iklan

Hati-Hati Dengan Ad Fraud! 6 Ad Fraud Yang Berbahaya Bagi Bisnis

Anda pernah dengar wacana ad fraud?


Ad fraud semakin marak terjadi seiring dengan berkembangnya teknik iklan melalui internet. Para pengguna Google Adsense biasanya tidak abnormal dengan istilah tersebut. Ad fraud dapat didefinisikan sebagai tindak penipuan digital ketika para pebisnis membayar iklan yang bergotong-royong tidak berharga. Iklan tersebut tidak mendatangkan benefit bagi pebisnis yang memasangnya.


Sebagai pebisnis Anda harus berhati-hati dengan hal ini. Apa lagi bila Ad Fraud dilakukan oleh pihak ketiga untuk memanipulasi hasil iklan yang mereka pasang. Anda harus mengetahui apa saja jenis Ad Fraud yang sering terjadi.


Beberapa jenis ad fraud yang sering terjadi di ranah internet antara lain:


Jenis-Jenis Ad Fraud yang harus diketahui Pebisnis


Trafik Bot


Trafik bot yaitu tindakan memanipulasi kunjungan ke suatu halaman website. Sehingga seakan-akan website tersebut dikunjungi oleh banyak pengguna internet. Padahal, kunjungan tersebut hanyalah rekayasa dengan menggunakan trik digital tertentu.


Bisnis yang membayar iklan untuk mendapat trafik dalam jumlah banyak tentu akan merugi bila menjadi korban trafik bot. Karena hasil yang didapat bergotong-royong tidak sebanding dengan biaya iklan yang dikeluarkan.


Ketika Anda menggunakan pihak ketiga dalam memasang iklan di Google, Anda harus mempunyai ilmu yang cukup dalam memahami iklan sehingga menghasilkan traffic organic dari iklan bukan traffic hasil Ad Fraud.


Click Fraud


Jenis penipuan yang satu ini juga sering dijumpai di dunia maya. Modusnya memang masih serupa dengan trafik bot. Penipu yang berkedok sebagai publisher iklan akan memasang sistem khusus supaya website terlihat di-klik oleh banyak pengunjung. Sayangnya, jumlah klik yang meningkat pesat tersebut tidak akan berbanding lurus dengan pencapaian konversi penjualan.


Mengecoh melalui Domain


semakin marak terjadi seiring dengan berkembangnya teknik iklan melalui internet Hati-Hati dengan Ad Fraud! 6 Ad Fraud yang Berbahaya Bagi Bisnis


Domain merupakan alamat spesifik bagi setiap website yang ada di internet. Satu aksara yang berbeda akan menghasilkan domain yang berbeda. Sayangnya, masih banyak pengiklan yang tidak teliti ketika bekerja sama dengan publisher. Sehingga publisher malah menempatkan iklan pada domain website yang sama sekali tidak populer. Misalnya, domain Google tentu berbeda dengan domain Gooogle atau Goggle. Para pengiklan harus jeli mencermati perjanjian kolaborasi dengan para publisher. Agar tidak mengalami kerugian akhir pengecohan domain.


Menumpuk Iklan di Spot yang Sama


Para publisher iklan yang bandel sering kali tidak peduli dengan efektivitas iklan yang dipasangnya. Sehingga tak sedikit yang berupaya menumpuk iklan pada spot yang sama di suatu website. Tujuannya tentu saja biar peluang klik pada beberapa iklan tersebut jadi semakin besar.


Sayangnya, hal tersebut malah berisiko menciptakan pengunjung website malas berkunjung. Apalagi bila letak iklannya sangat menghalangi kanal menuju konten utama dalam website tersebut.


Mengisi Cookie


Jenis ad fraud yang satu ini pernah menjadi tren beberapa tahun lalu. Oknum publisher akan menanamkan cookie secara otomatis pada browser pengunjung sesudah pengunjung tersebut mengakses website tertentu. Selanjutnya, sang publisher akan memperoleh laba bila pengunjung tersebut membuka website e-commerce dan melaksanakan transaksi pembelian.


Mengisi Pixel Tunggal


Jumlah iklan berlebihan pada suatu website akan menciptakan para pengunjung malas mengakses website tersebut. Namun, para publisher nakal sering mengakalinya dengan memasukkan iklan pada pixel tunggal di website. Hasilnya, peluang mendapat klik akan jauh lebih besar meskipun pengunjung website tidak sanggup melihat tampilan iklan tersebut.


Fenomena ad fraud yang kian marak memang menciptakan Anda harus lebih cermat ketika hendak beriklan. Supaya budget pemasaran bisnis Anda tak terbuang percuma akhir tindakan penipuan tersebut. Jangan lupa pula mencatat budget pemasaran sebagai bab dari biaya operasional bisnis Anda. Sekarang, proses pencatatan budget bisnis semakin simpel semenjak ada Accurate Online.


Software laporan keuangan berbahasa Indonesia tersebut dioperasikan dengan sistem cloud yang efektif melindungi data-data Anda. Accurate Online punya banyak sekali fitur fungsional yang bebas diaktifkan sesuai kebutuhan. Tak hanya mengurus keuangan bisnis secara internal, pembayaran pajak dan transaksi keuangan lainnya juga sanggup diselesaikan secara mudah.


Pengelolaan keuangan yang sistematis yaitu kunci efektif untuk meminimalkan penyelewengan dana bisnis. Yuk, gunakan Accurate Online demi mendukung efisiensi biaya dalam bisnis Anda.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hati-Hati Dengan Ad Fraud! 6 Ad Fraud Yang Berbahaya Bagi Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel