iklan

√ Pola Rpp Kls 2 Sd Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 4



( RPP )
Satuan Pendidikan    :  SDN BOJONG 03
Kelas / Semester       : 2/1
Tema/Sub Tema/PB : Bermain di Lingkunganku / Bermain di Lingkungan Rumah
Alokasi Waktu           : 1 Hari

A.     Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan fatwa agama yang dianutnya
2.      Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
                    diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
                     melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
                    dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
             dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam
                     karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam     tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
B.Indonesia
             Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal teks kisah narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan santunan guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu pemahaman.
             4.2 Memperagakan teks kisah narasi sederhana ihwal kegiatan dan bermain di       lingkungan secara berdikari dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup diisi dengan   kosakata bahasa kawasan untuk membantu penyajian
             Indikator
3.2.3 Menyebutkan urutan kegiatan dengan topik tertentu.
              4.2.3 Membacakan kisah narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

PPKn
Kompetensi Dasar
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4 Bermain kiprah ihwal bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
3.4.1 Mengidentifikasi banyak sekali kegiatan yang memperlihatkan sikap bersatu dalam keberagaman  di rumah.
3.4.2 Mengidentifikasi banyak sekali kegiatan yang memperlihatkan sikap bersatu dalam keberagaman  di sekolah.
3.4.7 Menjelaskan jawaban hidup tidak bersatu dalam keberagaman  
4.4.3 Menerapkan sikap hidup bersatu dalam setiap kegiatan

SBdP
Kompetensi Dasar
3.4 Mengetahui cara mengolah materi alam yang sanggup dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan
olahan makanan.
4.13 Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan memakai materi alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting
dan menempel.       
Indikator
3.4.1 Mengidentifikasi materi alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif dan olahan masakan (daun cincau)
3.4.4 Menjelaskan cara mengolah materi alam yang sanggup dipakai sebagai olahan makanan.
4.1.3 Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan memakai daun di lingkungan sekitar  melalui kegiatan melipat.

C.      Tujuan Pembelajaran



1.    Dengan teks bacaan ihwal menciptakan cincau, siswa sanggup membacakan kisah narasi yang telah ditulis dengan memakai lafal dan intonasi secara cermat.
2.    Dengan membaca teks kisah narasi menciptakan cincau, siswa sanggup menyebutkan urutan kegiatan menciptakan cincau dengan percaya diri.
3.    Dengan mengamati gambar acak, siswa sanggup mengurutkan gambar ihwal proses menciptakan cincau dengan cermat dan bertanggung jawab.
4.    Dengan mengamati gambar, siswa sanggup menceritakan kembali proses menciptakan cincau dengan kata-kata sendiri dengan percaya diri.
5.    Dengan memperhatikan gambar proses menciptakan cincau, siswa sanggup menjelaskan cara mengolah materi alam yang sanggup dipakai sebagai olahan masakan dengan cermat dan percaya diri.
6.    Dengan mengamati gambar teladan sikap bersatu di rumah, siswa sanggup mengidentifikasi banyak sekali kegiatan yang memperlihatkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah dengan cermat dan percaya diri.
7.    Dengan diskusi bersama sahabat sebangku, siswa sanggup menjawab pertanyaan berdasarkan teladan gambar sikap bersatu di rumah dengan cermat dan bertanggung jawab.
8.    Dengan diskusi bersama sahabat sebangku, siswa sanggup menjelaskan jawaban yang akan terjadi jikalau kita tidak bersatu dalam keberagaman dengan percaya diri dan bertanggung jawab.
9.    Dengan mengamati proses pembuatan cincau, siswa sanggup menciptakan cincau secara berkelompok dengan bertanggung jawab.
10.  Dengan melihat contoh, siswa sanggup menciptakan karya kerajinan sebagai penghias benda dengan memakai daun di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat dengan cermat.
11.  Setelah melaksanakan kegiatan menciptakan cincau dan menciptakan karya kerajinan sebagai penghias benda, siswa sanggup menerapkan sikap hidup bersatu dalam setiap kegiatan dengan bertanggung jawab.
12.  Setelah tanya jawab, siswa sanggup mengidentifikasi materi alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif dan olahan masakan (daun cincau) dengan cermat.
13.  Dengan tanya jawab, siswa sanggup mengidentifikasi banyak sekali kegiatan yang memperlihatkan sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan cermat.

D.     Materi Pembelajaran
                 B.Indonesia :Membaca kisah narasi
                 SBDP : Mengurutkan urutan kegiatan bermain menciptakan cincau
                 PPKn :Mengidentifikasi banyak sekali kegiatan yang menerangkan sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah
                 

E.      .Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.      Metode                 :Penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab.
2.      Pendekatan           :saintifik ( mengamati, menanya mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan

F.      . Media, Alat dan Sumber Pembelajaran

1.    Gambar kegiatan menciptakan cincau di dapur.
2.    Gambar acak ihwal proses menciptakan cincau.
3.    Gambar teladan sikap bersatu di rumah.
4.    Bahan dan alat yang diperlukan dalam menciptakan cincau dan karya kerajinan

Sumber mencar ilmu : Buku tematik terpadu kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. 

G.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.Mengkondisikan siswa ke dalam situasi pembelajaran aktif dan kreatif
2. Mengadakan apersepsi dengan mengajak semua siswa berdoa berdasarkan agama dan kepercayaan masing-masing dan komunikasi ihwal kehadiran siswa
3. Tanya jawab ihwal gambar kegiatan dikelas
4. Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan .

10 Menit
Kegiatan Inti
Mengamati :
-Guru memperlihatkan isyarat kepada siswa untuk mengamati gambar dan membaca kisah menciptakan cincau dengan cermat. -Siswa mengamati gambar ihwal kegiatan menciptakan cincau di dapur (mengamati).       -Siswa menanya ihwal gambar kegiatan menciptakan cincau di dapur (menanya).
-Siswa mendeskripsikan gambar kegiatan menciptakan cincau di dapur (mengumpulkan informasi).

Membaca :
-Siswa membacakan kisah narasi yang berjudul “Membuat Cincau” yang telah ditulis dengan memakai lafal dan intonasi yang terperinci (mengomunikasikan).
-Siswa menyebutkan urutan kegiatan menciptakan cincau (mengasosiasi).
-Siswa mengamati gambar acak ihwal proses menciptakan cincau (mengamati).
-Siswa ditugaskan mengurutkan gambar acak berkaitan dengan proses menciptakan cincau (mengasosiasi).

Bercerita :
- Guru memperlihatkan isyarat kepada siswa untuk menceritakan cara menciptakan cincau dengan percaya diri ke depan kelas.
-Siswa menceritakan kembali proses menciptakan cincau dengan kata-kata sendiri berdasarkan gambar yang telah diurutkan di depan kelas (mengomunikasikan).
-Siswa menjelaskan cara mengolah materi alam yang sanggup dipakai sebagai olahan masakan (mengasosiasi).


Berdiskusi :
-Guru memperlihatkan isyarat kepada siswa biar melaksanakan kegiatan dengan bertanggung jawab.
-Siswa mengamati gambar ihwal teladan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah (mengamati).
-Siswa mengidentifikasi banyak sekali kegiatan yang memperlihatkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah (mengumpulkan informasi).
-Siswa berdiskusi bersama sahabat sebangku menjawab pertanyaan yang terkait dengan gambar teladan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah (mengumpulkan informasi).
-Siswa bertanya ihwal kebenaran dari jawaban yang diberikan (menanya).
-Siswa menjelaskan jawaban tidak bersatu dalam keberagaman (mengasosiasi).

Berkreasi :
-Guru memperlihatkan isyarat kepada siswa biar berhubungan dan bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan.
-Siswa bertanya jawab ihwal kiprah yang diberikan guru ihwal kegiatan menciptakan cincau (menanya)
-Siswa menyiapkan alat dan materi yang diperlukan untuk menciptakan cincau (mengamati).
-Siswa menciptakan cincau secara berkelompok (mengumpulkan informasi).
-Guru memperlihatkan isyarat dan petunjuk kepada siswa untuk melaksanakan kegiatan dengan percaya diri.
-Siswa mempersiapkan alat dan materi untuk menciptakan wadah piring dan daun pisang (mencoba).
-Siswa menciptakan wadah piring dari daun pisang menjadi karya kerajinan sebagai penghias benda secara berkelompok dengan bimbingan guru (mengumpulkan informasi).
-Siswa menerapkan sikap hidup bersatu dalam kegiatan kelompok yang dilakukan sesuai dengan gambar (mengomunikasikan).
-Siswa melaporkan hasil kerja kelompok ke depan kelas (mengomunikasikan).
-Siswa bertanya ihwal kebenaran jawaban yang disampaikan (menanya).
-Setelah menciptakan cincau dan karya kerajinan, siswa mengidentifikasi materi alam di lingkungan sekitar untuk menciptakan karya kerajinan dan olahan masakan (mengasosiasikan)
-Siswa mengidentifikasi banyak sekali kegiatan yang memperlihatkan sikap bersatu dalam keberagaman melalui kegiatan menciptakan cincau dan karya kerajinan (mengumpulkan informasi).
-Siswa mengidentifikasi materi alam di lingkungan sekitar yang sanggup dipakai untuk menciptakan karya kreatif dan olahan masakan menyerupai yang ada pada gambar (mengasosiasi).

150 Menit
Penutup
1.Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan/rangkuman hasil mencar ilmu selama sehari
2. Bertanya jawab ihwal materi yang telah dipelajari ( untuk mengetahui ketercapaian materi)
3.Melakukan evaluasi hasil belajar
4.. Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).
a. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb).
b. Segera memperlihatkan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang tepat dalam berdo’a, biar besok kalau berdo’a lebih disempurnakan.
15 Menit

        H. Penilaian
1. Teknik penilaian
     a. Penilaian sikap : Percaya diri, teliti, dan santun.
     b. Penilaian pengetahuan : Daftar periksa dan skor
     c. Penilaian Keterampilan : Unjuk kerja gerakn bermain
2. Bentuk Intrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
No
Nama siswa
                 Perubahan Tingkah laku
Percaya Diri
         Teliti
   Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Rudi












2
Dini












3
Santi












4
Nuni













b. Penilaian pengetahuan
. Penilaian: Penskoran


1.      Pengetahuan


a. Berdiskusi menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan (skor 100).

Banyak soal : 3 buah
Kunci jawaban :
1) Senang, alasannya yaitu Tiur bahagia membantu ibu (skor 35).
2) Kerena Beni dan Tiur bahagia membantu (skor 35).
3) Baik, bahagia membantu (skor 30).

b. Menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku) (skor 100).
Banyak soal : 4 buah
Kunci jawaban :
1) 15 (skor 25)
2) 95 (skor 25)
3) 123 (skor 25)
4) 234 (skor 25)


c. evaluasi keterampilan
a. Rubrik Penilaian Membaca Teks Percakapan

No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Mempersiapkan alat/Bahan




2
Kreatifitas




3
Kebersihan




4
Kerapihan







   Mengetahui                                                                         Pameungpeuk, 20 Juni 2014
Kepala SDN BOJONG 03                                                       Guru Kelas 2

TAYAT, S.Pd.SD                                                                     YANTI SUSANTI, S.Pd.
NIP.195905071979122006






Sumber http://rofi-mustawan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Pola Rpp Kls 2 Sd Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 4"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel