iklan

√ Rpp Kurikulum 2013 Kls 2 Sd Tema 1 Pembelajaran 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                   Satuan Pendidikan      :  SDN BOJONG 03
                        Kelas / Semester          : 2/1
Alokasi Waktu            : 1 Hari
 
   A. Kompetensi Inti (KI)

e    1. Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya 
      2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah    
4.Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
 
   B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal bilangan orisinil hingga 500 dengan memakai blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana memakai bilangan-bilangan    yang kurang dari 100
Indikator
3.1.1 Membilang hingga 500 dengan memakai blok dienes (kubus satuan).
3.1.2 Menyebutkan banyak benda dengan memakai kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana memakai bilangan kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan memakai bilangan kurang 100

B.Indonesia
Kompetensi Dasar
3.3 Mengenal teks buku harian perihal acara anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan tunjangan guru atau sobat dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian perihal acara anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara sanggup bangun diatas kaki sendiri dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian.
3.5 Mengenal teks seruan maaf perihal sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan sobat dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup diisi kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks seruan maaf perihal sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan sobat secara sanggup bangun diatas kaki sendiri dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup diisi kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian
Indikator
3.3.1 Menentukan karakter setiap individu di rumah.
3.3.2 Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
3.5.1 Mengidentifikasi rujukan sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.3.1 Menulis teks buku harian perihal acara keluarga dengan EYD yang tepat.
4.5.1 Membaca teks seruan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
SBDP

Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
1.1  Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu gejala kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ilham dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal materi dan alat serta tekniknya dalam menciptakan karya seni rupa.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi banyak sekali pola irama lagu dengan memakai alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.









PPKn
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan bermacam-macam sobat di lingkungan rumah dan sekolah.
            Indikator
3.3.1 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
4.3.1 Menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.
Tujuan Pembelajaran

1.    Dengan menyanyikan lagu “Ruri Abangku”, siswa sanggup mengidentifikasi banyak sekali pola irama lagu dengan meng-gunakan alat musik ritmis secara teliti.
2.    Dengan memakai alat musik ritmis, siswa sanggup me-mainkan pola irama   bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
3.    Dengan menjawab pertanyaan perihal sebutan abang pria dan perempuan, siswa sanggup memilih karakter setiap individu di rumah dengan teliti.
4.    Dengan acara tanya jawab, siswa sanggup membedakan setiap individu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki dengan teliti.
5.    Dengan teks buku harian Udin, siswa sanggup membaca teks seruan maaf untuk menjaga sikap hidup dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
6.    Dengan menjawab pertanyaan dari teks seruan maaf, siswa sanggup mengidentifikasi rujukan sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
7.    Dengan bimbingan guru, siswa sanggup memperagakan rujukan ucapan permohonan maaf dengan santun dan percaya diri.
8.    Dengan memakai kubus satuan, siswa sanggup membilang hingga 500 dengan teliti.
9.    Dengan memakai kubus satuan, siswa sanggup menyebutkan banyak benda dengan teliti.
10.  Dengan mengamati deret bilangan, siswa sanggup memilih pola-pola bilangan sederhana memakai bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
11.  Dengan mengamati deret bilangan, siswa sanggup menciptakan pola-pola bilangan sederhana dengan memakai bi-langan kurang 100 dengan teliti.
12.  Dengan mengamati rujukan teks buku harian Udin dan bimbingan guru, siswa sanggup menulis teks buku harian perihal acara keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.
13.  Dengan acara menulis teks buku harian, siswa sanggup menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
       14. Dengan acara menulis teks buku harian, siswa sanggup
menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan percaya diri.


C.Materi Pembelajaran
            Mengidentifikasi banyak sekali pola irama lagu dengan memakai alat musik ritmis.
            Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
            Menentukan karakter setiap individu di rumah.
            Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
            Membaca teks seruan maaf.
            Memperagakan rujukan ucapan permohonan maaf.
            Membilang hingga 500.
            Melengkapi deret bilangan berpola +1.
            Menulis teks buku harian.
             
D.Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.      Metode                  :Penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab.
2.      Pendekatan            :saintifik ( mengamati, menanya mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan

E. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
               -Teks lagu “Ruri Abangku”.
               -Contoh teks buku harian Udin.
               -Gambar operasi hitung memakai kubus satuan.
               -Gambar beberapa rak buku yang berkaitan dengan barisan bilangan +1.

Sumber mencar ilmu : Buku tematik terpadu kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. 
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.Mengkondisikan siswa ke dalam situasi pembelajaran aktif dan kreatif
2. Mengadakan apersepsi dengan mengajak semua siswa berdoa berdasarkan agama dan kepercayaan masing-masing dan komunikasi perihal kehadiran siswa
3. Tanya jawab perihal gambar acara dikelas
4. Menginformasikan gambar Beni menyusun rumah kartu dengan Tiur.
10 Menit
Kegiatan Inti
1. Siswa menuliskan pertanyaan beserta balasan berdasarkan gambar pada buku siswa.
2. Guru memperkenalkan alat musik ritmis kepada siswa (mengamati).


3. - Siswa diajak mengamati rak buku yang ada di dalam kelas atau perpustakaan sekolah (mengamati).
-Siswa menghitung jumlah buku pada rak yang diamati (menalar).
-Siswa mengamati gambar susunan buku yang ada pada buku siswa (mengamati).
-Siswa mengamati gambar cara menghitung jumlah buku dengan memakai sistem blok dienes (mengamati).
-Siswa bertanya perihal gambar yang telah diamati (menanya).
-Siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan pengamat-an (mengomunikasikan).

4. -Siswa membilang banyak benda berdasarkan gambar kubus satuan pada buku siswa (menalar).
-Dari acara membilang yang telah dilakukan, siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan gambar yang diamati (mengomunikasikan).

5. -Siswa menciptakan kalimat dengan memakai salah satu lambang bilangan dari lima bilangan pada acara membilang yang telah dilakukan sebelumnya (menalar).
-Siswa menyalin kalimat yang telah dibentuk dalam aksara tegak bersambung (mencoba).
-Siswa mengamati gambar tumpukan buku pada beberapa rak (mengamati).
-Siswa membandingkan banyak buku yang ada pada masing-masing rak (menalar).
-Siswa mengamati sebuah barisan bilangan yang ada pada buku siswa (mengamati).
-Siswa menyebutkan pola bilangan pada barisan bilangan yang diamati (mengomunikasikan).


6 -Siswa melengkapi barisan bilangan berpola +1 (menalar).
-Siswa menulis teks buku harian perihal acara bersama anggota keluarga dengan memakai EYD yang tepat (mencoba).
-Siswa menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin pada teks buku harian yang ditulis (mencoba).
-Siswa menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin pada teks buku harian yang ditulis (mengomunikasikan).
PENGAYAAN
-Siswa menyanyikan kembali lagu Ruri Abangku sesuai ketuk-an dengan memakai alat musik ritmis.
-Guru menugaskan siswa menulis rujukan kalimat permohonan maaf.
-Siswa diminta menceritakan kembali keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
-Siswa diberikan latihan perihal membilang dengan memakai kubus satuan .

150 Menit
Penutup
1.Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan/rangkuman hasil mencar ilmu selama sehari
2. Bertanya jawab perihal materi yang telah dipelajari ( untuk mengetahui ketercapaian materi)
3.Melakukan evaluasi hasil belajar
4.. Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri acara pembelajaran).
a. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb).
b. Segera menunjukkan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang tepat dalam berdo’a, semoga besok kalau berdo’a lebih disempurnakan.
15 Menit
F. Penilaian
1. Teknik penilaian
     a. Penilaian sikap : Percaya diri, teliti, dan santun.
     b. Penilaian pengetahuan : Daftar periksa dan skor
     c. Penilaian Keterampilan : Unjuk kerja gerakn bermain
2. Bentuk Intrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
No
Nama siswa
                 Perubahan Tingkah laku
Percaya Diri
         Teliti
   Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Rudi












2
Dini












3
Santi












4
Nuni













b. Penilaian pengetahuan
. Penilaian: Penskoran
1.      Melengkapi kalimat berdasarkan teks percakapan keberagaman anggota keluarga di rumah?
2.      Melengkapi kisah berdasarkan isi percakapan!
3.      Melengkapi kisah perihal diri sendiri!
4.      Kegiatan yang dilakukan di rumah
5.      Menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan !







c. Penilain Keterampilan
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Mempersiapkan alat/Bahan




2
Kreatifitas




3
Kebersihan




4
Kerapihan







   Mengetahui                                                                          Pameungpeuk, 20 Juni 2014
Kepala SDN BOJONG 03                                                     Guru Kelas 2

TAYAT, S.Pd.SD                                                                   YANTI SUSANTI, S.Pd.
NIP.195905071979122006


Sumber http://rofi-mustawan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Rpp Kurikulum 2013 Kls 2 Sd Tema 1 Pembelajaran 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel