iklan

Bahaya Melepas Saringan Udara Kendaraan Beroda Empat Motor

Resiko melepas saringan udara kendaraan - salah satu komponen yang sangat penting untuk selalu dipasang pada kendaraan baik itu kendaraan beroda empat maupun motor untuk melindungi mesin dari kerusakan salah satunya ialah filter udara atau saringan udara. Dan pernahkah anda mendengar mitos bahwa melepas saringan udara ini sanggup menciptakan performa mesin menjadi meningkat ?

Jika iya memang dengan melepas saringan udara menciptakan fatwa udara yang terhisap kedalam mesin melalui langkah hisap menjadi bebas tanpa adanya kendala dari kisi kisi saringan udara, dengan demikian kebutuhan udara yang masuk kedalam ruang mesin ini jauh lebih banyak dibandingkan mesin kendaraan yang memakai saringan udara. Namun apakah ada imbas negatif dari melepas saringan udara pada mesin motor ataupun kendaraan beroda empat ?

 salah satu komponen yang sangat penting untuk selalu dipasang pada kendaraan baik itu mob Bahaya Melepas Saringan Udara Mobil Motor

Saringan udara kotor sanggup menurunkan performa mesin dan boros bensin

Mobil yang memakai saringan udara dan tidak pernah dibersihkan maka secara otomatis bubuk dan kotoran yang terjebak diantara kisi kisi saringan akan menghambat fatwa udara yang akan menuju kedalam ruang bakar. Hasilnya ialah kebutuhan akan oksigen sebagai syarat mutlak terjadinya pembakaran menjadi tidak terpenuhi alias kurang, Karena pasokan oksigen kurang maka kompresi mesin pun menjadi kurang maksimal. Nah kompresi mesin yang kurang tinggi inilah yang menyebabkan tenaga mesin menjadi kurang, efeknya tarikan mesin jadi kurang responsif. Dan lantaran dirasa kurang responsif ini biasanya pengemudi secara reflek akan menginjak pedal gas jauh lebih dalam sehingga suplay materi bakar ke ruang mesin menjadi berlebih dan materi bakar pun menjadi boros. Karena alasan ini pula lah banyak orang yang berinisiatif untuk melepas saringan udara saja.

Resiko melepas saringan udara pada mesin kendaraan beroda empat dan motor

Setiap tindakan yang kita lakukan tentu saja ada resiko atau imbas negatif yang ditimbulkan termasuk dengan melepas komponen saringan udara mesin kendaraan beroda empat / motor ini. Salah satu resiko paling berbahaya saat anda memutuskan untuk melepas atau tidak memakai saringan udara pada mesin kendaraan ialah mesin kendaraan beroda empat ataupun motor menjadi cepat rusak. Hal ini disebabkan lantaran seluruh material abnormal ibarat debu, kotoran, sampah daun bahkan batu yang mungkin beterbangan dan tidak sengaja terhisap mesin akan eksklusif masuk kedalam ruang bakar. Jika hingga hal ini terjadi selama beberapa waktu tentu saja kotoran dari benda abnormal ini akan merusak komponen mesin terutama pada kepingan liner / dinding ruang bakar dan juga pada klep intake sehingga menciptakan kompresi mesin jadi bocor.

Baca juga : Penyebab kenapa kompresi mesin sanggup bocor

Sebenarnya jikalau kalian rutin membersihkan saringan udara, tarikan mesin yang kurang ataupun mesin boros materi bakar tidak akan pernah terjadi, dan lantaran kalian sendiri yang malas lah yang menyebabkan demikian dan malah menyalahkan saringan udara yang terpasang dan menentukan untuk membuangnyas saja.

Baca juga : Cara ampuh meningkatkan tenaga mesin

Maka dari itu sebelum anda memutuskan melepas saringan udara mesin kendaraan sebaiknya dipikirkan matang matang terlebih dahulu mengenai resiko yang akan terjadi dikemudian hari. Jika anda sudah tahu dan siap mengambil resiko yang diakibatkan melepas air filter ini, silahkan anda lepas :).




Sumber http://automotivexist.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bahaya Melepas Saringan Udara Kendaraan Beroda Empat Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel