iklan

Panduan Budidaya Sawi Yang Benar Untuk Pemula!

Cara Menanam Sawi – Jumpa lagi dengan SentraBudidaya, sebelumnya kami sudah menulis perihal Cara Menanam jagung untuk anda. Nah, pada kesempatan kali ini kami ingin menuliskan perihal Cara menanam Sawi namun menyerupai biasa sebelum anda mencoba menanam sawi ada baiknya untuk mengetahui apa itu sawi?


Sawi merupakan keluarga dari tumbuhan Marga Brassica artinya kepingan tumbuhan sawi yang dipakai sebagai materi pangan yaitu daun dan bunganya, baik dikonsumsi dalam keadaan mentah maupun sudah diolah.


Terdapat beberapa jenis sawi di indonesia yaitu  sawi bakso, caisim atau caisin dan sawi putih. Olahan yang berbahan sawi antara lain Sup atau biasa dipakai sebagai materi adonan Mie ayam/bakso.


 pada kesempatan kali ini kami ingin menuliskan perihal Cara menanam Sawi namun menyerupai bi Panduan Budidaya Sawi yang Benar untuk Pemula!
Ilustrasi: Cara Menanam Sawi

Setelah kami membahas apa itu sawi, kami akan menjelaskan beberapa manfaat sayuran sawi untuk badan kita (konsumen) sebagai berikut ini:


Manfaat Mengkonsumsi Sawi  


Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi sawi yang harus anda ketahui:


1. Menjaga kesehatan tulang


manfaat pertama yaitu menjaga kesehatan tulang, lantaran dengan mengkonsumsi sayuran sawi yang mengandung vitamin K sanggup mengurangi resiko patah tulang. Bagaimana sanggup begitu ?? dari gosip yang kami sanggup vitamin k sangat diharapkan oleh badan dalam menjaga kesehatan tulang, oleh lantaran itu sangat kami sarankan untuk mengkonsumsi sayuran sawi setiap hari namun dalam jumlah yang pas/tidak berlebihan alasannya yaitu semua hal yang berlebihan akan menjadikan dampak yang tidak baik.


2. Mencegah kanker


Mengkonsumsi sayur sanggup menurunkan resiko terkena kanker apakah pernyataan itu benar ?? berdasarkan kami pernyataan itu benar alasannya yaitu dengan mengkonsumsi sayur termaksud sayuran sawi sangat membantu badan kita terhindar dari penyakit kanker. Kandungan dalam sayuran sawi ada yang namanya Glucosinolates berfungsi untuk menghambat perkembangan kanker paru-paru, kolorektal, payudara dan prostat.


3. Baik untuk penderita diabetes


Kenapa sayuran sawi baik untuk penderita diabetes ?? lantaran sayuran sawi kaya akan serat serta terdapat alpha-lipoic acid yang berfungsi menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif stres bagi para penderita diabetes. Oleh lantaran itu kami sangat menganjurkan bagi anda penderita diabetes untuk mengkonsumsi sayuran sawi namun jikalau anda kurang suka dengan sayuran sawi yang dioleh dengan dimasak anda sanggup memblendern menyerupai jus.


4. Menyehatkan rambut dan kulit


Manfaat sayuran sawi berikutnya yaitu menyehatkan rambut serta kulit anda, lantaran sawi mengandung vitamin C yang baik untuk kulit sehingga kulit akan terlihat sehat setiap hari. Selain itu tumbuhan sawi juga mangandung vitamin A yang sehat untuk menjaga kelembaban rambut anda.


Jika anda ingin punya kulit dan rambut yang sehat silahakn untuk mengkonsumsi sayuran sawi yang diolah terlebih dulu, maupun diolah dengan dimasak ataupun diolah menyerupai jus pada umumnya.


Baiklah sesudah kami menyajikan perihal manfaat dari sayuran sawi, mari kembali ketopik utama yaitu Cara Menanam Sawi silahkan untuk mengikuti setiap tahap –tahap berikut ini.


Panduan Cara Menanam Sawi step by step


Nah, kini mari kita simak step by step cara menanam sawi yang baik dan benar, berikut ini:


1. Pemilihan bibit sawi berkualitas


Cara menanam sawi yang pertama yaitu tahap pemilihan bibit, lantaran pemilihat bibit faktor terpenting dalam proses bertani sawi. Sebelum itu ada baiknya anda mengetahui ciri-ciri bibit/benih sawi berkualitas menyerupai dibawah ini :



  • Pertama dari segi bentuk, pilihlah bibit/benih sawi yang berbentuk bulat

  • Selanjutnya warna, bibit/benih sawi yang berkualitas berwarna coklat kehitaman

  • Yang ketiga tektur, pilihlah bibit/benih sawi yang bertektur keras serta permukaan bibit licin

  • Jika anda membeli bibit/benih saw, belilah bibit yang terbungkus rapat oleh aluminium foil


Anda sanggup mengikuti cara diatas dalam pemilihan bibit, namun jikalau ingin yang lebih simpel sanggup pribadi membeli ke toko terdekat rumah anda yang perlu diingat sebelum membeli bibit atau benih perhatikan bungkus yang dipakai jikalau berbahan plastik biasa perjuangan untuk membeli bibit yang lain pada dasarnya pilih bibit/benih yang berbungkus aluminium foil lantaran bibit akan terjaga kualitasnya.


2. Penyemaian bibit/benih sawi


Tahap berikutnya dalam proses Cara menanam sawi yaitu penyemaian bibit, kenapa proses penyemaian bibit itu penting ?? lantaran dengan melaksanakan penyemaian anda sanggup memaksimalkan pertumbuhan bibit tentu dalam proses penyemaian terdapat begitu banyak adonan menyerupai pupuk dan tanah hitam sehingga calon tumbuhan sanggup tumbuh secara maksimal.


Selanjutnya proses pemeliharaan bibit sanggup optimal kenapa sanggup begitu lantaran dalam proses penyemaian bibit tentu anda meletakkan tempat penyemaian secara rapi sehingga anda sanggup mengontrol bibit mana yang akan tumbuh dengan sehat dan bibit mana yang harus diganti dengan yang baru.


Setelah anda mengetahui laba dari proses penyemaian pribadi saja kami akan menunjukkan cara penyemaian bibit sawi yang benar menyerupai dibawah ini :


Proses penyemaian :



  • Pertama siapkan media tanam berupa tanah dan pupuk sangkar secukupnya

  • Bersihkan tanah dari sampah maupun batu, anda sanggup membersihkan dengan tangan pribadi atau memakai ayakan

  • Campur semua materi tanam dalam satu tempat

  • Setelah semua tercampur masuk kesatu tempat supaya anda lebih gampang mengontrolnya, anda sanggup memakai nampan ataupun plastik/polybag

  • Tahap selanjutnya yaitu peletak bibit/benih sawi kemedia tanam dengan melubangi media tanah kemudian masukan kelubang bibit tersebut

  • Siram media tanam tersebut dengan air, ingat penyiraman hanya bertujuan tanah berair saja jadi tidak perlu menyiram secara berlebihan

  • Tahap terakhir yaitu menunggu, anda akan menunggu bibit/benih sawi tunggu selama 2-3minggu saja.


3. Pengolahan lahan tanam


Tahap selanjutnya yaitu pengolahan lahan tanam, hal yang perlu anda lakukan yaitu mencari tempat/lokasi yang cocok sebagai lahan pertanian sawi. Setelah tempat/lokasi anda temukan tahap selanjutnya membersihkan lahan dari rumput, sampah maupun tumbuhan yang berpotensi mengganggu pertumbuhan sawi.


Baiklah sesudah semua tahap diatas selesai, anda akan masuk ke tahap pengolahan yang terpenting. Mari perhatikan step by step-nya dibawah ini :


Cara pengolahan lahan :



  • Siapkan cangkul, kemudian gemburkan setiap tanah yang akan dipakai sebagai lahan tanam

  • Selanjutnya anda sanggup menambahkan pupuk sangkar dalam proses penggemburan tanah yang bertujuan supaya pupuk sanggup tercampur rata dengan tanah

  • Periksa PH tanah yang akan dipakai sebagai lahan tanam, jikalau PH tanah kurang 5 maka tanah tersebut tidak layak dipakai sebagai lahan taman. Namun damai saja problem itu sanggup diatas dengan menaburkan kapur didaerah lahan tanam tersebut

  • Buatlah bedengan lebar 125 cm serta panjangn sesuai jumlah tumbuhan sawi yang akan ditanam kemudian usahakan tinggi bedengan mencapai 30 cm supaya proses mengairan mudah, tujuan supaya tumbuhan sawi sanggup dirawat secara maksimal.

  • Setelah pembuatan bedengan selesai anda sanggup menciptakan lubang tempat tanam sawi akan ditanam, jarak satu lubang dengan lubang lainnya kira-kira 5-10 cm


4. Proses penanaman sawi


Cara menanam sawi berikutnya akan sedikit gampang namun perlu ketelitian yang tepat, lantaran jikalau calon tumbuhan dipindahkan secara sembarangan akan mengganggu proses pertumbuhan sawi secara maksimal.


Baiklah pribadi saja ini yaitu cara memindahkan tumbuhan sawi dari media penyemaian ke media lahan tanam pertama pilih tumbuhan sawi yang sudah mempunyai daun 3-4 helai sesudah itu cabut tumbuhan sawi ,anda harus berhati-hati dalam mencabut tumbuhan sawi, usahakan supaya akar tetap utuh.


Setelah tumbuhan dimasukkan ke lubang yang sudah disiapkan pada lahan tanam tutup memakai tanah sekitar perlu diingat tutup dengan tanah tipis saja. Terakhir yaitu proses penyiraman bertujuan supaya tumbuhan sawi menerima asupan air yang cukup.


5. Perawatan tumbuhan sawi


Cara menanam sawi selanjutnya yaitu tahap perawatan, kenapa saya masukan tahap perawatan? Karena kita ketahui tumbuhan sawi tidak akan tumbuh secara maksimal jikalau hanya dibiarkan sesudah dipindahkan ke lahan tanam oleh lantaran itu tahap perawatan sangat penting jikalau ingin tumbuhan sawi tumbuh secara maksimal.


Dari urain diatas sanggup kita simpulkan bahwa proses perawatan sangat penting, tapi tahukan anda terdapat begitu banyak perawatan yang harus dilakukan pada tumbuhan sawi. Kami akan menjelaskan beberapa perawatan yang harus dilakukan pada tumbuhan sawi supaya tumbuh secara maksimal sebagai berikut.


Tips Perawatan Tanaman Sawi


Berikut ini beberapa tips perawatan sayur sawi yang harus anda lakukan:



  • Penyiraman


Perawatan yang pertama yaitu penyiraman tanaman, sawi sangat membutuhkan air yang banyak supaya sanggup tumbuh secara maksimal. Anda sanggup melaksanakan penyiraman 2-3 kali sehari pada pagi, siang dan sore hari namun jikalau penanaman sawi masuk animo penghujan acara penyiraman tidak usah dilakukan lagi.



  • Penjarangan Tanaman


Maksud dari penjarangan yaitu mencabut tumbuhan sawi yang tumbuh terlalu akrab satu sama lainnya, acara ini dilakukan lantaran jikalau dibiarkan pertumbuhan sawi menjadi tidak baik kemudian anda sanggup melaksanakan penjarangan pada tumbuhan sawi yang berusia 15 hari.



  • Pemupukan susulan


Namanya saja sudah susulan berarti proses pemupukan ini dilakukan sesudah tumbuhan sawi ditanam, ini dilakukan tentu supaya tumbuhan sawi menerima asupan vitamin yang cukup. Anda sanggup melaksanakan pemupukan pada dikala tumbuhan sudah berusia 2 ahad atau lebih dari masa pertama kali dipindahkan ke lahan tanam.


6. Panen sawi


Proses yang terakhir yaitu panen, tahap yang satu ini sangat ditunggu-tunggu oleh para petani, namun jikalau proses panen ini dilakukan secara sembarangan maka sayuran sawi tidak akan tahan usang kali ini kami akan menunjukkan cara panen sawi yang benar.


Pastikan sayuran sawi yang akan anda panen berusia 50 hari, potong pangkal sayuran sawi memakai pisau kemudian ikat memakai tali setiap 1 Gram. Setelah itu letakkan sayuran sawi pada tempat yang sejuk namun tidak lembab.


Bagaimana, anda sudah tidak sabar lagi ingin segera menanam sawi sendiri di halaman rumah anda, atau anda ingin mencoba bisnis sawi untuk dijual? Hmm, silahkan tentukan sendiri skala budidaya sawi yang akan anda jalankan. Kami rasa demikian dulu uraian ringkas mengenai cara menanam sawi dari kami, semoga sanggup membantu anda yang ingin bertani sawi dengan benar. 


Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Budidaya Tomat Step by Step!



Sumber https://sentrabudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Budidaya Sawi Yang Benar Untuk Pemula!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel