iklan

√ 5 Mitos Pohon Beringin Yang Angker Dan Bikin Ngeri

Pohon beringin selalu nampak memberikan keteduhan di siang hari. Tipikal pohonnya yang rimbun dan dipenuhi dedaunan menciptakan kita merasa sejuk dikala berlindung di bawah pohon beringin dari sengatan sinar matahari. Sayangnya, di balik keteduhan pohon beringin ternyata pohon ini mempunyai sejumlah mitos. Bahkan, beberapa di antara mitos tersebut mengandung hal-hal mistis yang bikin merinding.


Tak hanya memberikan kesan teduh, ternyata pohon beringin juga mempunyai sisi menakutkan tersendiri. Pohonnya yang terlihat besar dan kekar semakin terlihat mengerikan dengan adanya akar-akar pohon yang menjuntai ke tanah. Penampilannya yang sedikit horor ini menciptakan pohon beringin semakin dicap sebagai kawasan tinggal makhluk astral bagi sebagian orang.


5 Mitos Pohon Beringin


1. Tempat Tinggal Makhluk Halus


Pohon beringin selalu nampak memberikan keteduhan di siang hari √ 5 Mitos Pohon Beringin yang Menyeramkan dan Bikin Ngeri

* sumber: m.kwikku.com


Kita semua tahu mengenai mitos wacana pohon-pohon besar yang merupakan kawasan tinggal bagi makhluk halus. Konon, makhluk halus memang suka tinggal di pohon besar dan rimbun ibarat pohon beringin ini.


Mitos pohon beringin sebagai kawasan tinggal favorit bagi makhluk-makhluk tak kasat mata ini masih dipercaya oleh masyarakat modern. Banyak yang percaya bahwa segala jenis makhluk tak kasat mata bahagia mendiami pohon tersebut.


Di antara sejumlah makhluk tak kasat mata yang dipercaya tinggal di pohon beringin, ada satu makhluk yang diklaim selalu menduduki pohon tersebut, yakni genderuwo. Jin yang sering digambarkan dengan perawakan besar dan tubuhnya dipenuhi bulu ini menentukan pohon beringin sebagai kawasan tinggalnya.


Walaupun belum tentu kebenarannya, banyak masyarakat yang enggan bersantai atau duduk di bawah pohon beringin di malam hari. Mereka takut jikalau melihat penampakan genderuwo atau makhluk astral lain penghuni pohon beringin tersebut.


2. Larangan Buang Air Kecil di Pohon Beringin


Pohon beringin selalu nampak memberikan keteduhan di siang hari √ 5 Mitos Pohon Beringin yang Menyeramkan dan Bikin Ngeri


Mitos pohon beringin yang satu ini masih berkaitan dengan mitos pohon tersebut yang merupakan hunian bagi makhluk halus. Masyarakat percaya bilamana ada orang yang buang air kecil di bawah pohon beringin, maka makhluk halus penghuni pohon tersebut akan murka dan merasa tidak terima.


Alhasil, orang tersebut sanggup terkena sawan, penyakit gila yang tidak sanggup disembuhkan oleh dokter. Sawan ini sering digambarkan dengan kondisi tubuh demam dan meriang layaknya seorang yang sedang sakit flu. Akan tetapi, penyakit ini tidak sanggup sembuh hanya dengan minum obat.


Memang tidak semua orang mengalami hal ibarat ini. Namun, mitos ini tercipta untuk mengajarkan biar tidak buang air kecil sembarangan. Coba bayangkan jikalau ada ular atau binatang buas lain di pohon beringin kawasan Anda buang air kecil, niscaya akan jadi berabe, bukan? Jadi, alangkah lebih baik jikalau kita mencari WC umum untuk buang air kecil, bukan di bawah pohon beringin.


3. Tidak Boleh Ditebang


Pohon beringin selalu nampak memberikan keteduhan di siang hari √ 5 Mitos Pohon Beringin yang Menyeramkan dan Bikin Ngeri


Anda niscaya pernah melihat atau mendengar pohon beringin yang usianya ratusan tahun, kan? Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa pohon beringin sanggup mempunyai usia ratusan tahun? Bahkan, terkadang pohon beringin sanggup tumbuh di mana saja tanpa ada yang menebangnya.


Usia pohon beringin yang sanggup mencapai ratusan tahun nampaknya tidak lepas dari mitos pohon beringin yang berikut ini. Ya, ada mitos yang menyampaikan bahwa pohon beringin dihentikan ditebang, tepatnya ada larangan untuk menebang pohon beringin tanpa melaksanakan ritual tertentu.


Menurut nenek moyang, jikalau ada orang yang nekat menebang pohon beringin tanpa melaksanakan ritual tertentu, maka orang tersebut akan tertimpa musibah. Mitos ini masih dipercaya hingga dikala ini. Itulah sebabnya mengapa ada banyak pohon beringin yang tumbuh di tempat-tempat yang tidak seharusnya. Pasalnya, banyak orang yang tidak berani menebang karena takut terkena musibah.


4. Dilarang Bergelantungan di Akar Pohon Beringin


Pohon beringin selalu nampak memberikan keteduhan di siang hari √ 5 Mitos Pohon Beringin yang Menyeramkan dan Bikin Ngeri

* sumber: hindualukta.blogspot.com


Beringin ialah pohon yang populer dengan akar-akarnya yang kokoh dan menjuntai ke tanah. Penampakan akar-akar pohon beringin ini terkadang semakin menambah kesan menakutkan dan keramat dari pohon tersebut.


Ada sebuah mitos pohon beringin yang berafiliasi dengan akar-akarnya. Konon, kita tidak diperkenankan untuk bergelantungan di akar-akar pohon beringin. Pasalnya, orang yang nekat bergelantungan di akar pohon beringin hidupnya akan terus bergantung pada orang lain alias tidak sanggup mandiri.


Jadi, kalau suatu dikala Anda melihat pohon beringin dengan akar-akarnya yang tampak menjuntai ke tanah, sebaiknya urungkan niat Anda untuk mencoba bergelantungan di sana layaknya seorang Tarzan. Terlepas dari mitos pohon beringin yang beredar, memang nampak tidak pantas jikalau kita mencoba bergelantungan di pohon. Di samping itu, sikap ibarat ini sanggup merusak pohon beringin itu.


5. Dapat Mendatangkan Jodoh


Pohon beringin selalu nampak memberikan keteduhan di siang hari √ 5 Mitos Pohon Beringin yang Menyeramkan dan Bikin Ngeri

* sumber: hello-pet.com


Berbicara mengenai mitos pohon beringin rasanya tidak afdol jikalau kita tidak membahas seputar pohon beringin yang cukup populer di Indonesia. Ada sepasang pohon beringin yang terletak di Alun-alun Kidul Yogyakarta. Pohon beringin kembar ini selalu menjadi jujugan bagi wisatawan yang tiba ke alun-alun tersebut.


Ada sebuah mitos yang beredar mengenai pohon beringin kembar ini. Konon, orang yang yang sanggup melaksanakan tradisi “Masangin” di pohon beringin kembar ini, maka ia sanggup meminta permohonan. Banyak yang percaya bahwa permohonan tersebut akan terkabul, apalagi jikalau permohonan yang dipanjatkan berurusan dengan jodoh.


Untuk informasi, “Masangin” ialah tradisi melewati dua pohon beringin di Alun-alun Kidul dengan mata tertutup. Jika orang tersebut berhasil melaksanakan tradisi ini tanpa dibantu orang lain, konon permohonannya akan terkabul.


Tentu saja kebenaran seputar pohon beringin yang sanggup mendatangkan jodoh ini belum terbukti kebenarannya. Jodoh dan segala hal yang terjadi dalam hidup Anda sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Terlepas dari percaya atau tidaknya Anda dengan mitos pohon beringin kembar di Alun-alun Kidul, pohon ini ialah spot wajib untuk berfoto ketika Anda berkunjung ke sana. Jadi, jangan lupa untuk berfoto dengan background pohon beringin kembar, ya!


Mitos Pohon Beringin: Harus Percaya atau Tidak?


Pohon beringin selalu nampak memberikan keteduhan di siang hari √ 5 Mitos Pohon Beringin yang Menyeramkan dan Bikin Ngeri

* sumber: www.kompasiana.com


Kebanyakan nenek moyang pada zaman dahulu memberikan suatu pesan tersirat atau larangan melalui mitos. Misalnya, ada mitos mengenai anak gadis dihentikan duduk atau bangkit di tengah pintu jikalau tidak ingin lambat menerima jodoh. Jika kita mencerna dari sisi positif, duduk, atau bangkit di tengah pintu memang sanggup mengganggu orang yang ingin keluar dan masuk. Jadi, mitos ini tolong-menolong dibentuk untuk memberikan pesan tersirat biar kita lebih beretika.


Sama halnya dengan mitos pohon beringin yang hingga dikala ini masih dipercaya. Mitos pohon beringin yang digadang-gadang sebagai kawasan tinggal makhluk astral ini ibarat memberi kita pesan tersirat biar tidak nongkrong di bawah pohon beringin dikala malam hari. Selain tidak bermanfaat, kita juga sanggup terkena sejumlah penyakit jikalau berada di bawah pohon dikala malam hari. Pasalnya, pohon akan mengeluarkan gas karbon dioksida pada malam hari.


Nah, apakah Anda harus percaya dengan mitos pohon beringin yang selama ini beredar di Indonesia? Semua kembali lagi kepada diri Anda sendiri. Anda mempunyai hak untuk percaya atau menganggap mitos ini sebagai pesan tersirat belaka. Bacaterus menyarankan Anda untuk lebih bijaksana dalam memilah suatu hal untuk dipercaya atau tidak.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 5 Mitos Pohon Beringin Yang Angker Dan Bikin Ngeri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel