iklan

Cara Ampuh Menghasilkan Wangsit Bisnis Kreatif

Cara Ampuh Untuk Menghasilkan Ide Bisnis Kreatif Cara Ampuh Menghasilkan Ide Bisnis KreatifSebelumnya saya sudah bahas mengenai sumber wangsit bisnis gres yang sering dipakai pengusaha sukses. Dalam artikel tersebut saya ungkap 5 sumber wangsit bisnis kreatif yang sering dipakai para pengusaha sukses. Jadi, kalau ingin ikut sukses, Anda juga harus menggali ide-ide bisnis dari sumber-sumber tersebut.


Nah, sesudah mengetahui tempatnya, dimana mendapat wangsit bisnis kreatif. Pertanyaan selanjutnya adalah: Bagaimana caranya?


Kali ini kita akan bahas lebih lanjut mengenai metode atau cara yang sanggup Anda gunakan untuk mendapat wangsit kreatif. Beberapa cara yang saya terangkan di sini akan membantu Anda menghasilkan ide-ide bisnis gres yang segar.


Ngomong-ngomong soal kreatifitas, kita harus melatih kreatifitas setiap saat. Saya punya satu metode latihan kreatifitas yang sederhana namun evokatif. Saya telah memakai latihan ini beberapa kali, baik sendiri maupun secara kelompok. Dan kesannya saya dan tim selalu berhasil menemukan solusi kreatif dari setiap permasalahan yang kami hadapi.


Latihan kreatifitas tersebut ialah dengan memakai puzzle. Anda sanggup memotong-motong gambar (bisa diambil dari gambar majalah atau gambar apapun). Dan kemudian menyusunnya kembali. Sederhana sekali. Seperti permainan anak Taman Kanak-kanak (taman kanak-kanak). Tapi terbukti efektif sanggup menggugah rasa dan kreatifitas. Cobalah menyusun ‘puzzle’ dengan tim Anda, pastikan terjadi diskusi pada setiap pecahan puzzle yang dipasang.


Kembali ke metode atau cara untuk menghasilkan wangsit bisnis kreatif. Berikut ini 3 cara ampuh untuk menghasilkan wangsit bisnis secara kreatif.


3 Cara Ampuh Untuk Menghasilkan Ide Bisnis Kreatif




  1. Focus Group Discussion




Focus group discussion telah dipakai semenjak tahun 1950an untuk banyak sekali tujuan. Untuk mendapat wangsit bisnis baru, seorang moderator memimpin sekelompok orang melalui sebuah diskusi terbuka yang komprehensif. Biasanya kelompok diskusi beranggotakan 8-14 partisipan. Dalam focus group discussion komentar-komentar dari masing-masing partisipan sanggup menstimulasi wangsit bisnis maupun produk gres secara kreatif untuk memenuhi kebutuhan pasar.


Selain menghasilkan ide-ide bisnis baru, focus group discussion merupakan satu metode yang sangat cantik untuk menyaring ide-ide dan konsep-konsep awal. Hasil dari focus group discussion sanggup dianalisa secara kuantitatif. Focus group discussion bermanfaat untuk menghasilkan ide-ide bisnis gres dan wangsit produk baru. Bahkan, tema dari pesan iklan produk sanggup berasal dari komentar-komentar para anggota kelompok focus group discussion.




  1. Brainstorming




Metode brainstorming atau tukar pikiran memungkinkan distimulasinya orang-orang semoga memperlihatkan kreatifitasnya yang lebih baik.


Ketika memakai cara brainstorming, Anda harus memperhatikan 4 peraturan berikut ini:



  • Bebas. Ciptakan keadaan yang bebas tanpa kendala dalam kelompok tersebut. Semakin “liar dan gila” wangsit tersebut semakin baik.

  • Tanpa Kritik. Siapapun dihentikan melontarkan kritik dalam kelompok tersebut, dihentikan ada komentar negatif.

  • Kuantitas. Munculkan sebanyak mungkin ide. Semakin banyak jumlah ide, semakin besar pula kemungkinan munculnya wangsit bisnis kreatif.

  • Hasilkan Ide dari Ide. Dari setiap wangsit yang sudah ada, lakukan kombinasi dan modifikasi untuk melahirkan wangsit baru.


Sesi brainstorming harus berjalan menyenangkan, setiap orang harus sanggup menikmati prosesnya. Tak boleh ada seorang pun yang mendominasi dan menghalangi jalannya ide.




  1. Problem Inventory Analysis




Analisis kumpulan persoalan (problem inventory analysis) merupakan metode untuk mendapat wangsit bisnis kreatif dan solusi gres dengan cara berfokus pada masalah. Hampir sama dengan focus group discussion, namun dalam problem inventory analysis kita fokus pada persoalan yang bekerjasama dengan produk-produk yang sudah ada.


Kumpulkan beberapa pelanggan, kemudian ajak mereka untuk mengidentifikasi dan mendiskusikan beberapa produk yang sudah mereka kenal. Berfokuslah pada masalah-masalah dari produk=produk tersebut.


Hasil dari diskusi dievaluasi secara teliti, sehingga kemudian Anda sanggup membuat produk atau perjuangan gres yang memecahkan persoalan yang dihadapi konsumen.


Nah, kini Sahabat PoBis sudah lengkap tahu dimana dan bagaimana caranya mendapat wangsit bisnis kreatif yang sanggup menghasilkan sebuah produk gres maupun bisnis baru.


sumber gambar: prevencionar.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Ampuh Menghasilkan Wangsit Bisnis Kreatif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel