iklan

Pinjaman Dana Pendidikan Online Cepat Cair

Semua tahu bahwa bank tidak mengatakan santunan dana pendidikan. Tapi santunan dana pendidikan tanpa jaminan secara online yang cepat cair ditawarkan Fintech. Apa namanya dan bagaimana cara mengajukan ?

Jika ingin sekolah tapi tidak punya uang, selama ini di Indonesia, calon pelajar tidak bisa mengajukan santunan ke bank atau perusahaan finansial.

Belum ada, yang namanya student loan, di Indonesia, menyerupai yang lazim di negara Paman Sam dimana santunan dana kuliah yang dibayar sesudah bekerja.

Kenapa di Indonesia belum ada santunan dana pendidikan ? Kenapa tidak bisa pinjam uang untuk bayar kuliah ?

Bank mengatakan kredit kepada orang yang sudah punya penghasilan. Tanpa penghasilan hampir tidak mungkin bank menyetujui permohonan kredit.

Itu sebabnya, santunan dana untuk mahasiswa tidak mungkin lantaran mahasiswa belum punya sumber penghasilan.

Bagaimana dengan iklan KTA untuk mahasiswa ?

Setahu saya hanya ada 1 bank BUMN yang berani mengatakan pinjaman KTA untuk pelajar dengan persyaratan yang cukup rumit dan proses yang lama.

Sementara itu, potensi pasar santunan dana pendidikan boleh dibilang besar lantaran banyak pelajar atau mahasiswa yang tidak punya cukup uang untuk membiayai sekolah mereka.

Siapa yang berani mengambil peluang ini ? Memberikan kredit pendidikan kepada pelajar.

Pinjaman Dana Pendidikan Online

Ditengah kebutuhan pinjam uang untuk biaya pendidikan, sedangkan bank dan forum keuangan konvensional tidak mengatakan solusi, muncullah Fintech mengatakan solusi alternatif pembiayaan.

Tentu saja, yang diberikan Fintech bukan santunan lunak mahasiswa. Konteksnya tetap kredit komersial.

Fintech mengatakan aplikasi pinjam uang untuk mahasiswa atau pelajar yang membutuhkan dana untuk biaya kuliah dan sekolah mereka.

Keunggulan yang ditawarkan Fintech dalam pembiayaan santunan pendidikan sebagai berikut:

#1 Proses Online Cepat

Pengajuan cukup dilakukan secara online dengan mengirimkan email ke perusahaan Fintech yang mengatakan santunan uang online untuk pelajar.

Tidak perlu tiba ke kantor cabang perusahaan Fintech. Semuanya diselesaikan lewat online.

#2 Persyaratan Mudah

Persyaratan yang perlu dipenuhi dalam pengajuan santunan adalah:

  • Penjamin. Wajib adanya pihak yang menjadi penjamin mahasiswa atau pelajar yang mengajukan pinjaman. Penjamin ini harus mempunyai penghasilan.
  • Sudah terdaftar sebagai siswa. Di salah satu daerah peminjaman uang online, Siswa harus terdaftar dalam aktivitas pendidikan tinggi: Diploma (D1, D2, D3, D4), Akademi, S1, S2, atau setara di Indonesia. Program pendidikan siswa sudah harus mulai berjalan.
  • Dokumen. Melengkapi semua dokumen administrasi: NIK, KTM, persetujuan Wali. Untuk siswa baru, surat penerimaan yang mencantumkan nama, forum pendidikan, dan aktivitas dimana Anda telah diterima, serta tanggal perkuliahan dimulai. Untuk siswa yang sudah aktif, bukti riwayat pembayaran atau transkrip akademik sanggup digunakan.

#4 Pinjaman Tanpa Jaminan

Pinjaman yang ditawarkan ialah tanpa jaminan. Pelajar tidak perlu mengatakan agunan kepada Fintech.

Ini tentu saja fitur yang manis lantaran kita maklum bahwa siswa niscaya belum mempunyai jaminan atau agunan. Seandainya ada penjamin pun, mereka belum tentu bersedia mengatakan agunan sebagai jaminan.

#5 Pelajar Bisa Pinjam

Selama ini, salah satu hambatan ialah siswa tidak sanggup mengajukan santunan kredit ke bank. Persyaratan bank ialah peminjam wajib sudah bekerja.

Namun, terobosan fintech ialah memperbolehkan siswa mengajukan pinjaman.

Tidak percaya ?

Ini cuplikan dari website salah satu Fintech merupakan daerah pinjam uang online untuk mahasiswa dimana aneka macam siswa mengajukan santunan dan pengajuan tersebut disetujui. Ya, para siswa ini mendapatkan dana pinjaman.

emua tahu bahwa bank tidak mengatakan santunan dana pendidikan Pinjaman Dana Pendidikan Online Cepat Cair

Daftar Pinjaman Pendidikan Tanpa Jaminan

Sejauh ini yang saya temukan terdapat tiga Fintech yang secara khusus menyediakan santunan dana pendidikan. Mereka menciptakan daerah pinjam uang tanpa jaminan untuk mahasiswa.

Mari kita lihat bagaimana cara kerja dan persyaratan mereka.

#1 Dana Cita

emua tahu bahwa bank tidak mengatakan santunan dana pendidikan Pinjaman Dana Pendidikan Online Cepat Cair

Dana Cita mempunyai misi untuk memperluas kanal bagi semua pelajar dengan menjembatani kesenjangan dalam kesanggupan pembiayaan.

Melalui platform Dana Cita, pelajar sanggup memperoleh santunan terjangkau untuk menuntut ilmu di forum pendidikan tinggi dan aktivitas vokasi terpilih.

Plafond santunan ialah maksimal seluruh biaya pendidikan tapi hasil persetujuan ialah tergantung kemampuan pembayaran. Periode pengembalian (tenor) ialah hingga dua kali dari periode studi yang tersisa.

Proses pengajuan sebagai berikut:

  1. Daftar lewat website dengan email aktif dan Anda akan mendapatkan formulir permohonan melalui email
  2. Lengkapi formulir dan kirimkan melalui email
  3. Jika lolos, dalam 24 jam, Anda akan mendapatkan penawaran
  4. Lalu menurut email penawaran tersebut, segera kirimkan dokumen yang diminta
  5. Jika lolos verifikasi, perjanjian santunan wajib ditandatangani oleh peminjam dan penjamin
  6. Pencairan dilakukan pribadi ke sekolah atau forum pendidikan terkait.

Beberapa hal yang penting diketahui dalam pengajuan santunan di Dana Cita adalah:

  • Pinjaman ialah tanpa jaminan
  • Diberikan untuk pelajar yang sudah diterima atau sedang berstudi di forum pendidikan tinggi atau vokasi yang terakreditasi. Tidak bisa untuk Anda yang belum diterima, atau gres cari-cari sekolah, untuk mengajukan pinjaman.
  • Karena sesudah disetujui, santunan biaya pendidikan akan dicairkan pribadi ke forum pendidikan terkait sesuai jadwal pembayaran.
  • Wajib orang bau tanah atau saudara sebagai penjamin. Syarat penjamin ialah harus mempunyai kekerabatan kekeluargaan dengan peminjam, Warga Negara Indonesia, dan mempunyai penghasilan yang sanggup dibuktikan.

#2 DanaDidik

emua tahu bahwa bank tidak mengatakan santunan dana pendidikan Pinjaman Dana Pendidikan Online Cepat Cair

DanaDidik ialah platform penggalangan dana untuk pembiayaan pendidikan tinggi (student loan) dengan memfasilitasi siswa yang mencari pembiayaan pendidikan.

Persyaratan yang penting diketahui adalah:

  • Mahasiswa harus dari Pendidikan Tinggi: Program D1, D2, D3 atau S1. Tidak mendapatkan pelajar yang belum masuk kuliah, SD, SMP, SMA/SMK, S3 dan pendidikan di luar negeri
  • Mahasiswa dengan maksimal 18 bulan sebelum kelulusan, dengan memprioritaskan siswa/i yang akan lulus dalam 24 bulan (4 semester) atau kurang.
  • Pembiayaan antara Rp 2jt hingga Rp 10jt.
  • Masa pengembalian ialah hingga 30 bulan semenjak lulus
  • Wajib mempunyai penjamin yang akan mendatangani perjanjian santunan pendidikan dan bertanggung jawab penuh secara aturan dalam menjamin pembayaran Penerima Dana. Penjamin harus mempunyai kekerabatan darah keluarga dengan peminjam dan berumur di atas 21 tahun.

Setiap mahasiswa akan diverifikasi oleh tim DANADidik sebelum dana cair. Verikasi dari kampus, keluarga dan data-data diri. Mahasiswa melalui background check dari DanaDidik – mulai dari penggunanaan dana, acuan keluarga, universitas, dan lain-lain.

Yang cukup menarik ialah cara perhitungan cicilan di DanaDidik, yaitu:

  1. Selama peminjam masih kuliah maka DanaDidik menerapkan bunga 0%.
  2. Setelah lulus dan punya penghasilan, peminjam harus membayar dengan cara bagi hasil (berdasarkan prosentase tertentu) dari penghasilan dengan denah sebagai berikut:

PinjamanProsentase Cicilan Setelah Bekerja
<= 2 juta10% dari Penghasilan
<= 5 juta15% dari Penghasilan
<= 8 juta25% dari Penghasilan
<= 10 juta30% dari Penghasilan

Ilustrasi:
Mahasiswa mengambil plafond santunan Rp 2 juta di DanaDidik dengan periode 6 bulan lagi lulus dan 30 bulan pelunasan semenjak lulus, maka cicilan sebagai berikut:

  • Selama masih kuliah, cicilan ialah Rp 2 juta/36 bulan = Rp 56,000 per bulan. Tidak ada bunga
  • Setelah lulus dengan penghasilan Rp 1 juta per bulan, cicilan ialah 10% x 1 juta = Rp 100 ribu per bulan
  • Setelah lulus dengan penghasilan Rp 5 juta per bulan, cicilan ialah 10% x 5 juta = Rp 500 ribu per bulan

#3 KoinWorks

emua tahu bahwa bank tidak mengatakan santunan dana pendidikan Pinjaman Dana Pendidikan Online Cepat Cair

Koinworks ialah platform P2P lending yang salah satu produknya mengatakan santunan pendidikan. Produk tersebut ialah KoinPintar.

KoinPintar ialah santunan pendidikan online tanpa agunan pertama di Indonesia. Masa santunan dari 6,12,18 atau 24 bulan dengan plafond hingga Rp 250 juta. Pinjaman pendidikan KoinPintar mempunyai bunga mulai dari 0,75%/bulan.

Hal yang penting diketahui adalah:

  • Pinjaman hanya untuk forum pendidikan yang berhubungan dengan KoinPintar lantaran kalau dana santunan disetujui maka akan pribadi disalurkan ke forum pendidikan tersebut
  • Peminjam harus sudah diterima di forum pendidikan yang kerjasama dengan KoinPintar
  • Total santunan ialah maksimum 80% dari biaya pendidikan. Artinya, peminjam harus menyediakan dana sendiri lantaran tidak semuanya bisa didanai oleh KoinPintar
  • Memiliki penanggung atau penjamin dengan pendapatan tetap. Tanpa penjamin tetap dimungkinan tetapi KoinPintar akan melaksanakan analisa lebih lanjut untuk memastikan kemampuan pembayaran yang bersangkutan

Kesimpulan

Pembiayaan pendidikan ialah dilema sekaligus tantangan. Bank sejauh ini tidak mengatakan santunan pendidikan lantaran aneka macam alasan.

Melihat peluang tersebut, fintech mengatakan santunan pendidikan tanpa jaminan secara online yang cepat dan mudah. Kami mencatat ada tiga forum yang bisa menjadi pilihan.

Meskipun santunan pendidikan ialah sebuah terobosan, tetapi Anda tetap harus perhatikan baik – baik persyaratan dan biaya yang diminta sebelum memutuskan mengambil.


Sumber https://duwitmu.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pinjaman Dana Pendidikan Online Cepat Cair"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel