iklan

Benarkah Biaya Transfer Pulsa Im3 Paling Murah Dibanding Operator Seluler Lain?

Saat ini persaingan industri telekomunikasi global telah hingga pada level, di mana para penyedia layanan berlomba-lomba untuk menurunkan tarif layanan demi menjaring jumlah konsumen yang lebih besar. 

Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah pengguna layanan seluler terbesar di dunia pun tak luput dari pengaruh persaingan ini. Terhitung dalam satu dekade terakhir telah muncul puluhan produk layanan seluler dalam bentuk kartu prabayar dan pascabayar yang mengincar segmen-segmen tertentu menyerupai pelajar, mahasiswa, profesional, hingga penduduk di kawasan tertinggal. Keberadaan kartu-kartu tersebut turut diiringi dengan “perang” tarif antar provider yang masing-masing mengklaim dirinya sebagai yang terbesar dan terbaik.

Salah satu produk kartu prabayar yang paling laku di antara pengguna layanan seluler tanah air yaitu IM3. Kartu prabayar besutan Indosat ini telah dipakai oleh puluhan juta pengguna di seluruh nusantara. Produk yang pada awalnya ditujukan bagi segmen usia muda ini disukai lantaran mempunyai jangkauan jaringan yang luas dan cepat serta banyak sekali varian paket layanan menyerupai paket telepon, sms, dan internet yang lengkap.

Disamping itu, Anda juga sanggup mendapat informasi baik pembelian pulsa maupun transfer pulsa IM3 di Traveloka. Penjelasan yang lebih lengkap seputar hal ini sanggup Anda lihat di sini. Meski dikenal sebagai situs penyedia layanan pemesanan tiket dan hotel, nyatanya Anda juga sanggup memakai situs Traveloka untuk membeli pulsa.

Fitur Transfer Pulsa pada Kartu Prabayar

Fitur Transfer Pulsa pada Kartu Prabayar – shutterstock

Fitur transfer pulsa ke sesama pengguna kartu prabayar yang sama yaitu salah satu layanan yang paling umum ditemukan pada setiap produk kartu seluler yang dikeluarkan oleh operator layanan. Fitur ini ditujukan untuk memudahkan user dalam melaksanakan pengisian pulsa prabayar ke sesama pengguna. 

Prosedur yang dipakai sangat bervariasi dari satu operator ke operator lain. Untuk kartu Indosat, pengguna hanya perlu mengirimkan satu baris sms ke nomor 151 dengan format:

Tp (spasi) Nomor Penerima Pulsa (spasi) Nominal Transfer

Prosedur tersebut sanggup dilakukan dengan beberapa syarat, yaitu:

✓ Saldo Sisa Transfer Minimal Rp500
Pengguna kartu prabayar IM3 diwajibkan untuk mempunyai saldo sisa sebesar Rp500 setiap selesai melaksanakan transfer pulsa IM3. Misalnya, kalau Anda mempunyai saldo pulsa sebesar Rp20.000, Anda hanya sanggup melaksanakan transaksi denga biaya total maksimal Rp19.500, alasannya yaitu harus ada sisa Rp500 pada saldo selesai Anda.

✓ Maksimal Transfer Rp200.000
Tiap nomor IM3 hanya diperkenankan untuk melaksanakan pengiriman pulsa maksimal sebesar Rp200.000 setiap hari. Kuota ini akan direset pada tengah malam yaitu jam 00.01. Tidak ada batasan total transfer pulsa setiap ahad atau bulan dalam hal ini.

✓ Biaya Administrasi
Sama menyerupai operator lainnya, proses transfer pulsa IM3 akan dikenakan biaya manajemen dengan tarif flat, yaitu sebesar Rp600 rupiah per transaksi. Dengan kata lain, kalau Anda melaksanakan 10 kali transaksi, pulsa Anda akan berkurang sebesar Rp6000 untuk keperluan administrasi.

✓ Jangkauan Transfer
Beberapa operator layanan seluler di Indonesia termasuk Indosat juga mempunyai jaringan hingga ke luar negeri. Sayangnya, fitur transfer pulsa hanya sanggup Anda gunakan bagi nomor yang berasal dari Indonesia saja. Sekalipun sama-sama memakai jaringan dan produk Indosat, Anda tidak sanggup mengirimkan pulsa ke negara lain.

Perbandingan Biaya Transfer Pulsa IM3 dengan Produk Kartu Prabayar Lain

Seperti yang sudah disebutkan di atas, di tiap transaksi transfer pulsa IM3 yang Anda lakukan akan ada biaya manajemen sebesar Rp600. Lantas apakah nominal ini termasuk lebih mahal atau murah dibandingkan dengan para kompetitornya?  Berikut yaitu perbandingan tarif tersebut dengan beberapa tarif transfer pulsa operator lain di Indonesia:

1. Simpati dan AS (Telkomsel)
Simpati dan AS (Telkomsel) – Tric Cara Tips
Dua produk kartu prabayar andalan Telkomsel ini mungkin yaitu kompetitor terbesar dari IM3. Kedua kartu ini mempunyai fitur transfer pulsa ke sesama penggunanya dengan limit transaksi hingga Rp1.000.000 setiap harinya. Pengguna fitur transfer ini akan dikenakan biaya sebesar Rp1500 pada tiap transaksi yang dilakukan. Angka yang jauh lebih mahal daripada tarif kartu prabayar IM3.

2. XL Axiata
XL Axiata – XL Axiata

XL Axiata atau biasa disebut XL saja yaitu salah satu produk kartu prabayar yang menyasar segmen belum dewasa muda di kawasan perkotaan. Tarif transaksi pulsa antar pengguna pada kartu ini mempunyai jumlah yang berbeda, tergantung nominal saldo pulsa yang ditransfer.

Sebagai contoh, untuk pulsa ke sesama pengguna XL user akan dikenakan tarif mulai dari Rp1000 hingga Rp5000, tergantung pada nominal saldo transfer (maksimal Rp1.000.000). Sementara transfer pulsa ke produk kartu prabayar yang lain (misalnya dari XL ke AXIS) akan dikenakan biaya mulai dari Rp1500 hingga Rp6000. 

3. Tri 
Tri - desaintsblog.files.wordpress
Kartu 3 (tri), tidak memasang tarif pada setiap transfer pulsa yang dilakukan ke sesama pengguna. Hal ini berarti Anda tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis untuk memakai fitur tersebut. Meski demikian, transfer pulsa ke sesama pengguna kartu prabayar 3 tidak menambah masa aktif pulsa yang dikirimkan. Bagi beberapa pengguna, kondisi ini sanggup jadi sangat merugikan lantaran masa aktif pulsa biasanya mempunyai rentang waktu yang tidak lama.

Demikianlah perbandingan tarif transfer pulsa antara kartu IM3 dengan jenis kartu prabayar lain. Dari goresan pena di atas sanggup dilihat bahwa IM3 yaitu salah satu kartu prabayar dengan tarif transfer pulsa ke sesama pengguna yang paling murah di Indonesia.

Jika dihitung-hitung, Anda sanggup menghemat banyak uang dengan memanfaatkan fitur ini. Sebagai gambaran, pengisian pulsa melalui konter biasa akan dikenakan biaya sebesar Rp2000 per transkasi, sementara dengan transfer pulsa, Anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp600 saja.


Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Benarkah Biaya Transfer Pulsa Im3 Paling Murah Dibanding Operator Seluler Lain?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel