iklan

5 Flora Yang Cocok Untuk Hidroponik Ini Patut Anda Coba

Tanaman yang cocok untuk hidroponik – Beberapa tahun terakhir bertanam hidroponik menjadi tren di dunia pertanian. Hidroponik ketika ini banyak dipakai untuk menanam banyak sekali jenis sayuran. Banyak sekali jenis sayuran yang ditanam dengan hidroponik untuk banyak sekali keperluan. Namun tahukah Anda apa itu hidroponik? hidroponik merupakan suatu cara bercocok tanam dengan memakai media air dan tanpa memakai tanah.


artikel terkait hidroponik: Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Rumah


Hidroponik berasal dari bahasa Yunani yaitu hidro dan ponos. Secara harfiah hidroponik berarti bertanam dengan memakai media berupa air. Bertanam dengan hidroponik merupakan suatu cara memaksimalkan penggunaan air, nutrisi dan oksigen biar pertumbuhan tumbuhan sanggup maksimal. Hidroponik ketika ini semakin banyak peminatnya, lantaran bertanam dengan hidroponik tidak memakai tanah yang didentikkan dengan kotor, selain itu bertanam dengan hidroponik juga sanggup mempercepat pertumbuhan tanaman.


Tanam yang cocok untuk hidroponik kebanyakan merupakan tumbuhan sayur, baik sayuran buah maupun sayuran daun. Berikut yaitu 7 jenis sayuran hidroponik yang lazim ditanam dengan hidroponik diantaranya:


Selada


Selada termasuk salah satu jenis tumbuhan yang cocok untuk hidroponik. Selada termasuk jenis sayuran daun yang cukup terkenal untuk dijadikan lalapan serta bernilai hemat cukup tinggi. Tanam yang satu ini termasuk tumbuhan sayuran daun yang berkelas sehingga usul akan tumbuhan ini pun relatif tinggi. Selada yang di budidayakan dengan hidroponik, umumnya mempunyai harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan selada yang di budidayakan dengan sistem konvensional. Oleh lantaran itulah selada menjadi salah satu tumbuhan sayur yang paling banyak di budidayakan dengan hidroponik.


 Beberapa tahun terakhir bertanam hidroponik menjadi tren di dunia pertanian 5 Tanaman Yang Cocok Untuk Hidroponik Ini Patut Anda Coba
Tanaman yang cocok untuk hidroponik- Tanaman selada

Hampir semua teknik bertanam dengan hidroponik sanggup diterapkan pada  selada. Mulai dari sistem sumbu, rakit apung, DFT maupun NFT sanggup diterapkan untuk tumbuhan selada. Selada termasuk tumbuhan yang cocok untuk hidroponik dengan habitatnya yang tergolong kecil. Dengan memakai hidroponik, tumbuhan sayuran hidroponik ini sanggup dengan gampang dibudidayakan. Jika Anda ingin bertanam selada hidroponik dengan tujuan komersil, sebaiknya Anda menentukan sistem atau metode yang paling efektif dan efisien dalam membudidayakannya.


Kangkung


Kangkung termasuk tumbuhan yang cocok untuk hidroponik, namun tidak semua jenis kangkung baik untuk dihidroponikkan. Kangkung yang cocok untuk hidroponik yaitu jenis kangkung darat, lantaran kangkung jenis ini habitatnya lebih dimungkinkan untuk dibudidayakan dengan hidroponik. Sistem paling cocok dalam membudidayakan kangkung dengan hidroponik yaitu sistem rakit apung atau dengan sistem sumbu. Kedua sistem ini lebih cocok dipakai untuk bercocok tanam kangkung dibandingkan dengan sistem NFT jikalau dilihat dari tingkat efisiensi.


Sistem rakit apung merupakan sebuah sistem hidroponik dengan memanfaatkan air yang dicampur dengan larutan nutrisi dan ditempatkan dalam suatu wadah besar, lalu sayuran hidroponik diapungkan dengan memakai sterofoam yang diberi lubang tanam. Namun dibutuhkan syarat tertentu biar tumbuhan yang cocok untuk hidroponik sanggup tumbuh dengan baik pada rakit apung. Syarat tersebut yaitu dengan memperlihatkan pompa larutan nutrisi biar larutan nutrisi tidak mengendap didasar kolam atau wadah dan untuk mensuplai udara atau oksigen yang dibutuhkan untuk perakaran tanaman. Oksigen tidak hanya dibutuhkan oleh daun namun akar juga membutuhkan oksigen untuk bernafas.


artikel hidroponik lainnya: Cara Membuat Tanaman Hidroponik Beserta Contohnya


Pakcoy


Pakcoy merupakan sayuran hijau yang berkerabat dengan caisin dan sawi. Sayuran pakcoy merupakan salah satu tumbuhan yang cocok untuk hidroponik dengan memakai sistem sumbu, rakit apung ataupun NFT. Sistem NFT merupakan sistem yang paling banyak dipakai untuk bertanam pakcoy dengan hidroponik. Sistem ini memakai pipa yang diposisikan sejajar horisontal dengan pedoman nutrisi yang tipis sehingga tidak seluruh belahan akar mendapat nutrisi.


Jika dibandingkan dengan sistem rakit apung atau sumbu, sistem NFT lebih memungkinkan tumbuhan sanggup tumbuh maksimal dan lebih cepat. Pada umumnya pakcoy sanggup dipanen sesudah umur satu bulan hingga dua bulan sesudah tanam. Apabila penanaman dilakukan dengan memakai sistem hidroponik maka pakcoy sanggup dipanen lebih cepat, itu artinya bertanam dengan hidroponik sanggup memaksimalkan pertumbuhan tumbuhan dan mempercepat masa panen.


Ketimun


Ketimun termasuk salah satu jenis sayuran buah atau tumbuhan sayur yang di ambil buahnya. Biasanya buah ketimun dipakai sebagai materi baku lalapan atau sanggup juga diolah sebagai sajian masakan lainnya. Meskipun ketimun merupakan tumbuhan yang cocok untuk hidroponik, namun Anda tidak sanggup menentukan sembarang sistem hidroponik dalam bertanam ketimun. Sebab ketimun termasuk tumbuhan sayuran buah. Sistem yang sanggup Anda gunakan yaitu sistem irigasi tetes serta sumbu atau substrat.


Sebagai sayuran hidroponik buah yang hidupnya merambat, sistem dalam hidroponik yang sebaiknya Anda pakai yaitu sistem irigasi tetes dan sistem sumbu. Sebab, ukuran tumbuhan ketimun sanggup bertamabah semakin besar dan semakin berat seiring pertumbuhan serta perkembangan tanaman. Sistem ini merupakan sistem yang paling baik untuk menanam ketimun.


 Beberapa tahun terakhir bertanam hidroponik menjadi tren di dunia pertanian 5 Tanaman Yang Cocok Untuk Hidroponik Ini Patut Anda Coba
Tanaman ketimun – Tanaman yang cocok untuk hidroponik

Tomat


Tomat merupakan suatu jenis sayuran buah ibarat halnya ketimun. Tomat termasuk tumbuhan yang cocok untuk hidroponik dengan menerapkan sistem substrat. Sebagai sayuran buah, tomat dibudidayakan untuk diambil buahnya. Berbeda dengan ketimun yang merambat, tumbuhan tomat merupakan tumbuhan yang sanggup tumbuh besar. Bertanam tomat dengan hidroponik hanya sanggup dilakukan dengan sistem sumbu dan sistem substrat. Hal ini dikarenakan kedua sistem tersebut mempunyai kemampuan untuk menopang berat tumbuhan tomat.


Hidroponik sistem sumbu yaitu suatu sistem yang memanfaatkan sumbu untuk mengkapilaritas nutrisi menuju media tanam atau yang dikenal dengan substrat. Media tanam yang sanggup dipakai berupa pasir, sekam bakar, cocopeat dan sebagainya. Selain memakai sistem sumbu dan substrat, bertanam hidroponik tomat juga sanggup dilakukan dengan sistem irigasi tetes. Sistem irigasi tetes merupakan sistem yang memperlihatkan larutan nutrisi dengan cara meneteskan larutan pribadi pada tanaman. Dengan demikian, penggunaan larutan nutrisi pada tumbuhan sanggup maksimal. Namun dalam sistem irigasi tetes Anda membutuhkan timer yang dipakai untuk mengatur jumlah tetesan nutrisi ke tanaman. Usahakan jangan hingga tumbuhan kekurangan asupan nutrisi.


artikel hidroponik terkait: Wow, Peluang Usaha Hidoponik Untung 40 Juta/bulan


sumber gambar: informasipengetahuan




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Flora Yang Cocok Untuk Hidroponik Ini Patut Anda Coba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel