iklan

Tips Menentukan Bisnis Franchise Terlaris Dan Menguntungkan (Bag.2)

Franchise terlaris menjadi dambaan setiap orang Tips Memilih Bisnis Franchise Terlaris Dan Menguntungkan (Bag.2)Franchise terlaris menjadi dambaan setiap orang. Jika Anda mengikuti tulisan-tulisan di PojokBisnis.com ini niscaya Anda juga sudah faham bahwa bisnis franchise merupakan salah satu pintu gerbang menuju dunia kewirausahaan. Dengan membeli franchise berarti Anda tidak perlu memulai perjuangan dari nol. Franchisor sudah melaksanakan semuanya. Anda tinggal menyetorkan sejumlah uang sebagai pembelian franchise. Selanjutnya sistem yang sudah dirancang franchisor akan bekerja untuk Anda.


Tulisan ini merupakan kelanjutan dari Tips Memilih Franchise Yang Menguntungkan, dimana pada penggalan 1 tersebut dibahas 4 point yang harus diperhatikan dalam menentukan franchise terlaris yang menguntungkan. Jika belum membaca, Anda sanggup klik tautan yang sudah saya sematkan di awal paragraf ini.


Untuk mengingatkan kembali poin-poin pada penggalan satu tersebut meliputi; kunjungi kantor pusatnya, temui owner atau penanggung jawa utama, analisis laporan keuangan, dan yang keempat ialah demo produk.


Ya, Anda harus berhati-hati dalam menentukan bisnis franchise supaya sanggup meraup keuntungan, bukannya buntung.


Nah, pada penggalan kedua dari tips menentukan franchise terlaris kita akan membahas poin kelima hingga poin kedelapan. Simak terus biar Anda tidak masuk ‘jebakan Batman’ franchise abal-abal.


Tips Memilih Bisnis Franchise Terlaris Dan Menguntungkan



  1. SOP (Standard Operating Procedure)

    Setiap bisnis francshise niscaya dan harus mempunyai SOP (Standard Operating Procedure). Biasanya SOP mencakup semua lini bisnis mulai dari produksi, pemasaran dan promosi, costumer service, manajeman SDM, akuntansi dan keuangan, hingga layanan konsumen. Dan SOP memuat secara detail tiap penggalan tersebut, alasannya ialah SOP ini merupakan salah satu pilar sistem yang sanggup menggerakkan jalannya bisnis secara otomatis.Jika franchisor yang Anda datangi tidak mempunyai SOP, langsung saja tinggalkan!Jika beliau mempunyai SOP, masih harus diuji dan dibuktikan bahwa SOP tersebut sanggup diaplikasikan dengan baik. Karena sanggup saja SOP yang tertulis itu hanya komplemen ‘rayuan gombal’ biar Anda mau membeli franchise-nya. Anda harus melihat demo SOP secara pribadi oleh karyawan. Dan lalu wawancarai karyawan tersebut. Terutama berkaitan dengan cara beliau mengatasi komplain pelanggan dan cara pengelolaan pelanggan.Harusnya karyawan tersebut sanggup dengan terang dan rinci menerangkan pada Anda mengenai cara mendapatkan komplain, menyelesaikannya, dan mencegah supaya tidak terjadi komplain serupa di lalu hari. Begitu juga dengan cara mendapatkan pelanggan, cross selling, up selling, cara mendapatkan repeat order, dan yang terpenting ialah cara mendapatkan loyal customer.


    Ingat, setiap karyawan menerima pembinaan dan training, sehingga harusnya mereka sanggup menerangkan semua hal tersebut dengan terang kepada Anda.


  2. Kunjungi Outlet

    Sekarang saatnya Anda melihat aplikasi SOP secara riil di lapangan, yaitu dengan mengunjungi outlet yang sudah beroperasi. Di sana Anda sanggup melihat secara pribadi bagaimana karyawan bekerja, bagaimana aplikasi SOP secara riil.Selain melihat penerapan SOP secara langsung, dengan mengunjungi outlet yang sudah beroperasi, Anda sanggup melihat kinerja outlet. Anda sanggup melihat jumlah transaksi. Anda sanggup menandakan secara pribadi apakah bisnis franchise tersebut mempunyai potensi atau tidak. Bukti keberadaan potensi sanggup dilihat dari antusiasme masyarakat yang melaksanakan transaksi. Sekali lagi yang melaksanakan transaksi!Saat melaksanakan kunjungan Outlet jangan gampang tertipu oleh apa yang Anda lihat. Karena ramai itu belum tentu menguntungkan. Dan sebaliknya, sepi itu belum tentu rugi. Lihat transaksinya. Berapa banyak orang yang melaksanakan transaksi? Outlet ramai, tapi yang melaksanakan transaksi sedikit/tidak ada, jadi ternyata orang ramai hanya melihat-lihat produknya saja. Itulah yang saya maksud dengan ramai belum tentu menguntungkan. Outlet menyerupai itu tidak sanggup dikategorikan sebagai franchise terlaris.. Sebaliknya, yang mendatangi outlet hanya sedikit orang, tapi semuanya membeli. Outletnya sepi, tapi menguntungkan.

  3. Wawancara Frachisee

    Agar warta yang didapat seimbang dan obyektif, maka Anda juga harus menggali warta dari franchisee. Dari semua langkah yang sudah Anda jalani, Anda menerima informasi secara sepihak dari franchisor. Karena itu Anda juga harus wawancara orang-orang yang sudah lebih dahulu bergabung dengan bisnis franchise tersebut. Agar mendapatkan warta yang berimbang. Kroscek apakah semua warta yang disampaikan franchisor benar dan sesuai.Ada franchisee yang kecewa, dengarkan. Pengalaman jelek yang dialami franchisee mempunyai kegunaan bagi Anda untuk mengantisipasi kejadian serupa biar tidak terulang pada Anda. Itu kalau Anda jadi tetapkan untuk bekerja sama dalam bisnis franchise tersebut.Ada franchisee yang merasa puas. Jangan menciptakan Anda terlena! Sebab warta tersebut masih harus dibuktikan sendiri, jikalau Anda jadi tetapkan untuk bergabung.

  4. Pelajari Draft Perjanjian

    Nah selanjutnya penggalan terakhir dari tips menentukan bisnis franchise terlaris dan menguntungkan ini adalah: Pelajari draft perjanjian!Dalam perjanjian kerjasama ini Anda sanggup melihat itikad baik franchisor. Perhatikan setiap klausal perjanjian. Harusnya tiap pasal dibuat demi kenyamanan bersama, dan dan tidak berat sebelah. Pastikan semua sudah diatur secara rinci dan komplit dalam perjanjian kerjasama tersebut. Bukan hanya penggalan yang enak-enak saja yang dibahas. Bagian yang tidak yummy juga harus diatur secara jelas. Termasuk mengenai wanprestasi, pemutusan/pengakhiran perjanjian, force majeur, hingga pasal mengenai penyelesaian sengketa.Ingat, kita tidak tahu apa yang akan terjadi! Karena itu perjanjian kerjasama harus dibuat untuk mengatasi segala kemungkinan.


Nah, kini Anda sudah mengantongi lengkap 8 tips untuk menentukan bisnis franchise terlaris dan menguntungkan. Tips tersebut akan menghindarkan Anda dari franchise abal-abal. Ingat, beli franchise tujuannya biar sanggup mengeruk keuntungan, jangan hingga malah jadi buntung.


sumber gambar franchise terlaris: business-opportunities.biz



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Menentukan Bisnis Franchise Terlaris Dan Menguntungkan (Bag.2)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel