iklan

Budidaya Tanaman Apel Kami Kupas Lengkap Di Sini

Bisnis budidaya tumbuhan apel merupakan salah satu jenis peluang perjuangan yang cukup menjanjikan keuntungan. Sebab, apel sendiri termasuk buah yang banyak digemari oleh seluruh lapisan masyarakat. Buah apel yang siap santap umumnya mempunyai warna hijau dan merah. Tanaman buah apel ini berasal dari tempat yang beriklim subtropis di Asia Barat.


Tanaman apel pertama kali ditanam di indonesia yaitu pada tahun 1934. Apel ialah tumbuhan buah yang kaya akan vitamin C dan B yang sangat dibutuhkan oleh badan dan baik dikonsumsi setiap hari sebagai makan subtitusi bagi Anda yang sedang melaksanakan diet.


Dalam sebuah bisnis, terutama bisnis dibidang budidaya tumbuhan baik buah maupun sayuran, sebaiknya Anda mengerti syarat tumbuh dari setiap tumbuhan yang akan Anda budidayakan. Dalam artikel ini akan memaparkan secara lengkap tata cara budidaya buah apel mulai dari syarat tumbuh, media tanam, pembibitan hingga panen.


Syarat tumbuh tumbuhan buah apel



  • Daerah dengan curah hujan normal yaitu pada kisaran 1000-2600 mm/ tahun, dengan hari hujan antara 110-150 hari /tahun dan 6-7 bulan hujan atau 3-4 bulan kering.

  • Tanaman apel membutuhkan intensitas cahaya per harinya antara 50% hingga 60%

  • Suhu lingkungan yang dibutuhkan dalam budidaya apel yaitu berkisar antara 160C hingga 270C dan tingkat kelembaban udara antara 75%-85%


Media tanam



  • Tanaman apel sangat baik pertumbuhannya jikalau ditanam pada tanah dengan lapisan organik yang bagus, mempunyai aerasi, struktur tanahnya subur dan gembur, mempunyai perembesan yang baik.

  • Tanah yang baik bagi budidaya apel ialah tanah andosol, regosol dan latosol.

  • Tingkat keasaman tanah berkisar antara 60C – 70C.

  • Kandungan air dalam tanah harus tercukupi dan memadai biar tumbuhan buah apel tumbuh optimal.

  • Hindari kekeringan biar perawatan serta pertumbuhan tumbuhan buah apel sanggup berjalan sebagaimana mestinya.


Budidaya tumbuhan apel


Pembibitan


Dalam bubidaya tumbuhan buah apel, pembibitan sanggup dilakukan dengan dua cara yaitu generatif dan vegetatif. Teknik generatif ialah pembibitan dengan memakai biji, sedangkan pembibitan vegetatif yaitu pembibitan dengan cara okulasi ataupun stek. Untuk cara menanam apel dengan memakai biji, Anda sanggup mendapat artikel lengkapnya dengan klik di sini.


Bisnis budidaya tumbuhan apel merupakan salah satu jenis peluang perjuangan yang cukup menjanjik Budidaya Tanaman Apel Kami Kupas Lengkap Di Sini
Bibit tumbuhan apel

Pemeliharaan bibit


Yang perlu dilakukan dalam pemeliharaan bibit budidaya apel ialah pemupukan. Pemupukan sanggup dilakukan dengan memakai Urea dan TSP setiap 1-2 bulan sekali. Berikan masing-masing tumbuhan pupuk Urea dan TSP sebanyak 5 gram. Penyiangan sangat dibutuhkan dikala masa pertumbuhan tumbuhan untuk menanggulangi tumbuhnya gulma.


Penyiraman juga dibutuhkan pada masa pertumbuhan bibit apel, lakukan penyiraman satu ahad sekali. Semprotkan insektisida dan fungisida sebanyak 2x dalam sebulan untuk menanggulangi hama dan penyakit pada masa pertumbuhan bibit apel.


Pemindahan bibit


Pemindahan bibit pada pembiakan vegetatif (okulasi) sanggup dilakukan 6 bulan sehabis okulasi. Potong bibit okulasi sepanjang 80-100 cm serta pangkas juga daun pada bibit tersebut untuk mengurangi penguapan.


Pengolahan media tanam



  • Persiapan: persiapan yang Anda sanggup lakukan yaitu survei tanah dan persiapan pengolahan. Persiapan dilakukan untuk mengetahui keadaan serta kadar unsur hara dalam tanah.

  • Pembukaan lahan: pengolahan lahan dilakukan dengan dicagkung dan diayak kemudian diberi pupuk kandang. Hal ini bertujuan untuk menggemburkan dan menyuburkan tanah.

  • Pembentukan bedengan: pembuatan bedengan sanggup dilakukan sesuai dengan bentuk dan ukuran sawah. Buatlah bedengan dengan lebar 1 meter dan panjangnya sesuai selera Anda. Namun tetap harus menyesuaikan dengan ukuran dan bentuk sawah.

  • Pengapuran: pengapuran bertujuan untuk menjaga tingkat keasaman tanah (pH) biar tetap ideal yaitu kurang dari 6.

  • Pemupukan: pemupukan dilakukan dengan cara mencampurkan pupuk sangkar dengan tanah dan ditambahkan pupuk urea. Pemupukan ini sangat baik bagi pertumbuhan buah apel.


Teknik penanaman



  • Penentuan contoh tanam: contoh tanam pada tumbuhan apel biasanya dilakukan secara monokultur. Hal ini bertujuan biar tumbuhan buah apel menjadi rimbun dan kebutuhan akan cahaya matahari yang tinggi tercukupi. Selain itu juga sirkulasi udara juga harus baik biar perkembangan tumbuhan berjalan dengan baik.

  • Pembuatan lubang tanam: pembuatan lubang tanam sebaiknya berukuran 50 x 50 x 50 cm hingga 1 x 1 x 1 meter. Pastikan tanah cuilan atas dan tanah cuilan bawah sudah tercampur dengan pupuk.

  • Cara penanaman: untuk pertumbuhan yang lebih cepat, masukan bibit dedalam lubang tanam kemudian di timbun dengan tanah yang tidak terlalu tebal.


Pemeliharaan buah apel



  • Penyulaman: penyulaman hanya dilakukan pada tumbuhan apel yang sudah mati atau mengalami kekerdilan bahkan tidak tumbuh. Penggantian tumbuhan ini biasanya dilakukan pada animo hujan.

  • Penyiangan: penyiangan dilakukan disekitar tumbuhan apel yang banyak ditumbuhi gulma.

  • Pemangkasan: pemangkasan pada bibit yang gres ditanam ialah bibit yang sudah mempunyai ketinggian 80 cm dengan tunas setinggi 60 cm.

  • Pemupukan: pemupukan sebaiknya Anda laksanakan pada dikala animo penghujan.


Masa panen



  • Ciri-ciri tumbuhan apel siap panen: umumnya sehabis tumbuhan berumur 4-5 bulan bunga dari tumbuhan apel akan bermekaran. Namun, semua tergantung iklim dan curah hujan. Curah hujan yang tinggi sanggup mempercepat masa panen. Pemanenan idealnya dilakukan pada buah apel yang telah mencapai ukuran maksimal, mengeluarkan aroma basi buah yang menyengat, serta warna buah masak lebih jelas.

  • Cara pemanenan: pemanenan dilakukan dengan cara dipetik secara eksklusif dan sanggup juga memakai gunting. Siklus pemanenan buah apel biasanya dilakukan setiap 6 bulan sekali.

  • Untuk proses cara panen tumbuhan apel lengkap dan proses pasca panen ideal yang sanggup Anda lakukan untuk menghasilkan panen yang maksimal, Anda sanggup baca diartikel kami berikut ini. Klik di sini


Bisnis budidaya tumbuhan apel merupakan salah satu jenis peluang perjuangan yang cukup menjanjik Budidaya Tanaman Apel Kami Kupas Lengkap Di Sini
Panen tumbuhan apel oleh petani

Demikian cara budidaya tumbuhan apel yang sanggup kami berikan untuk Anda. Untuk artikel perihal tumbuhan apel lainnya, Anda sanggup lihat dibawah ini. 


sumber gambar: newsviva,greenpass




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Budidaya Tanaman Apel Kami Kupas Lengkap Di Sini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel