iklan

Reksadana Syariah: Panduan Investasi Mulai 100 Ribu Dan Online

Reksadana Syariah ialah manfaat buat Anda yang ingin investasi sesuai aturan Islam. Bagaimana pengertian Reksadana Syariah  dan cara mulainya? Tidak sulit. Bisa dilakukan secara online, mulai dari nominal 100 ribu. Jika sanggup ber-investasi sejalan dengan keyakinan Agama kita, kenapa tidak. Pasti akan lebih afdol.

Anda sanggup membeli Reksadana berbasis Syariah. Ini jenis Reksadana terbaik, yang sudah dinilai forum terkait bahwa proses investasinya sesuai ketentuan Syariah.

Dimana dan bagaimana membeli Reksadana Syariah terbaik ?

Tidak sulit dan sebetulnya sangat mudah. Asalkan Anda tahu dimana dan caranya.

Reksadana Syariah: Panduan Investasi

Kebetulan, beberapa waktu kemudian saya melaksanakan investasi di Reksadana Syariah.

Saya menentukan melaksanakan investasi secara online. Karena itu cara yang berdasarkan saya paling gampang dan murah.

Saya melaksanakan lewat platform IPOT. IPOT ialah platform yang melayani jual beli Reksadana secara online.

Sebelumnya, saya sudah pernah beli Reksadana Konvensional di IPOT. Karena IPOT juga memperlihatkan daftar Reksadana Syariah, kenapa tidak saya coba.

#1 Memilih Reksadana Syariah

IPOT menyediakan 25 Reksadana berbasis Syariah.

Salah satu keunggulan IPOT ialah Reksadana yang dijual tiba dari banyak sekali Manajer Investasi. Pilihan bagi calon investor menjadi sangat beragam.

Punya banyak pilihan Reksadana itu penting.  Ada baiknya Anda membaca goresan pena saya mengenai “Kenapa Penting dan Sangat Penting mengetahui Jenis Reksadana Sebelum Berinvestasi”.

Tulisan tersebut memberikan citra bagaimana menentukan jenis Reksadana Syariah yang tepat.

#2 Cukup Sediakan 100 ribu

eksadana Syariah ialah manfaat buat Anda yang ingin investasi sesuai aturan Islam Reksadana Syariah: Panduan Investasi Mulai 100 ribu dan Online

sumber: Indopremier.com

Ini yang banyak orang belum tahu bahwa tidak butuh uang banyak untuk sanggup membeli Reksadana.

Cukup sediakan Rp 100 ribu !

Tidak percaya ?

Ini saya ambil pola Reksadana yang saya pilih, yaitu BNP Paribas Pesona Syariah. Terlihat bahwa persyaratan investasi cukup Rp 100 ribu. Berikutnya pun Anda cukup menaruh kembali Rp 100 ribu.

#3 Tidak Harus Investasi Bulanan

Banyak orang menganggap bahwa Reksadana mewajibkan investasi setiap bulan. Itu anggapan yang salah.

Tidak ada kewajiban investasi rutin di Reksadana. Ini bukan asuransi atau produk unit link.

Berbeda dengan asuransi yang mengharuskan menyetor premi secara rutin, Anda bebas kapan mau beli atau jual Reksadana.

#4 Cara Memilih Reksadana

eksadana Syariah ialah manfaat buat Anda yang ingin investasi sesuai aturan Islam Reksadana Syariah: Panduan Investasi Mulai 100 ribu dan Online

sumber: Indopremier.com

Anda menentukan berdasarkan daftar Reksadana yang disediakan oleh IPOT. Informasi dalam daftar tersebut menjadi basis pemilihan, sebagai berikut:

  1. Anda mendapat daftar semua Reksadana Syariah yang sanggup dibeli di IPOT
  2. Dibagi dalam beberapa jenis Reksadana, yaitu Pasar Uang (Money Market), Pendapatan Tetap (Fixed Income), Campuran (Balanced) dan Saham (Equity). Anda sanggup melihat semuanya atau eksklusif melihat hanya jenis tertentu saja jikalau memang sudah tahu semenjak awal apa yang dikehendaki
  3. Salah satunya, Anda sanggup menentukan berdasarkan tingkat laba (return). Supaya tahu kinerjanya selama beberapa tahun, IPOT menyediakan return Reksadana selama 3 tahun terakhir. Tentu saja, ketika mereview kinerja, Anda harus membandingkan antara Reksadana dengan jenis yang sepadan.
  4. Saya menentukan BNP Paribas Pesona Syariah.
  5. Penting melihat berapa jumlah dana yang dikelola oleh Manajer Investasi untuk suatu Reksadana. Jumlah dana dikelola disebut AUM (Asset Under Management). Makin besar, makin bagus, sebab memperlihatkan kepercayaan investor kepada Manajer Investasi dan Reksadana tersebut. BNP Paribas Pesona Syariah mempunyai AUM sebesar Rp 800 milyar lebih dan merupakan AUM paling tinggi di IPOT untuk Reksadana Syariah.
  6. Saya juga menentukan Manulife Syariah Sektoral.
  7. Dana kelolaan Manulife Syariah Sektoral mencapai Rp 600 milya lebih. Terbesar kedua dalam daftar ini.

#5 Mempelajari Reksadana dan Manajer Investasi

eksadana Syariah ialah manfaat buat Anda yang ingin investasi sesuai aturan Islam Reksadana Syariah: Panduan Investasi Mulai 100 ribu dan Online

Sebelum beli, saya sangat menyarankan Anda mempelajari Reksadana dan Manajer Investasi. Manajer Investasi ialah pihak yang mengelola Reksadana.

IPOT menyediakan info cukup lengkap. Mulai dari kinerja, prospektus, komposisi investasi hingga profil resiko disajikan secara komprehensif.

Contohnya, info soal BNP Paribas Pesona Syariah. Dari halaman yang ada, saya sanggup mengetahui (1) jenis investasi Reksadana ini ialah saham; (2) Profil resiko high risk sebab fluktuasi harga saham di pasar; (3) pengelolanya, yaitu Manajer Investasi, serta pengalaman dan kinerja mereka; (4) perijinan dan legalitas disediakan dalam prospektus.

#6 Cara Membeli

eksadana Syariah ialah manfaat buat Anda yang ingin investasi sesuai aturan Islam Reksadana Syariah: Panduan Investasi Mulai 100 ribu dan Online

Anda klik pilihan ‘buy’ yang terletak di serpihan paling ujung dari setiap baris Reksadana. Setelah di klik, Anda akan pindah ke halaman pembelian.

Di halaman ini, Anda menjumpai dan mengisi beberapa hal sbb:

  1. Yang pertama ialah berapa jumlah yang akan diinvestasikan. Paling kecil Rp 100 ribu untuk Reksadana ini.
  2. Sumber pembayaran sanggup dengan dana sendiri atau sanggup meminjam. Tentu saja, jikalau meminjam, Anda dikenakan bunga.
  3. Langkah terakhir sebelum menekan tombol ‘confirm’ ialah Anda harus menentukan Metode Pembayaran. Regular ialah metode pembayaran yang paling umum, yaitu dana sudah disetorkan dan efektif tersedia. Setelah confirm, IPOT akan memberikan hasil sanksi pembelian Reksdana Syariah.

#7 Cara Memonitor

eksadana Syariah ialah manfaat buat Anda yang ingin investasi sesuai aturan Islam Reksadana Syariah: Panduan Investasi Mulai 100 ribu dan Online

Caranya mudah. Anda login ke website IPOT.

Setelah itu, pilih fungsi ‘My Portfolio’, kemudian pilih Reksadana, yang memperlihatkan daftar semua investasi Reksadana milik Anda dengan info kinerja, jumlah nominal dan potensi keuntungan.

#8 Cara Menjual

eksadana Syariah ialah manfaat buat Anda yang ingin investasi sesuai aturan Islam Reksadana Syariah: Panduan Investasi Mulai 100 ribu dan Online

Ingin menjual, Anda tinggal klik ‘Sell’ di kanan atas. Nanti Anda dibawa ke halaman redemption atau penjualan.

  1. Anda menentukan berapa penjualan, sanggup dalam jumlah unit atau jumlah nominal rupiah.
  2. Kemana uang hasil penjualan ditransfer. Anda punya pilihan, yaitu (a) kembali ke rekening di IPOT sehingga sanggup dipakai untuk investasi Reksadana yang lain, (b) rekening pribadi semoga sanggup eksklusif ditarik uangnya. Dalam hal ini IPOT menyediakan dua pilihan transfer, regular (butuh beberapa hari hingga uang masuk rekening Anda) dan express ( uang masuk rekening Anda di hari yang sama).

Daftar Reksadana Syariah

Beberapa pilihan yang sanggup menjadi pertimbangan:

#1 Mandiri Pasar Uang Syariah (MPUS)

Reksadana Syariah Mandiri ini memberikan tingkat likuiditas yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan dana tunai dalam waktu yang singkat sekaligus memberikan tingkat pendapatan investasi yang menarik melalui investasi pada Instrumen yang sesuai dengan Prinsip Syariah di Pasar Modal.

  • Jenis Reksa Dana Pasar Uang
  • Denominasi Indonesian Rupiah (IDR)
  • Kebijakan Investasi Pasar Uang 100%
  • Minimum Pembelian IDR 100,000
  • Minimum Penjualan Kembali IDR 10,000
  • Periode Investasi JANGKA PENDEK
  • Toleransi Risiko  RENDAH

#2 BNI-AM Saham Syariah Musahamah

Reksadana Syariah BNI ini bertujuan untuk memperoleh pertambahan nilai investasi yang optimal dengan melaksanakan investasi dalam Efek Syariah bersifat ekuitas dan instrumen pasar uang syariah dan/atau deposito syariah dan/atau imbas syariah lainnya sesuai dengan Prinsip-prinsip Syariah di Pasar Modal serta peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

  • Komposisi Portfolio Minimum 80% pada Efek Syariah bersifat ekuitas masuk dalam Daftar Efek Syariah
  • Maksimum 20% pada Instrumen Pasar Uang Syariah dan/atau deposito syariah dan/atau imbas syariah lainnya
  • Potensi Imbal Hasil Tinggi
  • Tingkat Risiko Tinggi
  • Periode Investasi Jangka Panjang
  • Jenis Reksa Dana Saham
  • Minimum Pembelian Rp. 100.000,-
  • Denominasi Rupiah (Rp)

#3 CIMB-Principal Islamic Equity Growth Syariah

Reksadana CIMB Niaga ini bertujuan memaksimalkan laba dalam jangka panjang dengan mengalokasikan aset ke dalam saham, instrumen jangka pendek yang sesuai dengan syariah.

  • Jangka Waktu Investasi Disarankan Jangka Panjang.
  • Investasi Awal Minimum IDR 100.000
  • Penambahan Investasi Minimum IDR 100.000
  • Penjualan kembali / pencairan Minimum IDR 75.000
  • Tanggal Peluncuran 10 September 2007

Kesimpulan

Melakukan investasi sesuai dengan aturan agama menjadi harapan banyak orang. Saya beberapa kali berbicara dengan orang yang enggan berinvestasi sebab concern akan instrumen investasi yang tidak sesuai akidah.

Sementara itu, investasi sangat penting dalam perencanaan keuangan keluarga. Karena tanpa investasi Anda tidak sanggup mewujudkan sasaran finansial keluarga.

Hadirnya Reksadana Syariah memberikan pencerahan. Dan menyerupai yang saya uraikan diatas, cara dan syaratnya sangat sangat mudah.

Selamat Mencoba !


Sumber https://duwitmu.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Reksadana Syariah: Panduan Investasi Mulai 100 Ribu Dan Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel