iklan

Penerapan Cara Bisnis Online Syariah Pada Beberapa Jenis Peluang Bisnis Online

 Bisnis online memang sedang berjaya ketika ini Penerapan Cara Bisnis Online Syariah Pada Beberapa Jenis Peluang Bisnis OnlineBagaimana cara bisnis online syariah? Bisnis online memang sedang berjaya ketika ini. Dalam beberapa kali ulasan mengenai peluang usaha, aku menempatkan peluang bisnis online pada urutan pertama sebagai yang paling bagus. Bahkan dalam goresan pena Peluang Usaha Sampingan aku menempatkannya sebagai best of the best. Dengan modal kecil, bahkan sanggup dimulai dengan tanpa modal, sanggup menghasilkan pendapatan yang tak terbatas. Jika beruntung, tak menutup kemungkinan Anda sanggup menyusul kesuksesan startup unicorn macam Tokopedia, Bukalapak, dan Gojek.


Di sisi lain, sebagai umat muslim, Anda tentu juga ingin menjalankan bisnis yang sesuai dengan syariat agama Islam. Demikian juga dalam menjalankan bisnis online. Banyak sekali tantangannya, alasannya ialah sifat bisnis ini yang global, dimana di luar sana, di banyak negara yang secara umum dikuasai penduduknya non muslim, sanggup dikatakan tidak ada haram halal. Kaprikornus kita harus punya filter dengan menciptakan bisnis online syariah.


Nah, untuk itu, pertama-tama Anda harus memahami bagaimana konsep dan pengertian bisnis syariah. Jika belum paham mengenai hal itu, silakan baca terlebih dahulu artikel Pojok Bisnis yang berjudul Konsep dan Pengertian Bisnis Syariah. Di situ dibahas secara singkat dan padat 5 konsep yang harus Anda penuhi untuk menyebabkan sebuah bisnis sebagai bisnis syariah.


Setelah membacanya, langkah selanjutnya ialah menerapkan kelima konsep tersebut dalam jenis bisnis online yang Anda jalani. Tiap jenis bisnis online mempunyai karakteristiknya masing-masing. Kita sudah pernah membahas mengenai naeka peluang bisnis online ini. Jika Anda terlewatkan dan belum membacanya, maka Anda wajib membacanya sekarang. Silakan ikuti tautan berikut: Peluang Bisnis Online. Artikel tersebut membahas lengkap jenis-jenis peluang bisnis online yang mempunyai prospek manis untuk Anda jalani.


Setelah komplit membaca kedua artikel tersebut, yaitu mengenai konsep bisnis syariah, disusul artikel kedua mengenai peluang bisnis online. Langkah selanjutnya ialah menggabungkan keduanya, sehingga menghasilkan bisnis online syariah yang sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Dan Karena aku bukan guru ngaji, maka aku sarankan Anda juga mencari tahu dari guru ngaji Anda mengenai konsep bisnis syariah. Karena ini soal akhirat, sedang aku hanya mengembangkan sebatas yang aku tahu, yang aku sanggup dari banyak sekali sumber.


Sebelum lebih jauh, kita review terlebih dahulu konsep bisnis syariah. Menurut pakar ekonomi syariah, Dr Muhammad Syafii Antonio, konsep bisnis syariah meliputi:



  1. Produk yang dijual harus halal.

  2. Bisnis terbebas dari unsur riba.

  3. Akad dasar transaksi harus terbebas dari gharar (ketidakpastian) dan maysir.

  4. Adanya ijab qabul (tawaran dan penerimaan) antara dua pihak yang melaksanakan transaksi.

  5. Dalam perdagangan harus adil.


Sekali lagi, klarifikasi mengenai masing-masing konsep tersebut sanggup Anda baca selengkapnya disini.


Penerapan Cara Bisnis Online Syariah


1. Publisher dan Youtuber


Kedua jenis peluang bisnis online ini merupakan yang paling populer. Ada dua hal yang harus Anda perhatikan kalau ingin menjalani bisnis online syariah untuk jenis bisnis ini.


Pertama yang harus diperhatikan ialah content, baik goresan pena maupun video. Content yang Anda sajikan harus sesuai dengan syariat Islam, contohnya: tidak mengandung unsur p0rn*grafi, perjodian, dan lain-lain. Termasuk tutorial untuk h4ck kartu kredit, sanggup dikategorikan sebagai tidak sesuai dengan syariat.


Kedua, ialah iklan. Anda harus tegas tidak menayangkan iklan yang tidak sesuai syariat. Anda harus blok beberapa iklan yang tidak sesuai dengan syariat, contohnya iklan yang mengandung unsur p0rn*grafi, gambling, forum keuangan (termasuk perbankan) hal ini berkaitan dengan riba, asuransi, dan beberapa iklan lain.


2. Affiliate, Toko Online


Kali ini terutama berkaitan dengan produk, baik produk fisik maupun produk digital. Untuk menjalani jadwal affiliate dan toko online sebagai bisnis online syariah, pastikan produk yang dijual halal. Jangan menjual produk yang diharamkan dalam Islam. Selain itu, cara mempromosikannya juga harus sesuai dengan syariat. Salah satunya, tidak memakai foto yang mengandung unsur p0rn*grafi.


3. Teespring, Jasa Desain Grafis, Jasa Pembuatan Website, Content Writer, Jasa SEO, Jasa Iklan Online, Fiverr


Bisnis online syariah yang berkaitan dengan bidang jasa harus juga memperhatikan produk dari customer yang kita layani. Permintaan client harusnya tidak bertentangan dan tidak melanggar ketentuan syariat agama Islam.


Untuk teespring dan jasa desain grafis, pastikan produk dari client sesuai dengan syariat, lalu buat desain yang juga tidak melanggar ketentuan syariat. Demikian juga untuk bisnis online bidang jasa yang lainnya.


4. Dropship dan MLM


Masih ada dua pendapat yang bertolak belakang mengenai kedua jenis bisnis online ini. Ada yang beropini bisnis dropship dan MLM hukumnya ialah halal. Namun sebaliknya ada juga yang beropini bahwa aturan dari bisnis dropship dan MLM ialah haram. Kaprikornus aku cenderung no coment terhadap kedua jenis peluang bisnis online ini. Hanya saja, sesuatu yang kurang jelas sebaiknya dihindari.


5. AirBnB


Bisnis penyewaan kamar ini juga, berdasarkan saya, terbilang agak sulit untuk dijalankan sebagai bisnis online syariah. Bagaimana kalau ternyata tamu yang tiba pria dan perempuan? Apakah kita sanggup cek surat nikah? Kita tidak sanggup memastikan apakah mereka pasangan suami istri apa bukan.


Sahabat PoBis, demikian tadi penerapan cara bisnis online syariah terhadap beberapa jenis peluang bisnis online. Semoga sanggup memberi informasi dan citra mengenai bisnis syariah. Semoga kita sanggup menjalankan bisnis sesuai dengan syariat agama Islam. Amiinnn…



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penerapan Cara Bisnis Online Syariah Pada Beberapa Jenis Peluang Bisnis Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel