iklan

Persyaratan Segmentasi Pasar Yang Efektif Dan Penilaian Segmentasi Pasar

Meskipun ada banyak cara untuk menciptakan segmentasi pasar, namun efektivitasnya berbeda-beda. Sebagai contoh, pembeli makanan di restoran sanggup dibagi menjadi pelanggan berambut pirang, coklat bau tanah dan hitam. Tetapi warna rambut tidak mempengaruhi pembelian makanan di restoran. Selain itu bila semua pelanggan restoran membeli dalam jumlah yang sama setiap bulan, sebab yakin bahwa seluruh makanan di restoran itu sama kualitasnya, dan bersedia membayar dengan harga yang sama, perusahaan tidak akan menerima manfaat dari segmentasi pasar tersebut.

Untuk sanggup memberi manfaat, segmen pasar harus mempunyai karakteristik berikut ini berdasarkan Kotler, Bowen dan Makens (2002, p.265):
a) Dapat diukur ( measurable )
Sejauh mana ukuran dan daya beli segmen sanggup diukur. Variabel segmentasi tertentu sulit diukur, menyerupai ukuran segmen cukup umur peminum minuman keras, terutama yang alasannya sebab berontak kepada orang tua.
b) Dapat diakses ( accessable )
Sejauh mana segmen itu sanggup diakses dan dilayani secara efektif.
c) Cukup besar ( substantial )
Sejauh mana segmen itu cukup besar atau cukup menguntungkan untuk dilayani sebagai pasar. Sebuah segmen sebaiknya merupakan kelompok homogen yang secara ekonomi paling layak mendukung jadwal pemasaran yang diubahsuaikan dengan kebutuhan segmen itu. Sebagai contoh, area metropolitan besar sanggup mendukung bermacam-macam restoran etnis. Sebaliknya di kota kecil, restoran etnis mustahil sanggup bertahan.
d) Dapat dibedakan ( differentiable)
Sejauh mana segmen-segmen secara konseptual sanggup dipisah-pisahkan dan memperlihatkan balasan yang berbeda terhadap unsur dan jadwal bauran pemasaran yang berbeda. Jika perempuan yang telah menikah dan belum menikah memperlihatkan balasan yang sama atas penjualan parfum, berarti diantaranya bukanlah segmen yang terpisah.
e) Dapat dilaksanakan ( actionable )
Sejauh mana jadwal yang efektif sanggup didisain untuk menarik melayani segmen – segmen tersebut.

Evaluasi Segmentasi Pasar
Pada dikala mengevaluasi pasar, perusahaan harus memperhatikan tiga faktor (Kotler, Bowen dan Makens, 2002, pp.265-267), adalah :
1) Ukuran dan pertumbuhan pasar.
Perusahaan akan menganalisa ukuran dan pertumbuhan segmen, lalu menentukan segmen yang memperlihatkan peluang terbaik. Pertama-tama perusahaan harus mengumpulkan dan menganalisa data terakhir penjualan segmen dikala ini, tingkat pertumbuhan, dan keuntungan yang dibutuhkan dari aneka macam segmen. Perusahaan akan menaruh minat pada segmen yang mempunyai karakteristik ukuran dan pertumbuhan yang tepat, namun hal ini bersifat relatif.
2) Daya tarik struktur segmen.
Perusahaan harus meneliti sejumlah faktor struktural utama yang mempengaruhi data tarik segmen dalam jangka panjang. Sebagai contoh, daya tarik segmen berkurang bila segmen itu telah mempunyai banyak pesaing yang besar lengan berkuasa dan agresif. Keberadaan banyak produk pengganti yang konkret atau yang potensial sanggup membatasi harga dan keuntungan yang sanggup diambil dari suatu segmen. Kekuatan relatif pembeli juga mempengaruhi daya tarik segmen, jikalau pembeli dalam sebuah segmen mempunyai kekuatan menawar yang relatif besar lengan berkuasa terhadap penjual, maka akan mendesak harga untuk turun, menuntut kualitas dan layanan yang lebih, dan mengadu perusahaan satu dengan yang lain. Semuanya itu terjadi dengan mengorbankan keuntungan yang sanggup diperoleh penjual.
3) Tujuan dan sumber daya perusahaan.
Sekalipun sebuah segmen mempunyai ukuran dan pertumbuhan yang sempurna serta secara struktural menarik, perusahaan-perusahaan harus mempertimbangkan tujuan dan sumber dayanya sendiri dalam hubungannya dengan suatu segmen.

Sumber http://jurnal-sdm.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Persyaratan Segmentasi Pasar Yang Efektif Dan Penilaian Segmentasi Pasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel