iklan

Mudah!! Cara Menciptakan Flora Hidroponik Dari Botol Bekas

Cara menciptakan tanaman hidroponik dari botol bekas – Bertanam memakai sistem hidroponik dengan perlengkapan serta peralatan yang komplit, biasanya biaya awal yang diharapkan cukup besar.  Jika untuk sekedar menyalurkan kegemaran atau hobi berkebun, maka materi dan peralatan sanggup disiasati memakai materi yang murah dan sederhana serta gampang didapat disekitar rumah Anda. Untuk melaksanakan pengujian hidroponik sederhana Anda, maka sanggup memakai tanaman kangkung darat. Berikut ini yakni beberapa langkah cara menciptakan tanaman hidroponik dari botol bekas.


artikel terkait: Inilah Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Air


Bahan dan alat yang dipakai dalam cara tanam hidroponik sederhana



  • Botol Aqua bekas ukuran 1,5 liter

  • Cutter atau gunting

  • Gelas plastik bekas

  • Solder atau paku

  • Arang sekam

  • Cairan nutrisi hidroponik

  • Bibit kangkung darat


Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dari Botol Bekas Model Botol Rebah


Pada cara tanam hidroponik model rebah ini botol  diposisikan sama ibarat pipa horisontal. Hal ini juga sanggup dipakai sebagai pembelajaran sistem instalasi hidroponik dengan PVC atau pipa paralon yang panjang. Model ibarat ini termasuk dalam sistem hidroponik rakit apung yaitu tanpa memakai sumbu. Gelas kecil yang sudah diberi lubang secara merata dibagian samping dan bawah memutar. Gelas plastik kecil ini nantinya dipakai sebagai kawasan sekam bakar guna penanaman bibit kangkung darat.


Cara menciptakan tanaman hidroponik dari botol bekas  Mudah!! Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dari Botol Bekas
Cara menciptakan tanaman hdiroponik dari botol bekas model rebah

Rebahkan botol, buatlah 2 buah lubang yang cukup besar dibagian sisinya untuk kawasan gelas plastik kecil. Apabila memakai botol yang lebih besar dan lebih panjang maka jumlah lubang untuk gelas tanam sanggup ditambah sesuai ukuran botol. Cara menciptakan tanaman hidroponik dari botol bekas membutuhkan lubang untuk sirkulasi udara. Lakukan pelubangan dengan solder atau paku/kawat yang sudah dipanasi. Pelubangan dilakukan disekitar lubang yang dipakai untuk lubang tanam. Lubang sirkulasi udara dibentuk dengan di atas ketingian air dalam botol.


Sebelum Anda menanam bibit kangkung pada botol, cara menciptakan tanaman hidroponik dari botol bekas selanjutnya yakni lakukan penyemaian terlebih dahulu. Kemudian kangkung yang telah disemai dipindah tanamkan ke botol. Namun sebelumnya botol harus dibersihkan memakai air bersih. Anda sanggup membersihkan botol di pancuran keran maupun di dalam ember. Selanjutnya akar dari kangkung dimasukan pada gelas plastik dan sebagian akarnya dikeluarkan melalui lubang cuilan bawah pada gelas plastik yang telah dibentuk sebelumnya. Hal ini bertujuan supaya akar sanggup pribadi menyentuh larutan nutrisi.


Supaya nantinya akar sanggup pribadi menyentuh nutrisi, benamkan akar hingga tanaman sanggup bangun tegak dan kemudian siram dengan air. Masukkan larutan nutrisi kedalam botol kemudian disusul dengan memasukkan gelas plastik yang sudah diisi bibit kedalam lubang tanam pada botol. Cara menciptakan tanaman hidroponik dari botol bekas yang terakhir yakni semoga botol yang lingkaran ini tidak berguling maka sebaiknya Anda merangkai 3 botol menjadi satu rangkaian dengan cara diikat memakai tali maupun di steples pada setiap sisinya.


Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dari Botol Bekas Model Botol Berdiri


Pada cara tanam hidroponik ini botol dipotong menjadi dua cuilan yaitu cuilan atas sepanjang 1/3 panjang botol dan cuilan bawah sepanjang 2/3 cuilan botol. Potongan cuilan atas diposisikan terbalik dengan ujung masuk kedalam botol. Bagian atas ini berfungsi untuk kawasan sekam dan kawasan penanaman. Pada cuilan tutup botol dan sekitarnya diberikan lubang supaya udara sanggup bersirkulasi. Bibit kangkung selanjutnya ditanam dengan cara mengeluarkan akar melalui lubang tutup botol hingga akar menyentuh larutan nutrisi.


Karena akar masih terlalu pendek maka Anda membutuhkan sumbu untuk kapilaritas nutrisi hingga ke akar. Sumbu yang dipakai biasanya memakai kain flanel, alasannya yakni kain flanel ini mempunyai daya serap yang tinggi. Sistem sumbu dalam cara menciptakan tanaman hidroponik dari botol bekas ini disebut hidroponik wick sistem. Langkah selanjutnya isi botol cuilan bawah dengan larutan nutrisi hidroponik. Kedalaman akar tidak perlu terendam semua, namun cukup sebagian saja dan selanjutnya tinggal tunggu tanaman tumbuh dan berkembang.


Tanaman hidroponik sama dengan tanaman pada media tanah yaitu tetap membutuhkan sinar matahari. Oleh alasannya yakni itu tempatkan hidroponik ditempat yang menerima sinar matahari namun jangan hingga kehujanan. Sebab bila kehujanan maka larutan nutrisi sanggup menjadi encer dan meluap keluar sehingga kandungan nutrisi dalam botol akan terbuang serta kadarnya akan menurun. Tambahkan nutrisi secara berkala, alasannya yakni larutan nutrisi dalam botol akan berkurang dikarenakan diserap oleh tanaman dan penguapan.


Cara menciptakan tanaman hidroponik dari botol bekas  Mudah!! Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dari Botol Bekas
Cara menciptakan tanaman hidroponik dari botol bekas model berdiri

Hama dan Penyakit Pada Tanaman Hidroponik


Pada tanaman kangkung terdapat hama dan peyakit yang sering menyerang yaitu kutu putih sedangkan pada tanaman sawi yakni ulat daun. Dikarenakan jumlah hama yang masih terbatas maka pengendalian dilakukan dengan cara manual yaitu dengan di jilas dengan dua jari.


Saran Untuk Perbaikan



  • Supaya larutan tidak ditumbuhi oleh lumut maka cara menciptakan tanaman hidroponik dari botol bekas sebaiknya botol dicat dengan warna yang gelap atau pun di berikan pembungkus plastik berwarna supaya sinar matahari tidak tembus ke dalam botol.

  • Gunakan botol yang mempunyai volume cukup besar, alasannya yakni bila terlalu kecil maka larutan nutrisi dalam botol akan cepat habis.

  • Pada ketika penanaman masih awal, akar tidak harus selalu menyentuh larutan nutrisi. Sebab dalam prakteknya larutan nutrisi selalu diusahakan supaya sanggup mencapai media sehingga tanaman tetap sanggup tumbuh dengan baik. Cara yang dipakai biasanya dengan sistem sumbu.

  • Menggunakan spon sebagai media tanam sesudah dipraktekan ternyata kesudahannya kurang memuaskan.


artikel terkait: Wow, Peluang Usaha Hidroponik Keuntungannya Bisa Mencapai 40 jt/ bulan


Cara menciptakan tanaman hidroponik dari botol bekas memang sangat mudah. Selain bahannya murah dan gampang dicari, berkebun dengan cara ini juga sangat simpel namun kesudahannya memuaskan. Oleh alasannya yakni itu cara ini dikatakan sebagai cara yang sempurna bagi pemula untuk mencar ilmu hidroponik. Pemeliharaannya juga cukup tambahkan nutrisi secara berkala.


sumber gambar: abyspacetion, kabartani




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mudah!! Cara Menciptakan Flora Hidroponik Dari Botol Bekas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel