Cara Sinkronisasi Google Drive Dengan Laptop Untuk Backup Data Otomatis
Penggunaan komputer pada kurun modern ini sudah sanggup dikatakan sebagai kebutuhan primer, apalagi bagi seorang mahasiswa maupun pekerja kantoran. Komputer baik itu dalam bentuk PC Desktop maupun Laptop selalu diharapkan untuk membantu menuntaskan pekerjaan dan tugas-tugas. Ketika memakai komputer, maka semua data dan hasil pekerjaan akan tersimpan pada sebuah Hardisk, dimana tidak ada yang sanggup menjamin bahwa Hardisk tersebut akan bertahan usang dan sanggup terus digunakan. Masalah lainnya yakni kalau contohnya Laptop anda hilang atau dicuri oleh orang lain, maka tentu saja data dan semua hasil pekerjaan yang dikerjakan memakai Laptop tersebut akan hilang.
Untuk mengantisipasi dilema tersebut, maka sangat disarankan untuk melaksanakan backup data biar mempunyai data cadangan ketika data pada Laptop anda tidak sanggup dipakai lagi. Terdapat beberapa cara yang sanggup anda lakukan untuk melaksanakan backup data atau pekerjaan yang dikerjakan di Laptop. Cara yang pertama dimana anda sanggup menyalin data-data penting ke media penyimpanan lain, ibarat Hardisk Eksternal atau pada Flashdisk. Cara lainnya yang sanggup anda tempuh yakni dengan melaksanakan backup ke penyimpanan online ibarat Google Drive.
Dari kedua cara tersebut, melaksanakan backup data ke Google Drive merupakan yang paling disarankan. Alasannya tentu saja sebab ketika anda melaksanakan backup data ke Hardisk eksternal atau Flashdisk, maka masih terdapat besar kemungkinan Hardisk Eksternal tersebut rusak atau hilang. Sementara kalau anda memakai penyimpanan online ibarat Google Drive, maka kemungkinan tersebut sangat kecil. Jadi, data atau pekerjaan anda sanggup dikatakan lebih kondusif dan sanggup bertahan dalam waktu yang lama. Selain itu, kalau anda menyimpannya pada penyimpanan online, maka anda sanggup mengakses dan menggunakannya dari perangkat manapun ketika dibutuhkan.
Namun, yang menjadi dilema yakni dimana akan sangat merepotkan ketika anda harus selalu melaksanakan backup data secara manual. Kondisi yang mengharuskan anda melaksanakan Upload data ke Google Drive setiap kali sudah melaksanakan perubahan atau ada data yang gres tentu akan memakan waktu tersendiri. Oleh sebab itu, yang anda butuhkan yakni melaksanakan sinkronisasi Google Drive dengan Laptop. Langkah ini dilakukan biar Laptop anda sanggup melaksanakan backup secara otomatis ke Google Drive. (Baca juga: Waspada! h4ck3r melaksanakan phising memakai Google Docs)
Sinkronisasi Google Drive dengan Laptop untuk Backup Otomatis
Melakukan sinkronisasi Google Drive dengan Laptop merupakan salah satu langkah terbaik yang sanggup anda lakukan untuk selalu backup data. Ini sanggup dilakukan oleh mahasiswa yang sedang mengerjakan kiprah tamat (skripsi), pekerja kantor yang sedang menyusun laporan, atau siapapun yang takut data pentingnya hilang. Langkah ini akan menghubungkan Google Drive dengan penyimpanan Laptop anda, sehingga kalau terdapat perubahan data atau ada data yang gres di Laptop maka akan dilakukan Upload secara otomatis ke Google Drive.
Untuk melaksanakan sinkronisasi Google Drive dengan Laptop, maka anda sanggup memakai software yang dikeluarkan oleh Google, yaitu Backup and Sync. Karena penyimpanan Google Drive niscaya terbatas, maka sangat mustahil kalau melaksanakan backup pada semua isi Hardisk Laptop anda. Oleh sebab itu, ketika memakai software ini anda sanggup menentukan folder mana saja yang hendak dilakukan backup secara otomatis ke Google Drive. Untuk melaksanakan sinkronisasi Google Drive dengan Laptop dan backup data secara otomatis memakai software Backup and Sinc, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.
Langkah pertama yang harus anda lakukan yakni silahkan Download software Backup and Sync. Jika proses d0wnl0ad software sudah selesai, silahkan Install software tersebut pada Laptop anda biar sanggup digunakan.
Selanjutnya, silahkan buka software Backup and Sync from Google yang sudah anda Install pada Laptop. Pada jendela awal yang muncul dan terdapat goresan pena All of your files at your fingertips, silahkan klik GET STARTED.
Kemudian selanjutnya akan muncul halaman login. Silahkan login memakai akun Google Drive yang akan dipakai untuk backup data.
Setelah berhasil login memakai akun Google Drive anda, maka akan muncul popup yang bertuliskan Choose folders from your computer to continuosly back up to Google Drive. Pada pecahan ini silahkan klik tombol GOT IT.
Langkah selanjutnya yakni menentukan folder yang akan disinkronisasi. Pada pecahan ini silahkan tambahkan semua folder pada Laptop yang hendak dilakukan backup secara otomatis ke Google Drive. Untuk menambahkan folder, silahkan klik CHOOSE FOLDER kemudian pilih folder yang anda ingin tambahkan. Sementara kalau anda ingin membatalkan sinkronisasi sebuah folder, maka cukup hilangkan centang pada folder tersebut. Jika semua folder yang hendak dibackup secara otomatis ke Google Drive sudah ditambahkan, silahkan klik NEXT.
Selanjutnya, akan muncul jendela popup dengan goresan pena Sinc files from My Drive to a folder on this computer. Silahkan klik GOT IT pada pecahan ini.
Pada pecahan selanjutnya terdapat pilihan apakah anda akan melaksanakan sinkronisasi dan d0wnl0ad file yang terdapat di Google Drive ke Laptop. Jika anda ingin mengaktifkan fitur ini, silahkan centang pada Sinc My Drive to this computer. Selanjutnya anda sanggup menentukan untuk auto d0wnl0ad semua isi Google Drive anda atau hanya folder-folder tertentu saja. Sementara kalau anda ingin mematikan fitur ini maka cukup hilangkan tanda centang pada checkbox tersebut. Pada pecahan ini disarankan untuk mematikan fitur ini kalau kebutuhan anda yakni untuk melaksanakan backup secara otomatis dari Laptop ke Google Drive. Langkah selanjutnya silahkan klik START untuk memulai proses sinkronisasi.
Untuk melihat proses sinkronisasi Google Drive dengan Laptop, silahkan klik ikon awan yang terdapat di kanan Taskbar. Kemudian kalau anda membuka Google Drive, maka pada tab Komputer akan terdapat folder My Laptop yang isinya folder-folder yang anda pilih sebelumnya. Anda sanggup mengubah nama folder tersebut sesuai keinginan, contohnya saja biar sanggup dibedakan ketika melaksanakan sinkronisasi banyak Laptop ke satu akun Google Drive tersebut.
Itulah cara gampang melaksanakan sinronisasi Google Drive dengan Laptop yang sanggup anda lakukan biar data penting sanggup selalu dibackup. Cara ini tentu saja sangat penting untuk mengamankan data-data penting ibarat skripsi, laporan perusahaan, file-file projek yang sedang anda kerjakan, serta dokumen penting lainnya. Jadi, kalau suatu ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, contohnya saja Laptop anda hilang atau Hardisk Laptop tersebut rusak, maka anda masih mempunyai backup alias data cadangan. Bagian paling menariknya yakni sebab anda tidak perlu melaksanakan backup dengan mengupload ke Google Drive secara manual, melainkan hanya melaksanakan sinkronisasi dan backup otomatis akan berjalan.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
0 Response to "Cara Sinkronisasi Google Drive Dengan Laptop Untuk Backup Data Otomatis"
Posting Komentar