iklan

Peluang Perjuangan Budidaya Ayam Kampung Super Dan Analisa Usaha

Peluang perjuangan budidaya ayam kampung terbilang masih terbuka lebar Peluang Usaha Budidaya Ayam Kampung Super Dan Analisa UsahaPeluang perjuangan budidaya ayam kampung terbilang masih terbuka lebar. Kebutuhan akan ayam kampung masih sangat tinggi dan akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Sementara itu budidaya ayam kampung masih bersifat parsial, alias masih berskala rumah tangga. Budidaya dan pemasaran ayam kampung belum dikelola dengan baik. Karena budidayanya masih terbatas itulah, maka peternak masih belum sanggup memenuhi tingginya seruan ayam kampung. Tak kalah menariknya dengan usaha ternak lovebird.


Namun, menyerupai kita tahu, ayam kampung mempunyai kelemahan, yaitu masa pertumbuhan yang terhitung lebih usang dibanding ayam jenis pedaging. Namun seiring dengan perkembangan, ayam kampung sanggup dibudidayakan dengan masa panen yang relatif singkat, yaitu 40 hari. Ayam kampung ini biasa disebut ayam kampung super. Usaha ini bukan hanya peluang perjuangan di kampung, alasannya ialah sanggup Anda kerjakan asal mempunyai space untuk sangkar kurang lebih 5 x 20 meter.


Ayam kampung super sebetulnya merupakan ayam hasil persilangan antara ayam petelur dengan ayam kampung yang mempunyai tubuh atau postur tubuh yang besar dan sehat. Karena tingginya seruan daging ayam kampung, sementara seruan tersebut tidak sanggup terpenuhi alasannya ialah lamanya masa panen. Maka para peternak mencoba menyilangkan jenis ayam sehingga menghasilkan jenis ayam kampung super. Agar perjuangan budidaya ayam kampung super ini berhasil, dibutuhkan administrasi dan tata kelola yang baik dan benar. Menarik juga untuk menyimak cara berbisnis kecil-kecilan dengan ternak ayam kalkun.


Kali ini kita akan membahas secara rinci perjuangan budidaya ayam kampung super. Diawali dengan cara pembuatan kandang, teknik budidaya, sampai analisa perjuangan ayam kampung super. Tak ketinggalan akan dibahas juga seni administrasi promosi dan pemasaran ayam kampung yang efektif dan efisien untuk memasarkan hasil ternak.


Pembuatan Kandang Ayam Kampung Super


Ada dua macam sangkar yang harus disiapkan untuk perjuangan budidaya ayam kampung super, yaitu:



  • Kandang Boks, dan

  • Kandang Postal.


Kandang boks dipakai sebagai tempat pemeliharaan anak ayam kampung unggulan atau DOC (Day Old Chicken). Disebut sangkar boks alasannya ialah bentuknya memang kotak. Spesifikasi teknik boks penghangat DOC ayam kampung ini sanggup bervariasi, sesuai dengan kebutuhan masing-masing peternak. Idealnya mempunyai dimensi panjang 1 meter, lebar 1 meter, dan tinggi 50 cm.


Boks sanggup dibentuk bertingkat dengan pintu berada di depan. Bahan disarankan memakai triplek dengan ketebalan minimali 3 mm. Alas sanggup memakai triplek atau anyaman bambu atau kawat strimin yang kemudian dialasi dengan koran dan ditambahkan sekam padi.


Semua hukum tersebut tidak mengikat, namun diadaptasi dengan kondisi lingkungan masing-masing. Prinsipnya, ayam sanggup mendapat suhu yang ideal, dan sirkulasi yang cukup. Pastikan bahwa anak ayam memperoleh penanganan intensif sehingga tercapai keberhasilan dam melewati fase kritis ini. Setelah fase kritis ini terlewati, angka keberhasilan dalam budidaya ayam kampung super mencapai lebih dari 80%.


Secara berkala, tiap 3 jam sekali perlu dilakukan pengecekan keadaan boks DOC, mencakup keadaan anak ayam, pakan, tempat minum, kelembaban, dan adanya perubahan tingkah laris anak ayam kampung.


Memasuki hari ke-21, ayam kampung super dipindahkan ke sangkar pembesaran atau sangkar postal. Ukuran sangkar postal menyesuaikan dengan jumlah ayam kampung yang dipelihara. Kandang postal ukuran 5 x 20 meter sanggup diisi sebanyak 1.200 ekor ayam kampung super.


Teknik Budidaya Ayam Kampung Super


Ada beberapa faktor yang menjadi penentu keberhasilan perjuangan ayam kampung super ini. Faktor-faktor penting yang harus diperhatikan dalam perjuangan ini meliputi:



  1. Pemilihan Bibit. Bibit ayam kampung atau biasa disebut dengan DOC merupakan hal pertama yang harus diperhatikan. Jika tujuan pemeliharaan ayam kampung super untuk diambil daging, maka pilihlah DOC dari keturunan ayam yang bertubuh besar, dan pertumbuhan yang cepat lebih diprioritaskan. Selain itu, waktu penetasan DOC harus tepat waktu (21 hari), tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama.

    Ciri-ciri DOC yang mempunyai kualitas elok antara lain: bangun tegap, mata bersinar, sehat dan tidak cacat, bulu higienis mengkilap, dan pusar terserap sempurna. Jangan lupa untuk memberi vaksin sesuai dengan usia DOC.

  2. Masalah Pakan. Dalam budidaya ayam kampung super, duduk kasus pakan memegang tugas penting dalam memilih pertumbuhan ayam kampung. Namun demikian, pakan untuk ayam kampung super tidaklah serumit pakan ayam lain menyerupai ayam broiler, ayam petelur atau jenis ayam lainnya. Bahan pakan yang sanggup diberikan antara lain: dedak, konsentrat, jagung. Selain itu sebagai alternatif pakan sanggup juga diberikan makanan sisa dapur, remukan mie instan, bihun BS, roti BS, dan lain sebagainya. Pakan alternatif tersebut sanggup menghemat biaya produksi sehingga laba perjuangan ayam kampung super sanggup meningkat. Selain pakan, ayam kampung juga memerlukan minum. Minuman diberikan secara tidak terbatas. Caranya, dengan menyediakan wadah minuman. Jika habis, tambahkan air lagi.


Strategi Promosi dan Pemasaran Usaha Ayam Kampung Super


Saat ini umumnya pemasaran ayam kampung super tidaklah sulit. Sebaliknya, banyak peternak ayam kampung super di banyak sekali kawasan yang belum sanggup memenuhi seruan pasar. Namun kalau dirasa Anda membutuhkan sarana pemasaran, Anda sanggup mencoba beriklan di dunia maya. Iklan di dunia maya atau internet cukup ampuh, alasannya ialah semakin banyak orang yang mengakses internet. Iklan internet sanggup melalui marketplace, menyerupai Tokopedia, OLX, FJB Kaskus, atau yang lainnya.


Secara konvensional ada tiga macam pemasaran yang biasa dipakai untuk menjual hasil panen ayam kampung super, yaitu:



  • Penjualan langsung. Hasil panen ayam kampung super sanggup dijual eksklusif ke konsumen atau ke penjual ayam kampung di pasar tradisional. Biasanya cara ini dilakukan dengan memanfaatkan media dari verbal ke mulut. Keunggulannya margin lebih tinggi, namun kuantitas tidak sanggup banyak. Jika produksi ayam kampung super Anda sudah banyak, Anda tidak sanggup mengandalkan sistem pemasaran yang satu ini.

  • Pemasaran melalui biro atau pengepul. Pemasaran melalui biro atau pengepul merupakan sistem pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Hanya saja laba yang didapat lebih sedikit.

  • Menjadi pemasok restoran atau pasar modern. Jika produksi sudah cukup besar dan stabil, Anda sanggup melebarkan pangsa pasar dengan menjadi pemasok restoran-restoran yang menyajikan sajian ayam kampung sebagai sajian. Bahkan peluang untuk menjadi pemasok pasar modern juga masih terbuka lebar untuk Anda.


Analisa Usaha Budidaya Ayam Kampung Super


Modal Awal



  • Pembuatan kandang: Rp 2.000.000,-

  • Pembelian bibit 400 ekor @Rp7.500: Rp 3.000.000,-

  • JUMLAH: Rp 5.000.000,-


Biaya Operasional



  • Pakan 16 karung @Rp 300.000: Rp 4.800.000,-

  • Vitamin dan Vaksinasi: Rp 500.000,-

  • JUMLAH: Rp 5.300.000,-


Omset/Pendapatan


Asumsi kematian 5%, maka dari 400 ekor ayam kampung super, jumlah yang mati 20 ekor, sehingga ayam tersisa yang siap jual mencapai 380 ekor. Berat rata-rata ayam ialah 0,9 kg, dengan harga Rp 50.000,- per kg.


= 380 ekor x 0,9 kg x Rp 50.000


= Rp 17.100.000,-


Keuntungan/Laba Bersih


= Omset – Biaya Operasional


= Rp 17.100.000 – Rp 5.300.000


= Rp 11.800.000,-


Masa panen 40 hari, maka laba per bulan:


= (Rp 11.800.000 / 40 hari) x 30 hari


= Rp 8.850.000,-


Break Even Point


= Modal Awal / Keuntungan


= Rp 5.000.000 / Rp 8.850.000


= 0,56 bulan = 17 hari


Luar biasa Sahabat PoBis… Peluang perjuangan budidaya ayam kampung sangat amat menguntungkan. Anda ingin menjajalnya?!


sumber gambar budidaya ayam kampung: hargadoc.blogspot.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peluang Perjuangan Budidaya Ayam Kampung Super Dan Analisa Usaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel