iklan

4 Teknik Jitu Menciptakan Iklan Soft Selling Untuk Pemasaran Yang Bikin Pelanggan Klepek-Kelepek

Promosi bisnis yang gencar sering dianggap sebagai teknik marketing yang ampuh dalam sebuah bisnis. Teknik promosi yang gencar dikenal dengan istilah hard selling. Menyebut nama produk atau jasa terus-menerus atau mencetak brosur dan spanduk ialah teknik hardselling yang paling sering dilakukan.


Kini, ada pula movie placement yang memungkinkan suatu produk diiklankan di tengah-tengah program TV atau tayangan film bioskop. Bahkan di transportasi umum ibarat kereta api, busway, dan sebagainya.


Sebenarnya, hard selling tak selalu efektif menarik minat masyarakat. Justru banyak masyarakat yang bosan dan malas menyimak iklan-iklan berlebihan perihal suatu produk atau jasa. Kini, sudah waktunya Anda menerapkan konsep soft selling untuk urusan marketing bisnis.


Karena teknik promosi kekinian ini tak sekadar efektif untuk memasakan produk atau jasa. Tetapi juga sanggup membantu bisnis Anda membangun personal branding yang kuat. Bagaimana tekniknya, simak dibawah ini!


Menentukan Gaya Promosi sesuai dengan Target Pasar


Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai soft selling adalah mengklasifikasikan sasaran pasar. Teknik promosi untuk generasi milenial dan generasi Z, ibu rumah tangga, serta masyarakat berusia paruh baya tentu berbeda.


Klasifikasi sasaran pasar akan membantu Anda menemukan ilham promosi yang tepat. Sehingga pesan yang ingin disampaikan dalam promosi tersebut bisa diterima dengan baik oleh sasaran pasar Anda. Serta Anda bisa memilih gaya bahasa yang sesuai dengan sasaran pasar Anda.


Menyisipkan Promosi dalam Konten Berkualitas


Konten berkualitas ialah salah satu kunci kesuksesan teknik soft selling. Jika masyarakat kesulitan menemukan unsur promosi dalam konten Anda, berarti konten tersebut bisa disebut sukses.


Anda tak perlu terus-terusan menyebutkan nama produk atau jasa dalam setiap konten promosi. Karena hal tersebut hanya akan menciptakan masyarakat merasa bosan. Contohlah iklan-iklan yang berasal dari luar negeri, yang hanya menampilkan logo atau menyorot satu jenis produk mereka tanpa menyebut merek.


Sisipkan promosi seminimal mungkin di dalam sebuah konten berkualitas. Misalnya, suatu brand pembalut yang mengedukasi kaum perempuan sampaumur perihal fakta-fakta kesehatan organ reproduksi wanita. Tanpa menyebut merek secara gamblang, kaum perempuan yang menjadi sasaran pasar pun niscaya memahami maksud yang ingin disampaikan dalam konten tersebut.


Membuat Campaign yang Saling Berhubungan Satu Sama Lain


Campaign yang saling berafiliasi satu sama lain biasanya akan menciptakan masyarakat ingin tau menyimak kelanjutannya. Contohnya, suatu brand produk masakan yang pangsa pasarnya berupa keluarga.


Promosi bisnis yang gencar sering dianggap sebagai teknik  4 Teknik Jitu Membuat Iklan Soft Selling untuk Pemasaran yang Bikin Pelanggan Klepek-Kelepek


Brand tersebut bisa menciptakan konten-konten menarik yang saling berkaitan di hari ayah, hari ibu, hari anak, dan hari keluarga nasional. Sehingga kesan soft selling-nya akan semakin berpengaruh dan bisa memperlihatkan nilai-nilai istimewa bagi pemirsanya.


Menyiapkan Mini Web Series


Banyak pebisnis beranggapan bahwa masyarakat tidak betah menyimak iklan yang berdurasi panjang. Faktanya, iklan-iklan Thailand yang berdurasi lebih dari 3 menit justru sangat disukai. Karena banyak nilai kehidupan dan sisi humor yang ditampilkan dalam iklan-iklan tersebut.


Salah satu teknik soft selling yang sedang menjadi tren ialah mini web series. Tampilan iklan berbentuk mini drama berdurasi kurang dari 10 menit ternyata bisa menarik perhatian pengguna internet. Penggarapannya pun wajib dilakukan secara serius biar karenanya profesional dan berkesan.


Melakukan soft selling memang bukanlah hal mudah. Karena semua harus dipikirkan secara matang untuk benar-benar menemukan sasaran yang tepat. Banyak produk yang masih kesulitan dalam memilih soft selling, dikarenakan kurangnya kreatifitas.


Nah saatnya Anda menyiapkan ide-ide segar yang bisa dipakai untuk meraih konsumen yang sempurna untuk bisnis Anda. Jangan hingga Anda salah ilham dan konten, bukan menciptakan produk Anda semakin populer malah produk Anda semakin di jauhi oleh konsumen-konsumen potensial.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Teknik Jitu Menciptakan Iklan Soft Selling Untuk Pemasaran Yang Bikin Pelanggan Klepek-Kelepek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel