iklan

✔ Cara Komplain Jne - Barang Rusak,Salah Kirim Dan Usang Sampai

Komplain JNE sanggup anda lakukan ketika barang kiriman anda usang hingga atau tak kunjung tiba kemudian rusak atau pecah dan sanggup juga ketika paket anda salah kirim ke orang lain.Cara komplain atau melaporkan duduk kasus pengiriman ke JNE harus dilakukan dengan proosedur yang benar semoga duduk kasus anda direspon dan ditindak lanjuti.

Cara komplain ke JNE yang tidak sesuai mekanisme biasanya akan usang direspon bahkan tidak ditanggapi sama sekali.Walaupun letak kesalahanya ada pada jasa expedisi tersebut,seyogyanya kita semua sebagai pelanggan juga harus mengikuti alur yang berlaku,dengan begitu,semua duduk kasus akan diselesaiakan oleh mereka.


Cara Komplain JNE Express



Komplain JNE sanggup anda lakukan ketika barang kiriman anda usang hingga atau tak kunjung dat ✔ Cara Komplain JNE - Barang Rusak,Salah Kirim dan Lama Sampai


JNE kepanjanganya daru Jalur Nugraha Ekakurir yaitu sebuah jasa expedisi pengirimnan barang atau paket yang bertugas mengirimkan paketan kepada seseorang yang dituju oelh pengirim paket.Jasa ini hampir tersedia di seluruh indonesia dan merupakan salah satu jasa pengiriman paling laku di indonesia.

Tahukah anda,bahwa ketika sebuah jasa expedisi mengirimkan paketan,SEMUA memakai jalur atau Step By Step yang terorganisir.Maksudnya yaitu :

- Contohnya kalau anda tempat tinggalnya di wonosobo jawa tengah dan ingin mengirimkan paket anda ke cikarang tepatnya di tempat sukaresmi,maka alur perjalanan paketnya tidak akan dari wonosobo LANGSUNG ke sukaresmi,melainkan ada jalurnya tersendiri.

Dari rentetan perjalanan paket tersebutlah mungkin terjadi beberapa kesalahan yang menimbulkan masalah.

Beberapa PENYEBAB duduk kasus yang biasanya terjadi ketika seseorang memakai jasa expedisi antara lain :
  • Data server atau komputer error
  • Kelalaian dari pagawai atau man power jasa expedisinya
  • Kesalahan penulisan alamat tujuan
  • Overload ( barang peket menumpuk di gudang sentra )
Dan masih banyak beberapa penyebab terjadinya sebuah duduk kasus alam pengiriman paket.Berikut saya akan berikan jalan keluar atau solusi kalau terjadi sebuah permasalahan :


1. Cara Komplain ke JNE kalau barang usang hingga ( usang tiba atau STOP di subgateway )


Hal ini pernah saya alami sendiri,ketika paketan saya STOP dan berhenti bergerak di sub gateway semarang.Hal tersebut menimbulkan paketan saya menjadi usang sekali sampainya.Jika anda mengalami hal serupa,baik alasannya yaitu barang STOP bergerak atau apapun alasanya,anda sanggup lapor duduk kasus anda dengan cara :
  • Menghubungi atau tiba ke distributor jne terdekat
Langkah pertama yang sanggup anda lakukan yaitu menghubungi distributor terdekat dengan " membawa nomor resi " anda.Langsung saja tanyakan ke petugas yang berjaga,posisi paket anda sedang ada dimana dan kenapa sanggup terjadi keterlambatan pengiriman.

Ini berdasarkan saya langkah paling efektik kalau duduk kasus menyerupai itu terjadi.Ingat yaa,SELALU MEMBAWA NOMOR RESI berupa catatan di kertas atau foto di samartphone anda.
  • Menghubungi akun resmi JNE di media sosial
Jika mendatangi distributor terdekat TIDAK MUNGKIN untuk anda lakukan ( dengan banyak sekali pertimbangan ),anda sanggup menghubungi akun resmi mereka di media sosial.Adapun alam account resmi mereka yaitu sebagai berikut :

- Account Twitter : @jnecare ATAU @jne_id ATAU akun twitter jne kota anda kalau ada.

Untuk melaksanakan komplain,anda harus mempunyai sebuah akun TWITTER juga tentunya.Jika belum punya,anda sanggup mend0wnl0ad aplikasi twitter dan menciptakan akun anda.Setelah anda mempunyai sebuah akun twitter,buatlah twitt/status/postingan dengan format sebagai berikut :

" @......( alamat twitter yang anda tuju ) kemudian tuliskan komplain anda lengkap dengan resi paket semoga pihak JNEnya sanggup pribadi melaksanakan tindakan ".

Biasanya sehabis anda melaksanakan bentuk komplain menyerupai ini.pihak expedisi akan melaksanakan kroscek dan pemantauan terhadap paket milik anda,jadi petugas gudang akan lebih mempriorotaskan paketan anda.

- Account Facebook : @JNE

Anda sanggup melaksanakan komplain juga via FB,tetapi pihak FB sendiri menyarankan untuk anda melaksanakan komplain di TWITTER.


Komplain JNE sanggup anda lakukan ketika barang kiriman anda usang hingga atau tak kunjung dat ✔ Cara Komplain JNE - Barang Rusak,Salah Kirim dan Lama Sampai



NOTE : Jika terntaya permasalahanya alasannya yaitu barang OVERLOAD tau menumpuk di pusat,saya harapkan anda sebagai pelanggan untuk sedikit bersabar dan " mpengertian ",karena memang yang memakai jasa expedisi semacam ini sangat banyak,palagi trend liburan atau lebaran.


2. Komplain JNE barang rusak atau pecah


Jika kasusnya yaitu paket yang anda terima rusak atau bahkan pecah,anda sanggup melaksanakan komplain ke pihak expedisi,dengan catatatn :
  • Paketnya belum anda buka bungkusnya
  • Jika terlanjur dibuka ( anda harus melampirkan bukti fisik menyerupai foto kondisi terahir paket sebelum dikirim dan menghubungi pengirim untuk membantu melaksanakan penjelasan )
Untuk point pertama ( paketnya belum dibuka ),untuk melaksanakan klaim lebih gampang alasannya yaitu paketanya masih disegel,jadi pihak JNEnya mau tidak mau harus bertanggung jawab.Yang sedikit repot yaitu point ke 2 ( ketika paketanya sudah dibuka ).

Jika point ke 2 terjadi,langkah terbaik yaitu anda dan si pengirim melaksanakan komplain bersamaan dengan melampirkan bukti-bukti fisik ( berupa foto atau vidio ),yanag biasanya setiap seseorang akan melaksanakan pengiriman,akan mereka foto terlebih dahulu paketanya.

Silahkan tiba ke AGEN JNEnya,kemudian utarakan permasalahan anda ke atasan di tempat tersebut ( sanggup manager atau supervisor ),jangan komplain ke kurirnya,karena itu urusanya leader distributor disana.

Jika anda mengutarakan permasaalahan anda dengan baik dan benar,lantas sopan dan tenang,pasti responya juga akan baik dan akan gampang mencari jalan tengah untuk duduk kasus anda.Jangan pribadi murka dan memaki-maki,karena semua duduk kasus niscaya akan ketemu jalan keluarnya kalau dipikirkan dengan kepala dingin.


3. Cara komplain JNE salah kirim ( tertulis terkirim tapi tidak mendapatkan paketnya )


Masalah selanjutnya yaitu : salah kirim paketan ke orang lain.Biasanya hal ini terjadi dan tertangkap lembap ketika :
  • Sipenerima melaksanakan pengecekan nomor resi di website dan ternyata tertera " final antar dan diterima oleh ......." padahal si peserta belum mendapatkan paketnya.
Jika hal ini terjadi,sebelum melapor,ada 1 point yang harus anda perhatikan,yaitu :
  • Pastikan si " pengirim " menuliskan alamat dengan benar

Kenapa menyerupai itu? Jika memang ternyata si pengirim yang salah menuliskan alamat anda,anda masih sanggup melaksanakan komplainya,tapi biasanya anda dan si pengirim yang akan disalahkan.Jika si pengirim sudah " YAKIN " menuliskan alamat anda dengan benar,silahkan lakukan tahapan berikut ini :
  • Datangi kantor distributor terdekat tempat si kurir pengirim paketan anda
  • Katakan permasalahan anda dengan kondisi kepala hambar ( tanpakan paketanta di kirim ke mana dan diterima oleh siapa )
  • Mintalah si kurir untuk bertanggung jawab dengan mengantarkan anda ke alamat orang yang salah kirim tadi
  • Kalau tidak,mintalah kurir tersebut untuk mengambil paketan anda kembali ( ingat,dengan kepala hambar dan nada bunyi yang selloww )
Kenapa saya selalu menekankan untuk anda selalu " damai dan santai "? Karena,banyak sekali kasus,dimana sebenarnyamasalah itu sanggup diselesaikan,berhubung menyampaikanya dengan emosi,bukanya duduk kasus selesai,malah tambah rumit.

Walaupun mereka salah,tapi anda harus " memakluminya " alasannya yaitu mereka juga insan biasa yang hanya mencari nafkah untuk keluarga mereka.Tenang,santai dan selloww,semuanya akan sanggup diatasi dengan kepala dingin.


Semua langkah diatas sanggup anda lakukan untuk seluruh wilayah di indonesia,baik bekasi,tangerang,semarang,surabaya,medan dan seluruh wilayah yang dijangkau oleh jasa expedisi ini.


TAMBAHAN


4. Nomor resi tidak terlacak


Ada lagi duduk kasus ketika nomor resi yang anda terima dari pengirim " tidak terlacak " oleh sistem di website tracking resi.Sebelum melapor,anda harus perhatikan point ini :
  • Pastikan nomor resi itu valid dan benar ( salah satu angka atau satu huruf,sudah dilarang )
  • Pastikan anda tidak " TERTIPU " ( alasannya yaitu banyak kasus,nomor resi tidak terlacak akhir sepenerima mengalami penipuan dengan diberikan nomor resi palsu )
  • Pastikan website sedang TIDAK ERROR ( tanyakan ke orang lain atau cobalah mengecek di website yang lain )
Jika nomor resinya memang BENAR dan VALID ternyata memang tidak terlacak,anda sanggup mencoba langkah ini :
  • Cobalah mengecek di website yang lain ( ada banyak website untuk mengecek nomor resi dan posisi paket sedang ada dimana )
  • Anda sanggup melaksanakan cara pada nomor 1 di artikel paling atas
  • Tunggulah beberapa jam kedepan,bisa jadi nomor resinya belum di input di data sentra atau website sedang error
Jika ternyata anda " TERTIPU ",tentu anda tidak sanggup menyalahkan pihak expedisi,yang harus anda lakukan yaitu melaporkan tindak penipuan tersebut ke pihak berwajib.


5. Pelayanan karyawan buruk


Walaupun jarang tejadi,jika anda mendapati duduk kasus ini,anda sanggup melaporkan dan memberikan keluhan anda dengan cara :
  • Datang ke kantor distributor terdekat dan sampaikan ke supervisor atau menager perihal karyawan mereka yang bersikap kurang mengenakan tadi ( ingat nama atau mukanya )
  • Hubungi kantor sentra dan katakan ke pihak CS perihal keluhan anda ( sanggup memakai e-mail atau live chat di website resmi mereka )
Bentuk buruknya layanan bermacam-macam,misalnya :
  • Sikap kurir yang tidak sopan
  • Sikap admin atau penginput data kurang ajar
  • Kurir yang tidak berhati-hati ketika mengantar paket anda
  • Tatabahasa yang kurang mengenakan dari karyawan
 Dan masih banyak keluhan yang sanggup anda laporkan kepada kantor pusatnya.


TIPS menghindari duduk kasus pengiriman barang/paket ketika memakai jasa exedisi


Ada sedikit tps dan trik semoga anda terhindar dari banyak sekali permasalahan pengiriman ketika memakai jasa expedisi,antara lain :
  • Pastikan pengirim menuliskan alamat dengan benar ( dengan mencantumkan nomor telepon aktif si peserta )
  • Pastikan pengirim dan peserta tahu " APA ITU NOMOR RESI " dan letaknya dimana
  • Selalu minta untuk menempelkan stiker " FRAGILE " dimana stiker itu fungsinya untuk memberi tahu kurir bahwa aket tersebut rawan rusak/pecah

Demikian pembahasan perihal bagaimana cara untuk melaksanakan komplain ke JNE ketika barang usang hingga rusak atau pecah dengan mekanisme yang benar.Semoga sanggup membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Cara Komplain Jne - Barang Rusak,Salah Kirim Dan Usang Sampai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel