iklan

Pengertian Spss Statistika | Mencar Ilmu Spss Bahasa Indonesia

A. Pengertian SPSS

SPSS yakni aplikasi yang dipakai untuk melaksanakan analisis statistika tingkat lanjut, analisis data dengan algoritma machine learning, analisis string, serta analisis big data yang sanggup diintegrasikan untuk membangun platform data analisis. SPSS yakni abreviasi dari Statistical Package for the Social Sciences. SPSS sangat terkenal di kalangan peneliti dan statistikawan untuk membantu melaksanakan perhitungan terkait analisis data. SPSS menyediakan library untuk perhitungan statistika dengan antarmuka interaktif yang menjadikannya sebagai software analisis data tingkat lanjut paling terkenal di banyak sekali universitas, instansi, dan perusahaan.

Baca juga: Cara Install SPSS di Windows dengan Aktivasi Offline

B. Pengembangan SPSS

SPSS dirilis pertama kali pada tahun 1998. Kemudian semenjak tahun 2009 SPSS telah diakuisisi oleh IBM Corporation sebagai software IBM Analytic. Selanjutnya perangkat lunak ini disebut IBM SPSS Statistics. Software ini dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java. SPSS tersedia untuk platform sistem operasi Microsoft Windows, Linux dan Mac OS. SPSS juga sanggup diintegrasikan dengan bahasa pemrograman R, Microsoft.NET dan Python untuk penggunaan lebih lanjut.

C. Penggunaan SPSS

SPSS dipakai oleh banyak sekali universitas, institusi, dan perusahaan untuk melaksanakan analisis data. Berikut beberapa pola penggunaan SPSS,

  1. Melakukan riset pemasaran (market research).
  2. Analisis data survey atau kuesioner.
  3. Populer dipakai untuk penelitian akademik mahasiswa.
  4. Populer dipakai oleh keperluan pemerintahan menyerupai forum BPS.
  5. Data Mining.
  6. Membantu untuk pengambilan keputusan suatu perusahaan.
  7. Penelitian kesehatan masyarakat.
  8. Mendokumentasikan data.
  9. Representasi data statistik.

 yakni aplikasi yang dipakai untuk melaksanakan analisis statistika tingkat lanjut Pengertian SPSS Statistika | Belajar SPSS Bahasa Indonesia

D. Fitur Dasar SPSS

Berikut fitur dasar yang disediakan perangkat lunak SPSS,

  1. Statistika deskriptif

    Statistika deskriptif yakni metode-metode yang berkaitan dalam hal pengumpulan data dan penyajian data sehingga sanggup diperoleh suatu gosip dari data tersebut. Beberapa pola statistika deskriptif yang sering dipakai menyerupai rataan hitung (mean), nilai tengah (median), nilai yang sering muncul (modus), standar deviasi, ragam, dan lain-lain.

    Baca juga: Contoh sederhana mengolah data statistika dengan SPSS

  2. Statistika bivariat

    Statistika bivariat yakni analisis yang dilakukan secara simultan untuk melaksanakan pengujian antar 2 variabel. Beberapa pola statistika bivariat yakni uji t, ANOVA, uji non parametrik, teorema bayes, dan lain-lain.

  3. Regresi linear

    Regresi linear yakni suatu alat ukur yang dipakai untuk mengukur korelasi suatu linear variabel independen dengan variabel independen.

  4. Identifikasi kelompok

    Beberapa metode untuk mengidentifikasi kelompok: analisis faktor, analisis klaster (two-step, K-means, hierarchical), dan discriminan.

  5. Analisis spasial

    Analisis spasial yakni metode-metode yang dipakai dalam pengolahan data Geographic Information System (GIS).

  6. R Extension

    R Extension SPSS yakni aplikasi berupa plugin yang sanggup dipasang (install) untuk melaksanakan implementasi algoritma yang dimasukkan pengguna dengan bahasa pemrograman R.

Tutorial lainnya: Daftar Isi Tutorial SPSS


Sekian artikel Pengertian SPSS Statistika. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai halaman Advernesia. Terima kasih…


Sumber https://www.advernesia.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Spss Statistika | Mencar Ilmu Spss Bahasa Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel