iklan

√ Fase-Fase Perkembangan Anak






 
1.      Fase Pranatal ( Saat dalam Kandungan ) yaitu waktu yang terletak antara masa pembuahan dan masa kelahiran. Pada dikala ini terjadi pertumbuhan yang luar biasa dari satu sel menjadi satu organisme yang lengkap dengan otak dan kemampuan berprilaku, dihasilkan dalam waktu lebih kurang sembilan bulan.

2.      Fase bayi yaitu dikala perkembangan yang berlangsung semenjak lahir hingga 18 atau 24 bulan. Masa ini yaitu masa yang sangat bergantung kepada orang tua. Banyak kegiatan-kegiatan psikologis yang gres dimulai contohnya : bahasa, koordinasi sensori motor dan sosialisasi.

3.      Fase kanak-kanak awal yaitu fase perkembangan yang berlangsung semenjak masa bayi hingga 5 atau 6 tahun, kadang kala disebut masa prasekolah. Selama fase ini mereka berguru melaksanakan sendiri banyak hal dan berkembang keterampilan-keterampilan yang berkaitan dengan kesepian untuk bersekolah dan memanfaatkan waktu selama beberapa jam untuk bermain sendiri ataupun dengan temannya.

4.      Fase kanak-kanak tengah dan akhir yaitu fase perkembangan yang berlangsung semenjak kira-kira umur 6 hingga 11 tahun, sama dengan masa usia sekolah dasar. Anak menguasai keterampilan-keterampilan dasar membaca, menulis, dan berhitung.

5.      Fase remaja yaitu masa perkembangan yang merupakan transisi masa kanak-kanak ke masa cukup umur awal, yang dimulai kira-kira umur 10 hingga 12 tahun dan berakhir kira-kira umur 18 hingga 22 tahun. Pada fase ini dilaukan upaya-upaya untuk berdikari dan pencarian identitas diri.


Sumber : Buku Materi Perkembangan Peserta Didik, MKDK 4002,
  Karangan Mulyani Sumantri.


Sumber http://rofi-mustawan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Fase-Fase Perkembangan Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel