iklan

6 Langkah Cara Merawat Bunga Mawar Semoga Berbunga Lebat

Cara merawat bunga mawar – Siapa yang tidak mengenal tanaman bunga mawar? Tanaman bunga mawar yakni salah satu jenis tanaman hias yang memiliki banyak penggemar. Bunga mawar banyak diburu untuk dijadikan tanaman hias dan untuk menghiasi pekarangan rumah. Keunggulan dari tanaman hias ini yakni baunya yang harum dan warna – warna yang dihasilkan bunga hias ini sangatlah cantik.


 Siapa yang tidak mengenal tanaman bunga mawar 6 Langkah Cara Merawat Bunga Mawar Agar Berbunga Lebat
Menanam bunga mawar dengan pot

Kecantikan dari jenis tanaman hias ini memang menciptakan banyak para pencinta tanaman hias eksklusif jati hati kepada bunga mawar. Maka tidak heran kalau dibeberapa rumah sering Anda jumpai tanaman hias jenis ini. Bunga mawar yang Anda tanam di rumah tentunya akan menciptakan pekarangan rumah Anda semakin asri dan indah. Apalagi kalau warna – warni yang dihasilkan bunga mawar tersebut Anda buat seragam tentunya hal tersebut akan menambah nilai estetika tersendiri. Budidaya bunga mawar dalam pot sanggup Anda baca pada artikel kami berikut ini, klik di sini


Untuk mendapat hasil bunga yang menawan dan lebat dibutuhkan cara merawat bunga mawar yang baik dan benar. Untuk mendapat hasil bunga yang diinginkan, Anda sanggup melakukannya dengan cara 6P. Cara 6P mencakup teknik penjemuran, teknik penyiraman, teknik pemupukan, teknik pengendalian gulma, teknik pengendalian hama dan yang terakhir yakni teknik pemangkasan.


Untuk lebih menawarkan citra perihal cara merawat bunga mawar yang baik dan benar berikut ringkasan dari cara merawat bunga mawar dengan cara 6P. Adapun caranya yakni sebagai berikut:


Teknik Penjemuran


Cara merawat bunga mawar yang pertama yakni dengan teknik penjemuran. Penjemuran sanggup Anda lakukan pada waktu pagi hari atau pada waktu sebelum matahari mulai meninggi. Anda sanggup menjemur tanaman mawar tersebut pada pukul 7 pagi hingga pukul 9 pagi. Cara merawat bunga mawar dengan teknik penjemuran ini masih sering dipandang sebelah mata padahal cara penjemuran ini termasuk cara yang cepat biar tanaman mawar sanggup menghasilkan bunga yang lebat.


Teknik Penyiraman


Cara merawat bunga mawar yang kedua yakni teknik penyiraman. Melakukan penyiraman pada tanaman bunga mawar hendaknya Anda lakukan secara rutin sehingga nantinya diharapkan bunga mawar sanggup cepat berbunga. Penyiraman sebaiknya Anda lakukan di waktu pagi hari dan sore hari. Akan tetapi perlu Anda ingat bahwa dalam proses melaksanakan penyiraman janganlah memakai air yang terlalu banyak. Dengan memakai air yang berlebihan maka akan menciptakan batang mawar menjadi busuk dan hasilnya tanaman bunga mawar kesayangan Anda akan mati.


Teknik Pemupukan


Cara merawat bunga mawar yang ketiga yakni teknik pemupukan. Pemupukan yang baik dan benar akan menciptakan tanaman mawar Anda akan menghasilkan bunga yang lebat. Untuk teknik pemupukan ini Anda sanggup memakai pupuk bunga mawar jenis pupuk organik maupun pupuk anorganik. Lakukan pemupukan kepada tanaman mawar Anda setiap dua ahad sekali biar menghasilkan bunga. Pemberian pupuk yang Anda berikan janganlah berlebihan. Jika Anda menawarkan pupuk terlalu banyak maka sanggup mengakibatkan tanaman mawar Anda akan mati.


Teknik Pengendalian Gulma


Gulma atau tanaman pengganggu harus Anda kendalikan secara intensif biar tanaman bunga mawar kesayangan Anda sanggup berbunga dengan lebat. Cara pengendalian gulma sanggup Anda lakukan dengan cara mencabut atau membuang tanaman pengganggu menyerupai rumput – rumput liar yang tumbuh di dalam wadah budidaya mawar Anda. Lakukan pengendalian gulma secara rutin alasannya yakni cara merawat bunga mawar ini sangat penting untuk Anda lakukan.


Teknik Pengendalian Hama


Pengendalian hama yakni salah satu cara merawat bunga mawar biar tanaman bunga mawar Anda cepat menghasilkan bunga. Hindarkan tanaman bunga mawar Anda dari serangan hama menyerupai serangan hama ulat dan serangan binatang pengganggu lainnya. Lakukan pengamatan secara rutin terhadap tanaman mawar Anda dan kalau telah terdapat tanda – tanda serangan dari hama maka segeralah untuk membasminya. Untuk membasmi hama pengganggu pada tanaman bunga mawar, Anda sanggup memakai pestisida atau pun dengan cara konvensional.


Teknik Pemangkasan


Cara merawat bunga mawar yang terakhir yakni teknik pemangkasan. Pemangkasan dengan cara yang baik dan benar akan menghasilkan bunga yang lebat. Pemangkasan pada tanaman mawar sanggup Anda lakukan 2 hingga 3 ahad sekali. Tujuan dari dilakukannya pemangkasan ini yakni diharapkan nantinya biar tanaman bunga mawar sanggup berbunga dengan cepat dan lebat alasannya yakni semakin sedikit jumlah batang pada tanaman mawar maka proses pembentukan bunga akan semakin cepat pula.


 Siapa yang tidak mengenal tanaman bunga mawar 6 Langkah Cara Merawat Bunga Mawar Agar Berbunga Lebat
Teknik pemangkasan pada tanaman mawar

Teknis 6P diatas merupakan cara merawat bunga mawar yang sanggup dikatakan sangat sederhana akan tetapi efektif untuk menghasilkan bunga dengan cepat dan lebat. Lakukan teknik diatas secara benar maka bunga mawar yang Anda budidayakan akan sering menghasilkan bunga yang lebat.  


Demikian tips dari kami perihal bagaimana cara merawat bunga mawar dengan baik. Semoga sanggup menawarkan suplemen pengetahuan bagi Anda dan juga sebagai ide kedepannya bagi Anda yang ingin memulai budidaya tanaman mawar untuk pertama kalinya. Terima kasih dan selamat berkebun.


sumber gambar: bungamawar, tatakebun, erwinhauw





Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Langkah Cara Merawat Bunga Mawar Semoga Berbunga Lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel