iklan

✔ Mengatasi Touchpad/Touchscreen Laptop Tidak Berfungsi/Tak Merespon

Touchpad laptop tidak berfungsi atau touchscreen yang rusak tak merespon ketika di sentuh merupakan problem umun pada tombol yang sering terjadi baik PC windows 7,8 ataupun 10.Penyebab tocskren yang tidak bergerak ketika di klik padahal keyboardnya normal biasanya ada di software dan hardwarenya.

Cara memperbaiki atau mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi dan merespon pada ketika disentuh yang akan saya jelaskan dapat anda aplikasikan untuk semua brand pc ibarat asus,acer,toshiba ataupun yang lainya.Untuk mengaktifkan tockren semoga kembali normal,silahkan ikuti panduan atau tutorial yang akan saya berikan untuk anda.


Touchpad Latop Rusak




Touchpad laptop tidak berfungsi atau touchscreen yang rusak tak merespon ketika di sentuh me ✔ Mengatasi Touchpad/Touchscreen Laptop Tidak Berfungsi/Tak Merespon



Touchpad ialah sebuah komponen atau belahan dalam sebuah laptop yang mempunyai kegunaan selayaknya mouse dimana penggunaanya memakai teknologi touchscreen atau layar sentuh.Dengan belahan ini,anda dapat mengoperasikan pc anda tanpa harus memakai mouse.

Cara kerja komponen ini sama hal nya dengan layar tocscren smartphone android,dimana mengandalkan sentuhan untuk menggerakanya.Dan mungkin ada sedikit perbedaan " penggunaan " untuk versi windows yang anda gunakan.


Bedanya tuchpad di windows 7,8 kemudian 10 apa,dan beda merk,apa pula bedanya?

Mungkin ada beberapa dari anda yang bertanya,sebenarnya komponen touchpad ini perbedaanya dimana khususnya diadaptasi dengan penggunaan OS windos serta brand pc yang digunakan.

Secara garis besar TIDAK AKAN ADA BEDANYA ketika anda memakai versi windous apapun ataupun memakai brand apapun,karena yang namanya touchscreen ya hanya ibarat itu saja cara kerjanya.Letak perbedaanya ada di :
  • Driver yang digunakan
  • Pengaturan tombol ( kombinasi tombol untuk pengaturanya )
  • Letak " sajian " settinganya
  • Part komponen yang digunakan
Bagi anda yang spesialis reparasi elektronik,pasti akan menjawab pertanyaan ini dengan segudang jawaban,khususnya yang berkaitan dengan komponen atau part yang digunakan.Tetapi untuk anda yang hanya "user" saja,maka hal ini tidak perlu terlalu difikirkan.


Penyebab Touchpad atau Touchscreen Laptop Rusak/Tidak Berfungsi


Selayaknya komponen elektronik lainya,komponen ini juga tidak akan lepas dari yang namanya kerusakan.

Ada beberpa faktor yang dapat mengakibatkan kerusakan komponen ini,antara lain :

  • Usia pemakaian

Walaupun ini ialah mesin,seiring berjalanya waktu,lambat laun fungsinya juga akan semakin berkurang.Masalah ini mutlak terjadi pada semua perangkat gadget,tidak ada yang namanya perangkat elektronik dapat bertahan selamanya.

  • Kesalahan software ( driver )

Untuk menciptakan sebuah komponen dapat berfungsi pada perangkat elektronik,tidak dapat hanya dengan menggabung-gabungkanya saja.Harus ada santunan dari software atau perangkat lunak untuk mengkonfigurasiaknya.

Sebutan untuk perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan komponen elektronik biasanya disebut dengan driver.

Dengan santunan " driver " inilah,sebuah komponen tucsreen dapat berfungsi sesuai yang diinginkan penggunanya.

  • Terkena malware

Malware lebih dikenal dengan sebutan " virus ".Malware ialah sebuah aktivitas yang dapat menciptakan kacau konfigirasi dari sebuah pemrograman.

Masuknya malware kedalam perangkat dapat terjadi melalui banyak sekali jalur,khususnya ketika seorang pengguna menjalankan sebuah aplikasi atau file tertentu yang sudah ada virusnya.

  • Kesalahan pengaturan

Ketika anda membeli sebuah PC baru,hal pertama yang anda lakukan ketika ingin menggunakanya tentu saja melaksanakan setingan bukan? Mulai dari setingan layar,wallpaper dan lain sebagainya.

Touchscreen juga biasanya perlu dilakukan penyesuaian,mulai dari tinggi rendahnya sensor terhadap sentuhan,mau diaktifkan atau dinonaktifkan,serta lain sebagainya.Ada kalanya,entah itu lantaran salah pencet atau mungkin untuk mainan saudara anda yang masih kecil,pengaturanya jadi tertekan dan berubah.

  • Part rusak

Perlu anda ketahui bahwa sebuah papan layar sentuh,memiliki beberapa part atau komponen didalamnya.Jadi tidak hanya sebuah papan yang ditancapkan ke mesin kemudian dapat berfungsi,tidak se simple itu.

Ada beberapa part seperti,sensor gerak,bantalan tombol,fleksibel,konektor dan lain sebagainya.Jika salah satu part ini rusak,maka fungsionalnya juga akan terganggu dan balasannya menimbulkan tochscreen anda macet tidak dapat digunakan.

Kerusakan semacam ini dapat diakibatkan oleh beberapa hal ibarat : Terkena benturan benda keras,terkena air atau benda cair,tertekan dengan kekuatan tekanan melebihi batas maksimal dan mungkin lantaran kesalahan sewaktu anda melaksanakan pembongkaran sebelumnya.

  • Kerusakan mesin

Sebenarnya kemungkinan ini sangat kecil,kenapa? Jika kerusakan terjadi di mesin atau komponen lain yang tidak berafiliasi dengan layar sentuh ini,maka biasanya kerusakanya tidak hanya di sentuhanya saja,melainkan akan menjalar ke komponen lainya ibarat layar atau keyboard yang akan ikut rusak.

Jika kerusakan HANYA terjadi di tuschsckreen saja,maka 99% mesin anda TIDAK ADA MASALAH.Masalahnya ada pada hal yang berkaitan dengan sensor tombol atau komponen part pendukung lainya.


Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi


Jika problem ini terjadi kepada anda,maka untuk menjelaskanya,saya harus menyesuaikan dengan brand komputer jinjing yang anda gunakan dan windows apa yang anda pasang.

Bukan lantaran saya pelit menulis,tetapi kalau diteliti lebih dalam,langkah atau solusinya HAMPIR SAMA PERSIS.Silahkan anda perhatikan panduanya,maka anda akan mengerti dengan sendirinya.

Adapun beberapa tatacara untuk menangani masalah kerusakan ibarat ini antara lain :


1. Perbaiki pengaturan tombol


Seperti yang saya katakan sebelumnya,bahwa di setiap PC itu ada tombol pengaturan untuk mengaktifkan atau me nonaktifkan tochpad.

Hal ini dapat saja terjadi lantaran ketidaksengajaan seseorang yang menekan tombol ini,mungkin anda,anak anda atau teman anda yang iseng melakukanya.Adapun kombinasi tombol yang dapat anda tekan ialah :
  • FN + F9
  • FN + F7


Touchpad laptop tidak berfungsi atau touchscreen yang rusak tak merespon ketika di sentuh me ✔ Mengatasi Touchpad/Touchscreen Laptop Tidak Berfungsi/Tak Merespon





Tombol " FN " biasanya terletak di sebelah kiri bawah lapetop anda,sebelah tombol bergambar windows.Sementara F9 dan F7 terletak di formasi paling atas.

Beda brand beda tombolnya!

Perhatikan yaa,beda brand lepi yang anda gunakan,maka kombinasinya juga akan berbeda.Silahkan lihat saja tombol mana yang ada icon tochpad yang disilang ibarat gambar diatas.Tombol itulah yang perlu anda kombinasikan dengan tombol FN di sebalah kiri bawah tadi.

Jika sesudah anda melaksanakan langkah ini ( pastikan tombol yang anda tekan benar ),tetapi tidak ada perubahan,maka lakukan langkh berikutnya.


2. Lihat settingan pada sajian utama


Selain kombinasi tombol,masih ada pengaturan yang dapat untuk mengaktifkan atau nonaktifkan tuchpad anda,yaitu pada belahan sajian utama " setting ".

Letak setingan di sajian utama juga masih terbagi menjadi 2,yaitu :



- Via setting windows



Touchpad laptop tidak berfungsi atau touchscreen yang rusak tak merespon ketika di sentuh me ✔ Mengatasi Touchpad/Touchscreen Laptop Tidak Berfungsi/Tak Merespon






  • Klik start ( gambar kotak empat di pojok kiri layar pc anda )
  • Klik setting ( biasanya gambarnya roda gigi atau garis tiga )
  • Pilih sajian " device " ( pilih yang ada goresan pena " mouse/toucpad " dibawah sajian nya,mungkin saja bukan di device,bisa juga di sajian yang lain )
  • Setelah masuk menu,cari sub sajian " toucpad " ( biasanya ada di bawah sub sajian mouse )
  • " ON " kan dengan menggesernya,jika sudah ON,maka berarti sajian ini tidak ada masalah
Sebagai pemanis saja,jika ada goresan pena : Leave tuchpad on when mouse connect,maka ini ialah sebuah pengaturan yang dapat anda pilih JIKA INGIN MEMATIKAN ATAU MENGHIDUPKAN TOCHPAD SAAT MOUSE DIPASANG.

Jika anda ingin mematikan layar sentuh ketika mouse terpasang,maka " hilangkan centang " dibagian ini.Jika anda ingin mematikan otomatis touchpad ketika mouse terpasang,maka " centang " pada belahan ini dengan meng klik nya.


- Via device manager




Touchpad laptop tidak berfungsi atau touchscreen yang rusak tak merespon ketika di sentuh me ✔ Mengatasi Touchpad/Touchscreen Laptop Tidak Berfungsi/Tak Merespon


  • Klik gambar beling pembesar disebelah pojok kiri layar
  • Tuliskan " device manager "
  • Otomatis akan muncul beberapa pilihan sesuai dengan aktivitas kompter,pilih saja sajian " device managernya "
  • Akan muncul banyak pilihan yang dapat anda pilih,silahkan pilih " mic and pointing device/mic and mouse " atau mungkin sajian lainya ( biasanya gambar iconya itu gambar mouse )
  • Pada icon " tuchpadnya " silahkan klik kanan dan pilih " enable/nyalakan/hidupkan "
  • Jika ternyata sudah " enable " maka belahan ini berarti tidak ada permasalahan
Tambahan : Biasanya ada beberapa pilihan ketika anda klik sajian bergambar mouse tadi,silahkan cek satu persatu saja untuk menentukan mana yang pengaturan untuk layar tochpadnya.

Selain itu,DISABLE itu artinya matikan/sembuyikan/nonaktifkan.Jangan hingga galau menentukan enable atau disable.


- Via control panel




Touchpad laptop tidak berfungsi atau touchscreen yang rusak tak merespon ketika di sentuh me ✔ Mengatasi Touchpad/Touchscreen Laptop Tidak Berfungsi/Tak Merespon


  • Klik icon beling atau pencarian dipojok kiri bawah
  • Tulis " control panel " maka aktivitas akan menawarkan pilihan untuk anda
  • Pilih sajian " control panel "
  • Pilih " Sound and harware " atau mungkin tulisanya terbalik,sama saja
  • Klik " divece and printer "
  • Klik " mouse "
  • Pada sajian " mouse properties " pilih saja belahan " device setting "
  • Pastikan sudah " enable/nyalakan ",jika sudah ibarat ini,maka belahan ini juga tidak ada masalahnya. 


3. Instal ulang driver/update


Masih ingat klarifikasi saya mengenai " driver " dibagian atas tadi? Ada kemungkinan bahwa driver yang anda gunakan untuk konfigurasi telah corrupt atau ada pembaharuan atau lantaran yang lain.

Perlu anda ketahui bahwa : Beda merk,maka driver yang dipakai juga berbeda.tetapi beda windows,tidak masalah,yang penting driver dengan brand yang sama dengan pc anda.JANGAN gunakan sembarang driver.

Anda dapat membelinya di toko atau mend0wnl0adnya di google dengan masuk situs resmi brand pc yang anda gunakan.Jangan sembarangan unduh yaa.Jika sudah,

Ada baiknya anda melaksanakan instal ulang saja atau update,dengan cara :

  • Masuk sajian setting
  • Pilih " device manager "
  • Pilih sajian " mouse "
  • Pilih " taouchpad "
  • Klik kanan,pilih " update driver "
  • komputer akan otomatis melihat dan mendeteksi apakah driver yang anda gunakan sudah terbaru atau belum
  • Jika sudah terbaru,maka akan muncul goresan pena " Your device is up to date " atau apapun itu yang artinya bahwa driver anda sudah versi yang terbaru
  • Jika ibarat itu,maka belahan ini tidak mempunyai permasalahan,lanjutkan langkah selanjutnya
  • Jika ternyata memang versi yang anda gunakan sudah lama dan perlu pembaharuan,maka ikuti saja langkahnya


4. Scan virus


melaksanakan scan virus dilakukan jikalau anda sudah melaksanakan semua tahapan diatas dengan benar tetapi tidak ada hasil.Dan juga,langkah ini dilakukan jikalau anda memang merasa bahwa pc anda terkena malware.

Jika anda yakin dan benar-benar yakin kalau pc anda sehat,maka lewati saja point ini.

Untuk anda yang ingin mencobanya,silahkan lakukan scan dengan benatuan aplikasi pihak ketiga sepeti : Avast,smadav,norton atau sebagainya.Jika memungkinkan,gunakan yang " premium " semoga mendapat hasil yang memuaskan.


5. Periksa part/komponen dalam


Langkah no 1 hingga 4 ialah jalan keluar yang dapat nada coba untuk memecahkan problem di softwarenya.Jika semua langkah sebelumnya tidak membuahkan hasil,maka hampir dapat dipastikan bahwa itu yang rusak hardware atau perangkat kerasnya.

Sesuai dengan pengalaman langsung saya,kerusakan ini terjadi lantaran kabel fleksibel yang seharusnya tertancap,malah terlepas.Hal ini terjadi ketika saya tidak senagaja melapasnya ketika membersihkan belahan dalam pc saya dan lupa memasangnya kembali.

Anda dapat mencoba membongkar pc anda kemudian lihat,apakah ada kabel yang terlepas atau putus atau lecet dan rusak.Jika memang ada,tidak ada jalan lain selain menggantinya dengan yang baru.


Kalau semua baik-baik saja bagaimana?

Jika sesudah anda membongkarnya dan tidak melihat keganjilan apapun,kerusakan dapat terjadi pada sensor atau komponen panel sentuh pc anda.


6. Lakukan reparasi 


Jika kelima langkah tidak membuahkan hasil,saran terbaik saya ialah dengan melaksanakan perbaikan dan menyerahkanya kepada jago reparasi elektronik yang terpercaya.Saya sagat yakin jikalau langkah sebelumnya tidak membuahkan hasil,maka ada yang tidak beres dengan mecin pc anda.

Berharap saja kalau itu hanya belahan panel sentuhnya yang rusak,karena penggantianya tidak terlalu sulit dan memakan waktu.Yang manjadi problem jikalau mesin yang rusak,maka anda harus siap dengan biaya yang tidak sedikit.


BACA :




Demikian pembahasan wacana bagaimana cara memperbaiki atau mengatasi touchpad atau touchscreen laptop tidak berfungsi atau tidak merespon ketika di klik/sentuh.Semoga dapat membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Mengatasi Touchpad/Touchscreen Laptop Tidak Berfungsi/Tak Merespon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel