iklan

Panduan Budidaya Jagung Yang Benar Step By Step!

Cara Menanam Jagung – Kembali lagi bersama kami Sentra Budidaya, kali ini kami ingin menunjukkan info mengenai cara menanam jagung namun sebelum itu ada baiknya anda mengetahui apa itu jagung ? Jagung termamasuk tumbuhan semusim (annual) jadi tumbuhan ini hanya sanggup berbuah sekali saja pada satu musim. Tinggi tumbuhan jagung sangat beragam, meskipun tingginya berkisar antara 1-3 m saja namun ada beberapa jenis jagung yang sanggup tumbuh hingga 6m.


Setelah anda mengetahui apa itu jagung info yang berikutnya akan kami sajikan yaitu manfaat, tentu diantara anda penggemar jagung ingin tahukan apa saja manfaat sesudah mengkonsumsi jagung. Baiklah eksklusif saja ini yaitu manfaat mengkonsumsi jagung pada badan dibawah ini :



  • Melancarkan pencernaan


Tanaman jagung sangat kaya akan serat sehingga tidak perlu diragukan lagi bahwa jagung sangat membantu memperlancar proses pencernaan bagi tubuh, sebab badan kita perlu 10 persen serat setiap harinya.



  • Baik untuk ibu hamil


Kenapa baik untuk ibu hamil ?? sebab jagung kaya akan asam folat, asam folat sendiri berkhasiat untuk mengurangi resiko bayi lagi cacat sehingga sangat kami anjurkan untuk mengkonsumsi buah jagung ini.



  • Menjaga kesehatan mata


Tentu anda ingin kan punya mata yang sehat, oleh sebab itu saran dari kami untuk mengkonsumsi jagung sebab jagung mengandung carotenoid yang berfungsi untuk menurukan resiko mata rusak.



  • Menjaga kesehatan jantung


Bagian badan yang menerima keuntungkan sesudah mengkonsumsi jagung yaitu jantung, sebab jagung mengandung carotenoid selain untuk menjaga kesehata mata ternyata juga sanggup menjaga kesehatan jantung sebab carotenoid sanggup menurukan resiko pengumpalan arteri pada jantung.


Nah itu yaitu sedikit manfaat dari jagung, masih terdapat begitu banyak manfaat yang sanggup kita ambil sesudah mengkonsumsi jagung diantaranya sanggup mencegah anemia, mengontrol diabetes, melawan kanker, menyehatkan kulit.


 Kembali lagi bersama kami Sentra Budidaya Panduan Budidaya Jagung yang Benar Step by Step!
Cara Menanam Jagung

Panduan Cara Menanam Jagung


Okee sesudah kami membahas manfaat dari jagung, info selanjutnya yang akan Sentra Budidaya sampaikan Cara menanam jagung mari anda perhatikan step by stepnya dibawah ini :


1. Memilih bibit jagung yang berkualitas


Kenapa saya meletakkan menentukan bibit jagung nomor pertama dari cara menanam jagung ? Karena dengan menentukan bibit atau benih jagung yang berkualitas dengan benar akan mempermudah anda dalam proses perawatan serta panen yang dihasilkan akan berlimpah.


Hal pertama yang harus anda lakukan menentukan jenis jagung yang akan ditanam ibarat jagung manis, bibit unggul kedua jenis jagung ini sangat terkenal dikalangan para petani. Kalau anda yaitu kategori amatir ada baiknya mencari info kepada para petani jagung yang sudah profesional sebab dengan begitu anda sanggup tau dimana daerah jual bibit atau benih jagung yang berkualitas.


Artikel terkait: Panduan Cara Menanam Cabe Rawit Step by Step


2. Pengolahan lahan yang benar


Cara menanam jagung berikutnya yaitu pengolahan dengan benar, dalam proses ini tidak sanggup dilakukan secara sembarangan harus dilakukan secara benar dan tepat. Baiklah bagi anda yang belum paham mengenai pengolahan lahan kami akan menyajikan cara pengolahan lahan dibawah ini :




  • Menentukan lahan




Tahap pertama ini anda hanya perlu mencari lokasi yang sesuai, sesudah sanggup lokasi yang sesuai lakukan proses pemecahan bongkahan tanah dan cangkul daerah calon penanaman bibit jagung sedalam 15-20 cm kemudian ratakan.




  • Membuka lahan




Tahap kali ini anda harus membersihkan semua sampah atau pun sisa tumbuhan yang tak berkhasiat di area lahan yang digunakan, sesudah itu kembali cangkul tanah dengan rata bila perlu gunakan mesin bajak semoga hasil lebih maksimal.




  • Pembentukan bedengan




Setelah tanah diolah, setiap 3 m dibentuk jalan masuk drainase sepanjang barisan tumbuhan dan lebar saluran  25-30 cm dengan kedalaman 20 cm.




  • Pengapuran




Cek terlebih dulu PH tanah pada lahan olahan anda kalau kurang dari 5 ada baiknya tanah menerima proses pengapuran.


3. Proses penanaman jagung kelahan tanam


Cara menanam jagung selanjutnya yaitu proses penanaman benih jagung ke lahan tanam, dalam proses kali ini anda beberapa hal salah satunya yaitu jarak tumbuhan yang baik 75 x 50 kemudian setiap lubang di isi 2 buah benih jagung sesudah itu tutup lubang memakai tanah disekitar area lubang. Tanaman jagung tidak sanggup tumbuh kalau di area tanam digenangi air terlalu banyak dan di area mengalami kekurangan air.


4. Berikan pupuk ke tumbuhan jagung


Cara menanam jagung yang berikutnya yaitu pemupukan, jarakan antara pupuk dengan tumbuhan dihentikan sembarangan kali ini kami akan membantu anda mengenai cara pemupukan yang benar.


Yang perlu anda ingat yaitu pemupukan dasar sebab banyak para petani yang mengabaikan proses pemupukan yang satu ini. Benih tumbuhan jagung ibarat bayi yang gres lahir dan pemupukan dasar ibarat ASI, dengan kata lain pemupukan dasar berfungsi menyiapkan nutrisi awal bagi benih jagung semoga tumbuh dengan sehat. Setelah selesai tutup pupuk memakai tanah yang berkhasiat semoga nutrisi atau pupuk tidak hilang terkena air hujan dan pedoman air.


Tips Memupuk Jagung


Terdapat beberapa hal penting terkait dengan pemupukan, berikut ini :



  • Saat anda melaksanakan pemupukan, hal yang sanggup dilakukan lainnya yaitu proses pembumbunan yang berfungsi semoga tumbuhan sanggup tumbuh dengan kokoh serta mendekatkan unsur hara dengan akar.

  • Selanjutnya hindari penggunaan N secara berlebihan sebab mensugesti ketahan tumbuhan dalam serangan penyakit

  • Karakteristik ekosistem pada umur pemupukan -fase vegetatif (15 -42 HST)- adalah:

  • Pertumbuhan tumbuhan sangat cepat sesudah jagung berumur 28 hst

  • Gulma mulai menjadikan persaingan perembesan unsur hara

  • Hama yang mungkin dijumpai yaitu Ulat tanah, Penggerek tonglol (Heliothis armigeradan Heliothis spp), penggerek batang (Osttrinia furnacalis), Uret dan Ulat grayak

  • Penyakit utama yang mungkin yaitu bulai


5. Pemeliharaan jagung


Berikutnya yaitu tahap pemeliharaan jagung, sesudah usang menunggu benih jagung tumbuh menjadi tumbuhan tamat pada tahap ini tumbuhan anda sudah tumbuh dengan subur namun kerja anda belum selesai kali ini anda harus memelihara ibarat penyulaman, penjarangan, pembumbunan, pemupukan, pengairan dan mencegah hama dan penyakit semua itu akan kami jelaskan dibawah ini cara dan fungsi pemeliharaan masing masing.


Baiklah Cara menanam jagung kali ini sedikit panjang sebab anda harus sanggup merawat dan memelihara tumbuhan jagung ibarat haknya merawat/memelihara anak sendiri semoga tumbuhan jagung sanggup berbuah secara maksimal, eksklusif saja kami akan menjelas beberapa proses pemeliharaan diatas tadi.




  • Penyulaman




Tujuan dari proses penyulaman yaitu mengecek calon tumbuhan mana yang layak ditanam dan yang layak diganti dengan benih tumbuhan yang baru. Penyulaman tidak sanggup dilakukan dalam jangka waktu yang usang sebab anda hanya diberikan waktu paling usang 1 ahad untuk melaksanakan penyulaman sesudah benih ditanam.




  • Penjarangan




Selanjutnya penjarangan maksud dari penjarangan yaitu suatu tindakan pengurangan banyaknya tanaman untuk memberi ruang tumbuh bagi tumbuhan yang tersisa. Dalam penyemaian, biasa dilakukan penanaman secara agak berlebihan jumlah tumbuhan untuk mengompensasi kegagalan perkecambahan. Pada umur tertentu, dilakukan penjarangan semoga kepadatan populasi mencapai tingkat yang paling optimal untuk mencapai hasil yang maksimum. Kegiatan penjarangan sanggup dilakukan ketika tumbuhan berumur 1 minggu.




  • Pembumbunan




Yang sudah kami jelaskan diatas pembumbunan berfungsi semoga calon tumbuhan mempunyai batang yang kokoh serta mendekatkan unsur hara ke akar. Cara melaksanakan pembumbunan yaitu menciptakan parit diantara bedengan serta tanah dibalik cuilan perakaran tumbuhan aktivitas ini dilakukan semoga tumbuhan tidak gampang roboh.




  • Pemupukan




Berikutnya yaitu proses pemupukan, tujuan dilakukan pemupukan semoga tumbuhan sanggup tumbuh secara maksimal serta tidak mengalami kekurang unsur hara sebab tumbuhan sangat butuh dengan unsur hara.


Terdapat beberapa jenis pemupukan dan jarak yang perlu anda perhatikan sebelum melaksanakan pemupukan sebagai berikut :



  • Untuk pupuk dasar ditugal di samping benih dalam baris tumbuhan dengan jarak 5 cm,

  • Pupuk susulan I ditugal dengan jarak 10 cm dari batang.

  • Pupuk susulan II ditugal dengan jarak 15 cm dari batang


6. Panen jagung


Cara menanam jagung yang terakhir yaitu proses panen, proses yang sangat dinantikan para petani sebab sanggup menjual dan mengkonsumsi buah jagung yang sudah dirawat ibarat anak sendiri. Namun sebelum panen tentukan dulu konsumen dari jagung anda sebab setiap konsumen mempunyai kepentingan yang berbeda akan jagung panenan anda.


Selain itu jangan menunda-nunda panen jagung terlalu usang sebab sanggup merusak buah itu sendiri, selain melihat konsumen ada cara lain yang  sanggup anda lakukan untuk melaksanakan panen yaitu mengecek kematangan buah jagung dengan mengupas kulit luar buah jagung.


Sentra Budidaya telah menyajikan info mengenai cara menanam jagung, semoga sanggup membantu anda semua yang gres ingin menjadi petani jagung sukses. Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Budidaya Tomat Step by Step!



Sumber https://sentrabudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Budidaya Jagung Yang Benar Step By Step!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel