√ Teladan Rpp Kls 2 Sd Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SDN BOJONG 03
Kelas / Semester : 2/1
Tema/Sub Tema/PB : Tugasku Sehari-hari/Tugasku Sehari-hari di Rumah
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan problem nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang,
selanjutnya menyelidiki kebenaran jawabnya
Indikator
3.5.2 Menentukan usang suatu kegiatan memakai satuan jam.
4.5.1 Menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam
B.Indonesia
Kompetensi Dasar
3.3 Mengenal teks buku harian perihal kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik
keluarga dengan derma guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis
yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian perihal kegiatan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga secara berdikari dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup
diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu penyajian.
Indikator
3.3.2 Menceritakan aneka macam kegiatan anggota keluarga.
4.3.2 Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
PJOK
Kompetensi Dasar
3.10 Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan sehabis melaksanakan
aktivitas fisik.
4.10 Menceritakan perihal apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah
melakukan acara fisik.
Indikator
3.10.1 Mengidentifikasi aneka macam kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan
aktivitas fisik.
3.10.2 Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melaksanakan aktivitas fisik.
3.10.3 Mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melaksanakan aktivitas fisik.
4.10.1 Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melaksanakan acara fisik.
4.10.2 Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melaksanakan acara fisik.
PPKn
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami tata tertib dan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
dirumah dan sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan hukum di lingkungan keluargadan sekolah.
Indikator
3.2.2 Menunjukkan beberapa pola sikap yang sesuai dengan hukum yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.3 Menunjukkan beberapa pola sikap yang bertentangan dengan hukum yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.4 Menjelaskan manfaat dipatuhinya hukum dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.5 Menjelaskan akhir dilanggarnya hukum dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1 Berperilaku sesuai dengan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
C. Tujuan Pembelajaran
D. Buku Guru Kelas II SD/MI
1. Dengan mengamati gambar gerakan pemanasan, siswa sanggup mengidentifikasi berbagai
kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melaksanakan acara fisik dengan cermat.
2. Dengan memperhatikan gambar gerakan pemanasan, siswa sanggup mengelompokkan
kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melaksanakan acara fisik dengan disiplin.
3. Dengan memperhatikan gambar gerakan pendinginan, siswa sanggup mengelompokkan
kegiatan yang boleh dilakukan sehabis melaksanakan acara fisik dengan disiplin.
4. Dengan mendengarkan klarifikasi guru, siswa sanggup mengelompokkan kegiatan yang
tidak boleh dilakukan sebelum melaksanakan acara fisik dengan disiplin.
5. Dengan menentukan kegiatan yang diperbolehkan, siswa sanggup menceritakan kegiatan
yang boleh dilakukan sebelum melaksanakan acara fisik dengan percaya diri.
6. Dengan menentukan kegiatan yang tidak diperbolehkan, siswa sanggup menceritakan
kegiatan yang perlu dihindari sebelum melaksanakan acara fisik dengan percaya diri.
7. Dengan mengamati gambar aneka macam pilihan kegiatan Siti, siswa sanggup menjelaskan
manfaat dipatuhinya hukum dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
8. Dengan memperhatikan gambar aneka macam pilihan kegiatan Siti, siswa sanggup berperilaku
sesuai dengan hukum yang berlaku dalam gerakan dengan cermat.
9. Dengan menentukan media gambar aneka macam pilihan kegiatan Siti, siswa sanggup menunjukkan
beberapa pola sikap yang sesuai dengan hukum yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
10. Dengan mengamati media gambar aneka macam pilihan kegiatan Siti, siswa
dapat menunjukkan beberapa pola sikap yang bertentangan dengan hukum
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
11. Dengan mengamati gambar jam, siswa sanggup menuliskan waktu tertentu yang berkaitan
dengan jam secara percaya diri.
12. Dengan mengamati gambar jam, siswa sanggup menentukan usang suatu kegiatan
menggunakan satuan jam dengan cermat.
13. Dengan diskusi kelompok, siswa sanggup menjelaskan manfaat dipatuhinya hukum dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
14. Dengan diskusi kelompok, siswa sanggup menjelaskan akhir dilanggarnya hukum dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
15. Dengan diskusi kelompok, siswa sanggup membacakan teks buku harian kegiatan keluarga
yang telah ditulis dengan percaya diri.
16. Dengan maju ke depan kelas, siswa sanggup menceritakan aneka macam kegiatan anggota
keluarga dengan percaya diri.
D. Materi Pembelajaran
1. Menunjukkan beberapa pola sikap yang sesuai dan tidak sesuai dengan hukum yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2. Menceritakan kegiatan yang boleh dan dilarang dilakukan sebelum melaksanakan
aktivitas fisik.
3. Menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam.
4. Menjelaskan manfaat dipatuhinya hukum dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
5. Menjelaskan akhir dilanggarnya hukum dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
6. Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
D. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1. Metode :Penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab.
2. Pendekatan :saintifik ( mengamati, menanya mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan )
E. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Gambar kegiatan Siti melaksanakan kegiatan lari pagi di sekitar rumah.
2. Gambar gerakan pemanasan, pendinginan, dan gerakan yang perlu dihindari.
3. Gambar kegiatan Siti sesuai tata tertib.
4. Gambar jam
Sumber mencar ilmu : Buku tematik terpadu kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1.Mengkondisikan siswa ke dalam situasi pembelajaran aktif dan kreatif 2. Mengadakan apersepsi dengan mengajak semua siswa berdoa berdasarkan agama dan kepercayaan masing-masing dan komunikasi perihal kehadiran siswa 3. Tanya jawab perihal gambar kegiatan dikelas 4. Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan . | 10 Menit |
Kegiatan Inti | Mengamati : • Guru membimbing siswa untuk mengamati teks bacaan tentang Siti melaksanakan kegiatan jogging di pagi hari dengan cermat. • Siswa mengamati teks bacaan perihal Siti melakukan kegiatan jogging di pagi hari (mengamati). • Siswa mengamati gambar aneka macam gerakan pemanasan (mengamati). • Siswa mengamati gambar aneka macam gerakan pendinginan (mengamati). Menanya: • Siswa menanya perihal lari pagi (menanya). • Siswa menanya perihal gerakan yang dilakukan Siti (menanya). • Siswa menanya perihal manfaat pemanasan (menanya). • Siswa menanya perihal pendinginan (menanya). Beraktifitas : • Siswa mengidentifikasi aneka macam kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melaksanakan acara fisik (mengumpulkan informasi). • Siswa memperhatikan gambar aneka macam kegiatan Siti (mengamati). • Siswa mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melaksanakan acara fisik (mengasosiasi). • Siswa mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melaksanakan acara fisik (mengasosiasi). • Siswa mengelompokkan kegiatan yang dilarang dilakukan sebelum melaksanakan acara fisik (mengasosiasi). • Siswa memperlihatkan tanda centang () pada kegiatan yang diperbolehkan sebelum melaksanakan lari (mengasosiasi). • Siswa memperlihatkan tanda silang () pada kegiatan yang tidak diperbolehkan sebelum melaksanakan lari (mengasosiasi). Bercerita: • Siswa menceritakan kegiatan yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan sebelum berlari (mengomunikasikan). Menulis : • Siswa menyimpulkan alasan tidak diperbolehkan melakukan gerakan lari tanpa persiapan dan pemanasan (mengasosiasi) Berlatih : • Siswa mengamati gambar kegiatan Siti di rumah (mengamati). • Siswa memperlihatkan beberapa pola sikap yang sesuai dengan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mengumpulkan informasi). • Siswa memperlihatkan beberapa pola sikap yang bertentangan dengan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mengumpulkan informasi). • Siswa memperlihatkan tanda centang () untuk kegiatan yang menunjukkan kiprah sesuai tata tertib (mengasosiasi). • Siswa memperlihatkan tanda silang () untuk kegiatan yang menunjukkan kiprah tidak sesuai tata tertib (mengasosiasi). • Siswa menuliskan waktu yang ditunjukkan gambar. Menulis : • Siswa mengingat semua sikap yang biasa dilakukan di rumah (mengasosiasi). • Guru membimbing siswa untuk menulis sikap yang biasa di lakukan di rumah dengan disiplin. • Siswa menulis sikap yang biasa di lakukan di rumah (mengomunikasikan). • Siswa menentukan kesesuaian sikap yang biasa dilakukan dengan tata tertib (mengasosiasi). Berdiskusi : • Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan tentang tugas menjaga kebugaran badan dengan percaya diri. • Siswa mendiskusikan perihal kiprah menjaga kebugaran tubuh (mengumpulkan informasi). • Siswa mendiskusikan perihal manfaat dipatuhinya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mengumpulkan informasi). • Siswa mendiskusikan perihal akhir dilanggarnya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mengumpulkan informasi). Bercerita : • Siswa menceritakan aneka macam kegiatan anggota keluarga (mengomunikasikan). | 150 Menit |
Penutup | 1.Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan/rangkuman hasil mencar ilmu selama sehari 2. Bertanya jawab perihal materi yang telah dipelajari ( untuk mengetahui ketercapaian materi) 3.Melakukan evaluasi hasil belajar 4.. Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran). a. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb). b. Segera memperlihatkan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang tepat dalam berdo’a, biar besok kalau berdo’a lebih disempurnakan. | 15 Menit |
H. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Penilaian sikap : Percaya diri, teliti, dan santun.
b. Penilaian pengetahuan : Daftar periksa dan skor
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk kerja gerakn bermain
2. Bentuk Intrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
No | Nama siswa | Perubahan Tingkah laku | |||||||||||
Percaya Diri | Teliti | Santun | |||||||||||
BT | MT | MB | SM | BT | MT | MB | SM | BT | MT | MB | SM | ||
1 | Rudi | | | | | | | | | | | | |
2 | Dini | | | | | | | | | | | | |
3 | Santi | | | | | | | | | | | | |
4 | Nuni | | | | | | | | | | | | |
b. Penilaian pengetahuan
Penilaian Mengajukan Pertanyaan
No | Kriteria | Tercapai | |
Ya | Tidak | ||
1 | Mampu mengajukan pertanyaan | | |
2 | Mampu menjawab pertanyaan teman | | |
c. evaluasi keterampilan
a. Rubrik Penilaian Membaca Teks Percakapan
No | Kriteria | Baik Sekali | Baik | Cukup | Perlu Bimbingan |
4 | 3 | 2 | 1 | ||
1 | Mempersiapkan alat/Bahan | | | | |
2 | Kreatifitas | | | | |
3 | Kebersihan | | | | |
4 | Kerapihan | | | | |
Mengetahui Pameungpeuk, 20 Juni 2014
Kepala SDN BOJONG 03 Guru Kelas 2
TAYAT, S.Pd.SD YANTI SUSANTI, S.Pd.
NIP.195905071979122006
0 Response to "√ Teladan Rpp Kls 2 Sd Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2"
Posting Komentar