iklan

√ Pengertian Dan Fungsi Paragraf



1.      Pengertian Paragraf
      Paragraf ialah suatu bentuk pengungkapan gagasan yang terjalin dalam rangkaian beberapa kalimat. Semi (2007:86) dan Arifin (2008:115) menyatakan Paragraf ialah seperangkat kalimat yang mengacu pada suatu topik. Kalimat dalam paragraf mengatakan kesatuan pikiran yang memiliki keterkaitan dengan satu topik. Setiap paragraf boleh saja terdiri atas satu kalimat, dua kalimat, tiga kalimat, bahkan lebih dari lima kalimat pun diperbolehkan, aslkan kalimat-kalimat dalam satu paragraf tersebut tidak berbicara problem atau topik yang lain.
2.      Fungsi Paragraf
      Menurut Djago Tarigan (2009:5-6) fungsi paragraf ialah sebagai berikut.
a.      Penampung dari sebagian kecil jalan pikiran atau inspirasi pokok keseluruhan karangan.
b.      Memudahkan pemahaman jalan pikiran atau inspirasi pokok pengarang.
c.       Alat bagi pengarang untuk membuatkan jalan pikiran secara sistematis.
d.      Pedoman bagi pembaca untuk mengikuti dan memahami alur pikiran pengarang.
e.      Penyampai pikiran atau inspirasi pokok pengarang kepada pembaca.
f.        Penanda bahwa pikiran gres dimulai.
g.      Dalam rangka keseluruhan karangan, paragraf sanggup berfungsi sebagai pengantar, transisi, dan penutu pengarang.

     B.  SYARAT PARAGRAF YANG BAIK
1.      Kesatuan
Kesatuan (kohesi) ialah sebuah paragraf hanya mengandung satu gagasan pengembang atau gagasan utama yang diikuti beberapa gagasan pengembangan atau penjelas. Artinya, setiap paragraf hanya mengandung satu pokok pikiran atau satu gagasan.
Contoh :
(1)   Indonesia jaya. (2) kata-ata itu meluncur besar hati dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Dr Sndi Malarangeng, sesudah tanggapan pertandingan badminton Asia Terbuka, Minggu Malam, di Jepang (3) Jepang ialah negara maju di tempat Asia Timur yang beribukota Tokyo.

Contoh paragraf di atas tidak menandakan kesatuan paragraf yang utuh dan terpadu.
2.      Kepaduan
Kepaduan (koherensi) ialah sebuah paragraf yang padu sanggup dicapai jikalau jalinan kalimat-kalimatnya terangkai secara baik. Sebab, suatu paragraf bukanlah sekumpulan kalimat yang bangkit sendiri terlepas dari gagasan pokoknya.
            Agar sebuah paragraf padu dan baik harus ada saran pengait kalimat dalam paragraf yang ditulisnya, mencakup : (1) penggantian, (2) Pengulangan, dan penghubung antarkalimat.
a.      Penggantian
Penggantian merupakan sarana pengait kalimat dalam paragraf yang berupa penyuluhan atau penggantian unsur-unsur tertentu dengan memakai kata ganti  (dia, mereka, ia kalian) kata petunjuk ( ini, itu, tersebut, di atas, di bawah).
b.      Pengulangan
Pengulangan merupakan sarana pengait klimat dalam pargraf yang dilakukan dengan cara mengulang serpihan kalimat sebelumnya.

Contoh:
Kuliah bahasa Indonesia itu diselenggarakan pada hari selasa lalu. Dalam kuliah bahasa indonesia itu ada banyak sekali hal yang dibicarakan, di antaranta bentuk dan pilihan kata, tata kalimat, serta paragraf.
c.       Penghubung antar kalimat
Funsi
Kata dan Frase Penghubung
a.      Akibat Hasil
Akibatnya, lantaran itu, oleh lantaran itu, oleh alasannya ialah itu, dengan demikian, jadi
b.      Petambahan
Berikutnya, demikian juga, kemudian, lalu
c.       Perbandingan
Dalam hal yang sama, lain halnya dengan, sedangkan, lebih baik dari itu

3.      Kelengkapan
Sebuah paragraf dikatkan lengkap apabila berisi kalimat-kalimat penjelas yang cukup untuk menunjang kejelasan kalimat topik. Sebaliknya, suatu paragraf dikatakan tidak lengkap apabila tidak dikembngkan lebih lanjut atau hanya diperluas dengan pengulangan-pengulangan.

Sumber http://rofi-mustawan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Pengertian Dan Fungsi Paragraf"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel