iklan

Strategi Product Line Extention Untuk Melipatgandakan Laba Ukm Kamu

Anda pernah dengar perihal product line extention?


Istilah tersebut memang masih gila bagi masyarakat awam. Namun, sebetulnya product line extention merupakan taktik yang sudah usang dipakai di dunia bisnis. Hampir semua bisnis memproduksi bermacam-macam produknya dengan prinsip product line extention. Kalau ingin tahu lebih banyak perihal taktik tersebut, yuk simak dulu ulasan berikut ini.


Apa yang Dimaksud dengan Product Line Extention?


Product line extention dapat didefinisikasn sebagai taktik bisnis yang memakai merek yang sama untuk memproduksi produk sejenis atau produk pada kategori jenis yang berlainan. Definisi tersebut akan lebih gampang dimengerti dengan beberapa ilustrasi berikut ini:



  • Suatu merek deterjen terkenal memakai mereknya untuk diversifikasi produk yang berbeda. Ada produk deterjen khusus pakaian putih, deterjen khusus hijab, dan deterjen khusus pakaian bayi dengan merek yang sama.

  • Produk selai kacang memakai merek yang sama pada beberapa varian produknya. Ada selai kacang yang teksturnya sangat creamy dan lembut, ada pula yang masih terdiri dari gabungan kacang yang renyah.

  • Awalnya, suatu merek dipakai untuk produk wafer cokelat lapis karamel yang sangat disukai masyarakat. Lama kelamaan, merek tersebut juga dipakai untuk produk wafer yang ukurannya lebih kecil serta minuman dengan cita rasa cokelat yang pekat.


Penerapan product line extention memang bisa diadaptasi dengan kebutuhan dan prinsip bisnis. Tidak ada standar baku dalam penerapannya. Kreativitas bisnis sanggup dipadukan dengan product line extention demi mengungguli persaingan pasar.


Beragam Manfaat Product Line Extention


Bisnis Anda akan memperoleh beberapa manfaat ini kalau bisa menerapkan product line extention secara efektif:


Mengikuti Tren yang Sedang Digandrungi Masyarakat


Anda tak harus menghilangkan produk andalan Anda demi mengikuti perubahan tren. Karena Anda bisa menghadirkan variasi produk gres sebagai solusinya. Dengan demikian, pelanggan yang selalu setia dengan produk Anda pun tak akan kehilangan minat. Di sisi lain, Anda pun berkesempatan memikat pelanggan-pelanggan gres dengan produk up to date yang Anda tawarkan.


Menjangkau Pangsa Pasar yang Lebih Luas


Product line extention biasanya juga bertujuan untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Misalnya, produk keripik super pedas disukai oleh lebih banyak didominasi orang dewasa. Jika ingin menjangkau pangsa pasar dari kalangan anak-anak, maka harus ada varian produk yang tidak pedas dengan rasa tak kalah lezat. Sehingga niat untuk memperluas pangsa pasar pun akan tercapai secara maksimal.


Meningkatkan Omzet Bisnis


Istilah tersebut memang masih gila bagi masyarakat awam Strategi Product Line Extention untuk Melipatgandakan Keuntungan UKM Kamu


Kalau Anda sedang menghadapi penurunan omzet bisnis yang cukup signifikan, berarti ada yang salah pada bisnis Anda. Mungkin saja pelanggan sudah mulai bosan dengan produk yang monoton. Sudah waktunya untuk menghadirkan inovasi, salah satunya dengan memanfaatkan taktik product line extention.


Cobalah untuk kembali menggugah ketertarikan pelanggan dengan mempromosikan produk-produk baru. Kemungkinan besar omzet bisnis Anda akan meningkat seiring dengan kembalinya minat para pelanggan.


Loyalitas Pelanggan Pun Ikut Meningkat


Tak cuma efektif meningkatkan omzet bisnis, taktik product line extention juga terang kuat pada loyalitas pelanggan. Bukan diam-diam lagi kalau pelanggan menyukai merek-merek terkenal yang rajin menghadirkan inovasi. Karena sejatinya perkembangan bisnis harus berorientasi pada kepentingan pelanggan. Semakin banyak variasi produk yang dihadirkan, maka semakin besar pula loyalitas pelanggan. Sebab pelanggan merasa leluasa menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhannya.


Kepiawaian Anda memanfaatkan taktik product line extention pasti akan mendukung perkembangan bisnis Anda di masa mendatang. Jangan malas untuk selalu mengikuti perkembangan zaman. Bukan hanya harapan dan kebutuhan pelanggan yang selalu berubah, bisnis Anda pun harus punya prinsip yang dinamis.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Strategi Product Line Extention Untuk Melipatgandakan Laba Ukm Kamu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel