iklan

✔ Pt Showa Cikarang - Cara Daftar,Gaji Dan Tes Dikala Psikotest

PT Showa Indonesia Manufacturing Cikarang - Saya akan menjelaskan cara daftarnya kemudian gajinya berapa dan tes yang keluar khususnya ketika psikotes berlangsung apa saja.Sistem kerja di perusahaan ini juga akan saya bahas tuntas untuk anda sebab kebetulan saya pernah bekerja di pabrik sowa ini beberapa tahun yang lalu.

Penjelasan mengenai cara mendaftar kerja di pt showa indonesia manufacturing cikarang kemudian besar honor karyawan serta soal tes yang keluar ketika psikotes diujikan merupakan pengalaman pribadi saya sendiri.Sebenarnya saya sudah tuliskan di artikel sebelumnya,tetapi saya akan lebih memperjelasnya disini.


PT Showa Indonesia Manufactur ( SIM )




PT Showa Indonesia Manufacturing Cikarang  ✔ Pt Showa Cikarang - Cara Daftar,Gaji dan Tes ketika Psikotest



PT Showa yakni sebuah perusahaan atau pabrik yang masuk kedalam anggota keluarga besar ASTRA GROUP dan merupakan sebuah perusahaan PMA ( Penanaman Modal Asing ) yang memperoduksi beberapa komponen otomotif.

Seragam karyawan pabrik ini yakni baju khas berwarna putih-putih dengan topi putih berkelir hijau.Ini yakni seragam khas dari perusahaan astra honda group,jadi bila ada banyak orang yang mengenakan seragam menyerupai ini,biasanya sudah sanggup ditebak mereka bekerja dimana.


Produksi PT Showa


Apa yang diproduksi disana? Part atau komponen apa yang dibentuk di pabrik tersebut? Barang yang dibentuk atau dibikin dipabrik ini yakni : Shockbreaker atau sokbeker atau sock absorber.

Yang menjadi ciri khas pabrik ini yakni : SEMUA produk yang dihasilkan bermerk HONDA.Jadi selain brand tersebut,pabrik ini TIDAK memproduksinya.Untuk brand lain menyerupai yamaha,suzuki dan sebagainya,diproduksi di PT KAYABA yang lokasinya hanya berbeda komplek atau daerah saja tetapi masih di cikarang jawa barat.

Selain itu,produk shock absorber yang diproduksi di perusahaan ini tidak hanya untuk domestik atau lokal saja,melainkan juga dipasarkan untuk luar negri khususnya untuk produk shock motor sport ( motor-motor gede ).

Jadi,ketika nanti anda melamar pekerjaan disana dan melalui tahapan wawancara/interview dan diberikan pertanyaan wacana roduk apa yang diproduksi,anda sanggup menjawabnya denga balasan diatas.


Alamat PT Showa Manufactur Cikarang


Lokasi atau tempat pabriknya ada 2,ingat yaa,ada dua pabrik dimana satu merupakan yang usang sedangkan satu merupakan yang baru.Tetapi ini khusus yang ada di wilayah cikarang saja,untuk wilayah lainya saya belum tau.
  • Alamat PT Showa Jababeka

Untuk pabrik yang lama,alamatnya yakni :

Kawasan industri jababeka 1
Cikarang Plant ( office and factory )
Jl Jababeka VI
KAV 28-36
Cikarang,Bekasi 17530

  • Alamat PT ShowaAutoPart Deltamas

Untuk pabrik gres ada di daerah industri deltamas,dekat dengan kantor disnaker ( dinas tenagakerja ).Kawasan ini juga sering disebut dengan KITIC.Lebih lengkaonya sebagai berikut :

Kawasan Industri Terpadu Indonesia China ( KITIC )
KAV no.43
Desa ngasari serang baru
Cikarang,Bekasi 17330


Menurut isu yang saya dapatkan,masih ada lagi pabrik yang bangkit di daerah jakarta.Tetapi sebab informasinya minim dan saya takut itu salah,jadi saya tidak tuliskan.kalau hingga salah,anda yang rugi nantinya.


Bagaimana Cara Melamar Kerja di PT Showa Indonesia Cikarang?


Untuk anda yang ingin melamar pekerjaan di pabrik ini,anda sanggup memakai 3 langkah,yaitu :


1. Mengirimkan Surat Lamaran Via Pos


Yang paling umum dipakai yakni memakai cara manual dengan mengirimkan surat lamaran anda memakai pos indonesia.Anda sanggup memakai alamat yang sudah saya tuliskan diatas dan jangan hingga salah dalam menuliskan alamatnya.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum meutuskan untuk memakai langkah ini,antara lain :
  • Pastikan berkas atau dokumen lengkap
  • Pastikan penulisan surat lamaran benar
  • Pastikan semua dokumen benar

Walaupun ini merupakan langkah yang terbilang paling familier,tetapi anda TIDAK BOLEH asal saja dalam mengirimkanya,jika anda tidak serius,maka lamaran yang anda kirimkan tidak akan dipanggil dan diproses.

BACA :




Mas,tapi saya dikampung,apakah sanggup mengirimnya dari desa?

Jelas bisa,tetapi anda juga harus mengetahui beberapa trik sederhana ketika mengirimkan surat lamaran bila masih berada di kampung halaman.Silahkan baca :

- Langkah mengirim surat lamaran pekerjaan bila masih di kampung


2. Menggunakan BKK Sekolah


BKK atau bursa kerja khusus yakni sebuah layanan dari sekolah menengah ( Sekolah Menengah kejuruan sederajat ) dimana sekolah tersebut berhubungan dengan beberapa perusahaan untuk melaksanakan proses recruitment tahap awal.

BKK sekolah ini sanggup saya katakan kondusif sebab memang biasanya perusahaan sendiri yang menunjuk sekolah tersebut untuk berhubungan dengan mereka.Selain itu,prosesnya juga terbilang sangat profesional dan transaparan.

Bahkan,untuk perusahaan sekelas ASTRA GROUP,biasanya tidak meminta uang atau bayaran registrasi ( walaupun tidak semuanya gratis ).Tetapi kebanyakan,jika perusahaan astra,proses seleksi di BKKnya itu gratis.

Anda hanya akan dibebani biaya untuk proses pemberangkatan ke perusahaanya nanti bila anda dinyatakan lulus.

BACA JUGA :



Apakah semua sekolah ( Sekolah Menengah kejuruan sederajat ) berhubungan dengan perusahaan ini?

TIDAK,melainkan hanya beberapa sekolah saja.Seperti yang saya katakan sebelumnya,hanya sekolah-sekolah yang ditunjuk eksklusif oleh pihak perusahaan atau disetujui yang sanggup berhubungan dengan perusahaan ini.

Jadi,jika ada sekolah yang membuka lowongan ke pabrik ini,saya sarankan untuk mendaftarkan diri sebab ini kesempatan yang jarang ada.


3. Menggunakan Website Resmi


Perusahaan ini mempunyai sebuah website atau situs resmi dimana didalamnya terdapat form untuk anda mendaftarkan diri.Tetapi ada sedikit " kekurangan " dalam lowongan via website ini,yaitu :
  • Lowongan yang dibuka khusus untuk posisi atau jabatan tertentu saja
  • Pembukaan lowonganya sangat susah diprediksi dan usang bukanya
  • Terkadang tidak sinkron ( di website masih tutup,ternyata sedang buka loker )
  • Proses pendaftaranya sedikit ribet khususnya untuk mereka yang masih awam
Tetapi tidak ada salahnya bila anda ingin memakai langkah ini dan bila anda ingin memakai opsi ini,silahkan ikuti panduan berikut :
  • Buka website resminya ( ingat yaa,harus website resmi,jangan hingga tertipu )
  • Lihat di potongan sajian atas yang bertuliskan " career "
  • Silahkan klik itu
  • Jika sedang ada lowongan,maka akan muncul tetapi bila kosong,berarti belum ada lowongan
  • Ikuti kode yang tertera selanjutnya
  

Berapa Gaji Karyawan PT Showa?


Sebagai salah satu perusahaan terbesar di daerah jababeka 1 khususnya untuk upah atau bayaranya,perusahaan ini mempunyai sedikit perhitungan upah yang sanggup dikatakan " besar ".Sebelum lanjut ketahapan inti,anda harus tau bagaimana cara perhitungan pendapatan perbulan terlebih dahulu,kenapa?

Karena setiap perusahaan mempunyai " perhitungan/kebijakan " yang berbeda-beda.Untuk UMR/UMK,setiap perusahaan yang bergerak di bidang otomotif itu SAMA SEMUA UMKnya.Saya ulangi sekali lagi yaa,untuk perusahaan otomotif,besar UMRnya itu sama semua.


Loh,kalau sama,kenapa honor mereka sanggup masuk kategori besar?

Ini yang saya maksudkan dengan " kebijakan tiap perusahaan itu berbeda ".Untuk pabrik sowa sendiri,memiliki beberapa kebijakan yang menciptakan upah karyawanya menjadi besar,antara lain :
  • Jam lemburan banyak
  • Jam lemburan memakai jam hidup
  • Banyak tunjanganya ( ada proteksi kehadiran,tunjangan transport dan sebagainya )

Untuk UMK/UMR daerah cikarang tahun 2019 ini sekitar 3.800.000 kurang lebihnya.Bayangkan saja,jika anda masuk kerja normal selama satu bulan,anda akan mendapatkan upah niscaya sebesar nominal diatas belum lagi ditambah uang proteksi yang lainya.

Bayangkan bila anda melaksanakan jam lembur juga,sudah terbayang besar upah anda bukan? Untuk jam lembur hidup itu maksudnya begini :

- Jam lembur hidup adalah besar bayaran lembur TIAP SATU JAM dan akan DIKALIKAN di jam berikutnya.Contohnya begini :

Angap saja bayaran satu jam lembur yakni 1000 rupiah ( contohnya ),kemudian anda lembur selama lima jam.Jadi hitunganya menyerupai ini : Jam pertama anda dbayar 1000,jam kedua ya dibayar 2000,jam ketiga dibayar 3000 ( kan dikalikan jam nya ) dan seterusnya.

Selain jam lembur mereka banyak ( dulu tapi ),jam lemburanya juga memakai jam lemburan hidup.Jadi tidak perlu heran bila gajinya besar-besar,dan biasanya perusahaan ASTRA GROUP memakai jam lembur hidup ( tidak semua sih ).

- Jam lembur mati adalah bayaran TIAP SATU JAM dan TIDAK DIKALIKAN alias mau berapa jam ya cuma dikalikan nominal perjam saja.Contohnya begini :

Anggap saja bayaran anda lembur satu jam yakni 1.500,jika anda lembur 3 jam,maka upah anda lembur yaa 3 jam DIKALI 1.500 saja.Tidak ada " penambahan/perkalian " di tiap jam berikutnya.


Jam Kerja PT Sowa


Untuk jam kerja normalnya yakni selama 8 jam.Tetapi bila ada LEMBURAN,maka biasanya menjadi 12 jam ( lemburnya 4 jam ).Sistem jam kerja ini sudah mengikuti praturan undang-undang yang mempunyai kebjakan setiap karyawan perusahaan mempunyai kawajiban kerja selama 8 jam kerja saja.

TETAPI,untuk lemburanya,ada sedikit yang " menarik ",kenapa? Biasanya lemburanya itu berbunyi " lembur wajib ".Ini yakni istilah yang sering diberikan oleh leader ketika meminta karyawanya untuk lembur.

Walaupun " wajib " bunyinya,ini hanya untuk mengejar sasaran saja.Anda tetap mempunyai kuasa penuh untuk menolaknya DENGAN CATATAN anda siap mendapatkan segala konsekuensi yang akan diberikan.Anda masih ingat dengan perjanjian kontrak kerja anda?

Disana tertulis,anda sebagai karyawan sanggup untuk mematuhi segala peraturan perusahaan dan mematuhi semua perintah atasan bukan? Kaprikornus ketika anda " menolak lembur wajib " anda TIDAK AKAN berurusan dengan hukum,tapi biasanya anda TIDAK DIPERPANJANG lagi ketika habis kontrak :).


Tes Psikotes PT Showa yang Diujikan ketika Seleksi 


Kebetulan saya dulu pernah mengalamainya dan pernah lulus dan resmi menjadi karyawan di pabrik tersebut.Jika anda perhatikan semua artikel saya dalam website ini,anda akan menemui banyak artikel yang membahas wacana perusahaan-perusahaan khususnya yang ada di daerah cikarang,bekasi,karawang dan sekitarnya.

Untuk test yang pernah saya jumpai ketika melaksanakan prosesi sikotes antara lain :
  • Kraepelin/pauli/koran/
  • Test army alpha intelegency
  • Matematika dasar ( soal dongeng )
  • Gambar ( orang dan pohon )
  • Kepribadian

Dari aneka macam jenis soal yang keluar tersebut,saya kebetulan sanggup mengerjakanya dengan baik dan sanggup lolos bekerja disana.Jika anda ingin mempelajarinya,silahkan elajari dalam artikel beriku.

BACA :



Jika ada pertanyaan atau potongan yang kurang faham,silahkan anda tanyakan di komentar.Saya akan membantu menjawabnya bila memang saya tau dan mengerti.

Demikian pembahasan lengkap wacana profil PT Showa indonesia manufacturing cikarang mulai dari cara daftarnya,besar gajinya,serta soal tes yang keluar ketika psikotes berlangsung.Semoga sanggup membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Pt Showa Cikarang - Cara Daftar,Gaji Dan Tes Dikala Psikotest"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel