iklan

5 Cara Membersihkan Jok Kendaraan Beroda Empat Yang Benar Sesuai Materi Dasarnya

CARA MEMBERSIHKAN JOK MOBIL – Di antara interior kendaraan beroda empat lainnya, jok mempunyai tugas krusial. Selama perjalanan, Anda menggunakannya untuk duduk. Oleh alasannya itu, cara membersihkan jok kendaraan beroda empat yang benar sesuai bahannya menyerupai kain, kulit, beludru, vinil, dan tenun sangat penting Anda ketahui.


Jok kendaraan beroda empat yang jarang dibersihkan sanggup menciptakan kotoran dan debu sulit dibersihkan Jika dibiarkan, maka sanggup menjadi sarang basil dan kondisi ini akan mempengaruhi konsentrasi menyetir Anda. Nah, untuk membersihkannya, simak cara-cara berikut.




1. Cara Membersihkan Jok Mobil dengan Spons


Cara pertama biar jok kendaraan beroda empat Anda senantiasa tampak gres dan nyaman diduduki yaitu dengan spons. Bahan ini sangat sesuai untuk jok kendaraan beroda empat berbahan dasar kain. Cukup gunakan detergent cair yang biasa Anda gunakan untuk mencuci baju.


Tapi, cara membersihkan jok kendaraan beroda empat ini tentu berbeda dengan mencuci baju. Untuk langkah awal, bersihkan jok dari debu memakai kemonceng atau vacuum cleaner (penyedot debu portable). Lalu, siapkan wadah berisi air hangat yang sudah diberi detergent cair.


Selanjutnya, rendam spons dalam air sabun hangat tersebut, peras, kemudian gosok-gosokkan pada seluruh bab jok. Jika semua noda sudah hilang, bersihkan dengan handuk yang telah dibasahi air dingin. Kemudian, bersihkan lagi dengan handuk atau kain lembut kering.


2. Cara Membersihkan Jok Mobil dengan Cairan Pembersih dan Kondisioner


Cara kedua sangat disarankan untuk diterapkan pada jok kendaraan beroda empat berbahan dasar kulit. Mengingat sensitifnya materi ini, maka perlu perawatan yang berbeda pula. Bahan yang umum dipakai untuk mencucinya yaitu pembersih dan kondisioner khusus materi kulit.


Sebelum membersihkannya, panaskan dulu kendaraan beroda empat Anda. Kecuali kalau Anda tinggal di kawasan yang panas atau tinggal di kawasan 4 animo dan sedang memasuki animo panas, maka tidak perlu memanaskan mobil.


Jika suhu ruang kendaraan beroda empat menghangat, oleskan cairan pembersih secara merata memakai kain lap lembut, kemudian biarkan sebentar. Setelah suhu mendingin, gosok semua bab jok dengan lap kain yang sama.


Setelah bersih, biarkan mengering kemudian beri kondisioner. Gunakan kondisioner berbahan dasar air dengan pH normal, bukan berbahan minyak. Cara ini efektif untuk menjaga tampilan jok kendaraan beroda empat Anda sehingga selalu terlihat baru.


3. Cara Membersihkan Jok Mobil dengan Sikat Halus


Cara ketiga ini sanggup Anda terapkan pada jok kendaraan beroda empat berbahan dasar beludru. Jika dua materi sebelumnya sanggup pribadi dicuci di mobilnya, maka untuk materi beludru ini sebaiknya dilepas dulu, kemudian dikeluarkan.


Kemudian, semprot dengan cairan pembersih pada bab yang terkena noda atau bab yang paling kusam alasannya debu. Jika sudah selesai, sikat secara searah memakai sikat lembut dan bersihkan dengan lap kering.


Selanjutnya, jemur di bawah sinar matahari biar cepat kering. Jika tidak ada noda yang mencolok, Anda sanggup membersihkannya dengan penyedot debu sehingga tidak perlu melepas jok dari mobilnya.


4. Cara Membersihkan Jok Mobil dengan Cairan Pembersih Kaca


Cara keempat ini sesuai untuk jok kendaraan beroda empat berbahan dasar vinil. Semprot semua bab jok dengan botol semprot berisi cairan pembersih kaca, khususnya yang terkena noda. Kemudian, lap dengan kain microfiber. Usahakan biar cairan pembersih tidak mengenai lantai mobil.


Untuk noda membandel pada jok vinil ini, Anda juga sanggup memakai pasta soda yang merupakan adonan antara baking soda dengan air. Oles dan gosokkan pasta soda ini pada jok, bilas dengan detergent, kemudian dengan air.


Selanjutnya, usap dengan lap kering. Untuk bab yang sulit dijangkau, Anda sanggup gunakan sikat berbulu lembut. Alat ini tidak akan merusak jok berbahan vinil di kendaraan beroda empat Anda. Khususnya kalau dilakukan dengan kehati-hatian dan tekanan rendah.


5. Cara Membersihkan Jok Mobil dengan Cairan Cuci Piring atau Pembersih Bulu


Cara terakhir ini sesuai untuk jok berbahan dasar tenun. Selain materi pembersihnya yang gampang didapat di dapur, cara membersihkannya juga cukup mudah. Masukkan cairan basuh piring yang telah dicampur air ke dalam botol semprot.


Lalu, Anda sanggup pribadi menyemprotkannya pada semua bab jok dengan jarak ± 15 cm. Setelah itu, gosok dengan sikat lembut kemudian bersihkan dengan kain lap yang sudah dibasahi dengan air hangat.


Kemudian untuk mengeringkannya, gunakan kain microfiber. Untuk materi vinil ini, Anda juga sanggup memakai kertas lengket yang terdapat pada lint roller (pembersih bulu). Cara membersihkan jok kendaraan beroda empat paling sulit yaitu pada noda tinta dan tumpahan makanan.



Sumber https://tekooneko.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara Membersihkan Jok Kendaraan Beroda Empat Yang Benar Sesuai Materi Dasarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel