✔ Sistem Bayar Denda Ganti Rugi Di Indomaret Atau Alfamart
Mungkin anda pernah mendengar atau bertanya bagaimanakah sistem bayar denda atau ganti rugi untuk mengganti kerugian yang ada di perusahaan ritel indomaret serta alfamart.Saya akan menjelaskan kapan dan bagaimana perhitungan pembayaran hukuman tersebut dalam artikel saya kali ini.
Denda yang berlaku di indomaret atau alfamart biasanya diberikan atau dibebankan kepada karyawan toko tersebut.Tetapi ada waktu tertentu dan kondisi khusus yang mengakibatkan hukuman ini berlaku dan tidak selamanya pekerja akan dikenakan potongan atau penalti ibarat ini.
Denda yang berlaku di indomaret atau alfamart biasanya diberikan atau dibebankan kepada karyawan toko tersebut.Tetapi ada waktu tertentu dan kondisi khusus yang mengakibatkan hukuman ini berlaku dan tidak selamanya pekerja akan dikenakan potongan atau penalti ibarat ini.
Bagaimana Perhitungan Denda di Indomaret dan Alfamart?
Denda indomaret atau alfamart merupakan sebuah istilah dikala terjadi selisih perhitungan ( minus ),maka karyawan wajib untuk mengganti kerugian sejumlah selisih tersebut.Pembayaran ini biasanya dibagi secara adil untuk semua karyawan toko,dimana adil berarti " tidak sama rata " melainkan sesuai jabatan dan besar honor masing-masing karyawan toko tersebut.
Jika klarifikasi sebelumnya belum sanggup menciptakan anda mengerti,maka akan saya perjelas lagi.Begini :
Minus didalam perusahaan indomart atau alfamaret itu dibagi menjadi 2 jenis,yaitu :
Sumber http://www.pujihartono.id
Minus itu Apa?
Jika klarifikasi sebelumnya belum sanggup menciptakan anda mengerti,maka akan saya perjelas lagi.Begini :
Minus didalam perusahaan indomart atau alfamaret itu dibagi menjadi 2 jenis,yaitu :
- Minus uang
Minus uang yakni dikala jumlah uang yang ada didalam komputer " berbeda " dengan uang yang ada di toko.Contohnya bila didalam komputer uangnya tertulis 500.000,maka harus ada uang sebesar itu di toko.
Jumlah uang ini dihitung dari jumlah barang yang terjual.Jadi antara jumlah barang yang terjual HARUS SAMA dengan jumlah uang yang seharusnya didapatkan.
Masih kurang jelas? Ok,saya sederhanakan.
Bayangkan ada 5 barang yang terjual,dimana masing-masing barang harganya yakni 2.000 rupiah.Jadi uang yang harus ada yakni 5 x 2.000 = 10.000 rupiah.
Jika uangnya HANYA ADA 8.000 rupiah,berarti itu minus 2.000 rupiah.
- Minus barang
Minus barang yakni dikala jumlah stok yang ada di komputer " berbeda " dengan jumlah yang ada di dalam toko.Contohnya bila didalam komputer tertulis jumlah barang 1.000,maka jumlah barang yang ada di toko juga harus sebesar jumlah yang tertera di komputer.
Jumlah barang ini dihitung dari stok awal di kurangi dengan jumlah barang yang terjual.
Sederhananya begini :
Setiap hari,dari sentra akan dikirmkan beberapa barang dan karyawan toko akan menjumlahkanya.Angap saja jumlah barang di toko 100 barang.
Kemudian dalam hari itu terjual 20 barang,sisa yang harus ada yakni 80 barang bukan? Jika ternyata sisanya HANYA 70 barang,berarti toko anda minus 10 barang.
Karena basis data yang dipakai oleh perusahaan ritel yakni komputer,jadi data utama yakni data yang ada didalam komputer.Jika di komputer tertera jumlah uang 1.000.000.maka mau tidak mau harus ada uang sebesar itu,begitu pun untuk jumlah barang.
Kenapa memakai sistem komputer? Jelas hal ini dilakukan untuk menghindari kecurangan yang mungkin saja dilakukan oleh karyawan yang tidak bertanggung jawab.
Kapan perhitungan minus dilakukan?
Perhitungan minus ( uang dan barang ) dilakukan dengan METODE YANG BERBEDA.
- Untuk perhitungan minus uang,dilakukan dikala pergantian shift terjadi,ketika shift 1 berganti dengan shift 2 dan seterusnya.
Ketika pergantian shift,petugas/karyawan pada shift tersebut akan menghitung jumlah uang yang didapatkan dan di cocokan dengan jumlah barang terjual yang ada di dalam komputer.Jika " klop ",maka semuanya sanggup dikatakan lancar/aman.
Jika kurang,itulah jumlah mines yang harus anda dan karyawan satu shift dengan anda bayarkan.
Kalau uangnya,kapan di setorkan?
Uang yang terkumpul,akan di setorkan dikala ada pengiriman barang dari pusat.Jadi sesudah toko mendapatkan kiriman barang,pihak toko akan menyerahkan uang kepada petugas kirim barang yang selanjutnya akan di serahkan ke pusat.
Bisa setiap 2 hari sekali,3 hari sekali ataupun dalam kurun waktu tertentu.Mengikuti aktivitas pengiriman saja ( biasanya sih 1 atau 2 hari sekali ).
- Untuk perhitungan barang yang mines,akan dilakukan dikala ada " AUDIT ".Audit yakni kegiatan perhitungan stok total barang yang ada di toko yang dilakukan oleh orang sentra ( kurang lebih 3 orang ).
Audit ini terjadi setiap 1 bulan sekali dan jadwalnya tidak niscaya ( mendadak ).
Ketika audit terjadi,maka jumlah barang keseluruhan yang ada di toko akan dihitung dan di cocokan dengan data yang ada di komputer pusat.Harus sama,jika mines,itulah hukuman anda dan karyawan lain yang tentu saja harus anda ganti.
Penyebab minus terjadi di indomaret serta alfamart
Ok,jika semuanya klop,maka anda tidak perlu menghawatirkan apapun.Tetapi bila terjadi minus,anda perlu untuk membaca artikel selanjutnya.
Kenapa hal tersebut sanggup terjadi? Kapan dan apa saja yang sanggup menjadi faktor sebabnya?
Karena minusnya itu terbagi menjadi 2 jenis,maka penyebabnyapun terbagi menjadi banyak hal.Saya akan menjelaskanya untuk anda.
- Untuk minus uang,terjadi akhir beberapa hal berikut ini :
- Kasir terlalu banyak menawarkan kembalian ke pembeli ( seharusnya kembali 5.000,malah diberi 10.000 )
- Kasir salah menghitung uang pembeli ( seharusnya bayar 20.000,tetapi lantaran kasir lalai,pembeli hanya bayar 15.000 saja )
- Kesalahan komputer ( dikira gagal transaksi dengan pelanggan,ternyata berhasil dan pelanggan sudah keburu pergi lantaran menganggap transaksinya gagal )
- Ada yang sengaja mengambil
- Menukar uang tetapi jumlahnya terlalu banyak atau tidak sesuai dengan yang seharusnya
Hal ini memang paling rawan terjadi di area kasir,tetapi bukan 100% kesalahan kasir yaa,karena itu semua yakni kerjasama team.
Masih ada beberapa hal lain yang mungkin tidak sempat saya tuliskan dalam artikel kali ini.Paling tidak dengan klarifikasi diatas,anda sudah sedikit faham dan mengerti.
- Untuk minus barang,terjadi akhir beberapa hal berikut :
- Kasir salah menghitung jumlah barang ( pembeli membeli 5 barang,tetapi yang di input hanya 4 barang,jadinya minus 1 barangnya )
- Ada yang mencuri dengan sengaja
- Ada karyawan atau petugas yang lalai ( ambil makanan atau minuman tetapi lupa belum bayar )
- Dan masih banyak lagi
Untuk kekurangan ini,terjadi di seluruh area toko dan sekali lagi saya katakan bahwa ini yakni kerjasama tim,tidak sanggup menyalahkan satu sama lain.
Bagaimaman pembagian sangsi denda?
Jika terjadi kekurangan,maka semua karyawan akan dikenakan sangsi.Diawal saya katakan bahwa pembagianya itu " adil " dimana adil berarti TIDAK SAMA RATA.
Pembagianya biasanya untuk jabatan yang paling tinggi,akan dikenakan hukuman YANG PALING BESAR,dan jabatan dibawahnya mengikuti hingga yang paling bawah.
Khusus untuk kekurangan " uang ",karena sebagian besar terjadi di area kasir,maka petugas kasirlah yang biasanya paling banyak terkena sanksi.Untuk kekurangan barang,maka pembagianya berdasarkan jabatan ibarat yang saya katakan diatas.
Kalau minusnya uang,itu kan praktis ngaturnya,tinggal dibagi saja.Jika minusnya barang bagaimana?
Untuk hal tersebut,akan dihitung berdasarkan HARGA dari barang yang kurang.Jadi,barang yang kurang itu HARGANYA berapa,dijumlahkan,kemudian dendanya sesuai dengan jumlah harga tersebut.
Bagaimana bayar dendanya?
Setelah jumlah kekurangan/minus terhitung dan sangsinya sudah ditentukan ( si A sekian,si B sekian dst ) maka,selanjutnya yakni karyawan harus membayarnya.
Untuk membayar ganti rugi,perusahaan menawarkan beberapa opsi,antara lain :
- Bayar eksklusif dengan uang cash atau
- Menggunakan sistem potong gaji
Sepengalaman saya,jika minusnya itu masih dalam kategori ringan ( puluhan ribu ),biasanya karyawan eksklusif patungan dan membayarnya.
Tetapi bila kekuranganya hingga jutaan rupiah,maka karyawan akan menentukan untuk potong honor setiap bulan.
Apakah harus bayar?
Jika memang sudah dikenakan sangsi,maka setiap karyawan HARUS/WAJIB untuk mengganti atau membayarnya.Jika tidak membayarnya,maka perusahaan sanggup " menunda " honor bulanan karyawan tersebut.
Selain itu,jika anda tidak membayarnya,anda sanggup mendapatkan problem lain ibarat TIDAK DIBERIKAN PAKLARING dikala habis kontrak ataupun hal lain yang sanggup merugikan anda sendiri nantinya.
Apakah semua toko niscaya minus?
Sebenarnya TIDAK SEMUA toko akan mengalamai kekurangan ibarat ini,banyak toko yang tidak pernah terkena sanksi,tetapi itu butuh usaha dan kerjasama yang extra.
Makara hal tersebut sangat bersahabat kaitanya dengan karyawan yang ada didalam toko itu sendiri,selain itu lingkungan juga berpengaruh.
Bagaimana mencegah minus?
Untuk mencegah minus,seperti yang sudah saya jelaskan bahwa anda dituntut untuk melaksanakan kerja yang extra,seperti :
- Berhati-hati dan teliti dikala bertugas sebagai kasir
- Jujur dalam segala hal ( terutama problem uang dan barang )
- Melakukan pengawasan extra terhadap pembeli ( untuk tempat yang banyak maling atau pencurinya)
- Selalu berfikir dalam melaksanakan segala hal ( jangan masa ndeso )
- Lakukan komunikasi dan saling membantu satu sama lain
Jika anda diterima bekerja di perusahaan ritel ini nanti,ketika training,anda akan diberikan beberapa trik untuk mencegah terjadinya kekurangan di toko anda.
Kalau PLUS,apakah ada?
Jika mines ada,kalau PLUS apakah itu ada dan mungkin terjadi?
ADA dan sanggup saja terjadi.Plus yakni uang dan barang yang lebih banyak dari data komputer.Tetapi perlu anda ketahui bahwa " PLUS " yakni kondisi yang sanggup dibilang " kurang elok " untuk evaluasi toko.
Loh,kenapa sanggup ibarat itu?
Itu lantaran pihak perusahaan nantinya akan berfikir bahwa anda : menipu/mengakali pembeli,contoh sederhananya yakni :
Ketika ada hadiah untuk pembeli,dimana dikala pembeli belanja produk tertentu,maka pembeli berhak mendapatkan hadiah.
Jika barang hadiah tersebut TIDAK DIBERIKAN,maka hal itu akan mengakibatkan STOK menjadi PLUS.Memang baik untuk toko,dimana kemungkinan kerugian akan semakin kecil.
Tetapi ibarat yang saya katakan,pihak perusahaan nantinya akan berfikir kalau anda melaksanakan kecurangan kepada pembeli.Tetapi hening saja,jika senior anda yakni karyawan yang cerdas dan berpengalaman,mereka semua tau harus bagaimana dan berbuat apa.
Diatas yakni sedikit klarifikasi yang mungkin sanggup menciptakan anda lebih mengerti dan memahami apa itu sangsi karyawan indomart dan alfamaret.Jika ada pertanyaan,silahkan tanyakan di kolom komentar.
BACA :
- Apakah resign dari indomaret atau alfamart disuruh bayar?
Demikian klarifikasi ihwal bagaimana sistem pembayaran denda atau sangsi ganti rugi yang ada di toko indomaret serta alfamart.Semoga membantu anda,see uu.
0 Response to "✔ Sistem Bayar Denda Ganti Rugi Di Indomaret Atau Alfamart"
Posting Komentar