iklan

Cara Mengganti Karakter Partisi Hardisk Pada Windows

Cara Mengganti Huruf Partisi Hardisk pada Windows  Cara Mengganti Huruf Partisi Hardisk pada Windows

Pada Sistem Operasi Windows tentu sudah tidak gila lagi dengan yang namanya Partisi Hardisk. Untuk sanggup mengatur partisi pada Hardisk biasanya dipakai Huruf atau lebih bersahabat dikenal dengan sebutan Drive Letter. Drive Letter ini akan menjadi identitas suatu Partisi dikala dipakai oleh system. Driver Letter tersebut diantaranya ialah Drive (C:) yang pastinya berisi file System Windows. Adapun File daerah penyimpanan data biasanya ialah Drive (D:) atau (E:).

Ketika anda menginstall Windows pada PC/Laptop, maka secara otomatis Huruf Partisi atau Drive Letter tersebut akan ditambahkan secara otomatis pada setiap Partisi. Huruf Partisi ini juga akan menciptakan urutan atau susunan tampilan Partisi pada File Explorer. Tentu saja, akan dimulai dari (C:), (D:), (E:), dan seterusnya.

Dengan konsisi tersebut, ada kalanya Huruf Partisi yang ada secara otomatis beserta urutannya tidak sesuai dengan keinginan. Misalnya saja, anda menginginkan suatu Partisi berada pada Drive (D:), melainkan oleh System disimpan pada Drive (E:). Jika kasus tersebut menimpa anda, maka jangan khawatir alasannya ialah Huruf Partisi tersebut sanggup diubah dengan mudah.

Cara mengubah Drive Letter Partisi Hardisk

Untuk mengubah Drive Letter atau Huruf Partisi pada Hardisk yang memakai Sistem Operasi Windows, caranya sangat mudah. Selain itu, anda juga tidak memerlukan tool komplemen atau aplikasi lain untuk melakukannya. Sebuah fitur untuk melaksanakan pengaturan ini sudah disediakan oleh Windows secara default. Yang perlu anda ketahui ialah bagaimana cara melakukannya. Untuk sanggup mengubah atau mengganti Huruf Partisi pada Hardisk Windows, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Silahkan buka Disk Management, caranya anda sanggup mencari Disk Management pada Start Menu Windows atau sanggup juga dengan mengetikkan diskmgmt.msc pada jendela Run (WIN + R). Disini anda aka melihat Daftar Partisi yang terdapat pada Hardisk Anda, baik yang tampil pada File Explorer maupun yang tidak tampil. Sebagai catatan bahwa Partisi tidak akan tampil pada File Explorer kalau tidak diberikan Huruf Partisi atau Drive Letter.

Cara Mengganti Huruf Partisi Hardisk pada Windows  Cara Mengganti Huruf Partisi Hardisk pada Windows
Langkah 2

Untuk mengubah Huruf Partisi silahkan klik kanan pada Partisi yang hendak diubah Hurufnya lalu pilih Change Drive Letter and paths…. Misalnya disini yang akan diubah ialah Partisi (F:) menjadi Partisi (E:).

Cara Mengganti Huruf Partisi Hardisk pada Windows  Cara Mengganti Huruf Partisi Hardisk pada Windows
Langkah 3

Pada jendela yang muncul klik pada Huruf Partisinya lalu klik Change….

Cara Mengganti Huruf Partisi Hardisk pada Windows  Cara Mengganti Huruf Partisi Hardisk pada Windows
Langkah 4

Kemudian pada jendela selanjutnya, silahkan pilih Huruf Partisi gres yang diinginkan pada hidangan dropdown Assign the following drive letter:. Jika sudah akibat silahkan klik Ok. Jika muncul peringatan silahkan pilih Yes.

Cara Mengganti Huruf Partisi Hardisk pada Windows  Cara Mengganti Huruf Partisi Hardisk pada Windows

Sekarang anda sudah berhasil mengubah Huruf Partisi atau mengubah Drive Letter partisi pada hardisk anda. Namun, bagaimana kalau hendak menukar Huruf partisi. Misakan Drive (D:) hendak ditukar dengan Drive (E:), tujuannya sanggup saja semoga partisi hardisk pada PC/Laptop anda terurut dan sesuai kehendak.

Menukar Drive Letter partisi Hardisk

Pada langkah-langkah diatas, anda sanggup mengubah Huruf partisi dan menggantinya dengan abjad partisi yang belum dipakai sebelumnya. Namun, bagaimana kalau anda hendak mengubah abjad partisi dan mengubahnya menjadi abjad yang sudah dipakai pada Partisi lain, atau anda hendak menukarnya. Tentu saja anda juga sanggup melakukannya memakai tool bawaan Windows ini. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Buka kembali Disk Management.

Langkah 2

Disini yang perlu anda lakukan ialah silahkan hapus dulu drive partisi yang akan dijadikan target. Misalnya anda hendak mengubah Partisi (E:) menjadi (D:), namun partisi (D:) sudah dipakai pada partisi lain, maka silahkan hapus terlebih dahulu Drive Partisi (D:). Silahkan klik kanan pada partisi (D:) lalu pilih Change Drive Letter and Paths….

Langkah 3

Pada jendela yang muncul silahkan klik pada Drive partisi yang akan dihapus hurufnya, lalu klik Remove. Jika sudah selesai, silahkan klik Ok.

Cara Mengganti Huruf Partisi Hardisk pada Windows  Cara Mengganti Huruf Partisi Hardisk pada Windows
Langkah 4

Ssekarang anda sudah berhasil menghapus Drive Partisi yang hendak dipakai untuk Drive Letter Partisi yang baru. Selanjutnya anda sanggup mengubah Huruf Partisi ibarat pada Langkah-langkah diatas.

Itulah cara mengganti Huruf Partisi pada Hardisk Windows, Cara ini tentu saja sangat gampang dan anda tidak harus memakai tool atau aplikasi lain alasannya ialah sudah tersedia pada bawaan Windows. Tentu saja cara ini sanggup dipakai untuk menciptakan partisi anda lebih rapi. Perlu diketahui juga bahwa cara ini sanggup dilakukan pada Windows 7,8/8.1, dan Windows 10.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengganti Karakter Partisi Hardisk Pada Windows"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel