iklan

Pengertian Lingkungan Hidup Dan Unsur-Unsur Lingkungan Hidup

Pengertian Lingkungan Hidup dan Unsur-unsur Lingkungan Hidup

Pengertian Lingkungan Hidup dan Unsur-unsur Lingkungan Hidup

Halo, Sahabat Kritis, dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai Pengertian Lingkungan Hidup dan Unsur-unsur Lingkungan Hidup. dalam kehidupan sehari hari, lingkungan hidup mempunyai tugas yang sangat penting bagi keberlansungan kehidupan di masa yang akan mendatang. lingkungan hidup kadang tidak berselaras dengan pembangunan yang terjadi pada ketika ini. Bagaimana cara untuk menyelaraskan pembangunan dengan lingkungan hidup?, dan Apa saja unsur unsur dari lingkungan hidup tersebut? Kita simak srtikel dibawah.

Pengertian Lingkungan Hidup 

Pengertian dari lingkungan hidup menurut Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 perihal Pengelolaan Lingkungan Hidup yaitu kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup termasuk insan dalam perilakunya yang memengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan insan serta makhluk hidup lain.

Unsur-Unsur Lingkungan Hidup

Berikut berupa unsur unsur lingkungan hidup yang terdapat 2 jenis, yakni lingkungan abiotik dan lingkungan biotik, dijelaskan rinci pada goresan pena dibawah, yakni:

Lingkungan Abiotik (Fisik)

Lingkungan abiotik atau lingkungan fisik yaitu lingkungan yang terdiri atas komponen-komponen fisik atau segala benda mati dan keadaan fisik yang ada di sekitar individu-individu, menyerupai air, udara, tanah, mineral, cuaca dan iklim, dan faktor gaya berat.

Lingkungan Biotik (Non-Fisik)

Lingkungan biotik atau lingkungan non fisik yaitu lingkungan yang terdiri atas komponen-komponen makhluk hidup atau segala sesuatu yang ada di sekitar individu baik tumbuh-tumbuhan, hewan, dan manusia, misalnya menyerupai makhluk hidup.

Kualitas Lingkungan Hidup

Kualitas lingkungan hidup didasarkan pada beberapa kriteria, menyerupai kualitas lingkungan hidup bedasarkan kriteria biofisik, sosial, ekonomi, dan budaya, dijelaskan rinci pada goresan pena dibawah:

Kualitas lingkungan hidup menurut kriteria biofisik

Kualitas lingkungan hidup menurut kriteria biofisik diketahui dengan menganalisis keadaan lingkungan fisik di sekitar kita.

Kualitas lingkungan hidup menurut kriteria sosial

Kualitas lingkungan hidup menurut kriteria sosial terwujud dengan baik apabila tugas serta insan dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup juga berjalan dengan baik.

Kualitas lingkungan hidup menurut kriteria ekonomi

Kualitas lingkungan hidup menurut kriteria ekonomi caranya dengan menjaga kebersihan, ketertiban, keteraturan, dan keseimbangan lingkungan hidup di sekitar kita

Kualitas lingkungan hidup menurut kriteria budaya

Kualitas lingkungan hidup menurut kriteria budaya merupakan kerjasama yang harmonis, antara manusia, teknologi, dan lingkungan hidup.

Pemanfaatan Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan

Pemanfaatan secara berkelanjutan dimaksudkan untuk menjaga spesies tertentu (varietas) biar keberadaanya tetap sanggup dinikmati oleh generasi yang akan datang. Pemanfaatan berwawasan lingkungan dimaksudkan untuk tetap menjaga lingkungan hidup dalam pemanfaatannya, salah satunya yaitu pembangunan, yang dimana lebih mengutamakan lingkungan hidup, memakai pembangunan berkelanjutan

Pembangunan dalam arti sederhana yaitu perkembangan dalam suatu wilayah yang berupa material. Sementara, Pembangunan dalam arti luas yaitu perkembangan atau kemajuan suatu negara ditandai dengan adanya bangunan-bangunan material maupun ditandai dengan majunya tingkat sumber daya insan sebagai sector penggerakan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan menitik beratkan pada keberlanjutan lingkungan yang akan diwariskan pada generasi yang akan datang.

Sekian artikel mengenai Pengertian Lingkungan Hidup dan Unsur-unsur Lingkungan Hidup. dijelaskan detail mengenai pengertian lingkungan hidup, unsur unsur lingkungan hidup, apa saja kualitas yang mempengaruhi lingkungan hidup, serta pemanfaatan lingkungan hidup dengan memakai sistem pembangunan berkelanjutan. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan kekritisan anda semuanya.
Sumber http://ruangterkritis.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Lingkungan Hidup Dan Unsur-Unsur Lingkungan Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel