Pengertian Audit Administrasi [Ruang Lingkup, Tujuan Dan Tahapan]
Pengertian audit manajemen, ruang lingkup, tujuan, manfaat dan tahapannya | Bidang audit manajemen tidaklah terbatas hanya pada ruang lingkup dan bidangnya saja, alasannya ialah audit manajemen ini sangat dipengaruhi oleh janji dari manajemen untuk memperbaiki setiap kekurangan yang terjadi pada perusahaan yang dikelolanya. Bidang audit dan ruang lingkupnya bervariasi sesuai dengan kebutuhan perbaikan yang diinginkan oleh manajemen perusahaan tersebut. (Baca juga: Standar pelaporan audit )
Isi Artikel
Pengertian Audit Manajemen
Audit manajemen dirancang secara sistematis untuk mengaudit aktivitas, program-program yang diselenggarakan, atau sebagian dari entitas yang sanggup diaudit untuk menilai dan melaporkan apakah dana dan sumber daya telah dipakai secara efisien dan efektif, serta apakah tujuan dari jadwal dan kegiatan yang telah direncanakan sanggup tercapai dan tidak melanggar ketentuan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh perusahaan tersebut. (Baca juga: Standar umum audit )
Berbagai jenis audit dilakukan untuk memastikan bahwa operasi perusahaan telah berjalan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang ada serta penggunaan sumber daya yang telah dilakukan secara efektif maupun efisien.
Baca juga:
Ruang Lingkup Audit Manajemen
Ruang lingkup audit manajemen meliputi seluruh aspek kegiatan audit manajemen tersebut. Ruang lingkup ini sanggup berupa seluruh kegiatan atau sanggup juga hanya meliputi pecahan tertentu dari jadwal atau aktifitas yang dilakukan oleh perusahaan.
Periode audit manajemen juga bervariasi. Biasanya untuk jangka waktu satu minggu, beberapa bulan, satu tahun bahkan beberapa tahun, sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut.
Dalam melaksanakan kerjanya, audit manajemen melihat beberapa kriteria diantaranya sebagai berikut :
- Kriteria efektifitas dan efisiensi
Efektifitas dan efisiensi dipakai sebagai suatu standar untuk mengurangi risiko yang akan terjadi. Keefektifitasan dan efisiennya suatu perusahaan hendaknya juga melihat dari keamanan para pekerja, bagaimana perusahaan itu juga memperhatikan pekerjanya guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi yang diinginkan.
- Kasus sebagai asersi suatu tindakan
Hal yang menjadi tindakan yang serius pada masalah tersebut, akhir dari perusahaan kurang memperhatikan keselamatan para pegawai sehingga diharapkan inspeksi dengan mendeteksi risiko dengan cara mengawasi para pekerjanya.
- Effect sebagai asersi atas hasil suatu tindakan
Dengan memberlakukan standar sanggup mengurangi kecelakaan bagi para pekerja serta memperbaiki risiko yang akan terjadi dan duduk kasus pelanggaran.
Tujuan Audit Manajemen
Tujuan dari audit manajemen adalah untuk mengidentifikasi program, kegiata, dan kegiatan yang masih memerlukan perbaikan, sehingga dengan rekomendasi yang diberikan nantinya sanggup dicapai perbaikan atas pengelolaan banyak sekali jadwal dan kegiatan pada perusahaan tersebut.
Adapun tujuan lain dari audit manajemen ialah sebagai berikut :
-
Penilaian atas pengendalian
Tujuan ini berafiliasi dengan pengendalian manajemen pada suatu perusahaan, yang bertujuan untuk memilih apakah pengendalian yang ada telah memadai dan terbukti efektif dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
-
Penilaian atas pelaksanaan
Auditor mengumpulkan suatu informasi untuk memilih apakah kegiatan perusahaan telah berjalan sesuai dengan yang diinginkan.
-
Memberikan santunan kepada manajemen
Sebagai seorang auditor untuk membantu manajemen, harus memahami dahulu prinsip-prinsip manajemen yang diterapkan dan fungsi-fungsi manajemen, yaitu planning, organizing, staffing, leading, dan controlling.
Baca juga:
Manfaat Audit Manajemen
Adapun manfaat dari audit manejemen ialah sebagai berikut :
- Mengevaluasi tujuan, kebijakan, sasaran, peraturan, mekanisme dari struktur organisasi yang belum ditentukan sebelumnya.
- Mengevaluasi kriteria pengukuran pencapaian tujuan organissasi dan penilaian prestasi manajemen.
- Secara independen dan objektif menilai prestasi individual dan kegiatan unit organisasi tertentu.
- Menilai efektivitas, efisiensi, serta kehematan sistem perencanaan dan pengendalian manajemen.
- Menemukan/mengidentifikasi duduk kasus organisasi yang timbul dan kalau mungkin memilih penyebabnya.
- Menilai / meyakini reliabilitas dan manfaat banyak sekali laporan pengendalian manajemen. (Baca juga: Manfaat giro dan deposito)
Tahapan dalam Audit Manajemen
Ada beberapa tahapan dalam pelaksanaan audit manajemen, yaitu sebagai berikut :
-
Definisi ruang lingkup proyek
Tahap audit manajemen ini merupakan tahap pengenalan dengan tujuan untuk memperoleh pemahaman mengenai latar belakang dari kegiatan yang diperiksa. Hal ini lebih gampang membantu auditor mengidentifikasi duduk kasus yang timbul, menemukan penyebabnya dan kemudian melaksanakan tindakan-tindakan pembetulan.
-
Rencana, persiapan dan organisasi
Pemeriksaan manajemen pada tahap ini ialah meneliti serta menelusuri ruang lingkup setiap sumber dokumentasi, kemudian dianalisa dan selanjutnya diperbarui.
-
Pengumpulan fakta dan pembaharuan dokumen
Pengumpulan seluruh data pemberitahuan yang berafiliasi dengan ruang lingkup dari proyek yang dimaksud. Data ini diperoleh dari surat menyurat dan untuk informasi yang non formal sanggup diperoleh secara pribadi dari para karyawan melalui wawancara.
-
Riset dan analisis
Pada tahap ini pemeriksa mengumpulkan semua data dan bukti empiris yang sangat penting untuk mendukung suatu kesimpulan. Dan selanjutnya penelitian akan diubah sesuai dengan tujuan perencanaan dan mengevaluasi keadaan ruang lingkup tertentu.
-
Laporan
Dari hasil pengujian dan investigasi yang dijelaskan dilaksanakan, kemudian tahap final dibentuk laporan hasil audit secara menyeluruh yang merupakan kesimpulan atas investigasi yang dilakukan.rsebut.
Demikianlah artikel diatas yang membahas mengenai Pengertian Audit Manajemen + Ruang Lingkup, Tujuan dan Tahapannya. Semoga sanggup menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda yang membacanya yaa…
Kunjungi artikel terbaru:
- [Lengkap] Contoh Circular Flow Diagram 2, 3 dan 4 Sektor Serta Penjelasannya
- Pasar Uang [Pengertian, Fungsi, Tujuan Serta Instrumen dan Jenisnya]
- [Lengkap] Pengertian Polis Asuransi, Premi Asuransi, serta Klaim Asuransi
- “Pengertian, Contoh, Jenis-Jenis, dan Tujuan” Bank Garansi
- Anjak Piutang [Pengertian, Pihak yang Terlibat, Manfaat, serta Mekanismenya]
0 Response to "Pengertian Audit Administrasi [Ruang Lingkup, Tujuan Dan Tahapan]"
Posting Komentar