iklan

Pengertian, Fungsi Dan Jenis Valuta Aneh (Valas)

Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai pengertian Pengertian, Fungsi dan Jenis Valuta Asing (Valas)

Akuntansilengkap.com | Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai pengertian, fungsi, tumpuan dan jenis-jenis serta pelaku dari valuta absurd atau biasa sahabat menyebutnya dengan istilah “Valas”.

Pengertian Valuta Asing (Valas)

Pengertian valuta absurd (valas) adalah mata uang yang sanggup digunakan atau digunakan dan gampang diterima oleh negara absurd dalam perdagangan internasional. Tentunya dalam perdagangan internasional, istilah valuta absurd (valas) ini sangat banyak dikenal. (Baca: Faktor pendorong dan kendala perdagangan internasional )

Contohnya ialah pada ketika turis sedang berpariwisata di negara Indonesia, tentu saja turis tersebut sangat membutuhkan barang maupun jasa yang mereka perlukan selama di Indonesia, menyerupai hotel, transportasi, pemandu wisata, hotel, dan lain sebagainya.

Untuk memenuhi hal tersebut, maka para turis absurd tersebut membutuhkan uang Indonesia untuk membayar semua itu. Begitupun sebaliknya, bila kita melaksanakan kunjungan atau berpariwisata ke luar negeri, kita juga akan memerlukan uang dari negara tersebut untuk membayar segala hal-hal yang kita butuhkan ketika disana.

Dengan adanya valuta asing, kita sanggup memakai uang tersebut membayar kebutuhan yang kita inginkan selama di negara lain.  Valuta absurd juga merupakan salah satu dari devisa.

Devisa adalah suatu kekayaan yang berasal dari negara lain yang berupa barang atau jasa ataupun mata uang absurd yang sanggup digunakan sebagai alat pembayaran luar negeri dalam dunia internasional. Devisa yang berupa mata uang absurd tersebut yang disebut sebagai valuta absurd (valas).

Baca juga:

  1. Kenali istilah Dumping Dalam Perdagangan Internasional [Contoh dan Jenisnya]
  2.  Info Pasar Modal : Pengertian, Fungsi,Tujuan dan Manfaat Pasar Modal 
  3. 8 Konsep Pendapatan Nasional Serta Contoh dan Manfaatnya

Fungsi Valuta Asing (Valas)

Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai pengertian Pengertian, Fungsi dan Jenis Valuta Asing (Valas)

Dibawah ini merupakan fungsi dari valuta absurd (valas) khususnya dalam kekerabatan dagang yaitu sebagai berikut :

  • Alat pembayaran internasional

Valuta absurd (valas) sanggup digunakan sebagai alat pembayaran dengan negara lain. Contohnya apabila pemerintah Indonesia mempunyai hutang dengan negara lain, maka untuk membayar cicilan hutang serta bunganya tersebut harus memakai valuta absurd (valas). (Baca: 10 Alat pembayaran internasional )

  • Alat tukar internasional

Valuta absurd (valas) sanggup digunakan untuk melaksanakan tukar menukar barang maupun jasa dengan negara lainnya. Contohnya Negara Indonesia mengimpor beras dari Amerika Serikat maka pembayaran transaksi tersebut tidak memakai uang rupiah, melainkan memakai valuta absurd yakni Valas Dolar Amerika Serikat.

  • Alat pengendali kurs

Perbandingan nilai mata uang suatu negara dengan negara lain biasanya disebut dengan istilah kurs, dimana kurs mata uang suatu negara sanggup menguat ataupun melemah. Valuta absurd (valas) sanggup digunakan untuk mengendalikan kurs rupiah terhadap mata uang negara lain/asing.

  • Alat memperlancar perdagangan internasional

Valuta absurd (valas) sanggup digunakan untuk mempermudah serta memperlancar dalam melaksanakan perdagangan dengan negara lain. Maka alasannya itu, salah satu fungsi valuta absurd (valas) ialah sebagai alat untuk mempermudah dalam perdagangan internasional.

Apabila tidak adanya valuta absurd (valas) tersebut maka perdagangan internasional tersebut akan terganggu, lantaran perdagangan internasional itu dilakukan secara tukar barang atau tukar-menukar barang dengan barang lainnya.

Jenis-Jenis Valuta Asing

Valuta absurd (valas) sanggup dibagi menjadi dua kelompok yaitu sebagai berikut :

  • Valuta absurd fisik

Dalam valuta fisik ini membahas mengenai uang absurd atau uang daru negara lain yang berbentuk uang kartal baik itu berupa uang kertas bank, uang kertas negara maupun uang logam.

  • Valuta absurd non fisik

Berbeda dengan valuta absurd fisik, dalam valuta absurd non fisik ini uang didalamnya berbnetuk uang giral atau surat-surat berharga. Misalnya cek, wesel, internasional money, travelers, dan cheque.

Jenis Valuta absurd berdasarkan bentuknya

Menurut bentuknya, valuta absurd (valas) sanggup dibedakan menjadi empat jenis yaitu sebagai berikut :

  • Mata uang asing

Mata uang negara lain atau absurd menyerupai Yen Jepang, Dollar Amerika Serikat, Euro Dollar dan lain sebagainya.

  • Saldo kredit

Saldo kredit ini yang biasanya ada dalam bank-bank devisa pada suatu negara.

  • Surat-surat wesel luar negeri

Untuk mengetahui adanya surat-surat wesel luar negeri ini sanggup dilakukan dengan cara terdapat seorang eksportir dari Indonesia yang menarik wesel atau sanggup juga dari importir dari negara lain.

  • Hak-hak penerimaan pembayaran

Hak-hak penerimaan pembayaran ini berasal dari penduduk suatu negara dengan tingkat likuiditas yang sanggup terbilang tinggi dan berbeda-beda.

Pelaku Valuta Asing (Valas)

  • Perorangan atau perusahaan

Suatu perusahan dan seseorang sanggup memakai valuta absurd (valas) dalam melaksanakan perdagangan dalam pasar valuta absurd (valas). Contohnya : eksportir, importir, investor internasional, dan lain sebagainya.

  • Bank sentral

Bank sentarl berperan dalam menstabilkan kurs mata uang dari negara yang dikenal atau bersangkutan dan bank sentral mempunyai fungsi dan tugas sebagai pengawas serta pengendali dalam melaksanakan transaksi jual beli valuta absurd (valas).

  • Pemerintah

Pemerintah mempunyai tujuan untuk membayar hutang luar negeri dalam valuta absurd (valas) tersebut.

  • Arbitrator dan spekulen

Dalam aerbitrator dan spekulen ini umunya ialah orang-orang yang mengeksploitasi perbedaan pada kurs mata uang asing.

  • Dealer (Market Maker)

Dealer mempunyai fungsi sebagai pihak yang menciptakan pasar menjadi berangasan dalam pasar uang.

  • Pialang

Orang yang mempunyai fungsi sebagai mediator untuk mempertemukan antara ajakan dan penawaran terhadap mata uang tertentu.

 

Note:

Demikianlah artikel tentang Pengertian, Fungsi dan Contoh Valuta Asing (Valas) yang sanggup kami berikan. Terima kasih banyak atas kunjungannya. Jangan lupa share bila dirasa bermanfaat, agar kami lebih semangat lagi menciptakan konten-konten yang baru.

Silahkan tinggalkan komentar sahabat di bawah ya ! 🙂 

Kunjungi artikel terkait:

  1. Cara Menghitung Bunga Deposito Bank
  2. Cara Menghitung Pesangon Phk (Pemutus Hubungan Kerja)
  3. Pengertian dan Cara Menghitung Laba Ditahan
  4. Pengertian Efektifitas Beserta Aspek-Aspek dan Contoh
  5. Pengertian Pertumbuhan Penduduk [Faktor, Macam Beserta Rumusnya]

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, Fungsi Dan Jenis Valuta Aneh (Valas)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel