iklan

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet, Blog, Atau Wikipedia

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet – Di zaman sekarang, informasi yang didapat di dunia maya melalui jalan masuk internet banyak dipakai oleh sebagian penulis sebagai materi acuan atau sumber sebuah tulisan.


Akurat atau tidaknya informasi yang didapat dari sumber bacaan online tersebut tentu tak sanggup dipastikan. Hal ini jawaban dari sangat dinamis sebuah website berikut informasi yang ada di dalamnya. Artinya, sebuah artikel sanggup saja mengalami perubahan sewaktu-waktu.


Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet  Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet, Blog, atau Wikipedia
Contoh Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet via slideshare.net


Oleh alasannya itu, demi keakuratan sebuah isu maka perlu diketahui cara menulis daftar pustaka dari internet yang baik dan benar. Sebab, dengan adanya daftar pustaka maka sebuah isu atau informasi sanggup dilacak kebenaran sampai ke sumber utama awalnya.


Umumnya, cara penulisan daftar pustaka dari internet sama dengan penulisan daftar pustaka untuk media cetak ibarat buku, jurnal, majalah dan lain sebagainya. Mengingat sangat penting daftar pustaka dibentuk sebagai syarat kelengkapan sebuah karya ilmiah berikut sebagai bukti keotentikan tulisan.


Lalu, bagaimanakah cara menulis daftar pustaka dari internet yang baik dan benar? Berikut ulasannya.




Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet


Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet  Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet, Blog, atau Wikipedia


Hingga dikala ini masih belum ada cara baku dalam penulisan daftar pustaka yang berasal dari internet. Namun, semoga sebuah karya ilmiah atau goresan pena sanggup dipertanggungjawabkan,paling tidak perlu kejelasan sumber dari internet yang mencantumkan unsur-unsur berikut ini:



  1. Nama penulis

  2. Judul artikel

  3. Waktu diterbitkan

  4. URL (alamat link artikel)

  5. Waktu mengakses artikel


Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Internet


Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet  Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet, Blog, atau Wikipedia


Sekarang tak sanggup dipungkiri, internet sudah banyak dijadikan sebagai acuan utama dalam mencari informasi. Referensi tersebut dipakai baik dalam urusan pekerjaan, sekolah, ataupun kebutuhan sehari-hari.


Bagi mereka yang memakai internet sebagai sumber utama, wajib mengetahui cara menulis daftar pustaka yang baik dan benar. Dengan begitu diharapkan, goresan pena artikel yang diperoleh menjadi lebih berpengaruh argumentasinya berkat daftar pustaka tersebut dicantumkan.


Berikut ini yakni pola cara menulis daftar pustaka dari internet dengan gaya penulisan yang berbeda dari beberapa sumber:


1. Gaya penulisan daftar pustaka APA (American Psychological Association)


Nama situs. Tanggal artikel dibuat. Judul Artikel. Waktu mengakses. Url lengkap.


Contoh: Teko Neko. (2016, 17 Juli). Contoh Penulisan Daftar Pustaka. Diperoleh 19 Agustus 2016, dari http://tekooneko.com/contoh-daftar-pustaka/


2. Gaya penulisan daftar pustaka MLA (Modern Language Association)


Judul artikel. Nama situs. Tanggal artikel dibuat. Waktu akses.


Contoh:“Contoh Penulisan Daftar Pustaka.” Teko Neko. 17 Juni 2016. Web. 19 Juni 2016. <http://tekooneko.com/contoh-daftar-pustaka/>


3. Gaya penulisan daftar pustaka MHRA (Modern Humanities Research Association)


Nama situs, “judul artikel”, deskripsi situs, tanggal artikel dibuat, [waktu akses]


Contoh: Teko Neko, ‘Contoh Penulisan Daftar Pustaka‘, Padamu Negeri Untuk Pendidikan Indonesia, 17 Juni 2016, <http://tekooneko.com/contoh-daftar-pustaka/> [diakses 19 Juni 2016]


4. Gaya penulisan daftar pustaka Chicago


Nama situs, “Judul artikel”, deskripsi situs, url lengkap (waktu akses)


Contoh: Teko Neko, “Contoh Penulisan Daftar Pustaka”, Padamu Negeri Untuk Pendidikan Indonesia, http://tekooneko.com/contoh-daftar-pustaka/ (diakses 19 Juni 2012).


5. Gaya penulisan CBE / CSE (Council of Science Editors)


Nama situs. Judul artikel [Internet]. Deskripsi situs, tanggal artikel dibentuk [waktu akses]. Tersedia dari: url lengkap.


Contoh: Teko Neko. Contoh Penulisan Daftar Pustaka [Internet]. Padamu Negeri Untuk Pendidikan Indonesia, 17 Juni 2015, 10:55 UTC [dikutip 19 Juni 2012]. Tersedia dari: http://tekooneko.com/contoh-daftar-pustaka/


6. Contoh gaya lain penulisan daftar pustaka dari internet


Vebrian, 2013, Contoh Penulisan Daftar Pustaka, [pdf], (http://tekooneko.com/contoh-daftar-pustaka/.pdf, diakses tanggal 20 Juli 2016 )


7. Kutipan atau acuan yang diunduh melalui FTP


Neko, Teko. “Contoh Penulisan Daftar Pustaka.” FTP padamu.net/pug cccc95/lenterakecil (diakses tanggal 19 April 2017)


8. Kutipan atau acuan yang diambil dari Email


Teko Neko. “Contoh Penulisan Daftar Pustaka.” tekoneko16@gmail.com (diakses tanggal 22 Juni 2016)


Catatan:

Jika nama situs ataupun waktu penerbitan goresan pena tak diketahui, umumnya diganti dengan “____”. Satu hal yang penting judul artikel, alamat URL artikel bukan homepage, serta waktu diaksesnya goresan pena tersebut WAJIB dicantumkan. Jika diharapkan hubungi si pemilik situs secara eksklusif untuk mendapat keterangan yang lebih akurat dan jelas.




Demikian artikel perihal cara menulis daftar pustaka dari internet. Semoga semakin membantu untuk menghasilkan tulisan-tulisan bermanfaat untuk sesama. Jika ada yang perlu ditambahkan, silahkan tinggalkan jejak ya.



Sumber https://tekooneko.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet, Blog, Atau Wikipedia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel