iklan

Hal-Hal Yang Perlu Kau Tahun Wacana Nilai Tukar Mata Uang

Perlunya Memahami Nilai Tukar Mata Uang

Kebutuhan masyarakat Indonesia atas produk treasury dan derivatif semakin hari semakin berkembang, alasannya ialah masyarakat membutuhkan valuta absurd untuk banyak sekali acara internasionalnya, menyerupai pembayaran transaksi yang dilakukan dengan pihak luar negeri, biaya pendidikan anak yang bersekolah di luar negeri, alat pembayaran liburan di luar negeri dan sebagainya.

Kebutuhan masyarakat Indonesia atas produk treasury dan derivatif semakin hari semakin ber Hal-Hal Yang Perlu Kamu Tahun Tentang Nilai Tukar Mata Uang
Sumber: Merdeka.com

Disamping itu, investor modern memakai produk derivatif sebagai instrumen untuk meminimalisasi risiko dan mengoptimalkan arus kas uang masuk dan keluar.

Produk treasury yang paling dikenal di masyarakat ialah produk valuta absurd (valas atau Foreign Exchange/Forex).

Pengertian Valuta Asing

Transaksi valuta absurd ialah proses jual beli satu mata uang terhadap jenis mata uang lain. Mata uang absurd utama yang diperdagangkan secara aktif di pasar valuta absurd Indonesia ialah Dollar Amerika Serikat (USD), Yen Jepang (JPY), Dollar Singapura (SGD), Euro Uni Eropa (EUR), Pound Sterling Inggris (GBP), Franc Swiss (CHF) dan lain-lain.

Kurs Jual dan Kurs Beli

Kurs ialah harga satu unit mata uang terhadap mata uang lain. Bank memperlihatkan kurs jual dan kurs beli yang berbeda untuk transaksi valas. Kurs jual ialah kurs di mana bank menjual valuta asing, sedangkan kurs beli ialah kurs di mana bank membeli valuta asing.

Produk Derivatif

Produk derivatif (turunan) merupakan suatu kontrak finansial yang nilainya tergantung pada suatu faktor risiko. Produk derivatif banyak dipakai alasannya ialah tingkat fleksibilitas yang tinggi dan memiliki banyak sekali varian, yang tergantung dari kebutuhan Anda dan pengetahuan serta lengkapnya infrastruktur atas produk dari bank yang menawarkan. Mengingat tingginya tingkat kompleksitas dari produk derivatif, maka Anda dianjurkan untuk menghubungi petugas bank yang Anda percaya untuk mengatakan klarifikasi lebih lanjut.

Risiko Produk Treasury/Derivatif

Nilai tukar mata uang absurd di pasar dunia selalu berubah mengikuti arus perdagangan dunia, kebijakan finansial dan ekonomi negara yang bersangkutan, serta faktor lainnya. Perubahan nilai tukar ini sanggup menjadikan naik atau turunnya nilai mata uang yang Anda miliki.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

  • Pastikan Anda memperoleh isu yang akurat atas seluruh transaksi yang dilakukan.
  • Hubungi bank untuk mengetahui nilai tukar mata uang yang sedang berlaku sepanjang jam operasional bank.
  • Sepakati nilai tukar dengan bank sebelum Anda melaksanakan transaksi.
  • Lengkapi seluruh formulir transaksi beserta semua bukti identitas yang diperlukan
  • Perhatikan seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Produk Treasury dan Derivatif bukanlah merupakan produk tabungan walaupun produk ini sanggup membawa keuntungan, sehingga tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
  • Produk Treasury dan Derivatif sanggup dimanfaatkan untuk spekulasi atau hedging (lindung nilai) namun pahami semua risiko terkait.
  • Semakin tinggi potensi laba yang sanggup Anda raih, semakin besar pula risiko berkurangnya nilai investasi Anda

Originally posted 2017-03-25 07:39:53.


Sumber https://akuntansikeuangan.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hal-Hal Yang Perlu Kau Tahun Wacana Nilai Tukar Mata Uang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel