iklan

√ Pola Profosal Pembuatan Ranginang





Disusun dalam rangka menuntaskan kiprah / praktek
Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan PDGK 4306
Tutor : Dr. IIP SARIFAH





Disusun dalam rangka menuntaskan kiprah  √ Contoh Profosal Pembuatan Ranginang


Disusun Oleh :
NENG WARSINI
NIM: 823208115







UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ BANDUNG
TAHUN 2015





KATA PENGANTAR

           Dengan Memanjatkan Puji Syukur Kehadirat Allah SWT .Karena atas rahmat dan hidayahnya Kepada penulisan sehingga Penyelesaian penulisan Proposal ini berjalan dengan lancar dan baik tepat sesuai rencana.
           Penulisan Proposal ini merupakan kiprah / praktek Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Penulis menyadari meskipun usulan ini telah di tulis dengan hati-hati ,namun kami yakin usulan ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh lantaran itu  saran dan kritik yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan usulan ini.
            Penulisan Proposal Proyek Tugas / Praktek sanggup dselesaikan dengan baik dan lancar. Semua tidak lepas berkat bimbingan dan proteksi dari aneka macam pihak. Oleh lantaran itu kami ucapkan terima kasih kepada yang terhormat :
1.      Dr. IIP SARIFAH selaku Tutor.
2.      Semua pihak yang tidak bisa disebut satu persatu kami ucapkan terima kasih.
      Semoga Allah SWT berkenan memperlihatkan rahmat-Nya kepada semua pihak dan mudah- mudahan usulan inni berkhasiat dan bermanfaat bagi pembaca.


























DAFTAR ISI
Halaman Judul ……………………………………………………………..…i
Kata Pengantar ………………………………………………………………iii
Daftar Isi ……………………………………………………………………..iv
BAB I  PENDAHULUAN…………………………….……………………………..1
A.    Latar Belakang ………………………………………………………….............1
B.     Maksud dan Tujuan ………………………………………………………..........1
BAB II ANALISIS PASAR …………………………………………………………2
BAB III STRATEGI HARGA PRODUK ……...……………………………….......3
A.    Harga Bahan dan Alat ……………………………………………………..........3
                              1.      Harga Bahan …………………………………………………….3
                              2.      Harga Alat ……………………………………………………....3
B.     Biaya Produksi ……………………………………………………….........…...3
C.     Harga Juan dan Keuntungan ………………………………………..…….........4
                              1.      Harga Jual ………………………………………………...….…4
                              2.      Keuntungan …………………………………………………….4
BAB IV STRATEGI PROMOSI ……………………………………..………..…..5
§  Sasaran Pasar ……………………………….…………………….5
BAB V KEBUTUHAN DANA ……………………………..……………………..6
§  Biaya Awal ………………………….………………………..…..6
BAB VI BIAYA OPERASIONAL…………………...………………………….....7
BABVII PENUTUP………………………………...………………………………8
A.    Kesimpulan……………………………………….........……………………....9



























BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Di kala persaingan dalam keterampilan berbisnis semakin banyak, oleh lantaran itu kami sebagai warga diharapkan sanggup membuat ketrampilan berbisnis yang ada di masyarakat. Dengan bermodalkan pengetahuan yang luas yang kami sanggup dari “ Tugas / Praktek Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan“. Kami sebagai warga masyarakat dituntut untuk membuat lapangan pekerjaan baru. Oleh alasannya yaitu itu dalm pembuatan usulan ini kami juga punya motivasi sendiri.
Dalam pembuatan usulan ini kami meberanikan diri membuka lapangan perjuangan gres yang nantinya kami harapkan sanggup meningkatkan taraf hidup masyarakat. Usaha yang kami ejekan dalam usulan ini sanggup memperlihatkan kepuasan bagi masyarakat yang mengkonsumsinya.

    B. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan kami dalam mengajukan usulan pembuatan “ WAJIT KETAN “ sebagai berikut :
1.      Sebagai Tugas / Praktek Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan
2.      Dapat membuatkan kemampuan kami dalam bidang pembuatan makanan tradisional.
3.      Memasyarakatan ACMI ( saya cinta makanan indonesia ).
4.      Mencari keuntungan atau laba.
5.      Ikut serta dalam perdagangan.

















BAB II
ANALISIS PASAR
Sekarang ini yaitu kala bagi masyarakat untuk berusaha dan berinovasi untuk membuat suatu produk gres dalam perjuangan persaingan yang semakin ketat. Berdasarkan survey yang telah dilakukan , penikmat “ RANGINANG ”  setiap harinya terus meningkat. Anak-anak, bahkan orang sampaumur pun sanggup menikmati makanan ini diwaktu senggang maupun waktu luang serta acara-acara resmi dan tidak resmi  pun “ RANGINANG “ ini cocok untuk menjadi makanan sambilan. Bahan baku yang gampang didapat serta akrab dengan pasar yang luas menyebabkan pangsa pasarnya pun akan terus mengalami peningkatan.


























BAB III
STRATEGI HARGA PRODUK
      A.    HARGA BARANG DAN ALAT
            a.       Harga Barang
Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan “ RANGINANG “ yaitu sebagai berikut :
No
Nama Bahan
Volume
Harga (Rp)
Jumlah
Ukuran
Satuan
Total
1
Beras Ketan
1
kg
13.000
13.000
2
Bawang putih
10
buah
7.500
7.500
3
Garam
21
bungkus
1.500
1.500
4
Terasi
5
bungkus
2.500
2.500
5
Minyak goreng
1
liter
12.000
12.000

Jumlah
36.500

            b.      Alat
Peralata yang dibutuhkan dalam pembuatan “ RANGINANG “ yaitu sebagai berikut :
No
Nama Alat
Jumlah
Satuan
1
Baskom
2
buah
2
Kompor
1
buah
3
Wajan
1
buah
4
Tempat kukusan
1
buah
5
Ayakan
2
buah
6
Sendok
1
buah

      B.     BIAYA PRODUKSI
            a.       Proses Produksi
      1.      Pertama-tama Beras ketan di basuh kemudian rendam satu malam, kemudian tiriskan, masukan kedalam kukusan yang telah dipanaskan, kurang lebih 30 menit, angkat masukan dalam baskom, masukan terasi yang dilarutkan air dingin, kemudian di aduk dengan bumbu yang telah disiapkan.
     







            b.      Biaya Produksi
Biaya uang kami butuhkan dalam pembuatan “ RANGINANG “ Menghabiskan biaya sebagai berikut :
            1.      Harga materi yang dibutuhkan                   = Rp 36.500
            2.      Upah tenaga kerja 2 jam per 1 orang           = Rp 15.00
                                                   Total    = Rp Rp 56.000
           
      C.     HARGA JUAL DAN KEUNTUNGAN
            a.       Harga Jual
Dari produksi tersebut dihasilkan 15 bungkus  “ RANGINANG “ kemudian setiap kemasan kami jual dengan harga Rp 15.000, 00
Total harga jual = Rp 15.000 x 15
                          = Rp 225.000
            b.      Keuntungan
Dari Penjualan tersebut diperoleh keuntngan sebagai berikut :
Untung              = Harga Jual – Harga Produksi
                          = Rp 225.000 – 56.000
                          = Rp 169.000
















BAB IV
STRATEGI PROMOSI
Target dari perjuangan ini yaitu remaja, pelajar, anak kecil dan masyarakat umum. Pemasaran produk yang kami buat ini masih dalam lingkungan sekitar, belum meluas ke luar daerah. Tempat tujuan kami untuk memasarkan produk “ RANGINANG “ sebagai berikut :
  Ø  Pasar
  Ø  Toko – took
  Ø  Warung
  Ø  Kantin
  Ø  Konsumen lansung
























BAB V
KEBUTUHAN DANA
   A.  BIAYA AWAL
Biaya awal yang kami butuhkan yaitu sebagai berikut :
No
Nama Bahan
Volume
Harga (Rp)
Jumlah
Ukuran
Satuan
Total
1
Beras Ketan
1
kg
13.000
13.000
2
Bawang putih
10
buah
7.500
7.500
3
Garam
21
bungkus
1.500
1.500
4
Terasi
5
bungkus
2.500
2.500
5
Minyak goreng
1
liter
12.000
12.000

Jumlah
36.500
























BAB VI
BIAYA OPERASIONAL
Disini kami membutuhkan biaya pelengkap selama 1 bulan yaitu sebagai berikut :
No
Jenis Biaya
Jumlah
Total Harga ( Rp )
1
Biaya Pegawai
1
120.000
2
Transportasi
-
50.000
3
Iuran RT
-
10.000
4
Lain – lain
-
200.000

Jumlah
380.000









































BAB VII
PENUTUP
 
    A. KESIMPULAN
Berdasarkan uraian diatas kami yakin perjuangan “ RANGINANG “ ini akan mendapatkan keuntungan dan berkembang sesuai harapan, walaupun kini ini banyak makanan yang glamor tetapi kami optimis perjuangan ini aka berkembang apabila kita benar-benar tekun maka keuntunganya yang diperoleh sanggup menambah pemasukan sehari – hari dan bisa menjadi contoh membuka perjuangan kecil.

 
S B. SARAN
Apabila ada yang kurang terang kami mendapatkan kritik dan saran  yang penulis harapkan demi kesempurnaan produk ini.

Sumber http://rofi-mustawan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Pola Profosal Pembuatan Ranginang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel