8+ Faktor Yang Mempengaruhi Usul Dan Penawaran Suatu Barang
Akuntansilengkap.com – Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Dan Penawaran Suatu Barang | jikalau kita seorang pembeli, niscaya mengharapkan barang bermutu dengan harga murah bukan?
Nah, tapi keinginan kita itu niscaya berlawanan dengan keinginan penjual. Ya tentu, alasannya setiap penjual niscaya selalu berusaha untuk menjual barang dengan harga tinggi dan mendapat keuntungan yang maksimal.
Lalu jikalau ada dua keinginan begini apakah tetap sanggup terjadi jual beli? Pada kenyataanya masih sanggup terjadi jual beli dengan syarat telah mencapai harga keseimbangan.
Isi Artikel
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Permintaan
Permintaan (demand) yaitu jumlah barang atau jasa yang diminta konsumen pada banyak sekali tingkat harga dan faktor lainnya diasumsikan tetap (cateris paribus).
Namun, disamping harga barang sendiri ada faktor lain yang sanggup mempengaruhi tingkat ajakan masyarakat terhadap barang dan jasa, apa sajakah itu? Faktor lain itu seperti, pendapatan konsumen, ekspektasi, selera, harga barang lain dan ukuran pasar.
1. Tingkat Pendapatan Konsumen
Faktor ini merupakan faktor yang sanggup dianggap paling memilih ajakan konsumen atas barang atau jasa yang ingin dibelinya.
Jadi, seseorang yang meningkat pendapatannya tentu cenderung akan membeli barang lebih banyak, sedangkan bagi konsumen yang menurun pendapatannya tentu akan mengurangi barang yang dimintanya.
Ada ajakan barang khusus yang tidak berlaku meskipun terjadi perubahan pendapatan konsumen. Maksudnya jikalau pendapatan naik, konsumen justru mengurangi ajakan terhadap barang tersebut. Barang tersebut yaitu barang inferior.
Apa contohnya? Pernahkah kita melihat barang imitasi? Konsumen akan mengurangi pembelian barang ini alasannya barang tersebut biasanya gampang rusak atau berkualitas rendah.
2. Harga Barang Lain yang Berhubungan
Meningkatnya harga barang subtitusi atau barang yang saling menggantikan mengakibatkan ajakan barang tertentu akan meningkat. Di sisi lain, jikalau harga barang subtitusi menurun permintaannya juga relatif akan menurun.
Contoh barang subtitusi ibarat kopi dengan teh. Apabila harga kopi naik, ajakan teh akan meningkat alasannya faktor harga yang lebih murah dibandingkan kopi.
Nah untuk barang komplementer atau barang yang saling melengkapi. Contohnya kopi dengan gula pasir, kenaikan gula pasir akan menurunkan ajakan kopi menurun.
3. Jumlah Penduduk
Tingkat Permintaan barang atau jasa pada wilayah yang padat jumlah penduduknya akan lebih tinggi dibandingkan wilayah yang memiliki jumlah penduduk yang sedikit.
4. Selera Konsumen
Apabila konsumen lebih terarik kepada jenis telepon seluler dengan merek tertentu maka ajakan telpon tersebut akan meningkat dan lebih tinggi dibandingkan merek lainnya.
5. Harapan atau Ekspektasi Masyarakat
Misalnya, pemerintah dalam hal ini menaikkah harga BBM, masyarakat kebanyakan tentuakan meningkatkan ajakan BBM tersebut, dan bahkan ada yang menimbun dikarenakan ekspektasi kedepan bahwa harga BBM kemungkinan akan naik lagi.
Baca juga:
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penawaran
Penawaran (supply) diartikan sebagai jumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen di banyak sekali tingkat harga dan faktor lainnya yang diasumsikan tetap (ceteris paribus). Faktor lain yang sanggup mempengaruhi penawaran selain harga barang itu sendiri yaitu harga input, ekspektasi produsen dan teknologi.
1. Biaya Produksi
Perusahaan yang mengeluarkan biaya produksi untuk menghasilkan barang lebih rendah dibandingkan harga pasar akan mendapat keuntungan dengan jalan menawakan barang dan jasa dalam jumlah yang lebih besar.
Di sisi lain, jikalau biaya produksi relatif lebih tinggi dibandingkan harga pasar, tentu perusahaan akan memproduksi dalam jumlah yang lebih kecil. Makara kesimpulannya, biaya produksi menjadi kunci utama dalam memepengaruhi tingkat penawaran.
2. Teknologi
Kemajuan teknologi hampir selalu bermakna bahwa jumlah input (faktor produksi) yang diharapkan lebih sedikit. Rendahnya biaya input akan dioptimalkan produsen dengan meningkatkan output sehingga meningkatkan keuntungan yang diperoleh.
Kesimpulannya yaitu teknologi (mesin-mesin otomatis) sanggup menekan biaya produksi dengan demikian akan meningkatkan penawaran.
3. Ekspektasi/Harapan Produsen
Misalnya, para petani yang memperkitakan harga beras pada selesai tahun ini akan turun, maka petani akan mengurangi produksi sehingga akan mengurangi penawaran. Perubahan terhadap faktor yang memilih penawaran akan mempengaruhi kurva permintaan.
Dampaknya kurva penawaran akan bergeser ke bawah dan begitupun sebaliknya.
Demikianlah tadi 8+ Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Dan Penawaran Suatu Barang. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan terimakasih banyak atas kunjungannya. 🙂 Like and share yaa!
Kunjungi artikel lainnya:
- Pengertian, Contoh dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna [Lengkap]
- Pengertian Dan Contoh Pasar Persaingan Monopolistik Beserta Ciri-Cirinya
- Pengertian Pasar Monopoli, Ciri Ciri Dan Contohnya Serta Kelebihan Dan Kekurangan
- Pengertian Pasar Oligopoli, Ciri-Ciri dan Contohnya [Lengkap]
- [Lengkap] Pengertian Mudharabah, Syarat, Rukun Dan Contohnya
Sumber http://www.akuntansilengkap.com
0 Response to "8+ Faktor Yang Mempengaruhi Usul Dan Penawaran Suatu Barang"
Posting Komentar