iklan

14 Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja

Negara yang maju dipengaruhi oleh kualitas tenaga kerja negara itu sendiri 14 Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja

AkuntansiLengkap – Negara yang maju dipengaruhi oleh kualitas tenaga kerja negara itu sendiri. Tenaga kerja yang berkualitas sanggup akan kuat pada produktivitas, peningkatan kesempatan bekerja dan turunnya angka pengangguran.

Yap, semakin tinggi jumlah tenaga kerja yang berkualitas maka angka pengangguran akan semakin turun/rendah. Jika pengangguran semakin berkurang akan kuat pada naiknya kesejahteraan masyarakat.

Pada periode Globalisasi, tenaga kerja dari luar dipandang negatif sebab dianggap sebagai tentangan dan sebuah bahaya oleh tenaga lokal.

Padahal itu sanggup dipandang sebagai hal yang aktual lho, tenaga kerja lokal kita sanggup mencuri sebagian keterampilan dan keahlian dari pekerja luar semoga mereka sanggup menjadi tenaga kerja yang berkualitas.

Pada ketika ini tenaga kerja Indonesia masih kalah saing dengan tenaga kerja luar negeri. Penyebabnya banyak, diantaranya pendidikan atau training yang masih kurang, Sedikitnya lapangan kerja dan pembangunan yang belum merata di negeri ini.

Dengan demikian, cara meningkatkan kualitas tenaga kerja sanggup diupayakan oleh 3 pihak, tidak hanya kewajiban bagi pemerintah, namun pihak swasta dan juga individu mempunyai tugas untuk meningkatkannya.

Berikut upaya yang sanggup meningkatkan kualitas tenaga kerja di Indonesia:

Upaya Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja Oleh Pemerintah

Sebagai penanggung jawab kesejahteraan tertinggi atas kesejahteraan rakyat, Pemerintah sanggup melaksanakan upaya-upaya berikut untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja rakyatnya:

  1. Mendirikan forum training untuk meningkatkan keterampilan masyarakat menyerupai Balai Latihan Kerja (BLK) atau forum yang berdiri dilingkungan masyarakat menyerupai PKK dan Karang Taruna.
  2. Menyusun dan melaksanakan program-program yang sekiranya mendukung tercapainya system ketenagakerjaan yang ideal.
  3. Meningkatkan kualitas serta produktivitas tenaga kerja dengan mengadakan pelatihan-pelatihan gratis sehingga tidak menjadi penghalang bagi pesertanya.

Dalam bidang pendidikan, pemerintah sanggup mengupayakan hal-hal berikut:

  1. Peningkatan kualitas guru/pelajar dengan sertifikasi, training dan alokasi tunjangan.
  2. Peningkatan bahan pembelajaran, menyerupai membuat kurikulum yang sanggup menghasilkan lulusan yang sesuai dengan persyaratan dunia kerja, juga berkualitas.
  3. Peningkatan kualitas pendidikan baik dalam pendidikan formal maupun Nonformal.

Upaya Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja Oleh Pihak Swasta

Pihak yang banyak memakai jasa tenaga kerja juga mempunyai kekerabatan timbal balik satu sama lain.

Pihak tenaga kerja membutuhkan perusahaan semoga memperoleh upah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, sedangkan perusahaan membutuhkan semoga perjuangan yang dijalankannya terus berjalan.

Maka dari itu, adanya upaya dari pihak swasta juga dibutuhkan menyerupai hal-hal berikut:

  1. Bekerjasama dengan forum pendidikan

Cara meningkatkan kualitas tenaga kerja oleh swasta yaitu dengan cara membuka kesempatan magang kepada akseptor didik(calon tenaga kerja).

Kesempatan ini dilakukan untuk memberi kesempatan pada calon tenaga kerja semoga mereka mempunyai pengalaman eksklusif di dunia kerja,pengetahuan wacana dunia perjuangan dan industri.

Serta semoga para calon mendapat citra yang terperinci mengenai pekerjaan tersebut dan sanggup meningkatkan perilaku profesionalisme dalam bekerja.

  1. Mengapus hukum yang sanggup menghambat kualitas tenaga kerja

Perusahaan sanggup menghapus aturan-aturan yang menghambat peningkatan kualitas karyawan, memberi kesempatan dan pelatihan-pelatihan untuk pengembangan diri karyawan tersebut.

  1. Menerapkan bonus (Reward) dan Sanksi (Punishment)

Memberikan bonus dan hukuman sanggup menumbuhkan semangat atau penemuan untuk bekerja lebih baik lagi. Pemberian bonus sanggup berupa promosi atau kenaikan gaji.

Sedangkan pertolongan hukuman sanggup berupa sebuah peringatan, penurunan jabatan atau pemotongan gaji.

Namun ingat, Sanksi yang diberikan diperlukan tidak membuat kualitas pekerja tersebut menurun.

  1. Menyelenggarakan training terpola untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja

Untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja sanggup dilakukan dengan mengadakan training berkala.

Pelatihan sanggup dilakukan secara internal maupun eksternal.

Pelatihan internal berarti training tersebut diselenggarakan oleh pihak perusahaan sendiri. Sedangkan training eksternal berarti training tersebut diselenggarakn oleh pihak perusahaan yang bekerja sama dengan hebat sesuai dengan bidangnya.

  1. Meningkatkan pertolongan gizi dan kualitas kesehatan

Mudah saja, kalau tenaga kerjanya terpenuhi gizi dan kesehatannya terjaga, maka mereka bisa bekerja dengan lebih produktif lagi.  

Perusahaan sanggup menyediakan makanan yang sanggup menunjang pekerjaan dan kesehatan mereka, serta lingkungan yang higienis juga sanggup meningkatkan mood bekerja setiap orang.

Upaya Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja Oleh Individu

Pihak yang terakhir merupakan individu, akan sia-sia kalau kedua pihak sudah mengupayakan banyak sekali macam hal namun tidak ada upaya dari individu itu sendiri.

Berikut yaitu langkah yang sanggup dilakukan seorang individu:

  1. Membekali diri dengan hal yang dikehendaki oleh perusahaan

Akan percuma kalau kita sudah mempunyai pengalaman dan prestasi namun tidak mempunyai hal yang diperlukan oleh perusahaan.

  1. Meningkatkan kemampuannya dalam hal keterampilan, Bahasa serta wawasan

Dimanapun beliau bekerja, kalau ia mempunyai kemampuan dalam hal-hal diatas beliau sanggup menyesuaikan diri dalam banyak sekali macam situasi

  1. Menanamkan jiwa wirausaha

Jika individu belum mempunyai atau tidak ingin bekerja pada suatu perusahaan, tanamkanlah jiwa wirausaha menyerupai gigih, ulet dan kreatif semoga bisa membuat peluang usaha sendiri.

Artikel menarik lainnya:

  1. 8 Contoh Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Indonesia
  2. Contoh Bisnis Modal 10 Juta
  3. 6 Contoh Usaha Modal 5 Juta Yang Praktis di Lakukan
  4.  18 Ciri-Ciri dan Sifat Pengusaha Yang Sukses
  5. 6 Jenis Investasi Modal Kecil Dengan Hasil Tinggi

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "14 Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel