e. Pendidikan
40. Berikut ini merupakan jenis esai, yaitu….
a. proses
b. keagamaan
c. pendapat
d. perjalanan
e. sejarah
41. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur intonasi dalam pidato yaitu berikut ini, kecuali….
a. turun naiknya suara
b. aksentuasi kalimat
c. pembiasaan ekspresi dengan nada
d. pengulangan kata atau kalimat bila perlu
e. pengaturan mikrofon untuk kepentingan volume
42. Cara yang menarik untuk mengawali pidato adalah….
a. mengungkapkan tema pidato
b. menjelaskan urutan sistematika pidato
c. mengungkapkan fakta yang bekerjasama dengan tema pidato
d. menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan pidato
e. memikirkan teknik pidato yang paling menarik
43. Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis kritik sastra adalah….
a. latar belakang pembaca
b. analisis karya sastra
c. analisis cabang keilmuan
d. mengabaikan pendekatan ekstern
e. hanya mengutamakan unsur dalam teks
44. Berikut ini yang menonjol dalam novel angkatan sebelum Balai Pustaka adalah….
a. Berisi cerita-cerita realitas yang bisa mengajak orang berfikir.
b. Mengutamakan keinginan dan pengembaraan pikiran yang senantiasa terkalahkan oleh budbahasa lama.
c. Gaya penceritaannya sudah menandakan kemahiran dan keindahan.
d. Cerita-cerita bertemakan ideologi negara, kebebasan di bidang politik, termasuk tuntunan perbaikan kehidupan.
e. Tema-tema kemanusiaan sebagai individu, moral, tuntunan hak asasi untuk bebas, termasuk kritik sosial.
45. Petang hari itu sebetulnya tentara Jepang masuk ke Jakarta jurusan Mauk, daerah mereka mendarat. Di sepanjang jalan orang berserak-serak berdiri, banyak memegang bendera matahari terbit dan merah putih sambil tak putus-putusnya meneriakan “Banzai, Banzai!” bagi pasukan yang berbaris masuk kota itu.
(Kutipan novel Kalah dan Menang, karya Sutan Takdir Alisyahbana, 1992: 63)
Kutipan di atas menggambarkan insiden sejarah dalam kurun waktu….
a. 1939-1942
b. 1942-1945
c. 1945-1948
d. 1948-1949
e. 1949-1865
B. Soal Essay
1. Struktur yang membangun sebuah teks dongeng sejarah yaitu ...
Jawab : orientasi - urutan insiden - reorientasi
2. Sebutkan tiga jenis kelompok nomina yang terdapat dalam teks sejarah!
Jawab :
- kelompok nomina modifikatif (mewatasi)
- kelompok nomina koordinatif (tidak saling menerangkan)
- kelompok nomina apositif (sebagai keterangan yang ditambahkan atau diselipkan)
3. Apa yang dimaksud dengan kelompok kata merupakan gabungan dua kata atau lebih yang bersifat nonpredikatif?
Jawab : di antara kedua kata itu tidak ada yang berkedudukan sebagai predikat dan hanya mempunyai satu makna gramatikal
4. Teks sejarah merupakan salah satu bentuk teks ....
Jawab : teks penceritaan ulang (rekon/recount).
5. Sebuah paragraf yang baik, setidaknya mempunyai empat ciri, yaitu ...
Jawab :
- keterpaduan (kohesi)
- keterkaitan (koherensi)
- kekonsistenan sudut pandang
- ketuntasan
Demikianlah artikel mengenai Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 12 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari rujukan mengenai soal2 dari mata pelajaran Bahasa Indonesia Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai materi untuk belajar. Terima Kasih .
0 Response to "Soal Latihan Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 2 Pg Dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap"
Posting Komentar