iklan

Apa Itu Neraca Lajur ? Pengertian, Fungsi Contoh

Akuntansilengkap – Neraca lajur menjadi salah satu hal penting untuk menawarkan gosip ihwal laporan keuangan perusahaan. Meski begitu mungkin banyak yang belum mengenal apa itu neraca lajur. Bagi yang belum paham neraca lajur tak ada salahnya mengenalnya lewat klarifikasi berikut ini.

Pasalnya kehadiran neraca lajur ini dinilai penting untuk pengambilan keputusan perusahaan nantinya. Kaprikornus tak ada salahnya untuk mengenal lebih dalam seputar neraca lajur di sini.

Apa Itu Neraca Lajur?

Pengertian Neraca lajur (kertas kerja) ialah kertas yang terdiri dari kolom-kolom. Neraca lajur ini digunakan dalam melaksanakan pencatatan keuangan dengan cara manual.

Isi dari neraca lajur bekerjsama tidak formal, jadi nantinya sanggup diperbaiki atau pun dikoreksi ketika memang dibutuhkan. Meski memang tidak formal, namun kolom-kolom yang ada di neraca lajur ialah kolom-kolom yang direncanakan dengan khusus. Kaprikornus data-data keuangan yang dibutuhkan pun sanggup terhimpun dengan baik.

Fungsi Neraca Lajur

Jika sudah mengenal apa itu neraca lajur sekarang saatnya beranjak ke pembahasan selanjutnya, yaitu fungsi dari neraca lajur. Ada bermacam-macam fungsi penting yang sanggup diperoleh dari penggunaan neraca lajur. Berikut ini ialah beberapa di antaranya.

1. Untuk Melakukan Pemeriksaan Data Kembali

Kegunaan pertama dari neraca lajur ialah untuk melaksanakan investigasi data kembali. Kaprikornus data pencatatan yang ada sanggup digunakan untuk melaksanakan investigasi data secara keseluruhan. Utamanya melalui neraca saldo serta jurnal penyesuaian.

Kesalahan pencatatan sanggup dihindarkan dengan mencocokkannya dengan neraca lajur. Hal ini juga baiknya diterapkan tidak hanya pada pencatatan oleh insan namun juga pencatatan yang dilakukan oleh software. Kaprikornus peluang kesalahan yang terjadi sanggup diminimalisir.

2. Melihat Kegiatan Harian Perusahaan

Dari neraca lajur inilah acara harian perusahaan sanggup dilihat. Utamanya ialah acara yang berafiliasi dengan laporan keuangan. Tentunya akan lebih memudahkan pihak perusahaan dalam mengontrol banyak sekali acara keuangan yang ada.

Apalagi persoalan keuangan ini mempunyai konsekuensi yang cukup tinggi bagi perusahaan. Tak heran kalau kemudian banyak yang menganggap bahwa neraca lajur sanggup menjadi salah satu patokan untuk pengambilan keputuasan perusahaan.

3. Memudahkan Pembuatan Laporan Keuangan

Pembuatan laporan keuangan tentu menjadi salah satu acara riskan untuk perusahaan. Pasalnya acara yang satu ini mempunyai dampak banyak nantinya untuk kondisi perusahaan. Kaprikornus tidak hanya dibutuhkan ketelitian untuk membuatnya. Namun, juga dibutuhkan waktu yang cukup lama.

Neraca lajur ini nantinya akan membantu penyusun laporan keuangan, semoga penyusunan menjadi lebih mudah. Tak hanya menghemat waktu namun, juga sanggup memudahkan pengecekan ketika terjadi kesalahan. Ini alasannya ialah data yang ada di dalam neraca lajur sudah termasuk semua data yang digunakan untuk menciptakan sebuah laporan keuangan.

4. Membantu Peringkasan Data

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya kalau dalam neraca lajur sudah terdapat banyak sekali kebutuhan yang sanggup digunakan untuk melaksanakan pencatatan keuangan. Peringkasan data tersebut bekerjsama menjadi fungsi ‘utama’ dari neraca lajur.

Pasalnya dikala menciptakan neraca lajur tentu akan ada penggolongan data yang isinya ialah akun keuangan perusahaan. Berbagai data yang dicatat dalam neraca lajur inilah yang menciptakan penyusunan laporan keuangan menjadi lebih mudah, serta data catatan keuangan menjadi lebih ringkas.

5. Memperlihatkan Prosedur Pencatatan Keuangan yang Dijalankan

Melalui neraca lajur itulah sanggup dilihat bagaiman mekanisme pencatatan keuangan yang berlaku di perusahaan. Tentunya prosedur-prosedur tersebut sekaligus mengambarkan bagaimana integritas perusahaan dalam menjalankan pencatatan keuangan.

Tentunya harus dipahami kalau pencatatan keuangan perusahaan juga memperlihatkan bagaimana profesionalitas perusahaan dalam mengelola keuangannya. Lebih lanjut ini untuk melihat bagaimana dapat dipercaya perusahaan tersebut.

Contoh Neraca Lajur

https://www.akuntansilengkap.com/akuntansi/contoh-neraca-lajur-perusahaan-jasa/

Cara Membuat Neraca Lajur

https://www.akuntansilengkap.com/akuntansi/cara-membuat-neraca-lajur-worksheet-perusahaan/

Sedikit klarifikasi di atas akan membantu untuk mengenal apa itu neraca lajur serta apa fungsi dari neraca lajur.


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Neraca Lajur ? Pengertian, Fungsi Contoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel